Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lasa H.S.
Yogyakarta: Kanisius , 1994
025.173 2 LAS p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Nurasih Suwahyono
Jakarta: PDII LIPI, 1999
R 050 NUR s
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Yogyakarta: Gadjah Mada University Graduate Research, 1998
BPPS
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
ABSTRAK
The effect of alkali dehulling on pearled grain, milling quality, and flour colour of sorghum grain was under study. Aqueous solutions of sodium hydroxide (NaOH) as dehulling agents hulled grain. Four soaking periods (5;10;15; and 20 minutes) and NaOH concentrations (2,5;5;7,5;10;12,5; and 15 w/w) were investigated. A randomized complete block design with 3 replications was used. The treated grain was washed, neutralized with acetic acid, and washed again. After treated the grains were milled by Satake Polish Rice Machine and then analysed. Physical analysis included the hull removed, milling quality and flour colour. The experiment indicated that the optimum conditions of sodium hydroxide solutions to removed the hull grain was 8,3% at various concentrations to removed (15%, 10% and 5%), and various times (5min.; 10min.; and 15min.). Under these conditions, the yield recovery of milled whole grains were not significantly affected by alkali dehulling. Colour of starch from dehulled grain appeared to be whiter than starch from whole grain, which were indicated by flour reflectance.
Yogyakarta: Gadjah Mada University Graduate Research, 1995
300 BPPS
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1995
S38717
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cox, N. J. (Nicholas J
College Station: Texas Stata Press, 2014
005.55 COX s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Anom Bowolaksono
Abstrak :
Dataran Cihea terletak di bagian barat Bandung dan termasuk ke dalam Kabupaten Cianjur. Dataran tersebut merupakan daerah persawahan. Delapan puluh tahun yang lalu daerah tersebut merupakan daerah endemik malaria dengan prevalensi tinggi. Tingginya prevalensi malaria tersebut salah satunya diakibatkan karena tingginya populasi nyamuk Anopheles aconitus. Nyamuk tersebut memiliki tempat perindukan di daerah persawahan dan rawa-rawa sawah yang terbengkalai. Pemerintah Hindia Belanda pada saat itu mencoba melakukan eradikasi dengan membuat sistem irigasi dengan membendung Sungai Cisokan. Irigasi yang dilakukan adalah dengan sistem irigasi berkala. Sistem irigasi tersebut masih berlangsung hingga saat ini dengan menggunakan sistem irigasi teknis. Evaluasi yang dilakukan sekarang masih menemukan An. aconifus di daerah persawahan namun dalam jumlah populasi yang sangat kecil. Populasi yang sangat kecil tersebut menunjukan An. aconifus tidak efektif sebagai vektor. Data-data menunjukkan dari periode sepuluh tahun terakhir (1989 - 1999) tidak pernah terjadi di dataran Cihea.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2000
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Nababan, Donald Johannes Anderson
Abstrak :
ABSTRAK
Di dalam pelaksanaan pemberian pelayanan angkutan umum, setiap kendaraan umum yang beroperasi untuk memberikan pelayanan perlu diuji kelaikan jalannya untuk menjamin keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan dan juga perlindungan lingkungan hidup. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membentuk Unit Pengelola Pengujian Kendaraan Bermotor (UP PKB) yang melakukan pelayanan uji kendaraan bermotor, lebih dikenal dengan istilah uji kir, agar kendaraan bermotor yang akan digunakan di jalan memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, termasuk persyaratan ambang batas emisi gas buang dan tingkat kebisingan yang harus dipenuhi. Salah satu dari 3 (tiga) UP PKB yang masih beroperasi saat ini adalah UP PKB Pulogadung. UP PKB Pulogadung melaksanakan pengujian kendaraan bermotor secara berkala setiap 6 (enam) bulan untuk tiap kendaraan dan menghasilkan suatu kapasitas layanan bulanan yang diharapkan dapat mendukung terlaksananya pengujian kendaraan bermotor secara berkala yang memadai untuk wilayah DKI Jakarta. Hasil dari penelitan ini dengan menggunakan analisa perencanaan kapasitas menunjukkan bahwa UP PKB Pulogadung secara rata-rata saat ini hanya dapat memenuhi 87% dari kapasitas yang dibutuhkan sehingga perlu diberikan tambahan fasilitas untuk waktu yang akan datang pada pos uji visual 1 dan lajur uji mekanis. Selain itu didapat juga model kapasitas layanan bulanan (y) menggunakan analisa regresi liner yaitu: y = -5691 + 49x1 + 714x2 + 2138x3 dengan variabel bebas jumlah jam kerja (x1), jumlah pos pada uji visual 1 (x2) dan jumlah lajur uji mekanis (x3).
ABSTRACT
In the implementation of the provision of public transport services, each public transport operating to provide the services needs to be tested its roadworthiness to ensure the traffic and road transport safety as well as the environmental protection. The Provincial Government of Special Capital Territory of Jakarta forms a Management Unit of Motor Vehicle Inspection (UP PKB) performing the service of motor vehicle inspection, so that the motor vehicle that will be used in the road meets its technical requirements and roadworthiness, including a threshold requirement of exhaust gas emissions and the noise level that must be met. One of the three (3) Management Unit of Motor Vehicle Testing (UP PKB) which is still in operation today is UP PKB Pulogadung. UP PKB Pulogadung carries out the periodic vehicle inspection on a regular basis every 6 (six) months for each vehicle and generates a monthly service capacity that is expected to support the implementation of periodic motor vehicle testing which is sufficient for the Special Capital Territory of Jakarta. The results of this research by using capacity planning analysis show that the UP PKB Pulogadung on average at this time only able to meet 87% of the capacity needed, so it is necessary to be given additional facilities for the future on the post of visual test 1 and mechanical inspection lane. In addition, it also obtained the monthly service capacity model (y) using linear regression analysis which is: y = -5691 + 49x1 + 714x2 + 2138x3 with independent variable of total working hours (x1), the number of posts in the visual test 1 (x2) and the number of mechanical test line (x3).
2016
T46049
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Ryno Octy Praditya
Abstrak :
Perkembangan teknologi transportasi telah membuat tantangan tersendiri bagi kualitas SDM, termasuk dibutuhkannya SDM yang memiliki kompetensi untuk menyelenggarakan sistem transportasi tersebut. Dalam upaya mengantisipasi dampak perkembangan teknologi ini, serta pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) transportasi bidang jalan, diperlukan kajian untuk mengevaluasi standar kompetensi SDM. Hal ini dilakukan untuk memenuhi tuntutan masyarakat akan pelayanan jasa transportasi yang selamat, handal, lancar, efektif, efisien, dan aman. Salah satu isu di bidang transportasi yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi adalah kehadiran kendaraan listrik. Operasional moda ini erat dengan penggunaan teknologi yang berbeda dengan teknologi yang saat ini dipakai. Sebagai konsekuensinya, SDM yang menyelenggarakan moda tersebut memerlukan penambahan kompetensi agar penyelenggaraan sistem transportasi kendaran listrik dapat menjamin keselamatan sistem transportasi. Laporan skripsi ini dimaksudkan untuk menganalisis dan mengevaluasi standardisasi SDM pada bidang transportasi jalan, dengan sektor pengujian kendaraan berkala listrik. Penyusunan standar kompetensi SDM Uji Berkala Kendaraan Listrik didasarkan pada benchmarking terhadap praktek pengujian kendaraan listrik di berbagai negara serta merujuk pada beberapa Peraturan Menteri Perhubungan terkait Uji Tipe Kendaraan Listrik. Standar Kompetensi yang dibutuhkan oleh Penguji Berkala Kendaraan Listrik pada dasarnya sama dengan standar kompetensi penguji kendaraan bermotor bakar hanya tidak diperlukannya uji emisi gas buang dan diperlukannya tambahan kompetensi terkait uji tambahan sebagai berikut : 1) uji fungsional baterei listrik, 2) uji fungsional pengisian ulang energi listrik; 3) uji perlindungan sentuh listrik; 4) uji keselamatan fungsional; 5) uji minimum sound requirement; serta 6) uji emisi hidrogen. Berdasarkan kebutuhan kompetensi tambahan tersebut, disusun materi Diklat yang dibutuhkan oleh SDM Penguji Kendaraan Listrik. ......The development of transportation technology has created its own challenges for the quality of human resources, including the need for competent human resources to operate the transportation system. In an effort to anticipate the impact of this technological development, as well as the development and improvement of human resources for road transportation, a study is needed to evaluate HR competency standards. This is done to meet the demands of the community for safe, reliable, smooth, effective, efficient, and safe transportation services. One of the issues in the transportation sector that is closely related to technological developments is the presence of electric vehicles. The operation of this mode is closely related to the use of technology that is different from the technology currently used. As a consequence, the human resources who operate these modes require additional competence so that the operation of the electric vehicle transportation system can ensure the safety of the transportation system. This thesis report is intended to analyze and evaluate the standardization of human resources in the field of road transportation, with the periodic testing of the electric vehicles sector. The preparation of HR competency standards for the Periodic Test of Electric Vehicles is based on benchmarking against the practice of testing electric vehicles in various countries and referring to several Regulations of the Minister of Transportation related to Testing Types of Electric Vehicles. The Competency Standards required by the Electric Vehicle Periodic Testers are basically the same as the competency standards of fuel motorized vehicle testers, only that there is no need for exhaust emission tests and additional competencies related to additional tests are required as follows: 1) electric battery functional test, 2) energy recharge functional test electricity; 3) electric touch protection test; 4) functional safety test; 5) minimum sound requirement test; and 6) hydrogen emission test. Based on the need for these additional competencies, the training materials needed by Electric Vehicle Examiners are prepared.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>