Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hermansyah
Abstrak :
Dengan meningkatnya jumlah rumah sakit dengan berbagai macam sarana dan fasilitas yang ditawarkan termasuk kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, membuat persaingan antar rumah sakit semakin meningkat. Untuk mengantisipasi hal tersebut setiap rumah sakit perlu mengoptimalkan pemanfaatan sarana dan fasilitas yang tersedia termasuk berusaha meningkatkan mutu pelayanan serta berusaha pula menciptakan produk - produk unggulan. Seiring dengan terjadinya perubahan paradigma sehat dari kuratif rehabilitatif menjadi preventif promotif, semakin memperluas cakupan pelayanan rumah sakit. Di Rumah Sakit Haji Jakarta jenis pelayanan preventif dan promotif dilaksanakan oleh PKMRS dan Unit Medical Check Up. Unit Medical Check Up telah melakasanakan kegiatannya sejak tahun 1996, namun sampai dengan tahun 2000, walaupun dari tahun ke tahun penjualannya mengalami peningkatan tetapi bila dibandingkan dengan kapasitas yang ada penjualan produk jasa medical check up masih rendah, yaitu baru mencapai 14,36% (kapasitas MCU tahun 2000 sebesar 12.377 paket pelayanan). Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui faktor - faktor apa saja yang mempengaruhinya dan bagaimana kondisi pemasaran medical check up saat ini. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan pemecahan masalah secara deskriptif analitik. Alat formulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah matriks SWOT dan matriks Internal Eksternal. Berdasarkan hasil penilaian dengan matriks Internal Ekaternal, diketahui bahwa posisi medical check up saat ini berada pada Sel V, yaitu Hold and Maintain dengan alternatif strategi yang dianjurkan adalah penetrasi pasar dan pengembangan produk, yaitu mengembangkan atau meningkatkan mutu produk untuk pasar yang ada sekarang dan meningkatkan pangsa pasar bagi produk yang ada saat ini. Diharapkan hal tersebut di atas dapat bermanfaat serta menjadi masukan bagi rumah sakit khususnya dalam mengembangkan pelayanan medical check up.
Internal and External Situational Analysis of Medical Check up Unit of the Haji Hospital, JakartaBy the increase of the number of hospital with the various means and facilities offered including facilities in getting service makes the competition among hospitals tougher and tougher. In order to anticipate it, each hospital reaches necessarily optimal use of means and facilities available including making effort of improving the quality of service and try to create excellent products as well. As the change of good paradigm from curative rehabilitation become preventive promotion makes the scope of hospital service more and more extensive. In The Haji Hospital Jakarta, such a kind of preventive and promotive service is applied by Medical Check up Unit and PKMRS. Medical Check Up Unit has already run its activities since 1996, however, until the year 2000, from time to time its sales is more and more increase, it remains far from the expected target, that is 14,36% ( Service capacities of MCU of the year 2000 which was decided as many as 12.377 service packages). It is necessary therefore to do research in order to know what factors influenced and how the real condition of MCU marketing is today. This research is applied with solving problem approach analytically descriptive. The formulation instrument used in this research is matrix SWOT and Internal - External matrix. According to the judgment result with SWOT matrix and Internal - External matrix, found that the position of MCU today is on Cell V, they are Hold and Maintain with alternative strategy which is suggested is market penetration and product development by developing and improving the product quality for existing target market today and increasing target market for existing product or in other word making aggressive marketing. It is expected to be advantageous and as an input especially for hospital in improving medical check up service.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2001
T2564
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Zaidan Jauhari
Abstrak :
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara jumlah penduduk Cianjur yang sebesar 2.171.281, dengan supply atau pemenuhan layanan kesehatan berupa Rumah Sakit, dimana di Cianjur hanya terdapat 3 rumah sakit. Untuk membangun Rumah Sakit baru di Kabupaten Cianjur diperlukan rencana pemasaran yang tepat yang didasarkan pada usaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari masyarakat Kabupaten Cianjur. Rencana pemasaran yang tepat penting untuk mengembangkan Rumah Sakit yang tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan masyarakat tapi juga mampu memenuhi kepentingan ekonomi daripada penyandang modal dan para pihak yang berkepentingan terhadap rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menetapkan rencana pemasaran yang tepat untuk RS. Dokter Hafiz sebagai rumah sakit baru Tipe C di Cianjur, secara khusus melakukan analisa konsumen dilihat dari kebutuhan dan keinginan masyarakat Cianjur akan layanan kesehatan, melakukan analisa perusahaan, dan melakukan analisa pesaing RS Dr. Hafiz Cianjur. Jenis penelitian merupakan mixed method dengan desain penelitian deskriptif eksploratori melibatkan pengumpulan dan analisa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kesesuaian yang siginifikan antara rencana pemasaran RS Dr. Hafiz terhadap situasi riil di wilayah Cianjur berdasarkan analisa konsumen, analisa pesaing, analisa perusahaan serta terhadap ekspektasi karakteristik layanan kesehatan yang diharapkan oleh masyarakat Cianjur. Saran yang diberikan dari penelitian ini adalah dalam upaya menjalankan usaha RS agar senantiasa memperhatikan kesesuaian rencana pemasarannya terhadap kondisi kebutuhan konsumen, kemampuan dan target perusahaan serta kondisi pesaing yang ada di wilayah tersebut.
This study is motivated by the gaps between the size of the total population of Cianjur 2,171,281, and the supply fulfillment of the health service hospital, where there are only 3 in Cianjur hospital. To build a new hospital in Cianjur Regency needs the right marketing plan based on efforts to meet the needs and desires of Cianjur Regency society. The importance of the right marketing plan to expand the hospital that are not only able to meet the needs of public service of the community, but will also be able to meet the economic importance of defending the capital and the stakeholders of the hospital. The purpose of this study was to establish a marketing plan that is right for RS. Doctor Hafiz as a new hospital Type C in Cianjur, specifically seen from analyzing consumer needs and desires of society for Cianjur health services, the company analysis, and analyzing competitors of RS Dr. Hafiz Cianjur. This study uses a mixed method research, with design exploratory descriptive study that involved the collection and analysis of quantitative and qualitative data. The results showed that there is good compatibility between RS Dr. Hafiz marketing plan with the real situation in Cianjur region based on analysis of consumer, competitor analysis, industry analysis as well as the expectations of the characteristics of the health service expected by the Cianjur citizen. Suggestions that is given from the research is in order to run a hospital continually observe the suitability of its marketing plan for the situation of the needs of consumers, the ability and the enterprise?s target and the condition of existing competitors in the region.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
T42415
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Bertha Toha
Abstrak :
Pasien yang menderita Gagal Ginjal Terminal harus mendapatkan TerapiPengganti Ginjal berupa transplantasi ginjal, hemodialisis atau peritoneal dialisis.Diperkirakan pasien gagal ginjal terminal di Indonesia yang membutuhkan cucidarah atau dialisis sekitar 150.000 orang. Namun yang sudah mendapatkan terapidialisis baru sekitar 100.000 orang. Pelayanan CAPD di Klinik Khusus Ginjal Ny.R.A. Habibie sudah dimulai sejak tahun 2010 namun jumlah pasien CAPD masihsedikit. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis Strategi Pemasaran PelayananContinuous Ambulatory Peritoneal Dialysis di Klinik Khusus Ginjal Ny. R. A.Habibie Batam Tahun 2016. Desain penelitian yang digunakan adalah analitikdeskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Alat yang digunakandalam penelitian ini berupa lembaran kuesioner, cek list indikasi dankontraindikasi CAPD, Lembar pertanyaan untuk informan CAPD, LembarPedoman Analisis Situasi. Tahapan analisis yang digunakan adalah strategi FredR.David yang kemudian dilanjutkan dengan Segmenting, Targeting danPositioning, lalu menentukan bauran pemasaran Product, Promotion, Price,Place, People, Physical evidence, Process, Customer Service . Strategi Pemasaranyang layak dan sesuai dengan analisis situasi adalah : Market Penetration danProduct Development. Pemasaran produk pelayanan di Klinik Khusus Ginjal Ny.R. A. Habibie Batam dapat berupa periklanan melalui berbagai media seperti talkshow di radio, talk show di stasiun televisi di kota Batam, dan leaflet; penyebaranleaflet di ruangan pelayanan Ilmu Penyakit Dalam; promosi penjualan, danpembinaan dokter puskesmas. Selain itu bisa dilakukan promosi secara online.Dan dokter di Klinik Khusus Ginjal Ny.R.A. Habibie Batam dan di Rumah SakitBudi Kemuliaan Batam diberangkatkan ke Bandung untuk mengikuti pelatihanoperasi pemasangan catheter tenckhoff metode Bandung.
Name Bertha TohaStudy Programe Magister of Hospital Administration StudiesThesis Title Marketing Strategy of Continuous Ambulatory PeritonealDialysis Service at Mrs R.A. Habibie Special KidneyClinic Batam Year 2016Patients who suffer from Kidney Failure Terminal should get kidney replacementtherapy in the form of kidney transplantation, hemodialysis or peritoneal dialysis.It is estimated that patients with terminal renal failure in Indonesia who needdialysis or dialysis of approximately 150,000 people. But that is already gettingdialysis therapy about 100,000 people. CAPD Services at Mrs. R.A. HabibieSpecial Kidney Clinic began in 2010 but the number of CAPD patients is stillsmall. The purpose of this study to analyze the Marketing Strategy of ContinuousAmbulatory Peritoneal Dialysis Services at Mrs. R.A. Habibie Special KidneyClinic Batam Year 2016. The design study is an analytic descriptive withquantitative and qualitative approaches. The tools used in this study aquestionnaire sheet, check list CAPD indications and contraindications, andquestionnaires for informants CAPD, Guidelines Situation Analysis Sheets. Stagesof analysis is Fred R.David strategy followed by Segmenting, Targeting andPositioning, and then determine the marketing mix Product, Promotion, Price,Place, People, Physical Evidence, Process, Customer Service . Marketingstrategies are feasible and in accordance with the analysis of the situation is Market Penetration and Product Development. Product marketing services inMrs. R.A. Habibie Special Kidney Clinic Batam may include advertising throughvarious media such as radio talk shows, talk shows on television stations in thecity of Batam, and leaflet for distributing leaflets in internist pollyclinic serviceroom sales promotion, and training doctors clinic. In addition it can be doneonline promotions. Mrs. R.A. Habibie Special Kidney Clinic Batam and BudiKemuliaan Hospital Batam send to Bandung to attend training catheter fixingoperation Tenckhoff Bandung method.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
T47273
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library