Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lee Jae II
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2014
391 LEE w
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Seok, Ju-seon
Seoul: Hyeonamsa, 2009
KOR 391.951 9 SEO m
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Fadhila Shabrina Hidayati
"ABSTRAK
Malaysia adalah negara multikultural dengan Melayu sebagai etnis asli dan terbesar, karena itu lah budaya Melayu menjadi dasar perkembangan budaya di Malaysia. Baju kurung dan baju Melayu yang tadinya milik etnis Melayu kini menjadi pakaian nasional Malaysia yang menunjukkan identitas nasional dan nation branding. Menurut Hall 1990 , identitas bukan lah sesuatu yang tetap dan bergantung pada positioning. Sedangkan Anholt 2013 berargumen bahwa identitas merupakan bagian dari nation branding. Penelitian kualitatif ini melihat bagaimana penerimaan kaum muda Malaysia terhadap baju kurung dan baju Melayu sebagai identitas nasional dan nation branding. Penulis menemukan bahwa identitas yang ditampilkan melalui keduanya dapat berupa identitas Melayu dan identitas nasional Malaysia karena keduanya dipakai oleh seluruh etnis di Malaysia. Di dunia internasional, keduanya juga menjadi pakaian yang menunjukkan identitas Malaysia, sehingga citra yang ditampilkan melalui nation branding dapat terlihat melalui baju kurung dan baju Melayu. Kata kunci:Malaysia; baju kurung; baju Melayu; identitas; nation branding
ABSTRACT
Malaysia is a multicultural country with Malay as the indigenous and the largest ethnic, hence Malay culture is the foundation of the development of Malaysia rsquo s culture. Baju kurung and baju Melayu belonged to the Malays have became Malaysia rsquo s national costume that shows national identity and nation branding. According to Hall 1990 , identity is not fixed and has positioning. Anholt 2013 argues that identity is a part of nation branding. This qualitative research examines on how youths in Malaysia is accepting baju kurung and baju Melayu as their national clothing and nation branding. The author found that the identity that is shown through baju kurung and baju Melayu could be the Malay and Malaysia rsquo s national identity due to both costumes are worn by all ethnics in Malaysia. In the international world, those costumes have become the clothing which represent Malaysia rsquo s identity, so that image is shown through nation branding could be seen by means of baju kurung and baju Melayu. Keywords Malaysia baju kurung baju Melayu identity nation branding"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50366
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nahry
"ABSTRAK
Struktur jalan baja tersusun atas komponen-komponen: Rel, Bantalan, Balas dan Subgrade, yang membentuk satu kesatuan struktur sehingga dapat berfungsi untuk menerima dan menyalurkan beban ke bumi. Lendutan merupakan masalah utama dalam struktur jalan baja karena lendutan yang terjadi akibat beban yang bekerja akan mempengaruhi besaran tegangan yang terjadi. Semakin kaku komponen-komponen tersebut, lendutan yang terjadi akan semakin kecil dan tegangan juga akan semakin kecil. Parameter untuk menentukan kekakuan komponen jalan baja digunakan nilai k sebesar 180 kg/cm2 yang diperoleh berdasarkan literatur. Untuk mengetahui besaran k yang sesungguhnya terjadi, dapat dilakukan penelitian di lapangan. Dengan mengetahui besaran k yang terjadi di lapangan, tegangan yang terjadi akan dapat ditentukan dan dapat dilakukan evaluasi pada struktur jalan baja sehingga dapat diambil tindak lanjut bagi perawatan komponen-komponennya."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1994
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Nopita Eka Rizna
"Industri farmasi merupakan suatu badan usaha yang memiliki izin sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang melakukan kegiatan pembuatan obat atau bahan obat. Suatu industri farmasi yang memproduksi produk sediaan steril perlu dibuat dengan persyaratan khusus yang bertujuan untuk memperkecil risiko kontaminasi mikroba, partikulat dan pirogen, Dimana hal ini dapat dipengaruhi dari keterampilan, pelatihan dan sikap personel yang terlibat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem digitalisasi yang bertujuan untuk melakukan pemantauan jumlah sterilisasi baju steril. Metode yang digunakan yaitu menggunakan sebuah aplikasi yang dibuat dalam bentuk web base. Dari hasil penelitian bahwa aplikasi yang digunakan sudah baik akan tetapi perlu adanya perbaikan dalam pengaturan notifikasi.

The pharmaceutical industry is a business entity that has a permit in accordance with the provisions of laws and regulations which carries out activities in the manufacture of medicines or medical substances. A pharmaceutical industri that produces sterile dosage products needs to be made with special requirements aimed at minimizing the risk of microbial, particulate and pyrogen contamination, where this can be influenced by the skills, training and attitudes of the personnel involved. Therefore, a digitalization system is needed which aims to monitor the number of sterilizations of sterile clothing. The method used is using an applicatipn created in the form of a web base. From the research results, the application used is good, but there needs to be improvements in the notification settings.

 

"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hutagalung, Laura Magdalena E.
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai tradisi mengenakan baju putih dalam upacara pemakaman tradisional Cina dan betujuan untuk memaparkan awal terbentuknya tradisi penggunaan baju putih sebagai baju berkabung serta makna warna putih pada baju berkabung dalam masyarakat Cina. Adapun tradisi mengenakan baju putih sebagai tanda berkabung dalam upacara pemakaman tradisional Cina menurut catatan sejarah sudah dimulai sejak awal dinasti Zhou, dan masih dilakukan hingga sekarang. Warna putih dianggap sebagai warna berkabung yang menunjukan kemurnian, kesederhanaan, kesucian, kehidupan, dan kejujuran. Seiring berjalannya waktu, penggunaan baju berkabung ini pun semakin sederhana, tetapi tidak menghilangkan unsur utama yaitu pakaian dasar bewarna putih. Dari hasil penelitian yang melihat dari sisi budaya dan sejarah yang dilakukan berdasarkan studi kepustakaan, ditemukan warna putih berhubungan dengan makna berkabung dan kematian dalam masyarakat Cina.

ABSTRACT
This study discusses the tradition of wearing white clothes in traditional Chinese funerals and aims to describe the beginning of a tradition of using white clothes as mourning attire and also to analyze significance of white clothing as mourning attire in Chinese society. According to historical records, the tradition of wearing white mourning dress as a sign of mourning in traditional Chinese funerals has been started since the Zhou dynasty and still apply today. The white color is considered as the color of mourning, it is to symbolize innocence, simplicity, purity, existence, and sincerity. However, as time goes by, the use of mourning clothes is now even simpler, but does not eliminate the main element of this tradition that is white clothing. From testing the results of historical research based on the literature study earlier, it was found that white color was linked to death and mourning in Chinese culture. "
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Raodah
"ABSTRAK
Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolik dan dinamika perkembangan pakaian adat suku Toraja yang ada di Sulawesi Selatan. Pakaian adat suku Toraja berdasarkan fungsi penggunaannya terbagi dua yaitu pakaian sehari-hari dan pakaian upacara adat. Pakaian untuk wanita Toraja yaitu baju pokko dan do'doan laki-laki memakai celana seppa tallung buju dan sambu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, teknik pengumpulan data melalui pengamatan, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa pakaian adat suku Toraja beserta perhiasan yang dikenakan memiliki makna yang simbolik yang melambangkan stratifikasi sosial orang yang memakainya. Warna cerah dipakai pada upacara syukuran atau Rambu Tuka dan warna hitam dipakai pada upacara kedukaan atau Rambu Solo. Dalam perkembangannya pakaian adat Toraja mengalami pergeseran nilai dan fungsi pada penggunaannya. Perubahan tampak pada pakaian adat pengantin Toraja, yang mengalami perubahan pada bahan yang digunakan, maupun model yang sudah mengikuti trend mode zaman sekarang."
Denpasar: Balai Pelestarian Nilai Budaya Bali, 2017
902 JPSNT 24:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Suharto Suyatna
"Analisisinteraksisosialyang bercirikan Poshlost' dalam cerita pendek Baju Mantel, bertujuan untuk menjabarkan suatu interaksi sosial yang mengandung ciri negatif di dalam kegiatan-kegiatan dan tingkah laku manusia yang berhubungan dengan situasi-situasi sosial. Untuk mencapai tujuan ini penulis berupaya menguraikan dan menjelaskanya dengan menelusuri rangkaian peristiwa dan situasi sosial yang terjadi di dalam cerita pendek Baju Mantel. Dalam penulisan di atas, penulis mempergunakan metode deskriptif analitis yang didasarkan pada studi kepustakaan. Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan intrinsik, yaitu pembahasan unsur-unsur yang hanya terdapat di dalam karya sastra itu sendiri. Teori yang penulis gunakan selain teori sastra, juga teori psikologi sosial sebagai ilmu bantu. Hasil analisis menunjukkan bahwa cerita pendek ini sarat dengan ciri Poshlost', yaitu ciri yang menampilkan penghinaan terhadap harkat manusia yang luhur, seluruhnya bersifat nista, rendah dan memuakkan, serta mengungkapkan sesuatu yang tidak pantas menurut tatanan norma-norma yang berlaku dalam masyarakat. Ciri Poshlost' tersebut menyebabkan tokoh utama dalam cerita pendek Baju Mantel terjerumus ke dalam duka cita dan ketidakberuntungan, akibat perlakuan sosial yang diterimanya dalam interaksi sosial yang bercirikan Poshlost'. sari basil analisis ini Juga ternyata interaksi sosial bercirikan Poshlost' tersebut lebih banyak terungkap di batik perlakuan sosial terhadap tokoh utama, dan di batik rangkaian peristiwa dan situasi sosial yang terjadi dalam cerita pendek Baju Mantel."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15102
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sheila Maharani Berlian
"Wacana keberlanjutan dalam konteks industri pakaian membahas pembelian dan penjualan baju bekas sebagai perilaku berkelanjutan. Terlepas dari perbedaan sosiokultural dengan negara Barat, pembelian baju bekas melalui toko baju bekas berbasis daring dibahas dalam wacana keberlanjutan di Indonesia. Pemilik toko baju bekas di Instagram mulai mengunggah konten yang mengangkat wacana keberlanjutan. Menggunakan kerangka pemikiran Wacana oleh Foucault dan Konstruksi Sosial atas Realitas oleh Berger dan Luckmann, penelitian ini berfokus pada konstruksi realitas pemilik toko baju bekas berbasis daring dan tidak berfokus pada analisis teks wacana. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana pemilik toko baju bekas di Instagram membentuk konstruksi wacana keberlanjutan dalam konstruksi realitasnya. Penelitian kualitatif dengan strategi penelitian social constructionism ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara mendalam. Penelitian ini menemukan bahwa konstruksi wacana keberlanjutan oleh pemilik toko baju bekas di Instagram dilatarbelakangi oleh agen sosialisasi dan berhubungan dengan konstruksi realitas subjektifnya. Dalam proses konstruksi tersebut, pemilik toko baju bekas berbasis daring mengadopsi sudut pandang Barat dalam membentuk konstruksi wacana keberlanjutan. Melalui konstruksi wacana keberlanjutan, terbentuk dilema karena terdapat kesenjangan antara konstruksi wacana dengan realitas objektif. Dilema ini juga diperkuat melalui ketidaksesuaian ekspektasi terkait kuasa yang dimiliki pemilik toko baju bekas berbasis daring dengan realitas yang ditemui.

ABSTRACT
Sustainability discourse within the context of fashion industry discussed about the act of buying and selling used clothes as sustainable behavior. Regardless of sociocultural differences with Western countries, the act of buying used clothes through online thrift shop is being considered to be included within the sustainability discourse in Indonesia. Online thrift shop owners on Instagram began to upload contents promoting sustainability discourse. Using Foucault’s frame of mind regarding discourse and Berger and Luckmann’s social construction of reality framework, this research focuses on online thrift shop owners’ social construction of reality and does not focus on the discourse analysis. This study aims to explore how online thrift shop owners on Instagram construct sustainability discourse within their social construction of reality. This qualitative research, with social constructionism strategy, uses in-depth interview as the data collection method. This study discovers that the construction of sustainability discourse by online thrift shop owners on Instagram is motivated by their socialization agents and is related to their subjective reality construction. Within the process of construction, online thrift shop owners adopt Western world view in constructing sustainability discourse. This study also finds that through the social construction of sustainability discourse, online thrift shop owners experience dilemma from the discrepancy that they encounter between their discourse construction and the objective reality. The dilemma is also strengthened by the dissonance they experience between expectation regarding their owned power and the encountered reality.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library