Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 7 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sofia Sartika
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai penganggaran modal untuk proyek investasi langsung (FDI) yang dilaksanakan oleh perusahaan multinasional (MNC). Di dalamnya termasuk masalah-masalah yang berpengaruh terhadap penerimaan proyek sehubungan dengan adanya lingkungan internasional yang dihadapi MNC. FDI merupakan proyek strategis bagi MNC. Keberhasilannya akan menentukan posisi MNC terhadap para pesaingnya di pasaran dalam jangka panjang. Keterlibatan investasi MNC pada proyek FDI pada umumnya sangat besar, terutama jika dibandingkan dengan bentuk-bentuk lain dari 'international market entry', seperti kegiatan ekspor ataupun penjualan lisensi/kontrak manajemen. Pada FDI, perubahan-perubahan situasi politik dan ekonomi di negara di mana proyek dilaksanakan dapat menimbulkan dampak yang berarti terhadap profitabilitas jangka panjangnya. Oleh karenanya, dalam proses penganggaran modal diperlukan analisa 'country risk'. Suatu analisa 'country risk' yang berguna bagi MNC haruslah dapat memberikan informasi yang mendukung pengambilan keputusan FDI. Pada kenyataannya, 'country risk' tidak memberikan dampak yang sama terhadap semua perusahaan yang beroperasi di suatu negara tertentu, dikarenakan adanya faktor-faktor yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan lain, yaitu: jenis industri, 'size' perusahaan atau proyek, komposisi kepemilikan tingkatan teknologi yang dikuasai dan derajat keterintegrasian secara vertikal dengan subsidiari-subsidiari lain. Maka untuk kepentingan MNC, analisa 'country risk' harus memasukkan di dalamnya variabel-variabel mikro selain variabel-variabel makro. Pada akhirnya, hasil analisa 'country risk' harus dapat diintegrasikan ke dalam penganggaran modal. Pendekatan yang digunakan mendasarkan pada metode 'Adjusted Present Value' (APV) yang telah dikembangkan oleh Donald Lessard. Untuk menggambarkan secara umum bagaimana faktor-faktor sosialpolitik dan ekonomi memberi dampak terhadap 'country risk', penulis mengambil keadaan di Indonesia sebagai contob. Metode riset yang digunakan adalah studi perpustakaan, dengan mengacu pada hasil-hasil riset yang diterbitkan dalam jurnal-jurnal ekonomi dan bisnis, serta ulasan-ulasan ekonomi yang dimuat dalam berbagai terbitan, dan buku-buku yang membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan topik skripsi, ditambah dengan hasil diskusi dan wawancara dengan praktisi/analis untuk memperluas wawasan penulis mengenai topik bahasan.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1995
S18981
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Syekhan Adesia Ramadhan
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis pengaruh anggaran infrastruktur dan anggaran modal manusia ketimpangan di Indonesia menggunakan model koreksi kesalahan vektor (VECM). Data yang digunakan adalah data sekunder di tingkat nasional untuk tahun 1980 sampai dengan 2018 yaitu anggaran pemerintah untuk infrastruktur dan sumber daya manusia, angka inflasi, tingkat pengangguran, dan rasio Gini. Penelitian ini menggunakan anggaran pemerintah untuk infrastruktur dan sumber daya manusia sebagai persentase dari total anggaran pemerintah dan sebagai persentase dari PDB. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam istilah Anggaran pendek pemerintah untuk infrastruktur berpengaruh positif signifikan melawan ketidaksetaraan. Namun, dalam jangka panjang anggaran pemerintah sebesar infrastruktur memiliki pengaruh yang signifikan dalam mengurangi ketimpangan. Di sisi itu jika tidak, anggaran pemerintah untuk sumber daya manusia dalam jangka pendek akan berpengaruh signifikan negatif terhadap ketidaksetaraan. Namun, dalam jangka panjang anggaran tersebut pemerintah untuk modal manusia telah memperburuk ketimpangan secara signifikan. ......This study analyzes the effect of infrastructure budgets and human capital budgets inequality in Indonesia using a vector error correction model (VECM). The data used are secondary data at the national level for the years 1980 to 2018, namely the government budget for infrastructure and human resources, inflation rates, unemployment rate, and the Gini ratio. This study uses the government budget for infrastructure and human resources as a percentage of the total government budget and as a percentage of GDP. The results of this study indicate that in terms The government's short budget for infrastructure has a significant positive effect against inequality. However, in the long run the government budget as large as infrastructure has a significant effect in reducing inequality. On the other hand, if not, the government budget for human resources in the short term will have a significant negative effect on inequality. However, in the long term the government's human capital budget has exacerbated inequality significantly.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kevin Dwi Utomo
Abstrak :
ABSTRAK Tesis ini membahas mengenai business coaching dan penyusunan proposal anggaran modal pada UMKM Farani yang terletak di Ciledug, Tangerang. UMKM ini bergerak di bidang konveksi. Produk utama yang dijual oleh UMKM adalah mukena katun Jepang. Masalah yang diangkat dalam tesis ini adalah kontrol kualitas dan kontrol waktu produksi. Tujuan dari tesis ini adalah untuk memberikan usulan model usaha yang diharapkan dapat menyelesaikan masalah yang diangkat. Usulan model usaha yang ditawarkan adalah pengubahan proses produksi mukena katun Jepang dari outsource menjadi in-house. Dilakukan juga penyusunan proposal anggaran modal atau capital budgeting dari proyek investasi agar kelayakan dari usulan model usaha ini dapat dinilai. Pendekatan analisis capital budgeting ang digunakan dalam tesis ini adalah Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index, Payback Period, Discounted Payback Period, dan analisis skenario. Berdasarkan asumsi yang ditetapkan, kesimpulan dari penyusunan proposal anggaran adalah proyek layak dilaksanakan karena hasil proyeksi proyek investasi berjangka waktu lima tahun ini menghasilkan NPV yang positif, IRR yang lebih besar daripada cost of capital, dan profitability index yang lebih dari 1. Selain itu, dilakukan juga analisis skenario dimana ditetapkan asumsi lebih lanjut mengenai skenario best case dan pessimistic. Berdasarkan analisis skenario, proyek investasi ini layak untuk dilaksanakan karena kedua skenario tambahan tersebut juga menghasilkan kriteria investasi yang layak.
ABSTRACT This thesis discusses about business coaching and the preparation of capital budgeting proposal for an MSME named Farani which is located in Ciledug, Tangerang. This MSME is primarily engaged in the garment industry. The main product sold by this MSME is mukena katun Jepang. The issues raised in this thesis is quality control and the control of the production schedule. The aim of this thesis is to propose a business model that is expected to resolve the issues raised in this thesis. The proposed business model is to shift from outsourced production into in-house production. Capital budgeting is also needed in order to assess the feasibility of the proposed business model. The evaluation techniques used in the capital budgeting analysis is Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Index, Payback Period, Discounted Payback Period, and scenario analysis. Based on the assumptions set in this thesis, the conclusion of the capital budgeting analysis is feasible because the projected cash flow for this investment resulted in a positive NPV, an IRR rate which is greater than the cost of capital, and profitability index which is more than 1. In addition, scenario analysis is also done with new assumptions for pessimistic scenario and best case scenario. Based on the scenario analysis, the investment project is feasible because the two additional scenarios also produced feasible investment criteria.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ferry Firmansyah
Abstrak :
Penelitian ini berupa kegiatan Business Coaching yang dilakukan terhadap CV Citra Grafika Mandiri yang berlokasi di Poris, Tangerang. Hasil dari serangkaian interview terstruktur kemudian dianalisis menggunakan beberapa teori analisis yakni STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters 5 Forces, SWOT, gap analysis dan pareto analysis. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat dua masalah utama yang dihadapi oleh CV Citra Grafika Mandiri, yakni: 1) Belum tersedianya laporan keuangan yang rapi, dan 2) Perlunya analisis kelayakan investasi dalam pengembangan produk UMKM. Kegiatan Business Coaching ini diharapkan dapat membantu CV Citra Grafika Mandiri pada khususnya dan juga UMKM lain pada umumnya dalam meningkatkan kinerja usahanya. ......This research is in the form of Business Coaching activities that were conducted on CV Citra Grafika Mandiri which is located in Poris, Tangerang. The results of structured interviews were analyzed using several analytical theories namely STP, Marketing Mix, Business Model Canvas, Porters 5 Forces, SWOT, gap analysis and pareto analysis. The results of the analysis show that there are two main problems faced by CV Citra Grafika Mandiri, which were: 1) The unavailability of financial statement, and 2) The need for an investment feasibility analysis in developing new product. This Business Coaching activity is expected to help CV Citra Grafika Mandiri in particular as well as other SMEs in general in improving their business performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53442
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Niken Andrianti Malfian
Abstrak :
Kecenderungan konsumen mencari informasi dan referensi melalui internet membuat pembelian produk bergeser ke era digital. Pengembangan bisnis Ryzn Embroidery dengan menggunakan strategi digital marketing perlu dilakukan dikarenakan 100% penjualan saat ini berasal dari customer yang menemukan Ryzn Embroidery melalui websitenya sehingga dibutuhkan strategi digital marketing melalui search engine optimization (SEO) dan penggunaan pay per click advertising (Google Ads).  Sebelum menerapkan Google Ads, dibutuhkan penyusunan anggaran dan analisis kelayakan investasi untuk memberikan gambaran berapa biaya yang dibutuhkan dan bagaimana kelayakan dari investasi tersebut dengan metode capital budgeting pada tiga skenario, yaitu optimis, moderat dan pesimis, serta mengetahui berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengakuisisi customer baru untuk pencapaian target jangka panjang Ryzn Embroidery melalui analisis customer lifetime value.

 

 

 


The tendency of seeking information and references through the internet in consumers makes the purchasing decision shift into digitalization. The development of the Ryzn Embroidery business by using a digital marketing strategy needs to be done because 100% of the current sales are from customers who found Ryzn Embroidery through their website, therefore it needs digital marketing strategy to optimize the website by using search engine optimization (SEO) and pay per click advertising (Google Ads). Before implementing digital marketing by Google Ads, it needs to construct the budgeting plan and investment feasibility analysis in order to give an overview about how much it costs to run digital marketing activities, find out the feasibility of the investment with capital budgeting method in three scenarios; optimistic, moderate, and pesimistic, and find out how much it will cost to acquire new customers to achieve Ryzn Embroidery's long-term target through customer lifetime value analysis.

 

 

Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mutiara Devika
Abstrak :
ABSTRAK
Perilaku konsumen dalam mencari informasi dan membeli produk saat ini mulai bergeser ke era digital. Digital marketing sudah mulai digunakan untuk mempromosikan produk dalam mendukung peningkatan penjualan yang diperoleh perusahaan dan memberikan kemudahan bagi konsumen dalam mengakses informasi. PT Citramas Alfa Sejahtera CAS ingin mengembangkan bisnisnya dengan menggunakan digital marketing karena penjualan tradisional dirasa kurang efisien dan tidak memberi kemudahan bagi konsumen. Sebelum melakukan penerapan digital marketing, dibutuhkan penyusunan anggaran dan analisis kelayakan investasi agar dapat memberikan gambaran bagi PT CAS dalam menjalankan kegiatan digital marketing serta mengetahui kelayakan dari investasi digital marketing. Analisis dilakukan dengan metode capital budgeting dengan tiga skenario yaitu optimis, moderat dan pesimis. Dapat diketahui bahwa nilai NPV, IRR, DPP dan PI pada skenario optimis dan moderat menyatakan digital marketing layak untuk dilakukan. Sedangkan, pada skenario pesimis, digital marketing tidak layak untuk dilakukan. Sehingga, perusahaan dapat menjadikan skenario optimis dan moderat sebagai acuan dalam menjalankan kegiatan digital marketing.
ABSTRACT
Consumer rsquo s behaviour in seeking for informations in order buying products is shifting to digitalization. Digital marketing is started to be utilized for product promotion to support the company rsquo s sales increment, it also enease consumers in accessing informations. PT Sitramas Alfa Sejahter CAS wants to develop its business by using Digital Marketing because traditional marketing is rather less efficient and enease less consumers in accessing informations of the products. Before implementing Digital Marketing, CAS needs to construct the budgeting plan and investment feasibility analysis to get complete picture of the Digital Marketing plan and the feasibility of investment in Digital Marketing. The analysis is conducted in Capital Budgeting method with three scenarios optimistic, moderate, and pesimistic. Analysis of NPV, IRR, DPP, and PI in Optimistic and Moderate scenarios show that Digital Marketing is feasiblen to be implemented in CAS. Meanwhile in Pesimistic scenario, the parameters show that Digital Marketing is not feasible to be implemented. Hence, CAS shall use Optimistic and Moderate scenarios as reference for Digital Marketing implementation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Antonius Cahyo
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini permintaan akan CPO semakin tinggi, sedangkan untuk membangun pabrik kelapa sawit dibutuhkan investasi yang sangat besar, maka investor memerlukan perhitungan atas tingkat pengembalian yang akan diperoleh. Tesis ini membahas bagaimana menganalisis kelayakan investasi dari aspek keuangan, danmelakukan analisis kelayakan risiko dengan menggunakan simulasi.Data didapatkan dari perusahaan terkait, kontraktor dan berbagai sumber lainnya.Hasil dari perhitungan yang dilakukan adalah NPV sebesar Rp 114.875.873.933,-, IRR sebesar 33,68%, DPP selama 4 tahun 1 bulan, dan PI sebesar 2,21. Hasil dari analisis simulasi adalah tidak ada NPV yang bernilai negatif, dan NPV rata-rata adalah Rp 93.058.092.785,38. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa investasi ini layak untuk dijalankan
ABSTRACT
Currently, demand for CPO is getting higher, while to build palm oil mill is required enormous investments. Hence, investors need to calculate the rate of return that would be earned. This thesis discusses how to analyze the investment feasibility from financial aspects, and conduct feasibility risk analysis by using simulation. Data were obtained from related companies, contractors and various other sources. The calculation results are NPV of Rp 114.875.873.933,-, IRR 33,68%, DPP for 4 years and 1 months, and PI 2,21. There is no negative NPV from simulation analysis, and the average NPV is Rp 93.058.092.785,38. The analyses conclude that this investment is feasible to run
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library