Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1990
S2720
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
" Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mateamatika siswa melalui penerapan pendekatan konstruktivisme pada pembelajaran matematika di SD Negeri 223 Palembang . Subyek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 223 Palembang dan 2 orang guru di SD Negeri 223 Pelembang... ... "
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
" Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan produk yaitu : 1) merancang tes diagnostik matematika di SD, 2) merancang buku pedoman penggunaan tes diagnostik untuk guru mengajar dan 3) melaksanakan uji coba terbatas... ... "
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Adi Wahyu Anggara P.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
S2853
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irmansyah
" Dalam rangka menyongsong era globalisasi yang penuh tantangan, di butuhkan sumber daya manusia yang berkualitas baik. Unluk memenuhi tantangan tersebut, pendidikan merupakan salah satu sarana yang dapat membawa peserta didik ke arah manusia yang berkualitas tersebut. Namun demikian, prestasi belajar khususnya pada pelajaran matematika yang direfleksikan melalui Nilai Ebtanas Murni (NEM) pada tingkat SLTP akhir- akhir masih tergolong rendah. Hal ini nengindikasikan bahwa kemampuan matematika peserta didik di tingkat SLTP belum sesuai dengan harapan.

Fenomena ... "
2001
T3137
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Sumarni Styati
" Penelitian ini membahas tentang determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk menggali determinan yang mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa kelas IX di SMP Negeri 5 Yogyakarta dan SMP Negeri 8 Yogyakarta. Prestasi belajar sebagai variabel terikat diambil untuk mata pelajaran matematika siswa kelas IX dengan tolok ukur nilai raport siswa. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 249 siswa. ... "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
T 28353
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Harliana Liswati
" ABSTRAK
Pelajaran matematika sampai saat ini masih menjadi momok bagi para pelajar di berbagai belahan dunia. Materi matematika yang kompleks, guru yang galak, ditambah lagi teknik pengajaran yang tidak menyenangkan seringkali dijadikan alasan atas rendahnya motivasi belajar siswa di bidang. Hal ini dapat rnerugikan siswa karena telah terbukti bahwa ilmu matematika dibutuhkan di berbagai bidang kehidupan manusia. Motivasi belajar matematika yang rendah pada akhirnya dapat membawa dampak buruk bagi siswa itu sendiri, terutama pada prestasi belajar matematika mereka. Menyadari pentingnya motivasi belajar matematika, ... "
1998
S2512
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Avecienna
" ABSTRAK
Rendahnya mutu dan prestasi belajar matematika, yang mempakan mata pelajaian yang sangat penting untuk masa depan siswa terutama siswa sekolah dasar, merupakan raasalah yang dihadapi berbagai pihak, karena matematika berperan untuk melatih aspek-aspek beipikir yang juga digunakan dalam berbagai mata pelajaran lainnya. Penelitian yang dilakukan Miller dkk. (1996) pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah matematika menemukan beberapa jenis orientasi tujuan akademik (OTA) yang mempunyai hubungan dengan prestasi belajai- matematika. Menmnt mereka pengadopsian jenis OTA tertentu memungkinkan teijadi tidaknya proses belajar matematika yang optimal. Penelitian ini ... "
1999
S2586
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Suri Pakerti Ningrum
" ABSTRAK
Prestasi matematika adalah tingkat ketrampilan seseorang dalam tugas- tugas matematika yang berupa pengetahuan-pemahaman dalam jangka waktu tertentu. Dalam tingkat dan jenis tertentu, prestasi dapat mempengaruhi kepuasan siswa terhadap matematika. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tercapainya prestasi yang optimal. Taraf inteligensi mempunyai peranan penting dalam menentukan tinggi rendahnya prestasi belajar, khususnya dalarn pelajaran yang menuntut banyak berpikir, seperti pada matematika (Winkel, 1991). Rata-rata korelasi antara taraf inteligensi dan prestasi belajar adalah 0.4 (Gage & Berliner, 1992). Stainback & Stainback (1999) menyatakan bahwa baik buruknya prestasi ... "
2000
S2788
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>