Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Budi Prahoro
"Pertamina adalah salah satu badan usaha milk negara yang bergerak dalam bidang usaha perminyakan dan gas bumi. Dari beberapa bisnis unit yang tersebar diseluruh Indonesia salah satunya adalah Unit Pengolahan III Plaju Sumatra Selatan. Bisnis unit ini mengolah minyak mentah menjadi bahan bakar minyak dan berbagai macam jenis produk lainnya.
Sebagaimana umumnya suatu mesin produksi, selama Kilang beroperasi akan terjadi penurunan unjuk kerja. Untuk dapat mempertahankan unjuk kerja yang maksimal sesuai dengan perencanaan maka diperlukan perawatan. Janis perawatan yang dilaksanakan dibagi atas dua jenis yaitu perawatan regular yang dilaksanakan sehari-hari dan perawatan menyeluruh yang sering disebut juga TIA (Turn Around), dimana pelaksanaannya dilaksanakan terjadwal.
Permasalahan utama yang dihadapi oleh manajemen saat ini terjadi pada pelaksanaan proyek Turn Around karena sering terjadinya keterlambatan, akibat tidak tersedianya material dan fasilitas pendukung lainnya. Sesuai dengan prosedur perssahaan, bagian logistik yang bertanggung jawab atas ketersediaan material dan penyediaan fasilitas transportasi yang diperlukan untuk pelaksanaan Proyek Turn Around.
Dalam upaya untuk membantu penyelesaian permasalahan tersebut diatas, penulis berusaha untuk merancang sistem informasi berbasis komputer yang akan banyak membantu kelancaran dalam proses penyediaan material dan alat transportasi oleh bagian Logistik. Pembuatan sistem informasi ini didasarkan kepada hasil pengamatan yang menyatakan keterlambatan penyediaan material disebabkan karena lamanya proses analisa dari kebutuhan material untuk TIA dan proses pemantauannya yang tidak akurat.
Perancangan sistem informasi ini dilakukan dengan mengadopsi metoda Structured Analysis and Design Method (SSADM). Pada dasamya metoda ini menggunakan teknik untuk memodelkan tiga unsur utama yaitu data, proses dan aliran data. Perancangan dimulai dari pendifinisian masalah, kemudian menganalisa sistem dengan data flow diagram. Keinginan si pemakai (User requirement) juga ditampung sebagai dasar menentukan persyaratan sistem. Dokumentasi data juga dilakukan untuk menyaring data apa saja yang dibutuhkan dan selanjutnya dinormalisasi. Dari data tersebut kemudian akan dibentuk Entity Relationship Diagram dan Logical Record Structure yang akan menjadi dasar dalam perancangan database.
Perancangan sistem informasi ini menggunakan analisa kualitatif dan hanya dilaksanakan sampai dengan rancangan bentuk awal saja, termasuk perancangan databasenya, sedangkan tahap implementasi tidak dilakukan. Namun demikian dari hasil rancangan ini diharapkan akan menjadi basis sebagai upaya membantu penyelesaian dalam permasalahan pelayanan kelogistikan untuk mendukung T/A yang tepat waktu.

Pertamina is the one of governments' enterprise that involves in oil business. Pertamina have several business units spread out all over Indonesia and one of them is Unit Pengolahan III, Plaju, Sumatra Selatan. This Business unit convert the crude oil to fuel and other products like lobe oil, polypropylene, purified terepthalic acid etc.
As a machine production, the Refinery would experience the performance deterioration in day to day operation. In order to maintain the performance as a maintenance planning, it must be performed the maintenance. Basically there are two type of maintenance, first regular maintenance, conducted in daily basis and second overall maintenance, called Turn Around (TIA), conducted as maintenance scheduling.
The main problem facing the management recently is that the implementation of TIA project is often delay, caused by the shortage of material required and other supporting facilities. Based on function organizational, the Logistic has an authority to provide the material required and transportation facilities for supporting Turn Around project.
To solve that problem, it is necessary to design Computer based Information System. in designing of Information System adopt Structured Analysis and Design Method (SSADM). This method uses the technique for modeling data, process and data flow. The designing firstly define the problem, then analyze the system by using data flow diagram. At the same time The User Requirement were gathered as the basis for determining system requirement. Data documentation would be conducted to define data required and then performed normalization process. From data normalization then would be created Entity Relationship Diagram and Logical Record structure for database design.
System Information design used qualitative analysis and were performed until designing a prototype of information system included database design. Even though the implementation stage was not conducted but the designing of information system at least can assist the logistic to solve that problem that is logistic services to support Turn Around project on time.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 1998
T5426
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Chairina Marsya
"Saat ini, Teknologi Informasi (TI) telah menjadi suatu kebutuhan mendasar dalam berbagai sektor dan keperluan. Di salah satu perusahaan pengelola jalan tol, PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), layanan TI telah merespons banyak kebutuhan yang ada. Layanan tersebut mencakup aspek-aspek seperti sistem internal maupun sistem pendukung proses bisnis PT JMTO. Keanekaragaman layanan TI mendorong perlunya perancangan Enterprise Architecture TI. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan fungsi dan sumber daya SI/TI yang dimiliki perusahaan dan membantu menciptakan keputusan strategis dalam keselarasan TI dengan tujuan bisnis. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus deskriptif yang menggunakan metode penelitian kualitatif. Perancangan EA pada penelitian ini menggunakan kerangka kerja TOGAF ADM, dengan mengacu pada rencana arah bisnis perusahaan, analisis SWOT dan Value Chain Activities dalam menganalisa kesenjangan kondisi perusahaan kini dengan yang ditergetkan. Data utama berasal dari hasil wawancara, sementara data sekunder bersumber dari tinjauan literatur, dan dokumen perusahaan. Pengolahan data dilakukan melalui analisis tematik. Hasil dari penelitian ini adalah rancangan Enterprise Architecture yang menggambarkan arsitektur yang diinginkan, serta peta perencanaan implementasi yang meliputi arsitektur visi, arsitektur bisnis, arsitektur sistem informasi, dan arsitektur teknologi.

Nowadays, Information Technology (IT) has become a fundamental need in various sectors and purposes. In one of the toll road management companies, PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), IT services have responded to many existing needs. These services include many aspects such as internal systems and systems supporting PT JMTO's business processes. The diversity of IT services drives the need for IT Enterprise Architecture design. It aims to optimize the company's IT functions and resources and help create strategic decisions in aligning IT with business goals. This research is a descriptive case study that uses qualitative research methods. The design of EA in this study uses the TOGAF ADM framework, with reference to the company's business direction plan, SWOT analysis and Value Chain Activities in analyzing the gap between the company's current and expected conditions. The main data comes from the results of interviews, while secondary data comes from literature reviews, and company documents. Data processing is done through thematic analysis. The result of this research is an Enterprise Architecture design that describes the desired architecture, as well as an implementation planning map that includes vision architecture, business architecture, information systems architecture, and technology architecture."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas ndonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library