Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
De Fina, Anna
Abstrak :
The socially minded linguistic study of storytelling in everyday life has been rapidly expanding. This book provides a critical engagement with this dynamic i eld of narrative studies, addressing long-standing questions such as definitions of narrative and views of narrative structure but also more recent preoccupations such as narrative discourse and identities, narrative language, power and ideologies. It also offers an overview of a wide range of methodologies, analytical modes and perspectives on narrative from conversation analysis to critical discourse analysis, to linguistic anthropology and ethnography of communication. The discussion engages with studies of narrative in multiple situational and cultural settings, from informal–intimate to institutional. It also demonstrates how recent trends in narrative analysis, such as small stories research, positioning analysis and sociocultural orientations, have contributed to a new paradigm that approaches narratives not simply as texts, but rather as complex communicative practices intimately linked with the production of social life.
Cambridge, UK: Cambridge University Press;, 2012
e20372253
eBooks Universitas Indonesia Library
Nailah Azkiya
Abstrak :
ABSTRAK
Alzheimer atau kepikunan merupakan bagian dari demensia, gejala kehilangan ingatan yang menjadi salah satu penyebab gangguan keterampilan berbahasa. Penelitian ini menganalisis struktur wacana dan kohesi dalam narasi yang diujarkan oleh pengidap Alzheimer. Tujuannya adalah menjelaskan struktur naratif dan pemarkah kohesi yang yang mereka ujarkan. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian dilakukan terhadap lansia pengidap Alzheimer yang tinggal di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 1, Jakarta Timur. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara terbuka kepada para lansia pengidap Alzheimer pada beberapa tingkatan keseriusan berdasarkan hasil Mini Mental Status Exam (MMSE), yaitu lansia pengidap Alzheimer ringan dan Alzheimer berat. Untuk memunculkan narasi, responden diberi sebuah pertanyaan sebagai pemicu untuk bercerita, yaitu "Bagaimana Anda bertemu dengan pasangan hidup Anda.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Meranti
Abstrak :
Peneltian ini bertujuan membahas Pengaruh Konten Narasi dan Fitur Self Help Affordances pada Instagram Story terhadap Engagement: Studi Motivational Technology pada Sikap Pengguna. Metodologi yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan responden followers dari media sosial Instagram @Jouska yang berjumlah 307 orang. Teknik analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis) untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Konten narasi dan Self Help Affordances tanpa melalui motivasi intrinsik memiliki pengaruh terbesar terhadap engagement. Meskipun sumbangsih yang diberikan oleh variabel konten narasi dan self help affordances tidaklah besar yakni 25%, namun hasil ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang diberikan oleh faktor konten naratif terhadap munculnya rasa keterikatan bagi khalayak. Hasil temuan ini menegasikan penelitian sebelumnya yakni teori motivational technology yang mengusung konsep self help affordances sebagai faktor utama dan satu-satunya variabel yang membentuk motivasi intrinsik dan engagement tidak cukup relevan untuk diaplikasikan dalam konteks Instagram story.
......This research aims to discuss the Effect of Narrative Content and Self Help Affordances Features on Instagram Story of Engagement: Motivational Technology Study on User Attitudes. The methodology used is quantitative research with the respondents followers from @Jouska Instagram social media, amounting to 307 people. Data analysis techniques were carried out by descriptive statistical analysis and path analysis to prove the hypothesis in this study. The results showed that narrative content and Self Help Affordances without going through intrinsic motivation had the greatest influence on engagement. Although the contribution given by the narrative content variable and self help affordances is not large at 25%, this result shows that there is an influence given by the narrative content factor to the emergence of a sense of attachment to the audience. These findings negate previous research, namely the theory of motivational technology that carries the concept of self help affordances as the main factor and the only variable that forms intrinsic motivation and engagement is not relevant enough to be applied in the context of the Instagram story.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library