Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ahmad Yusuf Bryan
"Dalam beberapa tahun terakhir, bank digital telah melakukan ekspansi besar-besaran untuk mendorong nasabah menyimpan dan mengelola asetnya secara digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor-faktor pengalaman konsumen seperti kegunaan, kenyamanan, keterlibatan karyawan-konsumen, keamanan, dan fitur terhadap intensi menggunakan kembali dan pengaruh kepuasan konsumen dalam memediasi hubungan keduanya. Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada 309 nasabah bank Jago. Selanjutnya, pemodelan persamaan struktural (SEM) digunakan untuk menguji hipotesis dan pengaruh mediasi kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh faktor dari pengalaman konsumen memiliki pengaruh terhadap intensi penggunaan kembali. Sehingga, kepuasan konsumen memediasi sebagian hubungan pengalaman konsumen dan intensi penggunaan kembali. Kajian ini berkontribusi pada pembentukan keinginan nasabah untuk menggunakan kembali bank digital dan memberikan pengetahuan bagi para praktisi untuk mengembangkan bank dan strategi pengelolaan nasabah.
In recent years, digital banks have carried out massive expansions to encourage customers to save and manage their assets digitally. This study aimed to analyze the impact of customer experience factors such as usefulness, convenience, employeecustomer engagement, security, and feature on the intention to reuse and the influence of consumer satisfaction in mediating the relationship between consumer experience and intention to reuse. A survey was conducted using a questionnaire distributed to 309 Bank Jago’s customers. Furthermore, structural equation modelling (SEM) was used to test the hypotheses and the mediation effect of customer satisfaction. The results showed that all factors of customer experience are directly affected intention to reuse. Thus, consumer satisfaction partially mediated the relationship between consumer experience and intention to reuse. This study contributes to the formation of customers’ desire to reuse digital banks and provides knowledge for the practitioners to develop bank and customer management strategies."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rilo Adiarsono Imanisidi
"Perkembangan zaman yang semakin modern membuat perbankan digital harus memiliki strategi dalam manajemen hubungan pelanggan, agar terciptanya loyalitas pelanggan dan menghasilkan keunggulan bersaing sehingga dapat bertahan di tengah persaingan yang kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan sebagai variabel mediasi pada pengguna fitur kecerdasan buatan dan otomatisasi di Bank Jago. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik penarikan sampel non probability yaitu purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 105 responden kepada nasabah Bank Jago yang menggunakan fitur kecerdasan buatan dan otomatisasi selama satu bulan secara konstan. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner online melalui platform Google Form. Data dianalisis dengan menggunakan aplikasi Statistical Product and Service Solution (SPSS) dan Smart PLS dengan menggunakan model Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan langsung dan tidak langsung antara manajemen hubungan pelanggan terhadap keunggulan bersaing melalui loyalitas pelanggan sebagai mediasi. Penelitian ini memberikan kontribusi kepada industri perbankan digital, akademisi, dan masyarakat untuk meningkatkan pelayanan terutama pada sisi teknologi di industri perbankan digital Indonesia sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.
The increasingly modern era demands that digital banking must have a strategy in customer relationship management to create customer loyalty and generate competitive advantage, enabling survival amid intense competition. This study aims to analyze the influence of customer relationship management on competitive advantage through customer loyalty as a mediating variable for users of artificial intelligence and automation features at Bank Jago. This research is quantitative with a cross-sectional approach. The sampling technique used was non-probability purposive sampling, with a total sample of 105 respondents who are Bank Jago customers utilizing artificial intelligence and automation features consistently for one month. The research instrument employed an online questionnaire through the Google Form platform. Data were analyzed using the Statistical Product and Service Solution (SPSS) and Smart PLS applications with the Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS SEM) model. The results of this study show both direct and indirect relationships between customer relationship management and competitive advantage through customer loyalty as mediation. This research contributes to the digital banking industry, academia, and society to improve services, particularly on the technological side, in Indonesia's digital banking industry so that the benefits can be felt by all levels of society."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library