Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
I Gusti Ngurah Ary Wiwekananda
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dari electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, dan attitude toward destination di sektor pariwisata. Dalam hal ini peneliti memberikan beberapa batasan penelitian terkait objek yang akan diteliti yaitu online review dengan destinasi Lombok. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner kepada sampel sebagai responden yang memiliki kriteria pernah membaca ulasan perjalanan online untuk destinasi Lombok dan belum pernah berkunjung ke Lombok. Teknik sampling yang digunakan yaitu non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 163 orang responden. Analisis data menggunakan Partial Least Square (PLS) dan dibantu oleh software SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil pengolahan data ditemukan bahwa electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity dan attitude toward destination memiliki pengaruh yang positif terhadap travel intention seseorang terhadap destinasi Lombok, dimana variabel dengan pengaruh terbesar terhadap travel intention adalah destination image.
This study aims to determine and analyze the influence of electronic word of mouth, destination image, destination familiarity, and attitude towards destination in the tourism sector. In this case the researchers provide several limitations of research related to the object to be studied, namely online review with the destination of Lombok. Data obtained by distributing questionnaires to the sample as respondents who have criteria; have read online travel reviews for Lombok destinations and have never been to Lombok. The sampling technique used is non-probability sampling with a purposive sampling approach. Samples collected were 163 respondents. Data analysis using Partial Least Square (PLS) and assisted by Smart PLS 3.0 software. Based on the results of data processing, it was found that electronic word-of-mouth, destination image, destination familiarity and attitude toward destination have a positive influence on a person's travel intention towards Lombok destination, where the variable with the greatest influence on travel intention is the destination image."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Buchori Aliyuddin
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara electronic word of mouth, social media influencer, destination image, dan tourist attitude toward destination terhadap travel intention destinasi budaya yang dirasakan Gen Z dalam media sosial dengan harapan dapat membantu meningkatkan daya tarik dan daya saing destinasi wisata budaya dengan mengungkap faktor-faktor yang memengaruhi minat kunjungan wisatawan. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan survei daring yang melibatkan 382 Generasi Z yang berasal dari Generasi Z sebagai responden, dan analisis data dilakukan menggunakan structural equation modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Influencer memiliki pengaruh dominan dalam mendorong niat Generasi Z mengunjungi Pura Uluwatu Bali, dengan Social Media Influencer lebih efektif dibandingkan Electronic Word of Mouth melalui persepsi positif Destination Image dan sikap emosional, sebagaimana dianalisis menggunakan Theory of Planned Behavior. Temuan ini menyarankan perusahaan, pemasar, dan instansi pemerintah untuk menggunakan strategi pemasaran berbasis influencer di media sosial untuk meningkatkan travel intention, meningkatkan electronic word of mouth untuk meningkatkan citra destinasi wisata, dan meingkatkan keautentikan destinasi wisata guna mendukung mendorong minat kunjungan.
This study aims to examine the relationship between electronic word of mouth, social media influencers, destination image, and tourist attitude toward destination towards travel intention of cultural destinations perceived by Gen Z in social media with the hope of helping to increase the attractiveness and competitiveness of cultural tourism destinations by revealing factors that influence tourist visit interest. A quantitative approach was used with an online survey involving 382 Generation Z from Generation Z as respondents, and data analysis was conducted using structural equation modeling (SEM). The results of the study indicate that Social Media Influencers have a dominant influence in encouraging Generation Z's intention to visit Uluwatu Temple Bali, with Social Media Influencers being more effective than Electronic Word of Mouth through positive perceptions of Destination Image and emotional attitudes, as analyzed using the Theory of Planned Behavior. These findings suggest that companies, marketers, and government agencies use influencer-based marketing strategies on social media to increase travel intention, increase electronic word of mouth to improve the image of tourist destinations, and increase the authenticity of tourist destinations to support encouraging travel intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library