Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sanny Sunaryo
"ABSTRAK
Saat ini Indonesia memiliki dua institusi perwakilan perdagangan di luar negeri, yakni: Atase Perdagangan di 23 negara dan Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) di 18 negara. Kedua institusi tersebut memiliki tugas untuk
meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia. Penelitian bertujuan untuk melihat efektivitas anggaran Atase Perdagangan dan ITPC terhadap kinerja ekspor nonmigas Indonesia di 30 negara selama periode tahun 2008-2014. Model estimasi yang digunakan adalah Random Effect dengan menggunakan data panel. Hasil yang diperoleh bahwa peningkatan anggaran ITPC dan Atase Perdagangan akan meningkatkan ekspor nonmigas Indonesia pada tahun berikutnya. Peningkatan anggaran Atase Perdagangan akan meningkatkan ekspor nonmigas
Indonesia pada sektor industri, pertanian, dan pertambangan, sedangkan peningkatan anggaran ITPC hanya mampu meningkatkan ekspor nonmigas sektor industri.

ABSTRACT
Indonesia currently has two trade representative institutions abroad, namely:Trade Attaché in 23 countries and the Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC) in 18 countries. Both institutions should improve the Indonesian non-oil and gas exports. The study aims to investigate the effectiveness of ITPC and Trade Attaché budget to Indonesian non-oil and gas export performance in 30 countries over period 2008-2014. The model estimation is Random Effect that using panel data. The result shows that an increase Trade Attaché and ITPC budget will increase Indonesian non-oil and gas exports in the next year. An increase Trade Attaché will increase Indonesian non-oil and gas exports in industry sector, agriculture sector, and mining sector, while an increase ITPC budget only able to increase Indonesian non-oil and gas exports in industry sector."
2016
T46347
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rizki Maulida Zahiyyaturraihan Tsani
"Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas proses pengendalian anggaran promosi serta praktik penerapan anggaran fleksibel pada analisis varians PT HO khususnya dalam saluran penjualan ritel tradisional. Evaluasi didasarkan pada teori pengendalian anggaran Atrill & McLaney (2021) serta teori anggaran fleksibel Datar & Rajan (2021) dan dibandingkan kesesuaiannya berdasarkan pengamatan langsung di PT HO. Aktivitas promosi PT HO terdiri dari lima jenis kegiatan yaitu potongan harga produk, pembayaran rak produk di toko-toko, pemberian insentif performa penjualan kepada salesman, pemberian hadiah gratis setiap pembelian produk, dan biaya acaraacara yang terkait dengan penjualan produk. Proses pengendalian anggaran dilakukan melalui tiga aktivitas yaitu pelaporan penyerapan anggaran pada tingkat aktivitas yang dilakukan dua kali dalam satu bulan, rekonsiliasi penyerapan anggaran, serta pembuatan laporan analisis over/under anggaran dengan memperhitungkan jumlah penjualan yang berhasil dibukukan setiap akhir kuartal. Hasil dari evaluasi pada laporan ini menyimpulkan bahwa tahapan proses pengendalian anggaran yang dilakukan oleh PT HO serupa dengan tahapan proses pengendalian anggaran yang disebutkan oleh Atrill & McLaney (2021) dan sudah cukup efektif. Dalam proses analisis varians pun sudah menyeluruh baik secara kuantitatif (memperhatikan jumlah anggaran) hingga kualitatif (memperhatikan alasan dibalik terjadinya varians anggaran). Adapun rekomendasi yang diberikan adalah untuk mempertahankan cara kerja yang dilakukan saat ini, namun pemberian laporan penyerapan anggaran dilakukan secara terpisah untuk masing-masing penanggung jawab anggaran serta perlunya membuat kesepakatan sumber data yang digunakan sebagai acuan untuk kedua pihak. Serta perlunya memiliki mekanisme pertanggungjawaban yang khusus untuk anggaran over/under yang dialihkan ke kuartal berikutnya.

This internship report aims to evaluate the effectiveness of the promotion budget control process as well as the practice of implementing flexible budgets in PT HO's analysis of variance, especially in traditional retail sales channels. The evaluation was based on Atrill & McLaney's (2021) budget control theory and Datar & Rajan's (2021) flexible budget theory and compared its suitability based on direct observations at PT HO. PT HO's promotional activities consist of five types of activities, namely product price discounts, product shelf payments in stores, providing sales performance incentives to salesmen, giving free gifts for every product purchase, and costs for events related to product sales. The budget control process is carried out through three activities, namely reporting on budget absorption at the activity level which is carried out twice a month, reconciling budget absorption, and making over/under budget analysis reports by taking into account the number of sales that have been successfully recorded at the end of each quarter. The results of the evaluation in this report conclude that the stages of the budget control process carried out by PT HO are similar to the stages of the budget control process mentioned by Atrill & McLaney (2021) and are quite effective. The variance analysis process has also been thorough both quantitatively (taking into account the amount of the budget) to qualitative (taking into account the reasons behind the occurrence of budget variances). The recommendations given are to maintain the current way of working, but the budget absorption reports is carried out separately for each budget holder and the need to make an agreement on the source of data used as a reference for both parties. As well as the need to have a specific accountability mechanism for over/under budgets that are transferred to the next quarter. "
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fajar Eka Noviyanti
"ABSTRAK
Pariwisata telah memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi dan banyak negara mencoba mengembangkan pariwisata mereka untuk memaksimalkan manfaat dari sektor ini, termasuk Indonesia. Studi ini, dengan menggunakan regresi data panel dan dengan memanfaatkan data dari 33 negara asal turis internasional yang datang ke Indonesia pada periode 2010-2016, mencoba untuk mengidentifikasi apakah anggaran promosi pada kantor perwakilan RI di luar negeri, pendapatan, nilai tukar, rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara per kunjungan, jarak, stabilitas politik dan jenis negara asal wisatawan mancanegara berdampak pada permintaan wisatawan internasional yang datang ke Indonesia. Hasil regresi menunjukkan bahwa anggaran promosi pada kantor perwakilan RI di luar negeri, pendapatan, nilai tukar, rata-rata pengeluaran wisatawan mancanegara per kunjungan dan jarak memainkan peran penting secara statistik dalam menentukan jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia.

ABSTRACT
Tourism has played an important role in economic development and many countries try to develop their tourism to maximize benefits from this sector, including Indonesia. This study, by employing panel data regression and by utilizing the data from 33 countries of origin of international tourists inbound to Indonesia for the period 2010 2016, try to examine whether promotional budget in Indonesian embassies, income, exchange rates, average expenditure of international tourists per visit, monetary distance, political stability and type of country of international tourist have any impacts on demand for international tourists inbound in Indonesia. The results showed that promotional budget in Indonesian embassies, income, exchange rates, average expenditure of international tourists per visit and monetary distance play statistically significant role in determining the number of international inbound tourists to Indonesia."
2018
T49642
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Delina Endang Mawarni
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T24361
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library