Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Nadya Puspa Lukitasari
Abstrak :
Skripsi ini membahas pembentukan pengetahuan dan praktik perawatan Anak dengan HIV/AIDS ADHA yang dilakukan di dalam keluarga. Penelitian dilakukan kepada dua orang tua dan seorang kakak yang bertanggung jawab dalam praktik perawatan ADHA. Wawancara mendalam, observasi dan life history dilakukan untuk mengetahui cara-cara yang dilakukan anggota keluarga untuk memperoleh pengetahuan mengenai HIV/AIDS serta tindakan yang dilaksanakan dalam praktik perawatan ADHA dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan pengetahuan anggota keluarga mengenai HIV/AIDS berasal dari informasi yang diperoleh dari orang lain melalui aktivitas mendengar, bertanya maupun mengamati. Pengetahuan yang diperoleh kemudian menjadi pedoman bagi anggota keluarga dalam menjalankan praktik perawatan yang dibutuhkan ADHA.
This study discusses the knowledge construction and care practice of children with HIV AIDS within the family. The study conducted to two parents and an older sibling who was in charge of ADHA care practice. In depth interviews, observation, and life history were conducted to find out the ways in which family members acquired knowledge about HIV AIDS and the actions implemented in ADHA care practices in everyday life. The results show that the knowledge construction of family members about HIV AIDS comes from information obtained from others through listening, inquiring or observing activities. The knowledge gained then becomes the guideline for family members in carrying out the necessary care practices for ADHA.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
S69059
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Adang Kurniawan
Abstrak :
ABSTRAK
Skripsi ini membahas bagaimana kekerasan struktural terhadap anak dengan HIV/AIDS dapat terbentuk. Kekerasan struktural tersebut terbentuk melibatkan konstruksi sosial, moral panic, stigma dan diskriminasi terhadap anak dengan HIV/AIDS. Penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara terhadap anak dampingan LAP dan keluarganya yang kemudian dikaji dengan kriminologi konstitutif. Temuan dari penelitian ini adalah bahwa subyek mendapatkan diskriminasi akibat stigma dan konstruksi negatif terkait pengetahuan yang sebenarnya salah mengenai penularan virus HIV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perlunya untuk melakukan dekonstruksi dan rekonstruksi terhadap HIV/AIDS untuk menghancurkan kekerasan struktural yang terjadi pada anak dengan HIV/AIDS.
ABSTRACT
This thesis discuss about how structural violence against child living with HIV AIDS can be formed. Structural violence can be formed involving social construction, moral panic, stigma, and discrimination against suffering HIV AIDS children. This research being done with method of interview to the accompanied by LAP children and their family, then reviewed with constitutive criminology. The output of this research is that the subject gets discrimination by the results of negative construction and stigma related to the knowledge that is actually wrong about the infection of HIV. The result of this research shows that the importance of deconstruction and reconstruction against HIV AIDS to destruct structural violence happened to child living with HIV AIDS.
2017
S70183
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library