Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Agung Baskoro
"Kebutuhan baja berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif serta biaya pemeliharaan yang rendah semakin meningkat dalam mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia. Salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut adalah penggunaan baja tahan korosi atmosfer yang dapat diaplikasikan dalam kondisi tidak dicat sehingga dapat memberikan kontribusi penting dalam menurunkan biaya pemeliharaan. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada optimalisasi penggunaan elemen paduan yaitu Cu 0,25-0,35wt%, Ni 0,10-0,20wt%, Cr 0,35-0,55wt%, P 0,09-0,11wt% dan Nb 0,005-0,015wt% serta penerapan Thermo Mechanical Control Process untuk menghasilkan produk baja berkualitas secara efisien. Hasil penelitian menunjukan bahwa baja yang dikembangkan telah memenuhi standar spesifikasi JIS G3125 SPAH dengan atmospheric corrosion index sebesar 7,95 yang mengindikasikan ketahanan baja terhadap korosi atmosfer di atas standar. Selain itu, mikrostruktur yang dihasilkan adalah polygonal ferrite dan 10,35% pearlite yang seragam dengan ukuran butir 5,1-6,5 µm dimana butir halus tersebut dapat meningkatkan ketahanan korosi karena aktivitas pelarutan Fe menjadi Fe2+ membentuk γ-FeOOH dan α-FeOOH meningkat. Jika dibandingkan dengan baja karbon biasa, baja yang dikembangkan memiliki ketahanan korosi lebih baik dikarenakan pembentukan lapisan karat amorphous ferric oxyhydroxide yang mengandung Cu, P, Cr serta goethite, lepidocrocite dan Fe3O4. Selain itu kehadiran Si dalam baja tersebut secara efektif dapat mengisi dan memperbaiki lapisan karat yang lemah.

The demand for high-quality steel with competitive prices and low maintenance costs is increasing to support infrastructure development in Indonesia. The use of atmospheric corrosion resistant steel that can be applied without painting is one of the best solutions to reduce maintenance costs. Therefore, this research is focused on optimizing the use of micro alloying elements such as Cu 0.25-0.35wt%, Ni 0.10-0.20wt%, Cr 0.35-0.55wt %, P 0.09-0.11wt% and Nb 0.005-0.015wt% and implementing the Thermo Mechanical Control Process so that it can produce a quality steel efficiently. The results of this research showed that the developed steel complies with the JIS G3125 SPAH with atmospheric corrosion index is 7.95, which is higher than standard. Thus, the microstructure of the product is uniform polygonal ferrite with 10.35% pearlite, with an average grain 5.1-6.5 µm classified as very fine grain. The fine grain microstructure can increase corrosion resistance because the increasing of the electrochemical dissolution of Fe into Fe2+ resulting γ-FeOOH and α-FeOOH. In addition, the developed steel has better corrosion resistance than the ordinary carbon steel due to a layer of amorphous ferric oxyhydroxide rust formation containing Cu, P, Cr as well as goethite, lepidocrocite and Fe3O4. Moreover, the presence of Si in the steel can effectively fill and repair weak rust layers."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sandra Devanny Utomo
"ABSTRAK
Baja karbon adalah jenis material baja yang cukup mudah diperoleh dan banyak digunakan sebagai komponen struktural. Namun jika digunakan di lingkungan terbuka, misal untuk infrastruktur di laut, baja karbon rentan terhadap serangan korosi atmosferik dan biofouling terutama pada kondisi lingkungan dengan polutan yang tinggi. Metode pengecatan adalah salah satu bentuk perlindungan untuk baja karbon terhadap serangan korosi di lingkungan laut. Penelitian ini menginvestigasi daya lekat dan kemampuan perlindungan korosi dari tiga sistem cat multilapis yang umum diaplikasikan pada struktur baja di laut, terdiri dari cat zinc-rich, epoxy, polyurethane dan silyl acrylate anti-fouling. Metode pengujian mencakup uji tarik cat, pengukuran EIS dan polarisasi, uji celup, uji sembur garam, serta pengamatan makro dan karakterisasi SEM/EDS, yang seluruhnya dilakukan dalam kurun waktu 4 bulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem cat inorganic zinc silicate epoxy mastic dan zinc-epoxy epoxy mastic polyurethane memiliki ketahanan korosi yang baik mdash;terutama di lingkungan atmosferik mdash;dengan mekanisme proteksi gabungan barrier dan galvanik. Sedangkan sistem cat epoxy primer polyurethane anti-fouling memiliki kekuatan adhesif dan ketahanan korosi yang buruk, namun efektif dalam menangkal penempelan fouling di lingkungan terendam.

ABSTRACT
Carbon steel is a type of steel that is widely available and employed as a structural component. However, if used in open air environments, for example for marine infrastructure, carbon steel is susceptible to atmospheric and biofouling corrosion especially in highly polluted environments. Painting method is one form of protection for carbon steel against corrosion attacks in the marine environment. This study investigates paint adhesion and corrosion protection performance of three multilayer paint systems commonly applied to marine steel structures, comprising zinc rich, epoxy, polyurethane and silyl acrylate anti fouling paints. The test method encompassed the pull off test, EIS and polarization measurements, immersion test, salt spray test, and macroscopic observation and SEM EDS characterization, all of which were carried out over a period of 4 months. The results exhibited that the inorganic zinc silicate epoxy mastic and zinc epoxy epoxy mastic polyurethane paint systems has good corrosion resistance mdash particularly in atmospheric environments mdash by incorporating barrier properties and galvanic protection mechanisms. While the epoxy primer polyurethane anti fouling paint system has poor adhesive strength and corrosion resistance, it is effective in preventing fouling attachment in submerged environments."
2018
T50909
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendri Mahmudin
"Korosi atmosferik merupakan hasil interaksi logam dengan atmosfer di sekitarnya, yang terjadi akibat kelembaban dan oksigen di udara dan diperparah dengan adanya polutan seperti gas dan garam yang terkandung di udara. Pantai atau laut adalah daerah yang paling korosif, karena atmosfemya mengandung partikel klorida yang bersifat agresif dan mempercepat laju korosi. Salah satu metode yang efektif untuk mencegah dan mengeadalikan korosi adalah dengan proses anodisasi. Anodisasi adalah proses untuk membuat lapisan oksida tipis berpori pada permukaan logam. Lapisan tersebut memiliki sifat tahan terhadap cuaca dan lebih keras dari logam dasarnya. Dalam penelitian ini digunakan logam aluminium teknis berbentuk lembaran. Daya tahan logam aluminium terhadap kondisi cuaca berbanding lurus dengan ketebalannya. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilakukanlah penelitian terhadap parameter proses seperti jenis larutan, temperatur, konsentrasi dan variasi waktu. Jenis larutan yang dipakai pada penelitian ini adalah larutan asam sulfat ditambah variasi konsentrasi asam fosfat (10%, 30%, 40%, 70%, 100%). Agar diperoleh kondisi optimum untuk mendapatkan sifat-sifat lapisan yang diinginkan maka dilakukan variasi terhadap temperatur (10°C, 15°C, 20°C, 30°C) dan waktu (20-60 menit). Kondisi optimum yang diperoleh adalah sebagai berikut: konsentrasi asarn sulfat 60% + asam fosfat 40%, pH = 1, waktu 60 menit, temperatur 10°C, tegangan 20V dan rapat arus 7,4 A/dm2 dengan menghasilkan ketebalan lapisan optimum 43,8 µm dan kekerasan maksimum sebesar 154 VHN.

Atmospheric corrosion is the interaction between metal and the surrounding environment due to the humidity, oxygen and pollutant (chloride and sulphate particle) which is contains in the air. Marine is the most corrosive region due to the atmosphere contains chloride particle whose characteristic aggressive and accelerate corrosion rate. Anodizing is one of the most effective methods to prevent and control the corrosion rate. Anodizing is an electrolytic passivation process used to increase the thickness and density of the natural oxide layer on the surface of metal parts. Anodizing increases corrosion resistance and wear resistance. In this experiment used the sheet aluminum metal. The weather resistance of aluminum has linear relation to the thickness. In this investigation used some parameter processes like type of electrolyte, temperature, concentration and time variation. The medium which is used in this experiment is sulphate acid with added phosphate acid variation (0%, 10%, 40%, 70% and 100%). To achieve optimum condition the temperature (10°C, 15°C, 20°C, 30°C) and time variation (20-60 min) is carried out. The optimum condition of this experiment is the specimen which has hardness 154 HV and the thickness is 43,8 µm with electrolyte concentration sulphate acid 60%, phosphate acid 40%, temperature 10°C, time process 60 min, voltage 20 volt and current density 7,4 A/dm2."
2007
T22896
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library