Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sitanggang, Mona Agatha Priscilia
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian pencatatan beban operasional (operating expense) di PT Artemis berdasarkan kerangka kerja COSO Internal Control Integrated Framework. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan prosedur dari kegiatan review operating expense dengan prinsip dan jenis aktivitas pengendalian internal yang dijelaskan dalam COSO Internal Control Integrated Framework. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, kegiatan review operating expense telah menerapkan prinsip dari aktivitas pengendalian internal dan telah mencakup beberapa dari jenis aktivitas pengendalian. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa review operating expense telah melaksanakan tiga fungsi utama dalam konsep pengendalian internal yaitu preventive, detective, dan corrective. ......This internship report aims to evaluate the control activities of recording operational expenses at PT Artemis based on the COSO Internal Control Integrated Framework. The evaluation is conducted by comparing the procedures of operating expense review activities with the principles and types of internal control activities outlined in the COSO framework. Based on the evaluation, the operating expense review activities have implemented principles of internal control activities and have covered some types of control activities. The results also indicate that the operating expense review has carried out three main functions in the concept of internal control: preventive, detective, and corrective.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Farahdiba Tara Soraya
Abstrak :
Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada PT XYZ, perusahaan yang bergerak di sektor pendistribusian dan pemasaran produk energi, yang memiliki transaksi sewa menyewa untuk menunjang kegiatan usahanya. Dalam mendukung implementasi PSAK 73, dibutuhkan manajemen data kontrak untuk memudahkan Perusahaan melakukan penilaian atas kontrak mengandung sewa. Salah satu masalah yang mempengaruhi implementasi IFRS 16 adalah jumlah kontrak sewa yang harus dilakukan penilaian apakah kontrak tersebut mengandung sewa meningkat sangat signifikan (Davern et al., 2019). Bagi PT XYZ, peningkatan jumlah kontrak sewa yang signifikan ini menimbulkan isu terkait pemenuhan kelengkapan data kontrak sewa dan akurasi penilaian kontrak mengandung sewa. Isu kelengkapan data mengakibatkan munculnya potensi kurang saji pencatatan aset dan liabilitas sewa sehingga pembukuan dampak sewa dalam laporan keuangan menjadi tidak akurat. Penelitian bertujuan untuk memberikan rekomendasi terkait penyesuaian proses bisnis dan aktivitas pengendalian pengelolaan pencatatan akuntansi sewa dalam mendukung keberlanjutan implementasi PSAK 73. Instrumen penelitian menggunakan dokumentasi dan wawancara serta dijabarkan secara deskriptif yang bersifat menjelaskan. Hasil menunjukkan bahwa diperlukan penyesuaian atas proses bisnis dan aktivitas pengendalian terkait penilaian kontrak sewa untuk mengurangi risiko salah saji material dan meningkatkan kualitas informasi keuangan. ......This study is a case study on PT XYZ, an energy distribution and marketing services Company with lease transactions to support its business activities. To support the implementation of PSAK 73, contract data management is needed to facilitate the Company in assessing contracts containing leases. One of the problems affecting the implementation of IFRS 16 is the significant increase in the number of lease contracts that must be assessed whether they contain leases (Davern et al., 2019). For PT XYZ, this significant increase in the number of lease contracts raises issues related to fulfilling the completeness of lease contract data and the accuracy of the valuation of contracts containing leases. The research aims to provide recommendations related to business process adjustments and control activities of lease accounting records management to support the continuity of the implementation of PSAK 73. The research uses documentation and interviews with descriptive analysis. The results show that it is necessary to make adjustments to business processes and control activities related to the assessment of lease contracts to reduce the risk of material misstatement and improve the quality of financial information.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Veronika Lutfi Anindhita
Abstrak :
Laporan magang ini membahas pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X dalam melakukan pembayaran In House Transfer. Tujuan ditulisnya laporan magang ini adalah memberikan evaluasi terhadap implementasi pengendalian internal yang diterapkan oleh PT. X berdasarkan pada tiga prinsip Control Activities menurut COSO yaitu memilih dan membangun aktivitas pengendalian untuk mencegah risiko dalam upaya mencapai tujuan suatu entitas, memilih dan membangun aktivitas pengendalian atas teknologi dalam rangka mendukung upaya mencapai tujuan yang ditetapkan, serta menerapkan aktivitas pengendalian dengan mengevaluasi kebijakan yang telah ditetapkan. Dari hasil evaluasi, PT. X masih perlu meninjau kembali otorisasi akses masuk ke dalam sistem agar pengendalian internalnya dapat berjalan dengan lebih efektif. Bab terakhir dari laporan ini membahas refleksi diri atas pengalaman magang yang telah dilakukan. Tujuannya adalah mengevaluasi pengalaman yang diperoleh selama magang. ......This internship report discusses the internal control implemented by PT. X in doing In House Transfer payment. The objective of this report is to give an evaluation towards the implementation of internal control by PT. X based on three control activities principles by COSO (2013), which are choose and establish control activities to mitigate the occurance of the risk while trying to achieve the entitiys objectives, choose and establish control activities towards technology to support the effort of achieving objectives, and implement the control activities by doing a review towards policies that has been develop. The result of the evaluation shows that PT. X should review about authorization of entry access to company system so that the internal control would be more effective. The last part of this internship report discusses about self reflection of internship experience. The objective of this self reflection is to evaluate the experiences that gained during the internship program.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dissatya Nurul Bestari
Abstrak :
Laporan ini bertujuan untuk mengevaluasi aktivitas pengendalian internal atas pengeluaran kas di PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang asuransi dengan berbagai layanan keuangan. Evaluasi atas aktivitas pengendalian internal terkait pemisahan tugas ditemukan bahwa satu dari empat pemisahan tugasnya, yaitu pemisahan tanggung jawab dan operasional telah dijalankan dengan baik karena adanya kesesuaian antara praktik dan standar yang yang dijalankan perusahaan. Untuk dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatan, beberapa praktik pengendaliannya telah dijalankan namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur terkait pengendalian ini. Pada pengoperasian kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan sistem imprest fund, namun tidak ditemukan adanya standar atau prosedur yang dapat mendukung praktik penetapan kas kecil ini. Terkait pembayaran dana kas kecil, PT. XYZ telah menjalankan praktik yang sesuai dengan standarnya. Untuk reimbursement, ditemukan adanya ketidaksesuaian antara praktik dan standar perusahaan. Dari hasil evaluasi, PT. XYZ masih memerlukan Standard Operating Procedure (SOP) terkait dokumen dan catatan serta pengendalian fisik atas aset dan catatannya yang dapat mendukung kinerja karyawan. Pengoperasian kas kecil juga telah dijalankan praktiknya, namun PT. XYZ memerlukan standar atau prosedur yang jelas terkait penetapan kas kecil dan disarankan untuk memperbaiki SOP terkait reimbursement agar alurnya lebih efektif dan efisien untuk diikuti oleh karyawan PT. XYZ. ......This report aims to evaluate internal control activities on cash disbursement at PT. XYZ. PT. XYZ is a company engaged in insurance with various financial services. The evaluation of internal control activities related to the separation of duties found that one of the four separate tasks, namely the separation of responsibilities and operations has been carried out well because of the compatibility between the practices and standards that the company operates. For documents and records as well as physical control of assets and records, some of the control practices have been implemented but no standards or procedures related to this control have been found. In the operation of petty cash, PT. XYZ has implemented an imprest fund system, but no standards or procedures have been found that can support the practice of establishing petty cash. Regarding the payment of petty cash funds, PT. XYZ has carried out practices that are in accordance with its standards. For reimbursement, it was found that there was a discrepancy between company practices and standards. From the results of the evaluation, PT. XYZ still needs a Standard Operating Procedure (SOP) related to documents and records and physical control of assets and records that can support employee performance. The practice of petty cash has also been carried out in practice, but PT. XYZ requires clear standards or procedures related to petty cash assignments and is advised to improve SOPs related to reimbursement so that the flow is more effective and efficient for PT. XYZ.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Siahaan, Jordan
Abstrak :
Laporan Magang ini bertujuan untuk menganalisis sistem pengendalian internal PT MNK dalam proses GRPO, sebagai bagian dari tahap penerimaan barang, dalam proses pengadaan perusahaan. Penggunaan software SAP dalam proses GRPO telah terbukti membantu PT MNK dalam perbaikan kualitas sistem pengendalian internal perusahaan, sehingga dapat meminimalisir risiko-risiko yang terjadi pada proses pengadaan. Dalam menganalisis pengendalian internal PT MNK pada proses GRPO, digunakan perbandingan bagan alir terlebih dahulu untuk memastikan kejelasan alur penerimaan barang pada perusahaan. Selanjutnya, digunakan lima komponen aktivitas pengendalian untuk mengukur apakah aktivitas pengendalian internal PT MNK sudah tercapai atau belum. Sebagai hasil analisis, PT MNK diketahui telah melakukan upaya pengendalian melalui aktivitas pengendalian dan penerapan bagan alir dalam prosedur penerimaan barang. Meski demikian, terdapat upaya-upaya yang dapat dilakukan PT MNK untuk mengoptimalkan pengendalian internal perusahaannya, seperti menjelaskan bagan alir penerimaan barang dan menambah posisi baru sebagai pemeriksa dalam proses pengadaan. Selain menganalisis terkait pengendalian internal, kegiatan magang memberikan kesempatan untuk belajar mengenai software SAP dalam sistem akuntansi dan etika dalam bekerja. Pengalaman yang berharga tersebut diharapkan dapat menjadi bekal penulis yang dapat diterapkan dalam kerjaan kedepannya. ......This Internship Report aims to analyze PT MNK's internal control system in the GRPO process, as part of the goods receipt stage, in the company's procurement process. The use of SAP software in the GRPO process has been proven to assist PT MNK in improving the quality of the company's internal control system, so as to minimize the risks that occur in the procurement process. In analyzing PT MNK's internal control in the GRPO process, a flow chart comparison is used first to ensure clearness of the flow of goods received at the company. Next, five components of control activities are used to measure whether PT MNK's internal control activities have been achieved or not. As a result of the analysis, PT MNK is known to have made efforts to control through control activities and the application of flowchart in the procedure of receiving goods. However, there are efforts that can be done by PT MNK to optimize the company's internal control, such as explaining the flow of goods receipt and adding new positions as inspectors in the procurement process. In addition to analyzing internal control, internships provide opportunities to learn about SAP software in accounting systems and work ethics. This valuable experience is expected to be a provision for writers who can be applied in future work.

Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Erika
Abstrak :
Laporan magang ini mengevaluasi aktivitas pengendalian pada prosedur penerimaan kas dari kegiatan penjualan dan prosedur pengeluaran kas untuk kegiatan pembelian pada PT ABC. PT ABC adalah sebuah perusahaan yang bergerak di industri kelapa sawit dengan produk utama Palm Oil Mill Effluent (POME). Prosedur penerimaan kas dan pengeluaran kas yang dilakukan dimulai dari penerimaan dokumen berupa faktur dan kontrak penjualan/pembelian, sampai pencatatan akuntansi. Kerangka yang digunakan pada evaluasi pengendalian internal tersebut adalah komponen aktivtias pengendalian pada kerangka COSO. Evaluasi aktivitas pengendalian dilakukan dengan melihat keberadaan prinsip-prinsip aktivitas pengendalian yang diimplementasikan ke dalam prosedur dan peraturan penanganan dokumen serta pencatatan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aktivitas pengendalian pada prosedur penerimaan pengeluaran kas dari jual-beli PT ABC masih perlu mengembangkan sistem prenumbering pada prosedur dokumentasinya, menerapkan pembatasan akses yang lebih ketat, serta menggunakan purchase order/purchase requisition dan shipping order pada validasi pengeluaran kasnya. ......This internship report aims to evaluate PT ABC’s control activities in their procedures for cash receipts from sales activities and cash disbursements from purchasing activities. PT ABC is a company engaged in the palm oil industry with the main activity of buying and selling Palm Oil Mill Effluent (POME). The procedures for cash receipts and cash disbursements begin from receiving documents in the form of invoices and sales/purchase contracts, to accounting records. The framework used in the evaluation of internal control is one of the components in the COSO framework, control activities. Evaluation of control activities is carried out by looking at the existence of control activities that are implemented into procedures and regulations for document handling and recording process. The result of the evaluation shows that control activities on PT ABC’s cash receipts and cash disbursements procedure still needs to develop a prenumbering system for its documentation procedures, apply stricter access restrictions, and use purchase orders/purchase requisitions and shipping orders to validate cash disbursements.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ginting, Triyanda Agustin
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sistem pengendalian internal yang telah diterapkan oleh PT ABC terkait aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap, serta mengidentifikasi risiko terkait aktivitas tersebut sebagai dasar analisis atas sistem pengendalian internal yang berjalan dan memberikan rancangan standard operating procedure pada aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap PT ABC. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus pada PT ABC yang bergerak di bidang jasa sarana penunjang bidang pendidikan. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kerangka kerja pengendalian internal COSO yang terintegrasi. Hasil penelitian menunjukan perusahaan telah memiliki pengendalian internal namun pengendalian internal yang berjalan belum diformalkan dan berdasarkan hasil analisis risiko masih terdapat risiko yang belum memiliki aktivitas pengendalian. Oleh karena itu, penulis memberikan rekomendasi perbaikan dalam bentuk usulan rancangan standard operating procedure SOP terkait aktivitas pengadaan dan pengelolaan aset tetap yang disesuaikan dengan kebutuhan PT ABC. ......This research aims to analyze internal control system and propose a design of standard operating procedures SOP for fixed asset procurement and management activities in PT ABC. This is a qualitative research with case study method at PT ABC which is engaged in rental fixed assets for supporting education facilities. We have interviewed the management of PT ABC, conducts observation, and analysis internal documents. Based on those data, we analyze the internal control system that has been implemented by PT ABC related with procurement and management activities of fixed assets, including identifying risk in those activities as the basis for the analysis of the ongoing internal control system. The results show that there are some weakness on internal control system, especially related to fixed assets management activities. Therefore, some risks have not been mitigated yet. In addition, the Company has not formalized internal control procedure yet, which caused unstructured implementation. Therefore, this research provides recommendation for improvement in internal control activities and proposed a design of standard operating procedure SOP related to procurement and management activities of fixed assets that tailored with the PT ABC needs.Keywords Fixed Assets, Internal Control, Identify Risk, Control Activity, Fixed Assets Procurement and Management Activities.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gerardus Adyatma Ajietikto
Abstrak :
Laporan Magang ini membahas mengenai evaluasi pengendalian internal yang dilakukan pada proses permohonan Supply Chain Financing di PT HWK. Evaluasi pengendalian internal dilakukan berdasarkan COSO Framework 2013 yang memuat kerangka pengendalian internal, yaitu lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pengawasan. Evaluasi pengendalian internal sendiri dilakukan pada tahap penilaian risiko dan aktivitas pengendalian yang dibandingkan terhadap prosedur pengajuan Supply Chain Financing di PT HWK. Berdasarkan hasil evaluasi, prosedur pengajuan Supply Chain Financing di PT HWK telah sesuai dengan standar berupa kerangka pengendalian internal yang dikeluarkan oleh COSO.  ......This Internship Report discusses the evaluation of internal control carried out in the Supply Chain Financing application process at PT HWK. Evaluation of internal control is examined based on the COSO Framework 2013 which contains the internal control framework, namely the control environment, risk assessment, control activities, information and communication, and monitoring. Evaluation of internal control itself is carried out at the risk assessment stage and control activities, that are compared to the Supply Chain Financing application procedure at PT HWK. Based on the evaluation results, the application process of Supply Chain Financing at PT HWK is in accordance with the standards in the form of an internal control framework issued by COSO. 
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anggie Nathasa Muliasari
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini menganalisis Siklus Pengeluaran PT ABC. Siklus Pengeluaran PT ABC terdiri dari empat aktivitas utama, yaitu proses pemesanan barang material; barang perbekalan; dan pemesanan jasa, proses penerimaan dan penyimpanan barang, proses persetujuan tagihan supplier dan proses pembayaran kas. Analisis yang dilakukan mencakup analisa tujuan pengendalian, analisa penilaian risiko, dan analisa aktivitas pengendalian. Metode penulisan yang digunakan penulis dalam menyusun laporan magang ini adalah studi pustaka dan observasi. Hasil dari laporan magang ini menunjukkan bahwa pengendalian internal yang dilakukan oleh PT ABC pada siklus pengeluarannya sudah cukup baik. Tujuan pengendalian pada siklus pengeluaran sudah tercapai. Penulis juga telah melakukan penilaian risiko dan PT ABC telah melakukan pengendalian untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi pada siklus pengeluaran PT ABC. Aktivitas pengendalian yang dilakukan PT ABC secara keseluruhan juga telah memadai, namun pada proses pencatatan hutang tidak terdapat pemisahan tugas yang dilakukan oleh PT ABC.
ABSTRACT
This report analyzes The Expenditure Cycle of PT ABC. The Expenditure Cycle of PT ABC consists of four main activities, namely ordering materials; supplies; and services, receiving and storing good, approving vendor invoice, and cash disbursement. The analysis performed includes control objectives analysis, risk assessment analysis, and control activities analysis. The methodology of writing used in preparing this report is literature study and observation. The result of this report shows that the internal control conducted by PT ABC in its Expenditure Cycle has been good enough. Control objectives have been achieved in Expenditure Cycle. The author has also conducted risk assessment and the result shows that the internal control of PT ABC has done to mitigate the risks that may occur in Expenditure Cycle of PT ABC. PT ABC has conducted adequate control activities, however, there is no segregation of duties in approving supplier invoice process.
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Rafie Pradana
Abstrak :
Laporan magang ini disusun dengan tujuan untuk melakukan evaluasi atas pengendalian internal pada PT WTI sebagai perusahaan teknologi finansial yang menyediakan layanan payment aggregator. Pembahasan dalam laporan magang ini difokuskan pada siklus pendapatan khususnya untuk pendapatan penjualan perangkat. Siklus pendapatan pada PT WTI untuk penjualan perangkat meliputi Prosedur Registrasi Merchant yang mencakup aktivitas pendaftaran calon merchant hingga diterimanya informasi lolos verifikasi merchant atau tidak serta Prosedur Penjualan Perangkat yang mencakup aktivitas penerimaan pesanan perangkat, penerimaan pembayaran, pengiriman perangkat, hingga perangkat diterima merchant. Evaluasi difokuskan pada salah satu komponen Kerangka Pengendalian Internal Terintegrasi yang diterbitkan COSO, yakni aktivitas pengendalian. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui apakah aktivitas pengendalian yang diterapkan PT WTI pada Prosedur Registrasi Merchant dan Penjualan Perangkat telah memadai untuk memitigasi risiko yang dihadapi. Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan aktivitas pengendalian yang ada pada siklus pendapatan untuk penjualan perangkat tersebut sebagian besar sudah memadai. Untuk beberapa aktivitas pengendalian yang belum memadai, diberikan saran perbaikan. Laporan magang ini juga menyajikan refleksi diri atas pengalaman magang yang dijalani. ......This internship report was prepared with the aim of evaluating internal control at PT WTI as a financial technology company which provides payment aggregator services. The discussion in this internship report is focused on the revenue cycle, especially for revenue stream of device sales. The revenue cycle at PT WTI for device sales includes the Merchant Registration Procedure which includes registration of prospective merchants until receiving information of passes merchant verification or not and also the Device Sales Procedure which includes activities of receiving device orders, receiving payments, sending devices, until the device is received by the merchant. The evaluation is focused on one of the components of the COSO Internal Control Integrated Framework, that is control activities. Evaluation is conducted to find out whether control activities implemented by PT WTI on the Merchant Registration and Device Sales Procedures are adequate to to mitigate the risks faced. Based on the results of the evaluation carried out, the control activities in the revenue cycle for the device sales is mostly sufficient. For some control activities that are not sufficient, suggestions for improvement are given. This internship report also presents self-reflection based on the internship experience.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>