Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Abdul Aziz
Abstrak :
Eksplorasi minyak dan gas pada laut dalam membutuhkan struktur bangunan lepas pantai yang memiliki kelebihan dari segi kemudahan, stabilitas, serta fleksibilitas di dalam proses pengeboran, produksi, maupun penyimpanan hasil produksi migas. Struktur Truss SPAR (Single Point Anchor Reservoir) dilengkapi dengan komponen heave plate dan sistem rangka mampu mengatasi masalah stabilitas gerakan vertikal akibat gelombang laut yang memiliki periode getar alami vertikal sebesar 22 ? 30 detik yang berada di atas periode gelombang rata-rata Teluk Meksiko. Struktur heave plate dimodelkan dengan ABAQUS 3D Elemen Hingga untuk meninjau lendutan vertikal dan stabilitas pelat baja terhadap beban percepatan gelombang vertikal (added mass fluid T=15.8 detik) di kawasan Teluk Meksiko. Lendutan positif maksimum pada bagian tengah pelat sebesar 1.5 meter saat waktu pembebanan t=3.088 detik dan lendutan negatif maksimum 1.098 meter saat t= 9.754 detik. Tegangan aksial tekan maksimum terjadi pada bagian tengah pelat, bagian tengah sisi kantilever pelat, dan bagian sisi kantilever pelat di daerah tumpuan sebesar 398.37 MPa, 400 MPa, dan 393.98 MPa. Kegagalan tekuk pelat struktur heave plate dicek berdasarkan Standar DNV-RP-C201. ...... Oil and gas exploration in deep waters need offshore structure which have advantages in terms of convenience, stability, and flexibility in process of drilling, production, and storage platform. Truss Spar Platform equipped by frame system and heave plate have overcomes the problem of stability vertical movement by increasing the natural period in range of 22 ? 30 seconds above the Gulf of Mexico average wave period. Heave plate structure is modeled with 3D ABAQUS Finite Element Program to analyze the vertical deflection and stability of plate component towards vertical acceleration wave load (T = 15.8 seconds) in the Gulf of Mexico. The maximum positive deflection in the middle of the plate is 1.5 meters at t = 3.088 seconds in forced vibration and the maximum negative deflection is 1,098 meters at t = 9.754 seconds in forced vibration. Maximum compression axial stress occurs in the middle of plate, the central part of cantilever plate, and the side of cantilever plate are 398.37 MPa, 400 MPa and 393.98 MPa. Plate buckling stability of heave plate structure was checked by DNV-RP-C201 Standard.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T47510
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Pratama
Abstrak :
Mahalnya harga baja yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 mengharuskan kita mencari cara agar produksi tetap berjalan. Salah satunya yaitu dengan optimasi, akan tetapi lamanya waktu optimasi menimbulkan masalah baru pada hal tersebut. Pada penelitian ini penulis mencoba melakukan optimasi pada struktur kapal dengan menggunakan persamaan Axial Stress dan Bending Stress. Penelitian ini dilakukan pada struktur plat geladak dengan 2 kondisi pembebanan yang berbeda, yaitu beban distribusi merata dan beban tarik. Pada penelitian ini didapatkan bahwa optimasi yang dilakukan dengan menggunakan persamaan axial stress lebih cepat 54% dibandingkan optimasi yang menggunakan persamaan bending stress. Selain itu, pada penelitian ini juga sukses menurunkan berat model sebesar 38% pada kondisi 1 dan sebesar 51% pada kondisi 2. ......The high price of steel caused by the Covid-19 pandemic requires us to find ways to keep production running. One of them is optimization, but the length of time for optimization creates new problems in this regard. In this study, the author tries to optimize the ship structure using the Axial Stress and Bending Stress equations. This research was conducted on the deck plate structure with 2 different loading conditions, namely uniform distribution load and tensile load. In this research, it was found that the optimization using the axial stress equation was 54% faster than the optimization using the bending stress equation. In addition, this study also succeeded in reducing the model weight by 38% in condition 1 and by 51% in condition 2 .
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library