Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Bilal
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi menjadi asisten dosen akuntansi dan persepsi asisten dosen akuntansi terhadap profesi akuntan pendidik dan persepsi terhadap imbalan yang diterima akuntan pendidik. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan survei kepada asisten dosen akuntansi yang terdaftar di Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia pada periode tahun 2014 sampai dengan 2015. Survei dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner dan melakukan interview. Hasil penelitian menunjukan bahwa motivasi menjadi asisten dosen akuntansi didominasi oleh faktor keinginan untuk memberikan kontribusi terhadap lingkungan sosial. Asisten dosen akuntansi menilai profesi Akuntan pendidik sebagai profesi yang membutuhkan keahlian khusus dan memiliki status sosial yang tinggi namun tidak memberikan kompensasi yang menarik.
ABSTRACT
The purpose of this research is to analyze the motivation to become assistant lecturer of accounting and their perception to the accounting lecturer profession and its compensation. This research conducted by surveying assistant lecturer of accounting at Departement of Accounting, Faculty of Economics and Business University of Indonesia in the period 2014 to 2015. The survey conducted by distributing the questionnaires and interview. The result shows that the highest factor which motivates assistant lecturer in their engagement of teaching activities is the desire to contribute to their social environment. Accounting lecturer was perceived as a highly expert career with high social status but low salary and remuneration.
2015
S60447
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mone Stepanus Andrias
Abstrak :
ABSTRAK
Perubahan status Universitas Indonesia (UI) dari universitas negeri menjadi Badan Hukum Milik Negara merupakan peluang sekaligus tantangan bagi UI dalam menata dan mengembangkan dirinya. Perubahan lingkungan yang cepat dan semakin tingginya tingkat kompctisi membuat UI harus segera berbenah agar tidak tertinggal.

Jurusan Manajemen FEUI sebagai bagian dari UI juga melakukan berbagai perbaikan secara terus menerus untuk mencapai misinya sebagai sekolah bisnis yang terhormat dan disegani. Untuk mencapai misi tersebut, Salah satu strateginya adalah meningkatkan malitas staf pengajar baik dosen maupun asisten dosen.

Sayangnya, penerapan konsep-konsep manajemen SDM untuk staf pengajar khususnya asisten dosen tidak dijalankan dengan baik. Yang sudah cukup baik adalah proses rekrutmen dan seleksi, meski ini pun masih banyak kelemahannya Namun setelah diterima, dapat dikatakan tidak ada sistem yang jelas dan transparan. Jadi dapat dikatakan hanya fungsi attraction yang berjalan, sementara fungsi retention dan development tidak berjalan.

Dari hasil analisis yang dilakukan, kondisi yang ada saat ini tidak dapal menunjang strategi meningkatkan kualitas staf pengajar. Selain itu, kondisi yang ada saat ini juga menimbulkan ketidakpuasan kerja di kalangan asisten dosen karena merasa kurang diperhatikan dan tidak adanya kejelasan. Padahal, staf pengajar adalah aset yang terpenting dalam institusi pendidikan.

Untuk mengatasi permasalahan ini, ada tiga alternatif solusi. Pertama adalah mempertahankan kondisi saat ini sambil melakukan berbagai perbaikan kecil. Hal ini memang tidak dapat mengembangkan kualitas asisten dosen secara maksimal, namun paling tidak dapat meminimalkan ketidakjelasan. Alternatif kedua adalah mengembangkan sistem manajemen SDM untuk seluruh fungsi. Sedangkan altematif ketiga yang mirip dengan altcrnalif kedua adalah mengémbangkan sistem manajemen SDM berbasis kompetensi /Competency Based Human Resources Managemenl (CBHRM)

Dengan kondisi yang ada saat ini, maka alternatif ketiga merupakan altenatif yang lebih disarankan karena dapat mengembangkan suatu sistem manajemen SDM yang terintcgrasi. Dari hasil penelitian, didapat dan dikembangkan 9 behavioral comperency dan 1 technical competency. Model kompetensi ini dapat dimanfaatkan sebagai dasar dalam mengembangkan seluruh fungsi manajemen SDM dari attraction, retention, dan development.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
T38777
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library