Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Trisna Intan Ratnasari
"Cerpen Takasebune (高瀬舟たかせぶね) atau Perahu Takase?adalah sebuah cerpen bergenre sejarah buah karya Mori Ōgai(森もり 鴎外おうがい) pada tahun 1916. Di dalam cerpen ini ada adegan dimana tokoh adik laki-laki Kisuke melakukan tindak percobaan bunuh diri. Penelitian ini menganalisis latar belakang peristiwa tersebut terjadi. Ditinjau dari isi cerpen dengan mengaitkannya pada bidang ilmu sosiologi dan psikologi. Penulis juga mempertimbangkan unsur budaya sesuai latar zaman di dalam cerpen ini sebagai unsur intrinsik cerpen yang berpengaruh terhadap peristiwa tindak percobaan bunuh diri tersebut.

Takasebune short story or Takase small boat is a short story with historical genre by Mori Ōgai in 1916. In this short story, there was a scene where Kisuke‟s brother commit suicide attempt. This research analyzes the background of the event. It is viewed from the content of short story by linking it to sociology and psychology. The writer also considers the culture elements of the time background in short story as intrinsic elements that give influence toward the suicide attempt."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2015
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Permata Fitri
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasya Alifa Woroningtyas
"Temuan-temuan terdahulu mengenai deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki dan pengaruhnya terhadap tingkah laku prososial masih berujung pada hasil yang tidak konsisten. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa faktor situasi perlu dipertimbangkan dalam interaksi antara kebutuhan akan rasa memiliki dan tingkah laku prososial. Pada individu yang mengalami deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki, kecenderungan individu untuk melakukan tingkah laku prososial akan meningkat jika tingkah laku prososial tersebut dilakukan secara publik. Studi eksperimental ini berargumen bahwa individu yang mengalami deprivasi dan memprioritaskan nilai altruistik akan cenderung bertingkah laku prososial terlepas dari tingkah laku prososial dilakukan secara publik atau anonim, sedangkan individu yang mengalami deprivasi dan memprioritaskan nilai egoistik akan semakin terdorong untuk bertingkah laku prososial pada situasi publik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin melihat interaksi tiga arah antara nilai, situasi, dan kebutuhan akan rasa memiliki terhadap tingkah laku prososial. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen randomized multigroup, sebanyak 643 WNI berusia 18-35 tahun yang tidak memiliki latar belakang pendidikan psikologi (78.8% perempuan, M usia = 21.37, SD usia = 2.56) dilibatkan dalam pengambilan data. Uji T menunjukkan tidak adanya perbedaan skor rata-rata jumlah berdonasi yang signifikan antara partisipan yang mengalami deprivasi kebutuhan akan rasa memiliki dan yang tidak. Efek moderasi dari situasi berdonasi tidak ditemukan. Penelitian ini juga tidak menemukan interaksi tiga arah antara ketiga variabel bebas terhadap tingkah laku prososial berdonasi. Meskipun demikian, penelitian menemukan efek langsung yang signifikan dari nilai, baik altruistik maupun egoistik, terhadap tingkah laku berdonasi.

Previous findings regarding the need to belong deprivation and its impact on prosocial behavior still lead to inconsistent results. Several studies have shown that situational factors must be considered in the interaction between the need to belong and prosocial behavior. In individuals who experience the need to belong deprivation, the individual's tendency to carry out prosocial behavior will increase if the prosocial behavior is carried out in public. This experimental study argues that individuals who experience deprivation and prioritize altruistic values ​​tend to behave prosocially regardless of prosocial behavior carried out publicly or anonymously. In contrast, individuals who experience deprivation and prioritize egoistic values ​​will be increasingly motivated to behave prosocially in public situations. Therefore, this study wants to see a three-way interaction between values, situations, and the need to belong to prosocial behavior. This study used a randomized multigroup experimental design; as many as 643 Indonesian citizens aged 18-35 years with no educational background in psychology (78.8% female, M age = 21.37, SD age = 2.56) were involved in data collection. The T-test showed that there was no significant difference in the average score of the number of donations between deprived and non-deprived participants. The moderating effect of the donation situation was not found. This study also did not find a three-way interaction between the three independent variables to the prosocial behavior of donating. Nonetheless, research has found a significant direct effect of both values on donating behavior."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mochammad Erisman
"ABSTRAK
Fokus dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan pengaruh kecocokan fungsional dan kecocokan image tanggung jawab sosial perusahaan terhadap perilaku merek konsumen. Tanggung jawab sosial perusahaan (atau CSR) dapat dimanfaatkan menjadi sebuah sistem yang memberikan kesempatan yang terfokuskan untuk diferensiasi produk di mata konsumen. Penelitian ini akan dilakukan di daerah JABODETABEK menggunakan desain eksperimen faktorial 2x2. Perusahaan fiktif dengan produk mereka serta kegiatan sosial yang dikejar akan dibuat sebagai stimuli untuk penelitian ini. Peranti lunak SPSS akan digunakan untuk pengolahan data terutama untuk independent sample T test.

ABSTRACT
The focus of this research is to demonstrate the effect of functional fit and
image fit of company?s corporate social responsibility on consumer brand attitude. Corporate social responsibility (Or in short CSR) can be utilized by being a system that gives a focused opportunity for differentiation for the consumers. This research will be conducted in JABODETABEK area using 2x2 factorial experiment design. Fictitious companies alongside their products and pursued social cause will be made as stimuli for this experiment. SPSS will be used as data processing, mainly for independent sample T Test."
2016
S65347
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhenita sary RM
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah nilai altruistik ( environmental concern ) dan nilai egoistik ( Health concern ) yang dimiliki oleh konsumen berpengaruh terhadap attitudes dan purchase intentions pada produk-produk makanan dan minuman yang menggunakan kemasan eco-friendly. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melakukan analisisnya hal dilakukan untuk mengukur seberapa besar pengaruh nilai altruistik dan nilai egoistik terhadap attitudes dan purchase intentions konsumen. Data yang diperoleh didapatkan dari 265 responden dari beberapa wilayah Indonesia. Dalam pengolahan data penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan AMOS 26. Hasil penelitian ini menunjukan jika nilai altruistik sangat mempengaruhi attitude dan purchase intentions konsumen, yang berarti ketika konsumen sangat peduli dengan lingkungannya maka attitude dan purchase intentions terhadap produk makanan dan minuman dengan kemasan eco-friendly akan positif atau semakin memiliki niat untuk membeli dan menggunakan produk makanan dan minuman dengan kemasan yang ramah lingkungan.

ABSTRACT
This study aimed to see whether the altruistic value (environmental concern) and the egoistic value (health concern) contributed by consumers to attitudes and purchase intentions on food and beverage products that use environmentally friendly packaging. This study uses a quantitative approach to carry out an analysis of the things carried out to measure the value of altruistic valuations and self-centered values of consumer attitudes and purchase intentions. Data obtained were obtained from 265 respondents from several regions in Indonesia. In processing this research data using Structural Equation Modeling (SEM) with AMOS 26. The results of this study indicate altruistic value greatly af ects the attitudes and intentions of consumer purchases, which refers to the compilation of consumers very concerned with their environment, the attitudes and purchase intentions towards food and beverage products with Environmentally friendly packaging will be positive or purchase intention to buy and use food and beverage products with environmentally friendly packaging."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Theresia Cyrena
"Bunuh diri altruistik adalah istilah yang diperkenalkan oleh Durkheim dalam monografinya Suicide, yang mana menekankan pada adanya integrasi yang tinggi antara aktor bunuh diri dengan kelompok sosialnya. Sementara jika dilihat dari konsep altruistik, merupakan konsep aktualisasi diri tertinggi seorang dewasa dengan menjadi berguna bagi orang lain, yang dijadikan golden moral di beberapa kultur dan kepercayaan. Konsep-konsep ini menjadi berbenturan ketika dilekatkan pada konteks terorisme, yang memakan korban tidak hanya pelaku bunuh diri itu sendiri tapi juga orang lain, baik sipil maupun kombatan. Penelitian ini hendak mengulas apakah benar bunuh diri yang dilakukan oleh teroris adalah bunuh diri altruistik, dilihat dalam sudut pandang kriminologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara semiterstruktur pada pengamat dari kalangan akademisi dan praktisi, serta melakukan kajian kepustakaan terhadap kasus-kasus bunuh diri yang dilakukan teroris di Indonesia. Sebagai hasil, ditemukan bahwa bunuh diri altruistik pada terorisme adalah altruistik yang spesifik, yang merupakan produk dari konstruksi sosial dalam kelompok teroris, dimana menghasilkan integrasi yang tinggi sehingga mendorong seseorang mengorbankan nyawanya demi kemanfaatan kelompoknya dan kehancuran bagi kelompok lainnya.

Altruistic suicide is a term introduced by Durkheim in his monograph Suicide, which emphasized on high level of integration between the actor of suicide and his/her social group. Meanwhile if we looked to altruistic concept, is the highest self-actualization concept of an adult by being useful for others people, which this concept is became a golden moral in some culture and dogma. These concepts conflicted each other when we put into terrorism concept, which already taken victims other than perpetrators himself/herself, not only combatant but also civilian. This research is to see whether suicide by terrorist is altruistic suicide or not, seen from criminological point of view. This research used qualitative method by conducting semi-structured interview with observers from academic and practitioner, and doing literature study of suicide cases done by terrorist in Indonesia. As the result, it was found that altruistic suicide in terrorism was specific altruistic, which is product of social construction in terrorist group, where produce high level of integration that encourage someone to sacrifice his or her life for the benefit of his or her group and destruction for others group."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tatyana Putri Hadi
"Penelitian ini ditujukan untuk melihat dampak yang dimiliki oleh social media marketing dalam mempengaruhi altruistic motivation, egoistic motivation, dan green purchase intention konsumen di Indonesia. Selain itu, pengaruh dari altruistic motivation, egoistic motivation, serta green attitude pada green purchase intention pun akan dianalisis pada penelitian ini. Metode riset kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square – Structural Equation Modelling (PLS – SEM) dan responden didapatkan dengan menyebarkan kuesioner online. Telah didapatkan sebesar 259 responden yang sebagian besar berumur di antara 18 – 25 tahun yang mayoritas menggunakan media sosial setiap hari dan berdomisili di Jabodetabek. Ditemukan pada penelitian ini bahwa media sosial memiliki pengaruh langsung pada altruistic motivation, egoistic motivation, serta green purchase intention konsumen Indonesia. Tidak hanya itu, altruistic motivation, egoisitc motivation, serta green attitude pun memiliki pengaruh langsung pada green purchase intention konsumen. Green attitude pun mampu memoderasi hubungan antara altruistic motivation dengan green purchase intention serta egoistic motivation dengan green purchase intention, namun tidak dapat memoderasi hubungan antara media sosial dan green purchase intention.

The aim of this research is to analyze the role of social media marketing in influencing Indonesian consumers in shaping their green purchase intention. This research takes into account altruistic motivation, egoistic motivation, and green attitude in affecting consumers green purchase intention. The method used in this quantitative research is Partial Least Square – Structural Equation Model (PLS – SEM) and the data is obtained through an online questionnaire. There were 259 respondents who filled in the questionnaire with the majority of age between 18 – 25 years old who has a habit of using social media every day and currently lives in Jabodetabek. The results of the research shows that social media marketing, altruistic motivation, egoistic motivation, and green attitude has a significant impact on influencing consumers’ green purchase intention. Furthermore, social media also has the ability to influence consumers’ altruistic and egoistic motivation. It is discovered that green attitude to has a moderating effect between altruistic motivation and green purchase intention, as well as egoistic motivation and green purchase intention, but no moderating effect was present between social media marketing and green purchase intention.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aji Dedi Mulawarman
"The objective of this research is to formulate Shari'ate Balance Sheet from real transaction and business habi The objective of this research is to formulate Shariate Balance Sheet from the real transaction and business habitus of Indonesian Moslem Society. Formulation is conducted by utilising Extension of Integrated Islamic Hyperstructuralism.
Methodology. In that methodology, conventional concept of wealth and Baydoun and Willett's (1 994) balance sheet are refined by Shari 'ate Accounting. The resvlt is then refined by (Islamic) Technosystem and Extension of Pierre Bourdieu's Constructivist Strucluralism to generate Shari 'ate Balance Sheet.
The major result shows that maal is form of Islamic and Altruistic Wealth. This means that wealth must: (1) have an holistic values (material, mental and spiritual); (2) owned by a wider-stakeholders (Allah, direct, indirect, and nature); and (3) based on shari'ate ways (halal, thoyib and free from riba). The consequence of the major result are all the elements in the Shari 'ate Balance Sheet based on: (1) obedience (abd' Allah) assets, liabilities and equities, and (2) creativity (khalifatullah fil ardh) assets, liabilities and equities.
"
Palembang; Depok: [Universits Brawijaya; Fakultas Ekonomi UI;Fakultas Ekonomi UI, Fakultas Ekonomi UI], 2007
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Erna Sofriana Imaningsih
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas keterkaitan values orientation yang terdiri dari egoistic, altruistic, dan
biospheric dengan green functional benefit, green monetary cost, dan green satisfaction
sehingga terbentuklah green commitment dan green loyalty. Non-probability sampling dan
metode purposive sampling digunakan dengan kriteria tertentu, di mana konsumen adalah
mereka yang membeli dan menggunakan produk green brand. Terdapat 402 konsumen sebagai
sampel penelitian yang terkumpul dan dianalisa menggunakan Structural Equation Modeling.
Hasil menunjukkan bahwa data mendukung hipotesis pengaruh egoistic dan biospheric values
terhadap green functional benefit dan green monetary cost. Hipotesis terdukung juga
ditunjukkan pada pengaruh green functional benefit dan green monetary cost terhadap green
satisfaction, pengaruh green satisfaction terhadap green commitment, dan pengaruh green
commitment terhadap green loyalty. Sedangkan hipotesis lainnya tidak terbukti. Penelitian ini
menunjukkan bahwa green loyalty ditentukan oleh egoistic dan biospheric values, serta green
commitment sebagai mediasi penting dalam hubungan green satisfaction dan green loyalty.
Implikasi manajerial dari hasil penelitian ini menyarankan agar strategi marketing menekankan
pada pembentukan nilai egoistic dan biospheric, baik melalui promosi maupun penyampaian
pesan marketing.

ABSTRACT
The purpose of this study is to analyze the influence of egoistic, altruistic and biospheric value
on green functional benefit, green monetary cost, green satisfaction and green loyalty. The
study also analyze the effect of green functional benefit and green monetary cost on green
satisfaction and green loyalty, as well as green satisfaction on green loyalty. The research use
quantitative method with customers who has green brand purchase experience as the
population in Indonesia. Non-probability sampling then conducted using purposive sampling
method based on predetermined criterias, which are customers who has already purchase and
use green brand products. There are 402 sample of customers that were gathered and analyzed
using Structural Equation Modeling. The result shows that the data support hyphotheses on
egoistic and biospheric value to green functional benefit and green cost monetary. The
supported hyphotheses also show on green functional beneft and green cost monetary to green
satisfaction. This study found there is positive on green satisfaction to green commitment, as
well as green commitment to green loyalty. The other hyphotheses are not supported by data. As
a conclusion, it is egoistic and biospheric values that has positive effect on green loyalty, while
green functional benefit, green monetary cost, green satisfaction, and green commitment act as
mediation between the value orientation and green loyalty. For managerial implication, green
brand marketing strategy should incorporate egoistic and biospheric values in messages in
advertising and promotion."
2019
D2656
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Safitri
"Energi listrik telah menjadi kebutuhan pokok manusia modern yang kebutuhannya di Indonesia terus meningkat setiap tahun. Namun, tidak adanya beban untuk membayar kebutuhan energi listrik di tempat umum mengakibatkan perilaku penggunaan energi listrik di tempat umum tidak terlalu diperhatikan. Oleh karena itu, perilaku careful-use yang merupakan perilaku konservasi energi tanpa perceived cost tepat untuk dipromosikan di tempat-tempat umum, termasuk Kampus Depok Universitas Indonesia. Konsumen energi listrik di area Kampus Depok Universitas Indonesia terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu mahasiswa, dosen, dan karyawan. Masing-masing kelompok konsumen ini memiliki motivasi yang berbeda dalam penerapan perilaku careful-use energi listrik di kampus. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modeling dengan Theory of Planned Behavior (TPB) dan Model of Altruistic Behavior sebagai landasan penyusunan model untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang memotivasi penerapan perilaku careful-use energi listrik di kampus pada 449 respnden dari tiga kelompok konsumen, yaitu mahasiswa, dosen, dan karyawan. Selanjutnya, dilakukan perancangan strategi berdasarkan faktor-faktor tersebut. Rancangan strategi kemudian dibobotkan berdasarkan kepentingan dan performanya oleh praktisi di tingkat universitas dan fakultas, kemudian diprioritaskan dengan diagram Importance-Performance Analysis (IPA). Training untuk karyawan dan penerapan aturan waktu menyalakan dan mematikan peralatan listrik di ruang-ruang kelas menjadi dua rancangan strategi yang harus diprioritaskan.

Electricity has become one of the main necessities for modern human which keeps growing in the number of demands in Indonesia over years. However, the absence of obligation to pay for electricity bill in public setting makes people ignore the electricity usage in public area. Therefore, careful-use behavior is suitable to promote energy conservation behavior in public setting, including University of Indonesia campus area. Electricity consumer as University of Indonesia can be divided into three categories, students, lecturers, and employees. Each category has different motivation regarding implementing careful-use behavior in campus area. This research used Structural Equation Modeling (SEM) with Theory of Planned Behavior (TPB) dan Model of Altruistic Behavior as model's foundation to determine which factor can motivate 449 respondents from the three categories to execute careful-use behavior in campus area. Furthermore, strategies are designed based on those factors. The strategy drafts are weighted based on their importance and performance by three practitioners at university and faculty level, then prioritized with Importance-Performance Analysis (IPA) diagram. Employee's training and regulations regarding time to turn the electrical equipment on and off in classes are the two strategy drafts that should be prioritized."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>