Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cahyaning Satyka
Abstrak :
Laporan Magang ini menjelaskan serta menganalisis terkait prosedur audit yang dilakukan oleh KAP USI atas PT PES untuk periode Januari ? Agustus 2015 atau biasa disebut dengan audit interim. PT PES merupakan perusahaan yang bergerak dalam jual beli bahan bakar minyak berjenis diesel. Pendapatan PT PES berasal dari penjualan minyak tersebut di Indonesia. Analisis yang dilakukan adalah membandingkan antara praktik audit yang dilaksanakan KAP USI dengan standar audit yang berlaku, yaitu International Standards on Auditing (ISA). Laporan magang ini secara khusus menganalisis prosedur audit atas akun pendapatan PT PES yang terdiri dari penilaian risiko, pengecekan kelengkapan buku besar perusahaan, dan uji substantif. Selama periode interim, prosedur audit yang dilakukan antara lain tahap perencanaan audit, memahami dan mengevaluasi lingkungan bisnis dan pengendalian internal klien, menilai risiko audit, dan memberikan tanggapan atas risiko tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa KAP USI telah melakukan prosedur audit yang sesuai dengan ISA. ...... The purpose of this internship report is to explain and analyze the audit procedure conducted by KAP USI over PT PES for the period of January-August 2015 or usually being called as interim audit. PT PES is the company which sells and distributes the oil-diesel type in Indonesia. PT PES earns their main revenue by selling the oil to all areas in Indonesia. The analysis performed in this internship report is to compare audit procedures performed by KAP USI to International Standards on Auditing (ISA). This internship report specifically analyzes audit procedure performed for PT PES?s revenue account which consists of risk assessment, general ledger completeness check and substantive test. During interim audit, audit procedures performed are consists of audit planning stage, understanding and evaluating business environment and client?s internal control, assessing audit risk and give an appropriate response towards the risk. Based on the analysis towards audit procedure conducted by KAP USI on PT PES, writer concludes that KAP USI has performed the audit in accordance with International Standards on Auditing.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
E. Bramantya Wisnusaputra
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari tesis ini adalah untuk melakukan evaluasi terhadap perencanaan kegiatan audit berbasis risiko dalam proyek Jalan Non Tol Tanah Abang ? Kampung Melayu yang dilakukan oleh PT. X. Metode yang dilakukan pada tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan cara studi literatur dan studi lapangan pada audit internal PT. X. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan kegiatan audit berbasis risiko dalam perencanaan audit proyek Jalan Non Tol Tanah Abang ? Kampung Melayu secara umum sudah memenuhi praktek terbaik. Dengan dilakukannya perencanaan audit berbasis risiko pada proyek Jalan Non Tol Tanah Abang ? Kampung Melayu secara efektif telah terbukti dapat memberikan nilai tambah dalam pelaksanaan proyek ini pada khususnya dan kepada perusahaan.
ABSTRACT
The purpose of this thesis is to evaluate the risk-based audit planning activities in Tanah Abang - Kampung Melayu Non Toll Road project that is performed by PT. X. The method used in this thesis is qualitative research by doing a study of the literature and studies in the field of internal auditing PT. X. Results of this study concluded that the implementation of risk-based audit activity in audit planning Tanah Abang - Kampung Melayu Non Toll Road project has been complied to the best practices. By doing the risk-based audit planning on Tanah Abang - Kampung Melayu Non-Toll Road project been proven effectively to provide value added in the implementation of this project in particular and to the company.
2013
T54142
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Aisha Rizal
Abstrak :
Peningkatan konsumsi terhadap bahan baku untuk menghasilkan barang yang padat polusi dalam proses produksi dan siklus hidupnya menyebabkan permasalahan lingkungan. Sektor industri yang mampu mempercepat proses produksi, menyerap tenaga kerja secara massal, menyumbang besar terhadap perekonomian nasional dan lokal, perlu ditinjau layaknya perkembangan ini dari aspek lingkungan. Pencemaran lingkungan terjadi di area yang padat industri seperti Kota Pekalongan. Sumber daya air di Kota Pekalongan yang meliputi sungai ataupun air tanah mengindikasikan bahwa terjadi pencemaran air akibat kegiatan Industri Batik. Walaupun pencemaran terjadi, Industri Batik dikategorikan sebagai kegiatan usaha dengan risiko rendah. Penelitian ini merupakan penelitian yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian diolah dan dianalis secara deskriptif analitis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya penyederhanaan proses perizinan dengan mengkategorikan perizinan berdasarkan tingkat risko suatu usaha tidak mencerminkan risiko dari industri batik. ......Increased consumption of raw materials to produce goods that highly pollutes in its production process and life cycle causes environmental problems. The industrial sector, which is able to accelerate production process, absorb labor massively, and contribute greatly to the national and local economy, needs to be reviewed its development from an environmental perspective. Environmental pollution occurs in densely industry-populated areas such as Pekalongan City. The water resources in Pekalongan City which include rivers or ground water indicate that there is water pollution due to the activities of the Batik Industry. Although pollution occurs, the Batik Industry is categorized as a low-risk business activity. This research is a normative juridical research using legislation approach and literature study. The data obtained were then processed and analyzed descriptively analytically. The results of this study indicate that the effort to simplify the licensing process by categorizing permits based on the level of risk of a business does not reflect the true risks of the batik industry.
Jakarta: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Meta Natasha Lasria
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini berisi tentang Implementasi Perencanaan Audit Berbasis Risiko dalam Audit atas Laporan Keuangan Industri Properti (Studi Kasus PT ABC). PT ABC merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri properti. Aktivitas perusahaan ini ialah mendirikan bangunan/real estate dan menyewakannya serta menjadi pengelola atas bangunan yang mereka sewakan. Pendapatan utama Perusahaan didapat dari hasil penyewaan atas properti investasinya. Di dalam perencanaan audit atas laporan keuangan PT ABC terdapat isu mengenai risiko-risiko terkait industri, bisnis, serta laporan keuangan yang akan berpengaruh terhadap proses audit PT ABC. Kesimpulannya adalah perencanaan audit berbasis risiko akan menghasilkan suatu prosedur audit yang lebih terfokus pada akun-akun yang cenderung akan berdampak material terhadap laporan keuangan sehingga proses audit akan lebih efektif.
ABSTRACT
This thesis contains the implementation of the Risk-Based Audit Planning Audit of Financial Statements of Industrial Property (Case Study PT ABC). PT ABC is a company engaged in the property industry. Activity of this company is to set up the building / real estate and rent it out as well as being the manager of the building that they rented. Company's main revenue gained from the lease of property investment.In planning the audit of the financial statements of the ABC there are issues related risks industry, business, and financial reporting that will affect the PT ABC auditing process. The conclusion was that the risk-based audit planning will result in a more focused audit procedures on the accounts that tend to have a material impact on the financial statements so that the audit process will be more effective.
2013
S46687
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Attania Tuzzari
Abstrak :
Undang-Undang Cipta Kerja (UU CK) merupakan bentuk upaya Indonesia dalam melakukan reformasi struktural danmempercepat transformasi ekonomi. Perseroan Perorangan merupakan produk yang dibuat oleh diterbitkannya UU CK dan merupakan bentuk realisasi dari klaster Persyaratan Investasi, Kemudahan Berusaha, dan Pemberdayaan dan Perlindungan UMKM. Perseroan Perorangan merupakan bentuk Perseroan yang memenuhi kriteria untuk usaha mikro dan kecil yang didirikan oleh satu orang. UU CK mengubah tata cara Sistem Perizinan Berusaha dari Perizinan Berusaha Berbasis Perizinan menjadi Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko/Risk Based. Sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko/Risk Based diberlakukan bagi seluruh Pelaku Usaha termasuk UMKM berbentuk Perseroan Perorangan. Skripsi berisikan penelitian atas pelaksanaan Perizinan Berusaha Risk Based terhadap Pelaku UMKM yang berbentuk Perseroan Perorangan dengan sampelpenerapan Peraturan Sektoral Kementerian Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan, Kesehatan, Lingkungan Hidup danKehutanan, dan Perhubungan terhadap Perseroan Perorangan. Pengaturan terkait Tingkatan Risiko pada Kegiatan Usaha Risk Based tidak memberikan akibat bagi Perseroan Perorangan dikarenakan klasifikasi yang harus dipenuhi Perseroan Perorangan untuk melakukan kegiatan usaha didasari oleh Skala Usaha Mikro dan Kecil bukan Tingkatan Risiko sehingga merujuk pada peraturan sektoral masing-masing kementerian terdapat jenis perizinan yang berbeda-beda sehingga tidak ditemukan kaitanantara tingkatan risiko dengan jenis perizinan. ......Omnibus Law on Job Creation is a form of Indonesia's efforts to carry out structural reforms and accelerate economic transformation. Single Member Limited Liability Company is a product created by the issuance of the Omnibus Law and is a form of realization of the Investment Requirements, Ease of Doing Business, and Micro Single Medium Enterprises (MSME) Empowerment and Protection clusters. Single Member Limited Liability Company (SMLLC) is a form of company that meets the criteria for micro and small businesses founded by one person. The Omnibus Law changes the procedures for the BusinessLicensing System from a Permit-Based Business Licensing to a Risk-Based Business Licensing System. The Risk-Based Business Licensing System is applied to all Businesses, including MSMEs in the form of SMLLC. This thesis contains researchon the implementation of Risk- Based Business Licensing against SMLCC with a sample of the application of the SectoralRegulations of the Ministry of Public Works and Housing, Ministry of Health, Ministry of Environment and Forestry, andMinistry of Transportation to SMLLC. Regulations related to Risk Levels in Risk Based Business Activities do not have any consequences for SMLLC because the classification that must be fulfilled SMLLC to carry out business activities is based on Business Scale and not Risk Levels so that referring to the sectoral regulations of each ministry there are different types of permits so that there is no correlation between the level of risk and the type of permit.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dede Lucky Armanta
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan prosedur audit yang dilakukan oleh KAP SDF atas utang usaha PT DLA untuk periode yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2016. Penulis secara khusus menganalisis kesesuaian kebijakan akuntansi yang diterapkan oleh PT DLA serta praktik audit yang diterapkan KAP SDF dengan kebijakan dan standar yang berlaku. Penulis juga menganalisis temuan audit berdasarkan prosedur audit yang dijalankan KAP SDF. Berdasarkan analisis tersebut, Penulis menyimpulkan bahwa kebijakan akuntansi PT DLA dan praktik audit KAP SDF telah sesuai dengan kebijakan dan standar yang berlaku. Berdasarkan analisis atas temuan audit, akun utang usaha PT DLA telah disajikan secara wajar.
ABSTRACT
This internship report aims to explain the audit procedures performed by KAP SDF on account payables of PT DLA for the period ended December 31, 2016. Author specifically analyses the conformity of accounting policies applied by PT DLA as well as the audit practices applied by KAP SDF with the prevailing standards and regulations. Author also analyses the audit findings based on audit processes done by KAP SDF. Based on the analysis, author concludes that PT DLA and KAP SDF have complied the accounting policies and audit practices, respectively, with prevailing standards and regulations. Based on the analysis of the audit findings, the account payables of PT DLA has been presented fairly.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ruwina Tri Astuti
Abstrak :
ABSTRAK Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi penerapan prosedur audit yang dilakukan KAP RRR untuk pendapatan PT RTA pada periode yang berakhir tanggal 31 Desember 2018. PT RTA merupakan produsen dan eksportir logam timah serta mengoperasikan segmen usaha penambangan timah terintegrasi di Indonesia. Penerapan prosedur substantif untuk pendapatan PT RTA meliputi penyusunan lead schedule, pengujian cut off penjualan/piutang, dan pengujian transaksi pendapatan dari penjualan barang. Berdasarkan hasil pelaksanaan prosedur substantif, semua asersi telah dicapai secara wajar. Berdasarkan evaluasi temuan audit, akun pendapatan PT RTA telah disajikan secara wajar.
ABSTRACT This internship report aims to evaluate the implementation of audit procedures performed by KAP RRR for revenue of PT RTA for the period ended December 31, 2018. PT RTA is a producer and exporter of tin, and also operates an integrated tin mining business segment in Indonesia. The implementation of substantive procedures for revenue of PT RTA includes the preparation of lead schedule, testing of sales/account receivable cut off, and testing of revenue transactions from sale of goods. Based on the result of the implementation of substantive procedures, all assertions have been reasonably achieved. Based on the evaluation of the audit findings, the revenue of PT RTA has been presented fairly.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Reisya Ibtida
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan rancangan program kerja audit kinerja berbasis risiko untuk Badan Pengawasan Mahkamah Agung dengan terlebih dahulu menganalisis implementasi perencanaan audit yang ada saat ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan perencanaan audit yang dilakukan oleh Badan Pengawasan belum berbasis risiko. Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan basis risiko dalam perencanaan audit. Pertama, peneliti menyusun perencanaan audit tahunan dengan menentukan tema audit kinerja berdasarkan tema yang memiliki faktor risiko makro tertinggi. Terakhir, peneliti menyusun program kerja audit kinerja atas pengelolaan biaya perkara sebagai tema audit yang terpilih dengan menilai risikonya.
ABSTRACT
The purpose of this paper is to design risk based performance audit program for Comptroller of Supreme Court of Indonesia by analyzing the existing process of audit plan preparation. This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing audit plan process doesn 39 t use risk basis. Therefore, we propose to use the risk base for designing performance audit program. Specifically, we determine audit topic in periodic planning by scoring potential topics based on macro risk factors. Finally, we produce a performance audit program of the selected audit topic by assessing its risks.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ria Ulfah Rahmawati
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan memberikan rancangan perencanaan audit internal berbasis risiko pada PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dengan melakukan analisis atas implementasi perencanaan audit internal yang ada.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan perencanaan audit internal berbasis risiko pada Satuan Pengawasan Intern masih belum optimal dan belum sepenuhnya sesuai dengan standar audit.  Oleh sebab itu, peneliti mengusulkan rancangan perencanaan audit internal berbasis risiko yang sesuai dengan kondisi PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) dengan menggunakan faktor risiko.


The purpose of this paper is to evaluate and to design risk-based internal audit plan at PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) by analyzing the existing risk-based internal audit plan process.  This research is a qualitative research with descriptive analysis. The results show that the existing risk-based internal audit plan process has not optimal and has not fully compliant with the audit standard.  Therefore, we propose the design of risk-based internal audit plan by using risk factors which suitable with the condition of PT Bhanda Ghara Reksa (Persero).

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kenly Gosti
Abstrak :
Regulasi berbasis risiko yang sudah ada untuk waktu yang cukup lama namun keberadaan dan wawasan terhadapnya masih kurang signifikan, salah satunya di Indonesia. Secara umum, regulasi berbasis risiko adalah suatu kerangka dan prosedur pengambilan keputusan yang sistematis untuk memprioritaskan aktivitas pengaturan dan penggunaan sumber daya, yang terutama berkaitan dengan pemeriksaan dan penegakan, berdasarkan penilaian atas risiko yang ditimbulkan subjek pengaturan terhadap tujuan regulator. Dalam menggunakan sistem “berbasis risiko”, harus diingat prinsip bahwa risiko tidak dapat dihilangkan seluruhnya dan manusia hanya berupaya untuk mengelola risiko sedemikian rupa demi mencapai tujuannya dengan lebih baik. Di Inggris, Australia, dan Kanada, pendekatan berbasis risiko sudah banyak diterapkan dalam tata kelola regulasinya. Walaupun penerapannya dapat mengandung beberapa perbedaan, ada persamaan mencolok dari model pendekatan berbasis risiko yang dianut ketiga negara tersebut, yaitu adanya penilaian risiko dan adanya tujuan spesifik yang ingin dicapai dari diadopsinya pendekatan berbasis risiko yang minimal salah satunya adalah untuk penegakan atau penaatan. Di Indonesia, dalam upaya untuk menyederhanakan perizinan berusaha, pemerintah merombak sistem perizinan berusaha di Indonesia menjadi sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko. Melalui sistem ini, jenis perizinan berusaha suatu kegiatan usaha ditentukan berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha tersebut, yang mana diperoleh melalui penilaian risiko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pendekatan berbasis risiko yang dianut pada sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko di Indonesia berbeda dari praktek yang berkembang pada umumnya, dimana pendekatan berbasis risiko digunakan secara utama untuk menentukan jenis perizinan berusaha, alur penilaian risiko yang dianut menghasilkan matriks risiko yang lebih rumit, dan tidak adanya kerangka kokoh yang mendasari penggunaan pendekatan berbasis risiko pada sistem Perizinan Berusaha Berbasis Risiko tersebut. ......Risk-based regulation has been present for a moderate amount of time but there is still minimal knowledge and understanding of it, nonetheless in Indonesia. Generally, risk-based regulation refers to a systematised decision-making framework and procedure to prioritise regulatory activities and deploy resources, principally relating to inspection and enforcement, based on an assessment of the risks that regulated firms pose to the regulator’s objectives. In adopting a risk-based model, one must understand that risk cannot be completely extinguished, but are manageable to a certain extent to help humans attain better outcomes to their objectives. Risk-based regulatory governance is a common practice in the United Kingdom, Australia, and Canada. Although there are differences in its application, there are some significant similarities in their risk-based model, that is it is extensively based on a risk assessment, and that there are specific objectives to be attained, mainly for compliance or enforcement purposes. In Indonesia, the government developed a risk-based business licensing system as an attempt to simplify its licensing regime. With this system, the type of business license required for a business activity is determined by its risk level, which are acquired through risk assessment. The research conducted in this paper found that there are differences between the risk-based model in Indonesia’s risk-based business licensing system and the existing common practice, that is it is mainly used to determine the type of business license required, the calculation flow of the risk assessment resulted in a more complicated risk matrix and that there is no solid framework underlying the adoption of the risk-based model.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>