Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Siti Mutmainah
Abstrak :
Ujian berbasis komputer sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, Untuk mendukung ujian berbasis kompute, portal Rumah Belajar mengembangkan aplikasi Bank Soal sebagai adah bagi guru-guru dalam membuat evaluasi hasil belajar secara online. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi kelayakan atas aplikasi Bank Soal tersebut. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah pengguna merasa senang, puas, dan mendaptkan kemudahan ketika menggunakan aplikasi Bank Soal, dan (2) apakah tampilan aplikasi Bank Soal kepada 21 orang guru dari jenjang SD, SMP, SMAdan SMK di 21 kabupaten/kota yang sudah memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan menggunakan internet. Hasil penghitungan rata-rata pendapat responden dengan UEQ tools dapat diinterpretasikan bahwa aplikasi Bank Soal memiliki evaluasi guru; aman untuk diakses siswa; memotivasi dan menarik minat guru dan siswa untuk melakukan evaluasi secara online; serta merupakan sebuah inovasi pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi dalam hal kegiatan evaluasi pembelajaran.
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Rogers Pakpahan
Abstrak :
ABSTRAK
Masalah yang menjadi fokus kajian adalah mengenai peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pengembangan Bank Soal Daerah sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di suatu wilayah. Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan TIK dalam pengembangan Bank Soal Daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Proses pengembangan instrumen penilaian (soal standar) menggunakan internet dan komputer serta perangkatnya. Pengelolaan Bank Soal Daerah dapat dilakukan secara bersama antara satuan pendidikan dengan dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota. Bank Soal Daerah dengan soal standar membantu para pendidik dalam pelaksanaan penilaian. Hasil penilaian digunakan untuk perbaikan dalam pembelajaran sehingga terjadi peningkatan mutu pendidikan. Permintaan soal oleh satuan pendidikan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan teknologi informasi atau melalui internet sehingga kerahasiaan soal terjamin. Kajian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan TIK berperan untuk mewujudkan Bank Soal Daerah dan pengembangan soal standar yang digunakan oleh pendidik pada penilaian internal. Penggunaan soal standar oleh sekolah diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya sekolah menelusuri dan membandingkan hasil penilaian antarsekolah.
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
371 TEKNODIK 20:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pernon Akbar
Abstrak :
ABSTRAK
Model tes klasik sudah banyak dikenal kalangan pendidik di Indonesia, sedangkan tes modern (item response theory) relatif masih dalam taraf pengembangan. Analisis soal secara kuantitatif menurut teori klasik salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan program ITEMAN. Model teori tes modem (item response theory) dapat dianalisis dengan menggunakan program BIGSTEPS.

Model Rasch adalah salah satu model unidimensional item response theory (IRT yang menggunakan model satu parameter yang paling populer digunakan dalam aplikasi untuk pengembangan bank soal. Konsep item response theory (IRT) sangat berguna untuk memecahkan masalah-masalah dalam penyeleksian soal-soal untuk mendesain suatu perangkat tes tertentu. Salah satu keunggulan utama item response theory (IRT) khususnya dalam hal mendesain tes dibandingkan dengan teori tes klasik adalah bahwa dalam konsep item response theory (IRD statistik soal terletak dalam skala yang sama dengan kemampuan siswa yang diukur. (Hambleton, Swaminathan & Rogers (1991) dalam Hari Setiadi).

Dalam menganalisis soal digunakan analisis kualitatip seperti content analysis yaitu analisa terhadap butir soal fisika dimulai dari spesitikasi tujuan, pembuatan kisi-kisi soal, penulisan soal, uji coba soal hingga penyusunan tes dan penempatan soal menjadi bank soal yang telah dikalibrasi.

Dari 640 peserta tes hasil dari 10 kali uji coba diperoleh skor terendah 6 dan skor tertinggi 49, median antara 31 sampai 37. Soal-soal dalam tes uji coba cukup homogen dengan koefisien reliabilitas alpha antara 0,597 sampai 0,854 dengan rata-rata tingkat kesukaran butir soal antara 0,622 sampai 0,823 Soal-soal dalam bank soal dengan tingkat kesukaran soalnya berada pada rentangan -3,960 sampai 4,050 sedangkan soal-soal hasil seleksi dari bank soal dengan tingkat kesukaran soalnya berada pada rentangan -2,75 sampai 3,02 dan rata-rata tingkat kesukaran soalnya 0,11 dan standard error of measurement 0,35. Dengan demikian rencana desain tes dengan hasil seleksi soal-soal dari bank soal untuk satu kali mendesain tes sesuai dengan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan yang diinginkan mendekati karakteristik yang ideal.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38118
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library