Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achyar Maulana Pratama
Abstrak :
Kinerja dari motor BLDC yang semakin baik dibutuhkan untuk aplikasi dalam dunia industri. Jadi, studi penelitian diperlukan agar dapat meningkatkan kualitas performa motor BLDC. Oleh karena itu, dirancang suatu desain motor BLDC menggunakan metode simulasi dengan perangkat lunak berbasis finite element analysis. Perubahan yang dilakukan adalah variasi lebar dan offset dari sudut kutub pada magnet permanen. Tegangan induksi, torsi, dan efisiensi terbesar terjadi pada lebar sudut kutub 34,5 derajat yang memiliki besar 30,76 volt, 6,08 Nm, dan 92,98 %. Sedangkan, riak torsi paling kecil adalah 2,52 % pada lebar sudut kutub 32,7 derajat. Jarak offset sudut kutub 42,75 milimeter dengan lebar sudut kutub 34,5 derajat memiliki tegangan induksi, torsi, dan efisiensi terbesar, yaitu 31,54 volt, 6,2 Nm, dan 93,11 %.
Performance of the BLDC motor is either increasingly needed for applications in the industrial world. Thus, the research study is needed in order to improve the quality of performance of the BLDC motor. Therefore, designed a BLDC motor design using simulation method with finite element analysis software. Width and offset from the arc poles on the permanent magnet is a variation performed on the motor design. Induced voltage, torque, and efficiency was greatest at 34.5 degrees angle pole, which is 30.76 volts, 6.08 Nm, and 92.98%. Meanwhile, most small torque ripple is 2.52% on polar angle of 32.7 degrees wide. Distance 42.75 millimeters of Offset arc pole with 34.5 degrees angle pole has induced voltage, torque, and the greatest efficiency, which is 31.54 volts, 6.2 Nm, and 93.11%.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63240
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Simbolon, Decby Laksana Luhut
Abstrak :
Kinerja dari motor bldc yang semakin baik dibutuhkan untuk aplikasi dalam dunia industri. Jadi, studi penelitian diperlukan agar dapat meningkatkan kualitas performa motor bldc. Oleh karena itu, dirancang suatu desain motor bldc menggunakan metode simulasi dengan perangkat lunak berbasis finite element analysis. Perubahan yang dilakukan adalah variasi lebar dari sudut kutub pada magnet permanen. Analisis dari setiap desain menyangkut dari analisa fluks, torsi, back EMF, dan Efesiensi dari motor. Hasil dari pelebaran lebar sudut kutub magnet permanent akan menaikan torsi dan efisiensi dari motor itu sendiri namun riak torsi yang terjadi akan semakin tinggi yang akan menggangu kinerja dari motor itu sendiri. Tegangan induksi, torsi, dan efisiensi terbesar terjadi pada lebar sudut kutub 45 derajat yang memiliki besar 33,595 volt, 6,75 Nm, dan 85,7. Sedangkan, riak torsi paling kecil adalah 2,89 pada lebar sudut kutub 36 derajat.
Performance of the BLDC motor is either increasingly needed for applications in the industrial world. Thus, the research study is needed in order to improve the quality of performance of the BLDC motor. Therefore, designed a BLDC motor design using simulation method with finite element analysis software. Width from the arc poles on the permanent magnet is a variation performed on the motor design. Fluks, Induced voltage, torque, and efficiency from each variation became parameter for analitical component. The result of widening the width of the permanent magnetic pole angle will increase the torque and efficient of the motor itself but the higher the torque ripple will occur and cause a negative effect on the motor performance. Induced voltage, torque, and efficiency was greatest at 45 degrees angle pole, which is 33,595 volts, 6,75 Nm, and 85.7. Meanwhile, most small torque ripple is 2,89 on polar angle of 36 degrees wide.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Rizqy Firdiansyah
Abstrak :
Dalam perancangan mobil listrik Formula Student sebagai purwarupa kendaraan untuk perlombaan tingkat nasional maupun internasional membutuhkan elemen penggerak, elemen pengendaliam, dan elemen penyimpanan energi yang optimal. Perancangan terdiri dari penentuan spesifikasi motor, pengendalian, dan baterai untuk mencapai performansi yang di inginkan. Perancangan terbagi menjadi perancangan mekanik dan elektrik. Kedua perancangan tersebut di butuhkan untuk menghasilkan konstanta torsi, konstanta tegangan induksi. Adapun penentuan spesifikasi motor yang membutuhkan perancangan mekanik sebagai konstanta penentuan beban yang dapat di gerakan oleh motor. Dengan menggunakan motor 3 Kw diperlukan baterai yang sesuai dengan penggunaan motor BLDC dalam durasi yang diinginkan sehingga didapatkan baterai dengan kapasitas 80 Ah. Hasil waktu tercepat pada performansi akselerasi dengan menggunakan motor 3 kw adalah 23 detik untuk mencapai 53.1 km/j. dan pada pengujian performansi lintasan melingkar di hasilkan konsumsi energi terbesar pada kecepatan rata-rata 45 km/j dengan nilai konsumsi daya 388 Wh. ......Designing electric cars for Formula Students as electric vehicles for national or international competitions require Propulsion system, controlling system, and optimal energy storage elements. The design consists of motor specifications, controls, and batteries to achieve the desired performance. The design is divided into mechanical and electrical design. The two designs above require producing a torque value, an induced voltage value. Regarding the determination of motor specifications that require mechanical design as a load selection constant that can be done by a motor. By using a 3 Kw motor, a battery that is suitable with the use of a BLDC motor is required in the desired duration, the battery can be obtained with a capacity of 80 Ah. The fastest time on acceleration performance using a 3 kW motor is 23 seconds to reach 53.1 Km/j. and the endurance test performance test results in the largest energy consumption at an average speed of 45 Km/j with a power consumption value of 388 Wh.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Masmoudi, Ahmed
Abstrak :
This book provides the basis of the design of rotating AC machines. The first chapter puts the emphasis on the air gap magnetomotive force (MMF) of Rotating AC machines and the second chapter deals with the formulation of the rotating fields that could be generated considering different technique. The third chapter of this book focuses on the arrangement of the armature winding of fractional-slot concentrated winding permanent magnet synchronous machines, which is achieved considering the star of slots approach. Each topic is explained by case studies that show how to implement the theory into real-world design of DC machines.
Singapore: Springer Singapore, 2019
e20501259
eBooks  Universitas Indonesia Library