Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 9 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Rachmat Sadili
"Pada lalu lintas campuran terjadi interaksi antar jenis kendaraan yang berbeda. Komposisi kendaraan mempengaruhi karakteristik lalu lintas. Peningkatan penjualan sepeda motor yang tinggi menyebabkan perubahan pada komposisi lalu lintas yang berdampak pada perubahan karakteristik lalu lintas.
Pengumpulan data pada lokasi yang sesuai kriteria dengan panjang segmen 50 meter melalui rekaman video di peroleh data volume lalu lintas dengan rekapitulasi dalam interval 1 menit dan rata-rata kecepatan lalu lintasnya. Dengan menggunakan model Greenshield, Underwood dan Greenberg dianalisis hubungan Arus - Kecepatan - Kepadatan pada 4 kelas persentase Sepeda Motor, berdasarkan sebaran frekuensi persentase sepeda motor.
Hasil analisis dengan ketiga model menunjukan bahwa nilai kecepatan arus bebas (Uf), kepadatan macet (Kj), Kecepatan Optimum (Uo), Kepadatan Optimum (Ko) dan Arus maksimum (Qmaks) tiap kelas persentase sepeda motor terdapat perbedaan, yang menunjukan adanya pengaruh persentase sepeda motor terhadap karakteristik lalu lintas campuran. Dengan menggunakan analisis regresi nilai arus maksimum dan derajat kejenuhan dianalisis hubungannya dengan persentase sepeda motor. Diperoleh hubungan yang sangat erat yang ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) dari hubungan tersebut mendekati 1.

Vehicle composition on mixed traffic affect the characteristic of traffic flow. In Indonesia typically traffic composition consist of 60%, 8% and 32% for light vehicle, heavy vehicle and motorcycle respectively. A high increasing of the motorcycle sale cause a change of traffic flow composition.
The Location research are some of urban road which is passed through by a high composition of motorcycle. By performing data collection on a road with 50 meters segmen length using video recorder have been obtained traffic flow data, average speed and density of traffic flow in a minute interval survey. And then, by using traffic flow relationship model, i.e. Greenshiled, Underwood and Greenberg, the relationship of Traffic Flow -Speed - Density could be analyzed for 4 (four) classes of motorcycle percentage on flow of traffic based on the distribution of percentage frequency of motorcycle.
The results of analysis with the three models indicate that the free flow speed (Uf), stuck density (Kj), optimum speed (Uo), optimum density (Ko) and maximum flow (Qmax) for each class percentage of motorcycles are different.
The results show that there are a significant influence of composition (percentage) of motorcycles on a traffic flow toward the characteristics of mixed traffic. By Using a regression technique, the relationship between the percentage of motorcycles and the maximum flow value and degree of density can be analyzed. There are a significant relationship showed by the coefficient of determination (R2) of the relationship are closed to the value of 1.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29707
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Tjahjono
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1996
LP-pdf
UI - Laporan Penelitian  Universitas Indonesia Library
cover
Iqlima Idayah Tika
"Vegetasi memiliki peranan penting terhadap lingkungan. Salah satu manfaat yang dirasakan dari kumpulan vegetasi adalah pengatur iklim mikro yang ditunjukkan oleh suhu dan kelembaban udara. Penelitian ini untuk melihat bagaimana variasi suhu dan kelembaban udara di taman kota (Taman Suropati) dan sekitarnya. Pengukuran suhu dan kelembaban udara menggunakan alat termokopel dan dilakukan pada tanggal 17 April 3 Mei 2010 pada jam 06.00-18.00 WIB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di dalam taman Suropati memiliki suhu udara paling rendah dan kelembaban udara paling tinggi daripada di luar taman. Suhu udara terendah terjadi pada pukul 06.00 WIB dan tertinggi pada pukul 14.00 WIB. Kelembaban udara terendah terjadi pada pukul 14.00 WIB dan tertinggi pada pukul 06.00 WIB. Selain itu terdapat kecenderungan yang menunjukkan bahwa semakin jauh jarak dari taman nilai suhu udara semakin meningkat dan kelembaban udara semakin rendah. Adapun arus lalu lintas kendaraan di sekitar taman Suropati tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variasi suhu dan kelembaban udara."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
S34217
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Evy Fithriyany AS
"Kemacetan yang kerap terjadi di Mal Ambasador jika dianalisis, juga dipengaruhi oleh arus pejalan kaki, terutama yang menyeberangi ruas jalan Prof. Dr. Satrio. Dari pengamatan selama 3 jam dengan memperhitungkan pejalan kaki, baik yang melintas, menyeberang jalan, menunggu angkutan umum, serta angkutan umum yang mengetem, dapat diketahui bahwa kemacetan yang terjadi dominan dipengaruhi oleh aktifitas pejalan kaki yang menyeberang jalan dengan nilai analisis korelasi sebesar -0,8703. Dalam durasi pengamatan tersebut dapat diketahui jumlah pejalan kaki yang menyeberang pada jam pengamatan pertama sebanyak 2571 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 2002 detik, pada jam pengamatan kedua sebanyak 912 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1386 detik, pada jam pengamatan ketiga sebanyak 1430 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1135 detik. Pada jam pengamatan pertama, dengan jumlah penyeberang jalan sebanyak 2571 orang dengan waktu pergerakan selama 2002 detik, jumlah arus lalu lintas adalah sebesar 2247 kendaraan/jam. Hal ini mengindikasikan bahwa dalam pengamatan jam pertama selama durasi waktu + 1 jam (tepatnya 59 menit 20 detik), arus lalu lintas kendaraan akan berhenti selama 2002 detik (+ 33 menit 22 detik). Pada jam pengamatan kedua jumlah arus lalu lintas kendaraan meningkat menjadi 2839 kendaraan/jam, hal ini disebabkan karena berkurangnya waktu tunda yang diakibatkan dari jumlah penyeberang jalan, yaitu menjadi sebesar 912 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1386 detik. Sehingga arus kendaraan selama periode pengamatan (59 menit 44 detik) menjadi berhenti selama 23 menit 1 detik. Sedangkan pada jam pengamatan ketiga diketahui bahwa jumlah arus kendaraan adalah sebesar 2845 kendaraan/jam dengan jumlah penyeberang jalan sebanyak 1430 orang/jam dengan waktu pergerakan selama 1135 detik, dengan kata lain dalam waktu + 1 jam (60 menit), arus lalu lintas kendaraan akan berhenti selama 1135 detik (+ 18 menit 55 detik). Dari total pengamatan selama durasi + 3 jam diperoleh jumlah arus penyeberang jalan (P) sebesar 4913 orang, sehingga jumlah penyeberang jalan rata-rata adalah sebesar 1637,667 orang/jam. Jumlah kendaraan sebesar 19814 kendaraan. Nilai rata-ratanya adalah sebesar 6604,667 kendaraan/jam.Maka nilai PV2 adalah 7,1438 x 1010. Berdasarkan nilai tersebut, maka fasilitas yang disarankan bagi penyeberang jalan adalah berupa jembatan penyeberangan. Selain alasan keselamatan bagi pejalan kaki, hal ini juga demi menghindari ruas jalan Prof Dr. Satrio dari kemacetan lalu lintas.

Traffic jam of which is often happens at The Ambasador Mall, when we analyzed it is also caused by pedestrian, primarily by those whose cross Prof. Dr. Satrio Street. As a result from three hours of observation by calculating the pedestrian, who's passing through, crossing the street, waiting for public transportations and public transportations that waited there for load or unload passengers, it is known that the traffic jam happens are dominantly caused by the pedestrian activities that crossing the street with a correlation -0.8703. During the observation periods, for the first hour of observation there were 2,571 pedestrian/hour with total time of movement 2,002 seconds, during the second time of observation there were 912 pedestrian/hour with total time of movement 1,386 seconds, and for the third time of observation there were 1,430 pedestrian/hour with total time of movement 1,135 seconds. During the first hour of observation, with the number of pedestrian 2,571 pedestrian/hour with total time of movement 2,002 seconds, the amount of car traffic are 2,247 cars/hour. The above mentioned fact indicating that during the first hour of observation (with an exact elapsed time 59 minutes and 20 seconds), the current car traffic on that street jammed for 2,002 seconds (_ 33 minutes and 22 seconds), During the second time of observation the amount of car traffic increase to 2,839 cars/hour. It is caused by the delay time that decreased because of the amount of the pedestrian, which become 912 pedestrian/hour with total time of movement 1,386 seconds. So, the car traffic during the period of observation (exact elapsed time 59 minutes and 44 seconds), jammed for 23 minutes and 1 second. In the third time of observation known that the amount of car traffic at that time on that street is 2,845 cars/hour, with total pedestrian crossing that street are 1,430 pedestrian/hour with total time of movement 1,135 seconds. With other words, during +1 hour (60 minutes) the traffic had jammed for about 1,135 seconds (_ 18 minutes and 55 seconds). From the total observation time (_ 3 hours), known that the total pedestrians (P) are 4,913 pedestrians with an average of 1,637.667 pedestrian/hour, and the total amount of traffic are 19,814 cars with an average of 6,604.667 cars/hour. Therefore the PV2 value is 7.1438 x 1010. According to that value, it is urgently recommended to build a crossing bridge facility for the pedestrians. Besides the safety reason for the pedestrians, it is also to avoid the Prof. Dr. Satrio Street from having traffic jam."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50523
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Marnala R. Chandra
"Pembangunan simpang tak sebidang seperti flyover diharapkan mampu membantu menyelesaikan masalah kemacetan di kota-kota besar. Kenyataannya malah sebaliknya dimana flyover menjadi tempat angkutan umum untuk mengetem di kaki simpang flyover tersebut. Perilaku mengetem ini terkadang malah menambah masalah kemacetan yang ada di kota-kota besar. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh arus lalu lintas yang mengalir dan jumlah penumpang terhadap perilaku mengetem angkutan umum. Adapun metode analisis yang digunakan untuk mengetahui pengaruh tersebut menggunakan metode pendekatan dengan regresi linier. Hasil analisa ini dapat memberikan gambaran dalam kondisi seperti apa perilaku mengetem ini mengganggu kelancaran lalu lintas dan juga sebaliknya dalam kondisi seperti apa justru tidak mengganggu kelancaran lalu lintas.

Development of such an intersection like Flyover was expected to help solving congestion problems in big cities. In fact is the opposite Flyover to be a place where public transport to idle at the foot of flyover. Idle behavior is sometimes adds to the existing congestion problems in big cities. This study aimed to determine the influence of traffic flow and amount of passengers to public transport idle behavior. The analytical methods used to determine the effect using the method of linear regression approach. The results of this analysis can provide a illustration in what conditions the idle behavior disrupts the fluency traffic and vice versa in what conditions it does not interfere with the fluency traffic."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S50528
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Haris Rinaldy
"Jalan tol berfungsi untuk meningkatkan mobilitas dan aksesbilitas orang dan barang, sehingga pembangunan jalan tol dapat berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi di suatu daerah.Berdasarkan Peraturan Pemerintah No.15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 41 butir 1 b ditegaskan bahwa 'lajur lalu lintas sebelah kanan hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang bergerak lebih cepat dari kendaraan yang berada pada lajur sebelah kirinya, sesuai dengan batas-batas kecepatan yang ditetapkan'.
Dari peraturan tersebut, seharunya jalan tol saat ini dapat membuat kendaraan terhindar dari kemacetan dibandingkan jalan biasa, namun yang terjadi sebaliknya yaitu masih ada kendaraan yang berada pada lajur lalu lintas sebelah kanan dengan kecepatan di bawah 80 kilometer per jam, yang mengakibatkan kecepatan kendaraan di jalan tol melambat sehingga terjadi kemacetan. Tingkat kepatuhan kendaraan berat selalu dipertanyakan terhadap penggunaan lajur di jalan tol, karena kendaraan tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya kemacetan di ruas jalan tol.
Lokasi untuk meneliti penyebab tersebut berada di ruas jalan tol JORR arah Kp Rambutan ndash; TB Simatupang, dengan menggunakan varibel karakteristik arus lalu lintas yang dikumpulkan pada saat survei yaitu variabel kecepatan, kerapatan, dan volume. Kondisi patuh dan tidak patuhnya kendaraan berat di dapatkan dari hubungan ketiga variabel tersebut dengan bantuan persamaan model Underwood.
Setelah melalui pengolahan data dan analisa data, disimpulkan bahwa ketidak patuhan kendaraan truk menghasilkan dampak memperbaiki kinerja arus lalu lintas di tol JORR dibandingkan pada saat kondisi kendaraan truk berada pada lajurnya atau patuh.

The toll road works to improve the mobility and accessibility of people and goods, so that toll road development can affect regional development and economic improvement in a region. Based on Government Regulation No.15 Year 2005 on toll road article 41 point 1 b affirmed that lane Right traffic is reserved only for vehicles moving faster than vehicles on their left lanes, according to established speed limits.
From the regulation, the current toll road should be able to prevent vehicles from traffic congestion compared to ordinary road, but on the contrary that there are still vehicles located on the right lane traffic at speeds below 80 kilometers per hour, resulting in the speed of vehicles on the road Tolls slow down so that congestion occurs. The level of heavy vehicle compliance is always questioned on the use of lanes on the highway, because the vehicle is one cause of congestion in the toll road segment.
The location to investigate the cause is located in the JORR toll road section of Kp Rambutan TB Simatupang, using variables of traffic flow characteristics collected at the time of the survey ie variable speed, density, and volume. Conditions of obedience and obedience of heavy vehicles in getting from the relationship of these three variables with the help of equations Underwood model.
After going through data processing and data analysis, it was concluded that the non compliance of trucking vehicles resulted in improving the performance of traffic flows on JORR tolls compared to when the condition of the truck vehicle was on its lane or obedient.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S69470
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noor Syiffa Fadillah
"Jakarta Outer Ring Road JORR adalah rangkaian jalan tol yang melingkari bagian luar Jakarta, yang bertujuan untuk mengurangi kemacetan jaringan jalan dari dan menuju pusat kota Jakarta. Akan tetapi, tingginya komposisi truk di dalam JORR menyebabkan kemacetan, dan diduga bahwa kemiringan jalan berkontribusi akan keadaan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak kelandaian jalan serta komposisi truk terhadap kinerja arus lalu lintas secara makroskopis. Penelitian ini melengkapi penelitian serupa untuk mengonfirmasi hasil yang didapatkan sebelumnya.
Pada penelitian sebelumnya digunakan Vissim, sebuah aplikasi simulasi, dimana untuk penelitian ini seluruhnya menggunakan studi empiris. Dengan menggunakan data rekaman lalu lintas selama 24 jam pada segmen JORR yang merepresentasikan berbagai jenis kemiringan jalan, model persamaan lalu lintas dihasilkan dan dampak yang terjadi dapat dinilai dengan membandingkan parameter yang didapatkan pada jalan dengan kemiringan 0 dan dengan kemiringan 3.5.
Hasil yang diperoleh menunjukkan perbedaan kecepatan antara truk dan non-truk sebesar 56.2 127 lebih rendah pada gradient 3.5. Akibat dari perbedaan kemiringan jalan ini juga diantaranya terdapat perbedaan kecepatan bebas free flow speed hingga 27.3 lebih rendah pada gradient 3.5. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi salah satu studi untuk pihak yang berkepentingan dalam menetapkan kebijakan mengenai keberadaan truk, terutama dalam kasus truk sebagai penyebab berkurangnya kualitas arus lalu lintas.

Jakarta Outer Ring Road JORR is a toll road system that circles the outskirts of Jakarta, where the purpose of this road is to reduce congestion on the street network of the city centre of Jakarta. However, the high composition of trucks in JORR resulted in congestion, and moreover it is suspected that the steep gradient of this road has contributed to this situation. This study aims to investigate the impact of road gradient on the trucks and the overall traffic performance from macroscopic view point. This study is the complement of the similar study that has been done in JORR to confirm the result.
The previous study was based on the Vissim simulation, while this paper will be entirely focused on the empirical study. Using the data obtained from 24 hour traffic recording on selected JORR sections that represent various gradients, traffic flow models are generated, and the effect of gradient could be assessed. The speed difference between trucks and non trucks shows 56.2 127 slower on a road with 3.5 gradient compared to road with no grade.
The overall free flow speed uf difference of different gradient is up to 27.3 slower on a road with 3.5 gradient compared to road with no grade. This result will benefit to the transport authority to justify the policy concerning the existence of trucks in the traffic flow, particularly in the condition at which trucks are regarded as a culprit of traffic congestion.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Astiadi Prahastomo
"ABSTRAK

Secara umum keselamatan di jalan menjadi salah satu tujuan pembangunan yang berkelanjutan, melalui program untuk menekan angka kematian akibat kecelakaan di jalan raya. Dengan demikian, penting untuk mempelajari perilaku pengendara serta faktor-faktor yang berkontribusi terhadap perilaku ini. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengkaji intensi perilaku pelanggaran melawan arah arus lalu lintas pengendara sepeda motor serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan untuk menganalisis preferensi pelanggar dalam pemilihan rute perjalanan. Pada penelitian ini dibatasi pada faktor yang digunakan sebagai determinan perilaku pelanggaran yang dilakukan oleh pengendara sepeda motor yang merupakan kontruk dari Theory of Planned Behavior yang dikemukakan Ajzen (2005) yaitu sikap, norma subjektif, kontrol perilaku yang dipercaya. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dalam pengolahan dan analisis datanya berdasarkan kuesioner Intensi dan kuesioner Stated Preference. Desain dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif analitis dengan metode pengumpulan data survei. Pengendara sepeda motor yang bekerja sebagai ojek aplikasi/ online adalah sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan terdapat pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku yang dirasakan terhadap intensi pengendara sepeda motor untuk pelanggaran melawan arah arus lalu lintas, dengan probabilitas sebesar 38,5%. Perceived behavior control/ kontrol perilaku yang dipercaya muncul sebagai prediktor intensi melanggar yang terkuat dibandingkan variabel lainnya, sehingga menunjukkan persepsi kontrol pengendara sepeda motor untuk melangar memiliki peran penting dalam memunculkan perilaku pelanggaran. Kemudian hasil kalibrasi stated preference didapatkan hasil 53,9% probabilitas pengendara melawan arah arus lalu lintas, karena pengendara menginginkan waktu perjalanan yang lebih sedikit dalam pemilihan rute perjalanannya namun melalui jalan yang tidak sesuai ketentuan lalu lintas yaitu dengan melawan arah.


ABSTRACT

 


In general, road safety is one of the goals of sustainable development, through a program to reduce mortality due to accidents on highways. Thus, it is important to study driver behavior and the factors that contribute to this behavior. The main objective of this study is to examine the intention of violating behavior against the direction of motorbike traffic flow and the factors that influence it, and to analyze violator preferences in choosing a route of travel. This study is limited to the factors used as determinants of violation behavior committed by motorcyclists which are contours of the Theory of Planned Behavior proposed by Ajzen (2005), namely attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control. This study uses multiple regression analysis in processing and analyzing the data based on the Intentions questionnaire and the Stated Preference questionnaire. The design in this study is quantitative descriptive analytical research with survey data collection methods. Motorcycle riders who work as an application motorcycle taxi are as samples in this study. The results showed that simultaneously there were influences of attitudes, subjective norms, and perceived behavioral controls on motorbike intentions for violations against the direction of traffic flow, with a probability of 38.5%. Perceived behavior control which is believed to appear as a predictor of intention to violate the strongest compared to other variables, so that the perception of motorbike riders control of violations has an important role in generating violations. Then stated preference calibration results obtained 53.9% the probability of the driver against the direction of traffic flow, because the driver wants less travel time in the selection of his route but through the road that does not comply with traffic provisions by opposing the direction of traffic flow.

 

"
2019
T53035
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library