Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Wennie Cyntia
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis atribut kualitas audit selama proses Initial Public Offering (IPO) bagi klien audit KAP XYZ. Berbeda dengan audit laporan keuangan umum, audit laporan keuangan untuk proses IPO memiliki fitur yang berbeda yaitu jauh lebih berisiko dan melibatkan berbagai masalah khusus serta berbagai pihak lainnya. Responden penelitian ini adalah auditor independen yang bertugas mengaudit pada saat persiapan IPO di KAP XYZ. KAP XYZ merupakan Kantor Akuntan Publik kecil di Jakarta, yang memiliki pengalaman mengaudit klien IPO sebanyak empat perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Analisis dilakukan pada sepuluh (10) atribut yang diturunkan menjadi 24 pernyataan. Hasil analisis ini menunjukkan bahwa due care, keterlibatan komite audit, dan independensi merupakan tiga atribut terpenting dalam kontribusi bagi kualitas audit selama proses IPO. Untuk meningkatkan kualitas audit dalam proses IPO, KAP XYZ melakukan pembekalan bagi auditor melalui pelatihan, perolehan gelar profesi CPA, perekrutan tenaga ahli dalam industri khusus, dan pengimplementasian aplikasi yang user-friendly. ......This study analyses attributes of audit quality during Initial Public Offering (IPO) process for KAP XYZ’s audit client. In contrast to general audit, audit for the IPO process have a different feature, which is much riskier and involves various special issues and various other parties. The respondents of this research were independent auditors in charge for audit during the IPO preparation at KAP XYZ. Data collection is carried out through the distribution of a questionnaire and interviews. The analysis was carried out on ten (10) attributes which were reduced to 24 statements. The results of this analysis indicate that due care, audit committee involvement, and independence are the three most important attributes in contributing to audit quality during the IPO process. To improve audit quality in the IPO process, KAP XYZ provides auditors with training, acquiring professional title such as CPA, recruitment of experts in specific industries, and implementation of user-friendly applications
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ardihandiyani
Abstrak :
Tesis ini membahas pengaruh ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP) dan penerapan Sistem Pengendalian Mutu (SPM) terhadap kualitas audit. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis, dengan melakukan survei menggunakan kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data dan informasi dari responden. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah : 1) ukuran KAP dan penerapan SPM memiliki hubungan yang positif dan signifikan; 2) ukuran K.AP berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit; 3) penerapan SPM berpengaruh signifikan terhadap kualitas audit; dan 4) ukuran KAP dan penerapan SPM secara simultan berhubungan signifikan terhadap kualitas audit. ......The focus of this study is public accounting firm size and implementation of quality control system. and how they affect audit quality. This is an analytical descriptive research, by survey method using questionnaires to collect prime data and information from respondents. The result of hypothesis test shows that 1) public accounting firm size positively and significantly related to implementation of quality control system; 2) public accounting firm size influences the audit quality significantly; 3) implementation of quality control system influences the audit quality significantly; 4) public accounting firm together with implementation of quality control system as a whole has a significant influence to audit quality.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T 27021
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Jonas Mario Hajadi
Abstrak :
ABSTRAK
Perputaran karyawan merupakan salah satu masalah besar bagi para perusahaan yang bergerak di bidang jasa seperti kantor akuntan publik. Tingginya turnover rate di kantor akuntan publik dapat menyebabkan dampak pada keuangan dan reputasi perusahaan karena aset yang paling berharga bagi kantor akuntan publik adalahpengetahuan dari pada auditornya. Kantor akuntan publik menawarkan pertukaran hubungan sosial antara para karyawan dan perusahaan yang dapat saling menguntungkan satu sama lain. Menemukan variabel yang tepat diharapkan dapat menurunkan turnover intention para karyawan yang akan menjadi pengetahuan yang berharga bagi perusahaan untuk meminimalisasi turnover rate perusahaan. Penelitian sebelumnya membuktikan bahwa salah satu cara bagi kantor akuntan publik untuk menurunkan turnover rate yaitu dengan fokus pada kesempatan pertumbuhan karir karyawannya. Penelitian ini melakukan modifikasi atas penelitian sebelumnya dengan fokus pada efek mediasi dari kesempatan pertumbuhan karir pada hubungan antara efektivitas pelatihan dan prestise organisasi terhadap turnover intention. Survei dilakukan dengan responden auditor dari 4 kantor akuntan publik di Jakarta dan 338 jawaban dikumpulkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kesempatan pertumbuhan karir memediasi secara penuh pengaruh efektivitas pelatihan pada turnover intention dan memediasi sebagian pengaruh prestise organisasi dan turnover intention. Analisis lebih lanjut dengan melihat dimensi dari tiap variabel menemukan bahwa dimensi contingent reward memediasi sebagian pengaruh general business dan turnover intention. Selanjutnya, promosi dan karir manajemen memediasi sebagian pengaruh kemampuan administrasi pada turnover intention. Lebih lanjut, operating condition memediasi sebagian pengaruh antara pelatihan dan pengembangan dan turnover intention.
ABSTRACT
Turnover is a major issue for most companies especially for service industry like public accounting firms. High turnover rate in public accounting firms could cause financial and reputation damage since the most valuable assets in the public accounting firms is the knowledge of its auditors. Public accounting firm offers social exchange relationship in which employee and the organization both provide benefit to one other. Finding the right variable that could lower the turnover intention among the employees will be a useful knowledge for management to minimize the turnover rate. Past research proved that one way for accounting firms to reduce turnover of their employees is to focus on their career growth opportunities. Current study modifies the previous research framework and focus on the mediating effect of career growth opportunities on training effectiveness and organizational prestige towards turnover intention. The survey was conducted among auditors in four selected public accounting firms in Jakarta and 338 respondents were obtained. The result showed that career growth opportunities act as full mediator in relationship between training effectiveness and turnover intention and act as partial mediator in relationship between organizational prestige and turnover intention. Further analysis into the dimension level found that contingent reward dimensions partially mediate the relationship between general business and turnover intention. Furthermore, promotion and career management partially mediate the relationship between administrative skills and turnover intention. Moreover, operating condition partially mediate the relationship between training and development and turnover intention.
2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Daniel Mauritz
Abstrak :
Penelitian ini menganalisis penerapan sistem pengendalian mutu sesuai dengan SPM No.1 Standar Profesional Akuntan Publik pada KAP XYZ. Data dan informasi yang didapat, diperoleh dengan cara melakukan observasi langsung pada KAP tersebut. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sistem pengendalian mutu yang diterapkan telah meliputi unsur dalam SPM No.1 SPAP, namun demikian masih terdapat kendala ataupun masalah dalam prakteknya antara lain belum terlaksananya kebijakan dan prosedur pemantauan yang menjamin kualitas dan mutu atas pelaksanaan SPM di KAP tersebut, sehingga atas hal tersebut penelitian ini memberikan beberapa rekomendasi solusi agar mutu dan penerapan SPM pada KAP XYZ dapat sesuai dengan standar yang ada.
This research aims to analyze the implementation of quality control system that refers to SPM No. 1 Standar Profesional Akuntan Publik in public acounting firm of XYZ. Data and information obtained by doing direct observation to the company itself. And the result of this research is the quality control system that has been applied is already covered the component of SPM No.1 SPAP, however there are some obstacles and problems in practice such as failure in monitoring policy and procedure as a quality guarantee of the quality control system rsquo s implementation in this firm, therefore this research provides the recommendation of that condition in order to synchronize the implementation of quality control system with the standard.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Julianingsih Tan
Abstrak :
Sumber Daya Manusia (SDM) adalah aset yang sangat penting dalam profesi Kantor Akuntan Publik (KAP). Saat ini KAP menghadapi tantangan besar dalam hal tingkat retensi karyawan yang secara umum rendah. Implementasi hybrid workplace mampu memberikan fleksibilitas dalam bekerja, mencapai work-life balance, dan mengurangi perputaran karyawan di KAP JTT. Namun, persepsi terhadap rencana penerapan ini masih menimbulkan pro dan kontra dari karyawan dan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mendalam terkait rencana penerapan hybrid workplace di KAP JTT. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan perolehan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Responden penelitian mencakup manajemen dan karyawan KAP JTT. Analisis hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan kerangka teori job-demand resource. Hasil penelitian ini menemukan bahwa untuk menerapkan hybrid workplace, KAP JTT masih memiliki beberapa kendala antara lain keterbatasan akses karyawan pada fasilitas kantor, kurangnya fasilitas pendukung untuk dapat bekerja di rumah, belum adanya kebijakan yang mengatur secara rinci mengenai penerapan hybrid workplace, gangguan bekerja di rumah yang tidak dapat dikendalikan, kurangnya pengawasan manajer atas kinerja karyawan, adanya risiko kebocoran data rahasia akibat lokasi bekerja yang tidak bisa dikendalikan, dan kesehatan mental dari karyawan yang terpengaruh. Oleh karena itu, penelitian ini merekomendasikan rencana penerapan hybrid workplace berupa penerapan satellite office, penyediaan fasilitas pendukung untuk bekerja dari rumah, dan pengembangan kebijakan yang jelas dalam implementasinya. ......Human Resources are a very important asset of the Public Accounting profession. Currently, Public Accounting Firms (KAP) are facing substantial challenges in terms of generally poor employee retention. Hybrid workplace implementation is intended to provide flexibility at work, achieve work-life balance, and reduce employee turnover at the JTT Accounting Firm (KAP JTT). However, perceptions regarding this implementation plan have prompted a debate on the relative pros and cons of hybrid working from both employees and employers. This study aims to analyze the implementation plan of a hybrid workplace arrangement at KAP JTT. This research was conducted using a case study method through the acquisition of stakeholder perceptions from the results of questionnaires and interviews. Respondents of this study include management and employee of KAP JTT. The analysis was carried out using the job-demand resource theoretical framework. The results of this study found that to successfully implement a hybrid workplace, KAP JTT still has several obstacles to overcome including limited employee access to office facilities, lack of supporting facilities to be able to work at home, lack of detailed policies that regulate details of the implementation of a hybrid workplace, uncontrollable disruption of working at home, insufficient manager supervision over employee performance, the risk of confidential data leaks due to uncontrollable work locations, and the mental health of affected employees. Therefore, this study recommends a strategy for implementing a hybrid workplace in the form of implementing a satellite office, providing supporting facilities for working from home, and developing clear policies in its implementation.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Samosir, Maria Olyvia
Abstrak :
Kasus ini mendorong mahasiswa akuntansi untuk rnengubah fokus dari rnernpelajari auditing menjadi rnernpelajari bisnis auditing. Kasus ini menjelaskan strategi, visi, dan rnisi dari sebuah usaha bisnis audit ukuran menengah dari Kanada beserta rnasalah yang hams dihadapi baik dari eksternal rnaupun internal untuk meningkatkan profitabilitasnya. Mahasiswa diharapkan bisa rnenganalisa kebijakan Smith & Jones dalarn rnengambil keputusan dan langkah apa saja yang hams diambil untuk rnendorong para karyawan untuk rnengadopsi kebijakan tersebut. ......This case requires accounting students to shift their focus from learning about the practice of auditing to learning about the business of auditing. It describes the strategy, vision, and mission of a medium-sized, Canadian audit firm and the external and internal challenges the firm faces as it looks to improve its profitability. Students should reflect on which behaviors Smith & Jones would like to encourage and what the partners can do to encourage its employees to exhibit these behaviors.
Depok: Fakultas Ekonomi dan BIsnis Universitas Indonesia, 2017
MK-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tiffany Felicia
Abstrak :
Penelitian ini mempelajari dampak dari valuasi brand equity dan perubahaannya terhadap performa jangka pendek dan jangka panjang perusahaan yang berada dalam emerging market countries setelah merjer dan akuisisi dilakukan pada rentang waktu 3 tahun. Metodologi yang digunakan adalah cross-sectional regression, test regression coefficient significance level, multiple collinearities, dan test correlation coefficient.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan kesesuaian dengan hipotesis yang dibangun, yaitu adanya dampak signifikan pada performa jangka panjang perusahaan acquirer firms yang disebabkan oleh perubahan pada ekuitas merek target firms.  Penelitian ini dapat berkontribusi terhadap bisnis dan industri dengan menunjukkan implikasi dari kesuksesan merjer dan akuisisi yang didasari oleh valuasi ekuitas merek, serta pentingnya aspek merek untuk dipertimbangkan dalam pengambilan keputusan pada aktivitas merjer dan akuisisi. ......This study explores the impact of brand equity valuation and its changes towards Asia’s emerging market firms’ short-term and long-term performance in 3 years post-merger and acquisition activities. The methodologies used in this empirical research are cross- sectional regression, regression coefficient significance level test, multiple collinearity, and correlation coefficient test. The results shown by this study are in accordance with the hypothesis that there is significant impact on corporate performance by the changes of target firms brand equity on acquirer firms long-term performance which defines the success of merger and acquisition. This study will contribute to the businesses by knowing the implication of merger and acquisition success based on brand equity valuation and the importance of brand to be considered during the decision-making process.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatrix Monica
Abstrak :
Skripsi ini membahas sistem pengendalian manajemen yang diterapkan di kantor akuntan publik (KAP) sebagai salah satu perusahaan jasa profesional. Sistem chargeable/billable hours sebagai indikator penilaian kinerja yang digunakan oleh perusahaan jasa profesional pada umumnya dan model levers of control dipakai untuk menganalisis penerapan sistem pengendalian manajemen pada fungsi audit di KAP X yang merupakan salah satu KAP besar di Indonesia. KAP X merupakan perusahaan yang sudah mencapai tahap dewasa dalam siklus hidup organisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada auditor dari berbagai tingkat dan kuesioner kepada staf audit KAP X serta studi lapangan selama tiga bulan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih komprehensif. Penulis juga membandingkan alat kontrol yang digunakan oleh KAP X dengan alat kontrol yang seharusnya digunakan oleh perusahaan pada tahap dewasa sesuai model Simons (2000). Dari penelitian yang telah dilakukan, maka Penulis menyimpulkan bahwa fungsi audit KAP X telah menerapkan sistem pengendalian manajemen dengan efektif. ...... The focus of this study is management control systems implemented in public accounting firms as part of professional service firms. Chargeable/billable hours systems as performance measurement indicator commonly used by professional service firms and levers of control model were used to analyze the implementation of management control systems in audit function of KAP X which is one of the big public accounting firms in Indonesia. KAP X is a firm which has achieved the mature stage of organization life cycle. Methods used in this study were interviews to auditors from all levels, questionnaires given to audit staff of KAP X and a 3-months field study to gain a more comprehensive understanding. The author also compared control tools used by KAP X with control tools supposed to be used by a mature firm in accordance with the model of Simons (2000). From the study done, the author concluded that the audit function of KAP X has implemented management control systems effectively.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S56532
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library