Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Endang Sundari
Abstrak :
Pembelajaran bahasa Inggris di SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang siap mengisi kesempatan bekerja. Oleh karena itu pembelajaran bahasa Inggris berorientasi ke dunia kerja. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 6 Jakarta, Jl. Prof Joko Sutono, SH nomor 2 A, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan lima perusahaan di sekitar lokasi sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakanl silabus bahasa Inggris untuk sekolah menengah kejuruan (SMK) bidang keahlian bisnis dan manajemen yang dapat mempersiapkan lulusannya siap bekerja, yang dinamakan silabus English for Occupational Purposes (EOP). Untuk menciptakan silabus EOP ini dilakukan penelitian survei dengan menyebarkan kuesioner dan pengetesan, serta penelitian kasus dengan mengadakan analisis dokumen yang terkait dan wawancara. Kuesioner dan pengetesan dilakukan terhadap responden siswa SMK N 6 Jakarta kelas X. Analisis dokumen dilakukan terhadap Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan silabus bahasa Inggris SMK N 6 Jakarta. Wawancara dilakukan dengan guru, wakil kepala sekolah, kepala sekolah, dan praktisi dunia kerja. Data yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan pengetesan dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data yang diperoleh dari analisis dokumen dan wawancara dianalisis secara kualitatif. Ada dua basil utama dari tesis ini: (1) daftar kompetensi bahasa Inggris yang berguna di dunia kerja dan (2) silabus EOP. Daftar kompetensi ini dimaksudkan untuk kelas X. Namun, daftar itu juga dapat diberlakukan untuk kelas XI dan XII dengan kedalaman yang berbeda. Di samping dua basil utama yang diperoleh, penelitian ini menghasilkan dua temuan, yakni (1) kelemahan dalam pembelajaran bahasa Inggris dan (2) kesamaan kebutuhan dari pihak yang terkait dengan pembelajaran bahasa Inggris. Kelemahan Â? pembelajaran itu terdapat dalam KTSP, silabus, guru, dan siswa. Untuk kebutuhan yang dipandang sama yaitu dalam hat orientasi pembelajaran bahasa Inggris yang mengarah pada tujuan kerja.Temuan ini mengindikasikan bahwa silabus EOP sesuai untuk SMK bidang keahlian bisnis dan manajemen. Pembelajaran bahasa Inggris dengan silabus EOP dengan enam kompetensi daftar yang telah dirumuskan diharapkan dapat mempersiapkan siswa memasuki dunia kerja. ......The aim of English learning at Senior Vocational High School/SMK business and management program is to produce the SMK graduates to be ready to fill the job vacancies. So, orientation of the English learning program is occupational purposes. The research was conducted at Government Senior Vocational High School/SMK N 6 Jakarta, J1. Prof. Joko Sutono, SH, No.2A, Kebayoran Baru, South Jakarta and five companies around SMK N 6 Jakarta. The aims of the research are to identify useful competencies in working places and to create English for occupational Purposes (EOP) syllabus for SMK of business and management program, especially SMK N 6 Jakarta. The EOP syllabus was designed for preparing the SMK N 6 Jakarta graduates to fill job vacancies. The writer held survey and case research by using research instruments such as questionnaires, English proficiency test, documents analysis, and interview. The questionnaires and English proficiency test were given to SMK N 6 Jakarta students of grade X. Documents analysis were for analyzing Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) number 20, 2003, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) SMK N 6 Jakarta, and English syllabus of SMK N 6 Jakarta. The interview was conducted for teachers, vice headmaster, headmaster, and practitioners of working places. Data gained from questionnaires and English proficiency test were analyzed quantitatively, while data of documents analysis and interview were analyzed qualitatively. There were two main results of the research, they are (1) list of useful competencies in working places and (2) EOP syllabus. Besides the main results, the research had findings (1) weaknesses in learning English and (2) the same needs in learning English among stakeholders. Their same needs is English learning to prepare students in filling job vacancies. It means that EOP syllabus is suitable for SMK business and management program
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2008
T37346
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Donny Hendry Fahsani
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini bertujuan merancang kurikulum Bahasa Inggris untuk Jurusan Manajemen di sebuah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) yang berlokasi di salah satu kota di Jawa Barat. Kurikulum dirancang dengan menggunakan langkah-langkah yang dikemukakan Nation dan Macalister (2010) dan Richards (2001). Dalam perancangan program ini, penulis terlebih dahulu melakukan analisis terhadap silabus lama Bahasa Inggris dan kurikulum Jurusan Manajemen di STIE. Langkah selanjutnya adalah menyebarkan kuesioner kepada pemelajar Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen STIE, pengajar mata kuliah Bahasa Inggris, pengajar mata kuliah keahlian, pihak institusi, dan pengguna lulusan/industri. Wawancara dilakukan terhadap Koordinator Matakuliah Bahasa Inggris di STIE. Hal tersebut dilakukan untuk memeroleh informasi mengenai pemelajaran bahasa Inggris yang saat ini dilaksanakan, dan yang akan diharapkan ke depannya. Data dianalisis guna merumuskan program Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen STIE. Program Bahasa Inggris yang diajukan terdiri dari lima matakuliah, yakni Bahasa Inggris I, Bahasa Inggris II, Bahasa Inggris III, Bahasa Inggris IV, dan Bahasa Inggris V. Jenis silabus yang digunakan merupakan silabus proto yangg berdasar pada topik, keterampilan, tugas, dan fungsi. Topik ditentukan sesuai dengan isu relevan dengan kehidupan mahasiswa dan studi bisnis-manajemen. Kurikulum yang dihasilkan diharapkan dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran Bahasa Inggris di Jurusan Manajemen dan untuk memenuhi kebutuhan berbagai pemangku kepentingan di STIE.
Abstract
The aim of this theses is to design a proposed curriculum for English course in Management Department at one of School of Business (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, or STIE) located in one of the cities in West Java. The curriculum was designed using the stages proposed by Nation and Macalister (2010) and Richards (2001). In designing the curriculum, the writer first analyzed the English syllabus used for English subject and the curriculum of STIE?s Management Department. Further survey was done by distributing questionnaires to the students in Management Department, the English lecturers, the core-subject lecturers, the institution, and the users (industry). Interview was conducted with the Head of English subject. These were done to find information about the current condition of teaching and learning English and the expectation about teaching and learning English at the Department in the future. The data was analyzed to formulate the English program in STIE?s Management Department. The proposed program consists of five courses, that is English I, English II, English III, English IV, and Engish V. The type of syllabus selected integrates TOPIC-BASED, SKILLBASED, TASK-BASED based, and FUNCTION-BASED. Topics are chosen according to issues which are relevant to student life and management study. The proposed curriculum design is expected to achieve the aims of the course and to fulfil the various stakeholders? needs.
2012
T31508
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library