Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Api Perdana
"Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Salah satu aspek penting dalam kegiatan belajar mengajar di lingkungan pendidikan adalah penyediaan soal-soal latihan atau ujian untuk menguji tingkat pengetahuan siswa dalam bidang ilmu yang dipelajarinya. Seiring dengan lama dan banyaknya kegiatan pendidikan yang telah dijalankan, jumlah soal yang dimiliki lembaga pendidikan yang bersangkutan pun terus meningkat. Pengaturannya pun menjadi semakin sulit. Begitupun bagi siswa, soal-soal yang dapat dijadikan bahan latihan, sulit diperoleh dan tidak lengkap. Fakultas Ilmu Komputer UI juga mengalami permasalahan seperti ini.
Sebagai usulan solusi, dikembangkan prototipe Sistem Informasi Bank Soal dan Online Test, suatu sistem yang dapat membantu mengelola penyimpanan dan pengorganisasian soal-soal tersebut dengan lebih baik. Sistem yang dikembangkan ini juga memfasilitasi online test dan pembuatan naskah soal. Ruang lingkup dari proyek mahasiswa ini adalah menganalisis, merancang dan mengimplementasikan prototipe sistem. Metodologi pengembangan sistem yang digunakan adalah System Development Life Cycle, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Structured Analysis and Modeling."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2004
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Mutmainah
"Ujian berbasis komputer sudah diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia, Untuk mendukung ujian berbasis kompute, portal Rumah Belajar mengembangkan aplikasi Bank Soal sebagai adah bagi guru-guru dalam membuat evaluasi hasil belajar secara online. Oleh karena itu, perlu dilakukan studi kelayakan atas aplikasi Bank Soal tersebut.
Tujuan dari studi ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah pengguna merasa senang, puas, dan mendaptkan kemudahan ketika menggunakan aplikasi Bank Soal, dan (2) apakah tampilan aplikasi Bank Soal kepada 21 orang guru dari jenjang SD, SMP, SMAdan SMK di 21 kabupaten/kota yang sudah memiliki kemampuan dalam mengoperasikan komputer dan menggunakan internet.
Hasil penghitungan rata-rata pendapat responden dengan UEQ tools dapat diinterpretasikan bahwa aplikasi Bank Soal memiliki evaluasi guru; aman untuk diakses siswa; memotivasi dan menarik minat guru dan siswa untuk melakukan evaluasi secara online; serta merupakan sebuah inovasi pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi dalam hal kegiatan evaluasi pembelajaran."
Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017
371 TEKNODIK 21:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pakpahan, Rogers
"ABSTRAK
Masalah yang menjadi fokus kajian adalah mengenai peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) dalam pengembangan Bank Soal Daerah sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan di suatu wilayah.
Tujuan kajian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan TIK dalam pengembangan Bank Soal Daerah untuk
meningkatkan mutu pendidikan. Proses pengembangan instrumen penilaian (soal standar) menggunakan internet
dan komputer serta perangkatnya. Pengelolaan Bank Soal Daerah dapat dilakukan secara bersama antara satuan
pendidikan dengan dinas pendidikan provinsi atau kabupaten/kota. Bank Soal Daerah dengan soal standar membantu para pendidik dalam pelaksanaan penilaian. Hasil penilaian digunakan untuk perbaikan dalam pembelajaran sehingga terjadi peningkatan mutu pendidikan. Permintaan soal oleh satuan pendidikan dilakukan dengan memanfaatkan jaringan teknologi informasi atau melalui internet sehingga kerahasiaan soal terjamin. Kajian ini menyimpulkan bahwa pemanfaatan TIK berperan untuk mewujudkan Bank Soal Daerah dan pengembangan soal standar yang digunakan oleh pendidik pada penilaian internal. Penggunaan soal standar oleh sekolah diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan melalui upaya sekolah menelusuri dan membandingkan hasil penilaian antarsekolah."
Jakarta: PUSAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, 2016
371 TEKNODIK 20:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Pernon Akbar
"ABSTRAK
Model tes klasik sudah banyak dikenal kalangan pendidik di
Indonesia, sedangkan tes modern (item response theory) relatif masih dalam
taraf pengembangan. Analisis soal secara kuantitatif menurut teori klasik
salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan program ITEMAN.
Model teori tes modem (item response theory) dapat dianalisis dengan
menggunakan program BIGSTEPS.
Model Rasch adalah salah satu model unidimensional item response
theory (IRT yang menggunakan model satu parameter yang paling populer
digunakan dalam aplikasi untuk pengembangan bank soal. Konsep item
response theory (IRT) sangat berguna untuk memecahkan masalah-masalah
dalam penyeleksian soal-soal untuk mendesain suatu perangkat tes tertentu.
Salah satu keunggulan utama item response theory (IRT) khususnya dalam
hal mendesain tes dibandingkan dengan teori tes klasik adalah bahwa dalam
konsep item response theory (IRD statistik soal terletak dalam skala yang
sama dengan kemampuan siswa yang diukur. (Hambleton, Swaminathan & Rogers (1991) dalam Hari Setiadi).
Dalam menganalisis soal digunakan analisis kualitatip seperti
content analysis yaitu analisa terhadap butir soal fisika dimulai dari
spesitikasi tujuan, pembuatan kisi-kisi soal, penulisan soal, uji coba soal
hingga penyusunan tes dan penempatan soal menjadi bank soal yang telah
dikalibrasi.
Dari 640 peserta tes hasil dari 10 kali uji coba diperoleh skor
terendah 6 dan skor tertinggi 49, median antara 31 sampai 37. Soal-soal
dalam tes uji coba cukup homogen dengan koefisien reliabilitas alpha
antara 0,597 sampai 0,854 dengan rata-rata tingkat kesukaran butir soal
antara 0,622 sampai 0,823 Soal-soal dalam bank soal dengan tingkat
kesukaran soalnya berada pada rentangan -3,960 sampai 4,050 sedangkan
soal-soal hasil seleksi dari bank soal dengan tingkat kesukaran soalnya
berada pada rentangan -2,75 sampai 3,02 dan rata-rata tingkat kesukaran
soalnya 0,11 dan standard error of measurement 0,35. Dengan demikian
rencana desain tes dengan hasil seleksi soal-soal dari bank soal untuk satu
kali mendesain tes sesuai dengan Pokok Bahasan/Sub Pokok Bahasan yang
diinginkan mendekati karakteristik yang ideal.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38118
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library