Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
Fahru Abdhul Aziz
"Penelitian ini membahas tentang pengelolaan arsip aktif di Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa Universitas Indonesia sebagai suatu sistem yang terus berlanjut. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan proses pengelolaan arsip aktif yang dilakukan di Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI dimulai dari proses penciptaan hingga penyusutan dengan juga melihat pandangan pegawai terhadap arsip. Metode studi kasus dilakukan dengan wawancara terhadap enam orang petugas yang terkait dengan pengelolaan arsip aktif Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI serta satu orang asriparis kantor arsip UI, observasi dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pengelolaan arsip aktif, pengelola perlu mengacu pedoman arsip organisasi terhadap semua jenis arsip yang berada dalam pengelolaan demi terciptanya tertib arsip organisasi. Pengelolaan arsip aktif Sub Direktorat Kesejahteraan Mahasiswa UI berlangsung sejak penciptaan hingga penyimpanan sedangkan penyusutan dilakukan dengan pemindahan arsip namun hanya ke ruang lain bukan ke unit kearsipan atau pusat rekod. Penciptaan arsip sudah dilakukan menggunakan tata naskah dinas yang berlaku namun dalam tahap ini belum dilakukan pengindeksan. Pengelompokan arsip dalam hal penyimpanan masih hanya sebatas pengelompokan surat masuk dan surat keluar yang diurutkan per bulan. Subdit kesma belum membuat daftar arsip aktif. Kondisi ini kemudian berdampak pada tidak bisanya arsip yang sudah memasuki masa inaktif dan yang sudah habis masa retensi inaktifnya untuk dapat dipindahkan ke kantor arsip UI. Dalam melakukan pengelolaan arsip pegawai juga masih mengikuti kebiasaan yang diwariskan dari generasi sebelumnya.
This study discusses about active records management on the University of Indonesias Sub Directorate of Student Welfare as a system that continues. The purpose of this study is to explain the process of managing active records carried out on the University of Indonesias Sub Directorate of Student Welfare starting from the creation to disposition process by also looking at the views of employees on the records. The case study method was conducted by interviewing six officers related to the management of active records of the UIs Sub Directorate of Student Welfare and one archivist on UIs archive office, observation and study documents. The results of the study show that in active records management, managers need to refer to the organizations records guidelines for all types of records that are in management for the sake of the creation of orderly records of the organization. Active records management on UIs Sub-Directorate of Student Welfare lasts from creation to storage while disposition is done by transferring files but only to other spaces, not to the records center. The creation of records has been carried out using the official scripts that are in force but in this stage, indexing has not been done. Records grouping in terms of storage is still limited to grouping incoming mailings and outgoing mailings sorted monthly. UIs Sub Directorate of Student Welfare has not created an active records list yet. This condition then results in not being able to move the records that have entered its inactive period and those whose inactive retention period has expired to be transferred to the UIs records center. In managing records, employees also still follow habits inherited from previous generations.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Jakarta: Arsip Nasional Republik Indonesia, 2002
651.5 DIR b
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Davin Haryono
"Tugas Karya Akhir ini membahas Pemberkasan Arsip Aktif Program Hibah link&match Barang Milik Negara Non-Tanah SMK Di Indonesia Pada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Kemenperin telah meluncurkan pendidikan vokasi industri yang link and match antara SMK dengan industri di beberapa wilayah Indonesia. Hingga saat ini, program tersebut telah melibatkan sebanyak 855 industri dan 2.612 SMK yang menghasilkan 4.997 perjanjian kerja sama. program link&match antara lain penyelarasan kurikulum dan silabus di SMK, peningkatan kompetensi guru produktif SMK sesuai dengan kebutuhan industri, dan pemberian hibah peralatan dari BPSDMI. Dari kegiatan tersebut perlu dilakukannya dengan mempelajari tata cara pemberkasan arsip aktif dan proses penginputan menggunakan aplikasi arsip. Secara umum, pemberkasan arsip aktif mempunyai enam proses yakni pemeriksaan berkas, penyortiran, pengindeksan, pelabelan, penginputan dan penyimpanan arsip.
This Final Project discusses the Filing of the Active Archives of the Link & match Grant Program for Non-Land State Owned Vocational Schools in Indonesia at the Ministry of Industry of the Republic of Indonesia. The Ministry of Industry has launched an industry vocational education that links and matches between SMKs and industries in several regions of Indonesia. To date, the program has involved as many as 855 industries and 2,612 vocational schools resulting in 4,997 cooperation agreements. the link & match program includes the alignment of curriculum and syllabus in vocational schools, increasing the competency of productive vocational teachers in accordance with industry needs, and providing equipment grants from BPSDMI. From these activities it is necessary to learn the procedures for filing an active archive and the input process using the archive application. In general, active archive filing has six processes namely file checking, sorting, indexing, labeling, filing and storing archives."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Nadya Juni Utami
"Arsip memiliki peran penting dalam mendukung operasional dan pengambilan keputusan dalam organisasi, terutama di instansi pemerintah. Pengelolaan arsip aktif yang tertib sangat diperlukan agar dokumen dapat diakses dengan mudah dan aman. Direktorat Industri Kimia Hulu Kementerian Perindustrian menghadapi tantangan dalam proses peminjaman arsip aktif yang belum tertata secara optimal, mengakibatkan keterlambatan pencarian dokumen dan meningkatnya risiko kehilangan arsip. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kualitas ketertiban dalam proses peminjaman arsip aktif di Direktorat Industri Kimia Hulu. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang memengaruhi ketertiban dalam peminjaman arsip meliputi penerapan digitalisasi arsip, kualitas arsip, sarana dan prasarana, SDM, dan keberadaan kebijakan atau SOP yang jelas, serta ketersediaan anggaran yang mampu menunjang kegiatan kearsipan. Rekomendasi yang diberikan dalam penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas pengelolaan arsip aktif di lingkungan Direktorat Industri Kimia Hulu Kementerian Perindustrian.
Records play a crucial role in supporting operations and decision-making within organizations, particularly in government institutions. The orderly management of active records is essential to ensure documents are easily and securely accessible. The Directorate of Upstream Chemical Industry at the Ministry of Industry faces challenges in the lending process of active records, which is not yet optimally structured, leading to delays in document retrieval and increased risk of record loss. This study aims to analyze the factors that influence the quality of orderliness in the active record lending process at the Directorate of Upstream Chemical Industry. A qualitative research method was employed, using data collection techniques such as interviews, observations, and document studies. The findings indicate that the key factors affecting the orderliness of the lending process include the implementation of record digitization, record quality, facilities and infrastructure, human resources, the existence of clear policies or SOPs, and the availability of a supporting budget. The recommendations provided in this study are expected to enhance the effectiveness of active record management within the Directorate of Upstream Chemical Industry at the Ministry of Industry."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Rio Arya Saputra
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pemberkasan arsip aktif di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok dengan membandingkan penggunaan dua metode, yaitu aplikasi Teman Kerja Depok, Srikandi dan Microsoft Excel. Proses pemberkasan arsip aktif merupakan bagian penting dalam pengelolaan arsip untuk memudahkan pencarian dan pemeliharaan arsip yang berkaitan dengan aktivitas pencipta arsip. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan kedua sistem dalam mengelola arsip aktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi Teman Kerja Depok, Srikandi lebih efisien dalam mengelola arsip karena menyediakan sistem yang lebih terstruktur dan berbasis data, meskipun masih terdapat beberapa kendala teknis dalam implementasinya. Di sisi lain, penggunaan Microsoft Excel lebih fleksibel, namun memiliki keterbatasan dalam hal pengelolaan arsip dalam jumlah besar dan pencarian data yang lebih rumit. Salah satu kendala utama yang ditemukan dalam proses pemberkasan adalah penggunaan sistem klasifikasi arsip tidak sesuai fungsi unit kerja dan perlu diperbaharui karena menghambat efektivitas dalam pengelompokkan dan pencarian arsip. Hasil penelitian ini menyarankan perlunya pembaruan sistem klasifikasi arsip agar proses pemberkasan dapat berjalan lebih efisien dan optimal.
This research aims to analyze the effectiveness of filing active archives at the Depok City Archives and Library Service by comparing the use of two methods, namely the Depok Work Friends application, Srikandi and Microsoft Excel. The active archive filing process is an important part of archive management to facilitate the search and maintenance of documents related to government activities. This research uses a descriptive method with a qualitative approach to identify the strengths and weaknesses of the two systems in managing active records.The research results show that the Depok Work Friends application, Srikandi is more efficient in managing archives because it provides a more structured and data-based system, although there are still several technical obstacles in its implementation. On the other hand, using Microsoft Excel is more flexible, but has limitations in terms of managing large amounts of archives and searching for more complicated data. One of the main obstacles found in the filing process is the use of archive classification codes that are no longer updated, which hampers effectiveness in searching and grouping archives. This research suggests the need to update the archive classification system so that the filing process can run more efficiently and optimally."
Depok: Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia, 2025
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library