Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Syarif Hidayat
Abstrak :
Tulisan ini menyajikan analisis mengenai pendidikan berbasis adab A. Hassan. Seringkali ketokohan A. Hassan sebagai guru utama Persatuan Islam dinilai dari sisi kegigihan dalam menegakkan al-Qur’an dan al-Sunnah. Padahal, kefiguran beliau berkaitan pula dengan dunia pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan bentuk anialisis terhadap karya-karya A. Hassan dan wawancara kepada tokoh-tokoh Persatuan Islam. Penulis menyimpulkan, pendidikan A. Hassan banyak menekankan pada pendidikan adab yang dikenal dewasa ini dengan istilah pendidikan karakter. Bukan sekedar mendidik siswa untuk memahami ajaran dengan benar (tafaqquh fi al-din) namun juga mendidik supaya mereka menjadi manusia yang bisa disiplin dan beradab.
Jakarta: Balai Penelitian dan Pengembangan Agama, 2018
297 JPAM 31:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: United Nations Development Programme, 2014
321.8 IND t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Aryatama Wicaksana
Abstrak :
Skripsi ini membahas bagaimana proses pendidikan yang berjalan di sekolah karakter berbasis konsep pendidikan metode kuttab dapat membentuk karakter moral pada santri yang merupakan anak berusia 5-12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain deskriptif yang digali melalui sebelas orang informan kunci (key informan) yang terdiri dari pekerja, orang tua, dan santri di Kuttab Ummul Quro Cibinong. Hasil temuan lapangan menggambarkan bahwa pemberian pendidikan moral melalui kegiatan pendidikan karakter iman dan adab yang melibatkan pengetahuan, alasan, perasaan, dan tindakan moral memberikan dampak positif pada peningkatan moral santri. Faktor pendukung yang dimiliki lembaga ialah ikatan antar guru, terdapat sumber daya bebas pakai di sekitar lembaga, serta kesungguhan dari orang tua. Faktor penghambat yang dihadapi muncul dari kurangnya pengalaman pengajar terkait pemahaman metode kuttab, belum adanya kerikulum yang terperinci, sikap orang tua yang kurang kooperatif, serta pengaruh lingkungan rumah santri yang tidak mendukung.
This undergraduate thesis explains how the educational process that runs in education-based character schools which uses the kuttab method, can shape the moral character of students who are children aged 5-12 years. This research is a qualitative research with descriptive design which was explored through eleven key informants (key informants) consisting of several workers, parents, and students in the Kuttab Ummul Quro Cibinong. The results of field research on moral education through character education activities of faith and manners that involve knowledge, reasons, feelings, and moral actions have a positive influence on increasing the moral of student. Supporting factors needed by institutions related to the bondness between teachers, are free resources around the institution, as well as seriousness from parents. The inhibiting factor arises from the lack of experience of teachers related to the understanding of the kuttab method, not having a detailed curriculum, the attitude of parents who are less cooperative, and affecting the home environment of students who do not support.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Vetty Andiana
Abstrak :
ABSTRAK
Adnan Al-Sayegha adalah penyair Irak yang diasingkan dari negaranya. Salah satu puisi yang ia buat dalam pengasingannya adalah puisi al-?ab?r ?il? manf?. Adab Al-Mahjari adalah puisi yang dibuat oleh diaspora Arab di Amerika. Meskipun tidak tinggal di Amerika, Adnan Al-Sayegh termasuk diaspora Arab yang tinggal di luar Arab. Dalam jurnal ini, akan dibahas kesesuaian antara puisi al-?ab?r ?il? manf? yang dibuat oleh Adnan Al-Sayegh dengan puisi mahjari. Dengan menganalisis struktur dan isi serta mencari tema puisi, akan ditemukan kesesuaian antara keduanya. Selain tema, dalam jurnal ini, akan dibahas mengenai gaya bahasa dalam puisi al-?ab?r ?il? manf? dengan menggunakan teori balaghah.Puisi al-?ab?r ?il? manf? tidak lagi memiliki ciri-ciri puisi tradisional arab yang menggunakan aturan-aturan terikat. Strukturnya mengikuti puisi-puisi barat modern dengan penggunaan rima bebas dan letak puisi yang tidak mengikuti aturan tertentu. Melalui isi puisi ini, tema yang ditemukan adalah kebebasan dari penindasan. Tema ini merupakan penyampaian perasaan penyair dalam pengasingannya. Baik dari struktur maupun isi, puisi al-?ab?r ?il? manf? memiliki kesesuaian dengan ciri-ciri puisi mahjari. Penyair banyak menggunakan gaya bahasa yang memiliki makna konotatif seperti al- isti rsquo;aarat dan majaz mursal.
ABSTRACT
Adnan Al Sayegha is an exiled poet from Irak. One of the poem he made in his exile was al ab r il manf .. Adab Al Mahjari is a type of poem that are made by Arabic diaspora who emigrated to America. Even though he does not live in America, Adnan Al Sayegh is one of Arab diaspora who lives outside of his fatherland. This journal will discuss compatibility between the poem al ab r il manf that was written by Adnan Al Sayegh and mahjari poem. By analyzing structure and content of the poem along with the theme, researcher will be able to find the compatibility between the two. Aside from that, this journal will also discussed languages styles used in al ab r il manf using balaghah to analyze it. Al ab r il manf , no longer have the characteristics of traditional arab poems. The poem follow the structure of modern poetry by using free verse and tipography that does not follow any rules. In this poem, the theme that were found was freedom from oppression. This theme is used by the poet to convey his feelings about his exile. Bothe the structure and the content of this poem have compatibility with mahjari poems. A lot of the language style that were found in this poem are the ones with connotative meaning such as al isti rsquo aarat dan majaz mursal.
Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ida Erviana
Abstrak :
Tulisan ini membahas mengenai perbandingan pemahaman, kepercayaan, dan ketaatan anak terhadap tuturan langsung dan tidak langsung 10 gugon tuhon yang berkaitan dengan adab makan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan membagikan kuesioner survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 anak di Kota Kediri, yang terdiri dari kelas 1, 3, dan 5 Sekolah Dasar SD . Berdasarkan penelitian, ditemukan gugon tuhon dengan tuturan tidak langsung cenderung lebih dipahami dan ditaati anak. Akan tetapi, gugon tuhon dengan tuturan langsung cenderung lebih dipercaya oleh anak. Dengan demikian gugon tuhon dengan tuturan tidak langsung cenderung lebih efektif disampaikan kepada anak dari pada tuturan langsung. ...... This thesis describes about comparison of children rsquo s understanding, faith, and obedience toward 10 gugon tuhon direct and indirect speech acts which are dealing with eating habit. This research uses quantitative approach. The researcher conduct a survey with questionnaire as the instrument. The participants were 64 children who lived in Kediri, East Java, which were consisted of grade 1st, 3rd, and 5th of elementary school. In addition, it is also found that gugon tuhon with indirect speech more easy to be understood and obeyed by children. However, gugon tuhon with direct speech act tends to be more believed by children. In conclusion, gugon tuhon with indirect speech act tends to be more effective delivered to the children than direct speech act.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
S69505
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library