Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aqilatul Layyinah
"Penelitian ini membahas penerapan sistem attachment pada anak 2-3 tahun melalui gawai. Studi ini dilakukan pada keluarga ibu bekerja di Perkumpulan Prakarsa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian ini menggambarkan proses attachment yang terbangun pada anak 2-3 tahun melalui gawai, tahapan perkembangan attachment yang dilalui oleh anak 2-3 tahun, tipe attachment mereka dengan orang tuanya, dan sistem attachment yang dapat membantu terpenuhinya tugas perkembangan anak. Fenomena technoconference yang terjadi juga membuat orang tua harus beradaptasi menggunakan gawai dalam menjalin hubungan dengan anak mereka. Meskipun sistem attachment yang dibangun sudah beradaptasi dengan penggunaan gawai, tetapi orang tua yang bekerja senantiasa menjaga kualitas hubungan mereka dengan anaknya. Apabila siklus interaksi ini terjadi secara terus-menerus lalu orang tua menjawab kebutuhan anak, maka hak anak dapat terpenuhi dan sistem attachment bisa digunakan untuk membantu terpenuhinya tugas perkembangan anak sesuai dengan usia mereka. Apabila hak anak dan kebutuhan dalam menunjang tugas perkembangan anak sesuai dengan usianya dapat terpenuhi maka kesejahteraan anak dapat diwujudkan. Diakhir penelitian ini disampaikan saran bagi orang tua yang bekerja
This research discuss about implementation attachment system in children aged 2-3 years through gadget. This study was conducted on the families of working mother in Perkumpulan Prakarsa. This research use a qualitative method with descriptive design. The result of this study illustrate the attachment process in children aged 2-3 years through gadget, attachment development stages that are passed by children aged 2-3 years, their attachment type with their parents, and attachment system that can fulfill the child’s development task. The technoconference phenomenon that occurs makes parents have to adapt using the gadget to establish relationships with their children. Although the attachment system has adapted to the use of gadget, parents who work always maintain the quality of their relationships by interacting with their children while at home. If this cycle of interaction occurs continously carried out by parents to answer the needs of children, then the child’s rights can be fulfilled and the attachment system can be used to fulfill the child’s development tasks. If the child’s rights and needs to support the child’s development tasks in accordance with his age can be fulfilled, the welfare of the child can be realized. In the end of this study the suggestion is made for working parents."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuliana Vonica
"Skripsi ini membahas mengenai sistem attachment yang terbentuk antara anak yang tinggal terpisah di panti dengan orang tua kandungnya. Studi ini dilakukan pada anak asuh yang tinggal di Panti Asuhan Putra Utama 3 Tebet. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menggambarkan mengenai proses attachment, tahapan pembentukan attachment yang terjadi pada anak dengan orang tuanya serta bentuk attachment yang terbangun diantara keduanya. Fenomena masuknya anak kedalam panti karena ketidakmampuan orang tua untuk memenuhi kebutuhan dasar anak membuat anak mengalami keterbatasan interaksi dengan orang tuanya. Terbatasnya interaksi dan tidak adanya upaya orang tua untuk menjaga komunikasi mereka inilah yang mempengaruhi kualitas attachment diantara keduanya. Akibatnya, kelekatan anak dengan orang tuanya menjadi tidak aman sehingga membuat mereka mencari kedekatan dengan figur lain seperti teman sebayanya. Penelitian ini juga menyarankan agar orang tua dan juga pihak panti sosial berupaya menjaga attachment yang aman antara anak asuh dengan orang tua kandungnya dengan mengadakan pertemuan rutin dan memberikan informasi, pengetahuan dan motivasi mengenai pentingnya attachment bagi pertumbuhan dan perkembangan anak dimasa yang akan datang.

This thesis discusses the attachment system that is formed between children who live separately in the orphanage with their biological parents. This study was conducted on foster children who live at Putra Utama 3 Tebet Orphanage. This research is qualitative research with a descriptive design. The results of the study illustrate the attachment process, the stages of attachment formation that occur in children with their parents, and the form of attachment that is built between them. The phenomenon of the entry of children into homes because of the inability of parents to meet the basic needs of children makes children experience limited interaction with their parents. Limited interaction and the absence of parental efforts to maintain their communication is what affects the quality of attachment between the two. As a result, the attachment of children to their parents becomes insecure so that it makes them look for closeness with other figurs such as their peers. This study also recommends that parents and social care institutions strive to maintain safe attachments between foster children and biological parents by holding regular meetings and providing information, knowledge, and motivation about the importance of attachments for the future growth and development of children.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library