Ditemukan 1 dokumen yang sesuai dengan query
Rizacky Hendratama
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang perancangan model peramalan dan skenario permintaan untuk sebuah perusahaan startup bernama Dearmothers yang memiliki fokus bisnis pada penyediaan jasa baby gift registry. Gifi registry merupakan sebuah inovasi di industri e-commerce yang belum pernah diterapkan di Indonesia sebelumnya di mana dalam inovasi ini seorang pengguna jasa gift registry dapat membuat daftar keinginan akan produk yang ingin ia dapat sebagai hadiah. Pengguna lain yang bisa melihat daftar keinginan tersebut dapat membelikan hadiah yang dimaksud. Model peramalan dalam penelitian ini dikembangkan dengan menggunakan metode artificial neural network. Dengan menggunakan data historis penjualan dari sebuah website e-commerce yang menjadi kandidat potensial partner Dearmothers sebagai data pelatihan, model peramalan yang dibuat menghasilkan nilai mean square error sebesar 93,002. Permintaan untuk enam bulan pertama operasi diramalkan menggunakan model tersebut. Namun demikian, dengan pertimbangan bahwa nilai input untuk model peramalan didapat dari target perusahaan, terdapat kemungkinan nilai permintaan aktual akan jauh berbeda terutama jika performa perusahaan tidak mencapai target. Oleh karena itu, dikembangkan skenario permintaan dalam penelitian ini. Empat skenario yang dikembangkan menunjukkan bahwa tingkat permintaan yang diramalkan sangat mudah dipengaruhi oleh perubahan nilai input. Berbagai strategi diusulkan dalam penelitian ini sebagai masukan bagi perusahaan jika harus menghadapi situasi sebagaimana diprediksikan oleh skenario yang dikembangkan
ABSTRACT
This study discusses the design of a demand-forecasting model and develops scenarios of possible demand based on the proposed model for a startup company called Dearmothers which focuses on providing a baby gift registry service. The gift registry is an innovation in e-commerce industry that has never been applied in Indonesia before in which a user of this service will be able make a wish list for products he/she wants to get as a gift. Other users who get to see the list can buy him/her the gift as requested. The demand-forecasting model was developed using artificial neural network method. Using sales historical data from an e-commerce company which has the potentials to be the future partner of Dearmothers as training data, the neural network model yields a mean-square error value of 93.002. Demand for the first six months of operations were forecasted. However, as the input values for the model to get the forecasted demand were acquired based on Dearmothers? optimistic target, the actual value in the future may differ especially when the company?s performance does not meet the target. Four scenarios of possible demand were developed. Those scenarios showed that the forecasted demand values were influenced very much by even the slight changes to input values. Various strategies were proposed as countermeasures for the company in case they have to face such challenges in demand management as predicted by the scenarios.
2016
S63916
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library