Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Annisa Rahmalia Fitriani
Abstrak :
ABSTRAK
Remaja yang sudah terpapar oleh tindak kekerasan yang dilakukan oleh keluarga,
peer, tokoh masyarakat, dan pihak-pihak lainnya sejak tahun-tahun awal
kehidupan mereka memiliki risiko yang lebih tinggi untuk melakukan tindak
kekerasan. Hal ini dikarenakan tindak kekerasan yang dilakukan oleh orang lain
tersebut, akan semakin sering dipelajari dan digunakan oleh para remaja. Paparan
dan perilaku kekerasan yang terjadi pada masa awal perkembangan dan pada
masa remaja berakibat pada kurangnya keterampilan prososial individu. Untuk
dapat mengatasi perilaku kekerasan pada remaja diperlukan intervensi yang tidak
hanya berfokus pada pengelolaan emosi dan ekspresi dari rasa marah, namun juga
pada pengembangan perilaku prososial dalam diri individu. Salah satu metode
intervensi yang memiliki prinsip tersebut adalah aggression replacement training
(ART). Intervensi pada penelitian ini menggunakan metode intervensi kelompok
dan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan prososial dan kontrol marah pada
diri Andik (Anak Didik) dalam Lapas Anak Tangerang. Partisipan yang terlibat
dalam intervensi ini adalah 7 orang tahanan remaja pria berusia antara 16 sampai
19 tahun. Intervensi dilakukan dalam 6 sesi. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan bahwa intervensi kelompok ART ini secara kualitatif efektif dalam
meningkatkan kontrol marah partisipan serta dalam meningkatkan pemahaman
partisipan mengenai keterampilan prososial. Namun intervensi ini tidak efektif
dalam meningkatkan kontrol marah secara kuantitatif dan dalam meningkatkan
praktik keterampilan prososial di kehidupan sehari-hari para partisi
ABSTRACT
Adolescents who have been exposed to acts of violence perpetrated by family,
peer, community leaders, and other parties since the early years of their lives have
a higher risk to commit violent acts. It’s because the acts of violence that
committed by the other person, will be studied and used more often by the teens.
Exposure and violent behaviors that occur during early development and in
adolescence stage could results in lack of pro-social skills. To be able to cope with
violent behavior in adolescents, the intervention that not only focus on the
management of emotions and expressions of anger but also on the development of
pro-social behavior within the individual is needed. One method of intervention
that has this principle is Aggression Replacement Training (ART). The
intervention in this study using the method of group intervention and aims to
increase pro-social skills and anger control in Andik (Anak Didik) within Lapas
Anak Tangerang. Participants involved in this intervention are 7 male juvenile
detainees aged 16 to 19 years old. The intervention conducted in 6 sessions. Based
on the results of this study, it is found that the ART group intervention is
qualitatively effective in improving the anger control in all participants, and also
in improving the understanding of the participants' pro-social skills. However, this
intervention is not effective in improving the anger control quantitatively, and also
in improving pro-social skills practice in the everyday life of all participants.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42057
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Dimas Sayyid Mahfuzh
Abstrak :
Penelitian ini fokus kepada pengaruh kepemimpinan transformasional dan perilaku berbagi pengetahuan terhadap perilaku kerja inovatif sehingga bisa dibuat rancangan intervensi untuk meningkatkan perilaku kerja inovatif. Penelitian ini dilakukan di bagian penjualan PT. X dengan melibatkan partisipan sebanyak 49 supervisor dan manager dengan menggunakan metode . Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional yang diukur dengan Multifactor Leadership Questionnaire dan perilaku berbagi pengetahuan yang diukur dengan kuesioner Knowledge Sharing serta perilaku kerja inovatif yang diukur melalui kuesioner Innovative Work Behavior.
Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif yang signifikan dari kepemimpinan transformasional dan dimensi knowledge donating terhadap perilaku kerja inovatif 0.436, F 3, 49 = 13.617, p < 0.05, one-tailed . Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyusun rancangan intervensi melalui human resources management sehingga bisa meningkatkan perilaku kerja inovatif.
......This study focused on the influence of transformational leadership and knowledge sharing behavior towards innovative work behavior so that intervention design can be developed to improve innovative work behavior. This study was conducted in sales department PT. X which involved 49 supervisor and manager using accidental sampling method. Researcher using several questionnaire in this study including, transformational leadership was measured by Multifactor Leadership Questionnaire, knowledge sharing behavior was measured by Knowledge Sharing Questionnaire and innovative work behavior was measured by Innovative Work Behavior Scale.
Result indicated that there was significantly positive impact of transformational leadership and knowledge donating towards innovative work behavior 0.436, F 3, 49 13.617, p 0.05, one tailed . Based on result of study, researcher developing intervention plan through human resources intervention in order to improve innovative work behavior.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T48794
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library