Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 39 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Simanjorang, Irwan Fransiskus A.M.
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas sistem informasi realisassi anggaran khusunya terkait sistem pengeluaran kas yang digunakan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri sebagai sistem informasi akuntansi. Penelitian menganalisis kesesuaian pengendalian intern sistem akuntansi yang berlaku dengan pengendalian internal menurut COSO ataupun SPIP sudah memadai dan efektif. Penelitian yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan metode deskriptif analisis. Data-data yang telah diperoleh diolah penulis kemudian dianalis. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengendalian internal yang dilakukan sudah memadai namun memerlukan penetapan peraturan tambahan terkait pajak dan jam mengajar
ABSTRACT
This research discussses information systems budget realization that Human Resource Development Body of Ministry of Home Affair used as an accounting information system. This study analyze the internal control compliance of accounting information systems applicable with internal controls according to COSO or SPIP is adequate and effective. The research used in this paper using descriptive method analysis. Obtained data processed by writer then analyzed. From the research result, it is concluded that the internal control performed is adequate but needs to regulate additional regulation about tax and teaching hour.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Billy Admiraldy Citra
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah prototype sistem informasi akuntansi penerimaan kas untuk bengkel Manic Motorsport Indonesia. Sejauh ini pencatatan penerimaan kas pada Manic Motorsport Indonesia dilakukan secara manual dan membutuhkan waktu cukup banyak dalam pengerjaannya, asalkan ada saldo di rekening bank perusahaan berarti bisnis berjalan dengan baik, Penelitian ini dilakukan dengan harapan bisa menyediakan modul pencatatan penerimaan kan dan modul pendukungnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode FAST Framework for Application of System Thinking berdasarkan pada Whitten, Bentley, dan Dittman yang digunakan untuk merancang prototype sistem penerimaan kas bagi Manic Motorsport Indonesia beserta modul pendukungnya dan membantu perusahaan untuk menghasilkan laporan penerimaan kas beserta data pendukungnya.
ABSTRACT
The purpose of this study is to designa prototype of accounting information system for cash collection for a workshop of Manic Motorsport Indonesia, so far Manic Motorsport Indonesia uses manual reconciliation regarding cash collection which takes time for the process, as long as there rsquo s balance in the bank account of company means the business is running well, with this study hope to provide necessary module for cash collection record and other compulsory items. Using the FAST Framework for the Application of Systems Thinking based on Whitten, Bentley, and Dittman writer are able to design prototype system that can provide necessary module for Manic Motorsport Indonesia and help company to provide cash collection report along the supporting data.
2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anto Kang
Abstrak :
Penelitian ini mengenai analisis dan perancangan sistem informasi akuntansi dalam rangka optimalisasi modul Accounts Payable pada PT XYZ. Penelitian menggunakan metode studi kasus pada data dan kondisi perusahaan dari hasil wawancara dan observasi bersama studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kelemahan pada sistem informasi akuntansi terkait modul Accounts Payable di PT XYZ yang menyebabkan terjadinya duplikasi pembayaran dan kesulitan dalam penyetoran pajak PPN dan PPh Badan . Melalui perbaikan sistem informasi akuntansi yang memadai terjadi peningkatan yang signifikan pada proses dan pengendalian internal terhadap masalah duplikasi pembayaran, penyetoran pajak pertambahan nilai masukan dan pajak penghasilan badan. ......This research discusses the analysis and design of accounting information system in order to optimize Accounts Payable module at PT XYZ. The research itself is a case study on the company rsquo s data and condition using interviews and observation together with literary study. The result shows there are several weaknesses in current systems in Accounts Payable which cause duplicate payment and difficulties in tax payment for Value Added Tax and Corporate Income Tax. Through sufficient of system rsquo s improvement, the company is able to gain a significant improvement in process and internal control in connection with duplicate payment, payment of value added tax and payment of corporate income tax.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Pradhinka Rahayu
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis siklus pendapatan di kamar hotel, penyebab permasalahan yang terjadi, dan memberikan rekomendasi perbaikan untuk mengatasi permasalahan di Butik Hotel dan Resorts pada PT ABC. Metode penelitian ini adalah studi kasus, yang akan dilakukan melalui penelitian lapangan dan tinjauan literatur pendahuluan. Masalah yang terjadi di Hotel Butik dan Resort pada PT ABC yaitu pada proses pemesanan, dalam penerimaan tamu, dan kegiatan tim keuangan. Perbaikan yang perlu dilakukan adalah menerapkan sistem pembayaran online dan peningkatan kinerja staf. ......The objective of this research is to analyze the revenue cycle and the problems occurs, and to give recommendations for improvement to overcome the problems at Boutique Hotel and Resorts of PT ABC. The method of this research is case study, which will be conducted through field research and preliminary literature review. The problems occur at Boutique Hotel and Resorts of PT ABC are during reservation process, in the reception, and finance team activities. The improvements needs to be done are to implement online payment getaway and improvement of staff performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68941
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
The research goal is to identify and analyze the need of accounting information system related to the revenue cycle at PT XYZ. This paper designing the useful accounting information systems to support the current business processes, especially on the revenue cycle process.
005 ULTI 5:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Sadha Suardikha
Abstrak :
This study aims to examine and analyze the direct influence of THK culture, perceived usefulness, and perceived ease of use to the use of the AIS; and indirect influence of THK culture on the use of AIS are mediated perceived usefulness and perceived ease of use. This study looked at 80 samples of LPD in Bali. Required data collected by the survey using a list of questions. Data that has been collected analyzed using analysis tools PLS Smart 2.0 M3. The test results showed that THK culture influences perceiveved usefulness, perceived ease of use, and the use of SIA. Perceived usefulness and perceived ease of use affect the use of SIA. Similarly, THK culture influence of the uses of AIS mediated perceived of usefulness and perceived ease of use.

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh budaya Tri Hita Karana (THK), persepsi kegunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap penggunaan Sistem Informasi Akuntansi (SIA); serta pengaruh tak langsung budaya THK terhadap penggunaan SIA dimediasi persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Penelitian ini mengamati 80 sampel LPD di Bali. Data yang dibutuhkan dikumpulkan dengan cara survei menggunakan daftar pertanyaan. Data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan alat analisis Partial Least Square (PLS) Smart 2.0 M3. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa budaya THK memengaruhi persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan penggunaan SIA. Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan memengaruhi penggunaan SIA. Demikian halnya, budaya THK memengaruhi penggunaan SIA dimediasi persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan.
Universitas Udayana, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2013
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Deasy Novayanti
Abstrak :
Selama ini lembaga pelayanan kesehatan selalu berusaha berjuang melawan berbagai macam tekanan untuk meningkatkan kualitas pelayanan pasien, untuk memenuhi peningkatan permintaan pelayanan seiring meningkatnya kesadaran masyarakat atas pentingnya kesehatan yang umumnya belum sepenuhnya menggunakan sistem komputerisasi. Untuk mengurangi kelambanan melakukan tindakan medis dan tuntutan mal praktek dari pasien, lembaga rumah sakit hares dapat melakukan dengan cepat suatu tindakan medis dan mempertanggung j awabkan tindakan yang telah diambil selama proses pelayanan. Komputer dapat memainkan peranan yang penting tidak raja buat kenyamanan pasien, tapi juga mempermudah kerja petugas rekam medik, dokter dan perawat. Sebelumnya sudab lama komputer telah membantu rumah saldt dalam operasi bisnisnya, misalnya dalam pelayanan administrasi, manajemen stratejik, system billing, dan lain-lain. RS Atang Senjaya sangat menyadari perlunya penyediaan jasa pelayanan yang berorientasi pada pasien. Walaupun merupakan rumah sakit milik pemerintah, usaha untuk memperbaiki kondisi pelayanan yang masih belum terkomputerisasi tetap menjadi agenda utama. Salah satu usaha yang dilakukan adalah menyediakan sistem komputerisasi untuk bagian rekam medik. Saat ini sistem informasi rekam medik yang digunakan bersifat manual dan hanya menggunakan bantuan kertas untuk mnyimnpan data-data medic. Pemerosesan data secara manual ini selain bersifat tidak efisien dan efektif juga mengakibatkan Ienyapnya informasi dikarenakan berkas rekam medik hilang. Untuk itu rumah sakit membutuhkan analisa atas sistem rekam medik yang ada saat Untuk program jangka pendek, RS Atang Senjaya akan membangun sistem sistem komputerisasi yang belum terintegrasi sepenuhnya dengan sistem lain di rumah sakit. Sistem komputerisasi ini diharapkan dapat mengatasi masalah tidak adanya back-up data rekam medik yang sangat dibutuhkan apabila berkas rekam medik hilang atau sedang tidak berada di tempatnya dan tidak terorganisir dengan baiknya penomoran rekam medik bagi pasien dari bagian registrasi dengan bagian rekam medik. Dalam melakukan analisis sistem, pemodelan proses dibuat dalam bentuk event diagram untuk tiap-tiap proses dan dibuat sebuah Context Data Flow External Agents yang berhubungan dengannya. Sebagai penggabungan selumh event diagram secara rinci dibuat Data Flow Diagram (DFD). Beberapa proses yang memiliki sub proses digambarkan pula dalam bentuk Decomposition Diagram. Pemodelan data dilakukan dengan menggambarkan sebuah Entity Relationship Diagram (ERD). Selain itu, dibuat juga dokumentasi atas proses, data flow, dan data store sebagai kamus data. Sebagai kesimpulan, system informasi rekam medik rawat inap yang akan dibangun harus mengubah prosedur dasar yang selama ini digunakan agar sejalan dengan penggunaan komputer dalam prosesnya. Setelah ditemukan usulan sistem yang cocok, maka untuk diimplementasikan dan dioperasikan secara keseluruhan hams disertai dengan tahap pembangunan fisik komputer dibeberapa bagian dalam sistem rawat imp RS Atang Senjaya. Disarankan agar pengembangan yang akan dilakukan terintegrasi dengan sistem-sistem yang lain dalam rumah sakit agar penggunaan teknologi komputer dapat dimanfaatkan dengan baik dan memuaskan, serta dapat membantu rumah sakit untuk menjaga kualitas pelayanan dan memperoleh loyalitas pasien untuk berobat serta memperoleh potensial pasien yang banyak.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2004
T15596
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dinni Nur Fitriani
Abstrak :
ABSTRAK
Di era informasi seperti saat ini, penggunaan teknologi informasi merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan karena teknologi informasi dapat membantu perusahaan dalam membuat suatu keputusan. Salah satunya adalah dengan membuat sistem informasi akuntansi. Akan tetapi, dalam penerapannya suatu sistem sering kali tidak efektif sehingga dibutuhkan suatu penilaian mengenai keefektivitasan atau kesuksesan sistem informasi tersebut. Sehingga dapat diketahui apakah output yang di hasilkan dari sistem tersebut benar-benar sudah sesuai dengan yang diharapkan dan berguna bagi perusahaan. Begitupula dengan sistem informasi akuntansi yang sudah diterapkan di Perum LKBN ANTARA. Mengingat adanya beberapa permasalahan yang terjadi dalam penerapannya, maka di butuhkan suatu penilaian dan pengecekan apakah sistem informasi akuntansi tersebut sudah efektif atau belum.. Dalam melakukan penelitian ini, peneliti menggunakan metode analisis PLS dengan bantuan tool SmartPLS. Penelitian ini pun menggunakan pendekatan beberapa model dari para ahli yaitu model yang diusulkan oleh DeLone dan McLean, Venkatesh, et all serta dua teori yang berasal dari ferrat, et al serta kanjo, chippo yang berguna untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang menentukan kesuksesan suatu sistem informasi. Dengan adanya penelitian ini, diharapkan perusahaan dapat mengetahui faktor-faktor kesuksesan atau efektivitas apa saja yang berpengaruh pada penerapan sistem informasi akuntansi dan faktor-faktor kesuksesan yang belum tercapai, sehingga harus dilakukan perbaikan
ABSTRACT
In this information era, the use of information technology is needed because it can help company in making decision. One way is to make accounting information system. But sometimes in practice a system is often not effective so it takes an assessment of the effectiveness or success of the information system. So it can be known whether the output of the system really as expected and is useful for the company. Neither the accounting information system has been implemented at Perum LKBN ANTARA. Given some of the problems occur in the application, then it need of assessment and checking whether the accounting information system has been effective or not In conducting this research, researchers used a method of PLS analysis with using SmartPLS tool. This reaserch also uses some model approach of the experts that the model proposed by DeLone and McLean, Venkatesh, et all and two theory from ferrat, et al and kanjo, chippo. This model is use to know what are the variables that determine the success of an information system. Given this research, it is expected the company can identify the factors of success or effectiveness that affect the application of accounting information system and know the factors success has not been achieved, so it must be repaired.
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2014
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Abduh
Abstrak :
ABSTRAK
Salah satu agenda reformasi keuangan negara adalah diterapkannya sistem akuntansi dari penganggaran tradisional menjadi penganggaran berbasis kinerja. Dengan penganggaran basis kinerja ini, arah penggunaan dana pemerintah menjadi lebih jelas dari sekedar membiayai input dan proses menjadi berorientasi pada output. Mewirausahakan pemerintah (enterprising the government) adalah paradigma yang memberi arah yang tepat bagi sektor keuangan publik untuk mendorong peningkatan pelayanan. Kemudian dicetuskanlah pengelolaan keuangan badan layanan umum (PK-BLU).Universitas Negeri Jakarta (UNJ) sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri telah resmi berubah menjadi status BLU pada Bulan November 2009. UNJ menyelenggarakan akuntansi sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang diterbitkan oleh asosiasi profesi akuntan Indonesia, jika tidak ada standar akuntansi BLU yang bersangkutan dapat menerapkan standar akuntansi industri yang spesifik setelah mendapat persetujuan Menteri Keuangan.Penelitian ini mencoba menjawab kompleksitas permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan BLU Universitas Negeri Jakarta, dan memberikan solusi atau saran atas permasalahan yang dihadapi Universitas Negeri Jakarta untuk mengoptimalisasikansistem informasi akuntansi terkait penyusunan laporan keuangan Badan Layanan Umum. Setelah mengolah dengan Soft System Metodhology, kesimpulannya adalah UNJ perlu merubah struktur organisasi terkait fungsi akuntansi, memiliki sebuah aplikasi baru secara on line dalam proses penyusunan laporan keuangan, dan memaksimalkan fungsi SPI dalam hal pengendalian internal.
ABSTRACT
One of the reform agenda of state finance is the implementation of accounting system from traditional budgeting to performance base budgeting. With this performance base budgeting, the use of government funds become clearer than just funding an input and process to become an ouput oriented. Enterprising the government is a paradigm that gives a right direction for public financial sector to encourage service improvement. Then the government declared financial management of public service agency (PK-BLU). The status of State University of Jakarta (UNJ) as one of Public Universities has officially become BLU on November 2009. UNJ organized accounting in accordance with accounting standards issued by the association of Indonesian professional accountants, if there are no accounting standards for BLU, it can apply specific industry accounting standards after approval from Ministry of Finance. This research tries to answer the complexity of problems in preparing BLU financial report of State University of Jakarta and to give solution or suggestions on the problems faced by State University of Jakarta to optimize accounting information system related to the preparation of Public Service Agency (BLU) financial report. After processing by using Soft System Methodology, the conclusion is UNJ need to restructure their organization related to accounting function, own a new on line applicationin preparation process of financial report, and maximize the function of SPI in terms of internal control.
2013
T53288
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Haris Nugroho
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi dampak implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) pada Proses Pelaporan Keuangan Rumah Sakit XYZ, dengan cara melihat bagaimana persepsi para penggunanya terhadap proses pelaporan keuangan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan data primer berupa kuesioner dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan antara lain melakukan triangulasi antara data kuesioner dan wawancara, dilanjutkan dengan analisis dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian antara lain staf akuntansi dan keuangan merasakan bahwa ERP memberikan dampak positif pada kualitas laporan keuangan. Penerapan ERP meningkatkan efisiensi pada staf akuntansi dan keuangan. ERP juga membuat koordinasi dari staf akuntansi dan keuangan meningkat. Begitu pula dengan tingkat kepuasan staf yang juga meningkat. Selain itu dengan adanya ERP integrasi informasi juga meningkat. Namun dikarenakan ERP pada Rumah Sakit XYZ masih terus dikembangkan, masih ada permasalahan yang dihadapi Rumah Sakit XYZ, seperti risiko salah input tarif BPJS karena masih manual, sehingga perlu diperiksa oleh atasan. Beberapa staf memerlukan waktu untuk beradaptasi, perlu adanya pelatihan lanjutan dan buku manual yang lengkap. Munculnya bugs yang berulang-ulang, perlu meminta vendor ERP untuk dapat melakukan evaluasi untuk menemukan solusi agar bugs tersebut dapat diatasi. ......This study aims to evaluate the impact of Enterprise Resource Planning (ERP) implementation on Financial Reporting Process at Hospital XYZ, by looking at perceptions of its user towards financial reporting process. This study used a qualitative approach with primary data in the form of questionnaires and interviews. The data analysis methods used include triangulating between questionnaire and interview data, followed by analysis and making conclusions. The results of this study indicate that accounting and finance staff felt that ERP have a positive impact on the quality of financial reports. ERP implementation also increases the efficiency of accounting and finance staff. ERP also improves the coordination of accounting and finance staff. Likewise, the level of staff satisfaction has also increased. In addition, with the ERP, information integration also increased. However, because ERP at Hospital XYZ is still being developed, there are still problems faced by Hospital XYZ, such as the risk of incorrect input of BPJS rates because it is still manual, so it needs to be checked by superiors. Some staff need time to adapt, so further training and a complete manual book are needed. The emergence of bugs that are repeated, need to ask the ERP vendor to be able to conduct an evaluation to find solutions so that the bugs can be resolved.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>