Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Annisa Rizki Farhana Nur
"Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran adaptabilitas karier dalam memediasi hubungan antara eksplorasi karier dan keyakinan terhadap keputusan karier, sehingga mampu mendukung mahasiswa sarjana tingkat akhir untuk memiliki keyakinan terhadap keputusan karier. Partisipan penelitian merupakan mahasiswa sarjana tingkat akhir yang menempuh studi di perguruan tinggi Indonesia dan sudah memiliki pengalaman eksplorasi karier dalam kurun waktu minimal enam bulan (n = 105). Metode analisis statistik yang digunakan adalah percentile bootstrapping method dengan perangkat lunak PROCESS milik Hayes. Hasil analisis menunjukkan bahwa eksplorasi karier memiliki pengaruh tidak langsung pada keyakinan terhadap keputusan karier melalui adaptabilitas karier sebagai mediator (ab = 0,189, CI = 99%, LLCI = 0,045, ULCI = 0,432). Individu yang telah melaksanakan eksplorasi karier akan memiliki kemampuan adaptabilitas karier dan mereka yang mampu menghadapi tantangan karier dapat merasa yakin pada keputusan karier yang dibuat. Limitasi dari penelitian ini adalah tidak adanya penjelasan konteks spesifik dari eksplorasi karier yang dilakukan oleh partisipan. Hasil penelitian dapat digunakan oleh otoritas perguruan tinggi dan pihak terkait untuk mengimplementasikan kegiatan eksplorasi karier bagi para mahasiswanya sejak semester awal.

Fresh graduates in Indonesia often experience negative impacts of undecidedness toward their career decisions in the last year of their study, such as job hopping and unemployment. This study aims to explain the role of career adaptability in mediating the relationship between career exploration and career decidedness. The participants of this study are Indonesian university’s undergraduates who have engaged in career exploration for six months or more (n = 105). The statistical analysis method used in this study is the percentile bootstrapping method using PROCESS founded by Hayes. The result shows that career exploration has an indirect effect on career decidedness through career adaptability as the mediator (ab = 0,189, CI = 99%, LLCI = 0,045, ULCI = 0,432). Individuals who have done career exploration will have career adaptability, and those who can adapt to their career challenges will feel decided with the career decision they have made. The limitation of this study is the absence of explanation regarding the specific context of the participants' career explorations. This study can be used by higher education institution authorities and related parties to implement career exploration programs for their students that can increase the students’ career adaptability and career decidedness."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Al Aina Al Mardhiyah
"Mahasiswa tingkat akhir sedang menghadapi tantangan dalam transisi dari pendidikan tinggi ke dunia kerja yang dapat memengaruhi optimisme karier mereka. Sebagai bagian dari Gen Z, partisipasi mereka dalam Extracurricular Activities (ECA) dan program magang, merupakan bagian dari pengalaman kerja sekaligus membantu mereka mengembangkan orientasi dan harapan karier yang berfokus pada nilai-nilai pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran mediasi adaptabilitas karier dalam hubungan antara orientasi karier protean dan optimisme karier. Partisipan penelitian ini terdiri dari 144 mahasiswa tingkat akhir yang mengikuti ECA dan program magang. Hasil analisis menunjukkan adaptabilitas karier memediasi penuh hubungan antara orientasi karier protean dan optimisme karier. Semakin tinggi orientasi karier yang dimiliki mahasiswa, semakin tinggi adaptabilitas dan berimbas pula pada optimisme karier mereka. Penelitian ini memiliki saran agar universitas dan penyelenggara ECA serta magang lebih mendorong partisipasi mahasiswa.

Final-year students are facing challenges in transitioning from higher education to the workforce, which can affect their career optimism. As part of Gen Z, participation in work experiences such as Extracurricular Activities (ECA) and internship programs can help them develop career orientations and expectations focused on personal values. This study aims to examine the mediating role of career adaptability in the relationship between protean career orientation and career optimism. The participants of this study consist of 144 final-year students who are engaged in ECA and internship programs. The analysis shows that career adaptability fully mediates the relationship between protean career orientation and career optimism. The higher the career orientation of the students, the higher their career adaptability and optimism. The study faced challenges in achieving the reliability standards for the career optimism measurement tool. It is recommended that universities and ECA and internship program organizers further encourage student participation."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fairuz Syifa Rosyidah
"Mahasiswa memiliki tuntutan untuk dapat bersaing di dunia kerja pada abad 21 ini. Mereka diharapkan menyadari kebutuhan memilih program studi dan pekerjaan, eksplorasi diri dan pekerjaan, serta membentuk identitas vokasi yang lebih spesifik. Apabila mahasiswa mampu meningkatkan mutunya dalam mempersiapkan karier, artinya mahasiswa memiliki adaptabilitas karier yang baik. Individu dengan adaptabilitas karier yang tinggi mampu mengelola dirinya untuk menghadapi tugas perkembangan karier, sementara individu dengan adaptabilitas karier yang rendah cenderung kesulitan menyesuaikan diri dan menyiapkan dirinya dalam dunia pekerjaan. Adaptabilitas karier sendiri dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Keduanya perlu terlibat, terutama faktor internal yang menjembatani faktor eksternal dan adaptabilitas karier. Pada penelitian ini, peneliti mengajukan variabel Perceived Social Support sebagai faktor eksternal dan variabel Inisiatif Pertumbuhan Individu sebagai faktor internal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran Inisiatif Pertumbuhan Individu sebagai mediator dalam hubungan Perceived Social Support dan Adaptabilitas Karier. Terdapat 389 mahasiswa yang menjadi partisipan penelitian ini. Alat ukur yang digunakan adalah Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), Personal Growth Initiative Scale-II (PGIS-II), dan Career Adapt-Abilites Scale (CAAS). Hasil analisis mediasi Hayes menunjukkan bahwa Inisiatif Pertumbuhan Individu memediasi secara penuh hubungan Perceived Social Support dan Adaptabilitas Karier (indirect effect: B=0.1094). Konselor maupun psikolog dapat menggunakan Inisiatif Pertumbuhan Individu sebagai indikator bahwa mahasiswa mampu membuat keputusannya sendiri.

Undergraduate have demands to be able to compete in the world of work in the 21st century. They are expected to be aware to choose study programs and jobs, self and career exploration, and form a more specific vocational identity. If undergraduate students are able to improve their quality in preparing their careers, it means that students have good career adaptability. Individuals with high career adaptability are able to manage themselves to face career development tasks, while individuals with low career adaptability tend to have difficulty adjusting and preparing themselves. Career adaptability itself is influenced by external and internal factors. Both need to be involved, especially internal factors that bridge external factors and career adaptability. In this study, the researcher proposed the variable Perceived Social Support as an external factor and the variable Personal Growth Initiative as an internal factor. This study aims to explore the role of Personal Growth Initiative as a mediator in the relationship between Perceived Social Support and Career Adaptability. There were 389 students who participated in this study. The measuring instruments used were the Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS), Personal Growth Initiative Scale-II (PGIS-II), and Career Adapt-Abilites Scale (CAAS). The results of Hayes' mediation analysis show that Personal Growth Initiative fully mediates the relationship between Perceived Social Support and Career Adaptability (indirect effect: B=0.1094). Counselors and psychologists could use measure Personal Growth Initiative as an indicator that clients are capable of making their own decisions."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library