Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Napitupulu, Darmawan Baginda
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kualitas website Universitas XYZ dengan pendekatan WebQual. WebQual adalah sebuah pendekatan pengukuran kualitas website melalui persepsi pengguna berdasarkan tiga dimensi yaitu usability, information quality dan services interaction quality. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas XYZ dimana jumlah sampel diambil sebanyak 216 responden secara purposive sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan kuesioner berbasis WebQual 4.0 yang dianalisis dengan IPA (Importance Performance Analysis) untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan yang merupakan gap antara kepentingan dan kinerja. Hasil uji validitas dan reliabilitasmenunjukkan keseluruhan item kuesioner valid dan reliabel karena telah memenuhi persyaratan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 22 item yang dianalisis dengan metode IPA dikelompokkan ke dalam kuadran I (3 item), kuadran II (9 item), kuadran III (7 item) dan kuadran IV (3 item). Item yang dianggap penting dan perlu segera ditingkatkan terletak pada kuadran I yaitu kemudahan berkomunikasi melalui web, ketersediaan informasi yang cukup detail serta rasa aman dalam menyampaikan data pribadi. Hasil analisis korelasi ganda juga menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel independen dan dependen dalam penelitian ini.
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika,Badan Penelitian dan Pengembangan SDM, Kementerian Komunikasi dan Informatika , 2016
302 BPT 14:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Baringbing, Josua Saut Mangaraja
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis faktor penentu utama yang mempengaruhi kepuasan pelanggan pengguna portal toko online real estat di Indonesia. Ini adalah salah satu studi pendahuluan yang berhubungan dengan kepuasan pelanggan terhadap toko real estat online di Indonesia. Literatur mengenai atribut utama fungsionalitas situs web, persepsi kegunaan, kualitas informasi, dan kepuasan pelanggan dalam portal toko online real estat. Fungsi situs web dan persepsi kegunaan diambil dari penelitian sebelumnya, sementara skala kualitas informasi ditambahkan dan berfokus pada atribut fisik, atribut non-fisik, dan layanan pelanggan. Data dikumpulkan dari 306 responden yang menggunakan portal toko online real estat untuk memeriksa konstruksi. Model diuji secara emperis menggunakan pemodelan persamaan struktural (SEM). Studi ini mengungkapkan bahwa persepsi tentang kegunaan dan kualitas informasi memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kepuasan pengguna portal online real estate. Di sisi lain, fungsionalitas situs web diungkapkan memiliki dampak positif tetapi tidak signifikan terhadap kepuasan pengguna portal online real estat. Penelitian ini akan membantu portal toko online real estat khususnya portal toko online real estat untuk menarik dan memotivasi pelanggan baru. Pengecer online dengan produk dengan keterlibatan tinggi dapat meningkatkan kepuasan pasca penggunaan dan pada akhirnya meningkatkan pelanggan online. ......This research aims to identify and analyse the key determinants influencing customer satisfaction of the real estate online shop portal users in Indonesia. This is one of the preliminary study dealing with customer satisfaction towards online real estate shop in Indonesia. The literature concerning major attributes of website functionality, perceived of usability, information quality and customer satisfaction in real estate online shop portal. The website functionality and perceived of usability was taken from previous research, while the scale of information quality was added and focusing on physical attribute, non-physical attribute and customer service. Data were collected from 306 respondents who used real estate online shop portal for examining the constructs. The model was emperically tested using structural equation modeling (SEM). The study reveals that perceived of usability and information quality have a significant positive impact on real estate online shop portal users satisfaction. In other hand, website functionality is revealed to have a positive but not significant impact on real estate online shop portal users satisfaction. This research will help real estate online shop portal especially real estate online shop portal to attract and motivate new customers. Online retailers with high involvement products can improve post-use satisfaction and eventually increase online customers
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53024
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Surya Adhadiyat
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh website customer orientation, website personality, website quality terhadap repurchase intention. Penelitian ini menunjukan bahwa website customer orientation, website personality dan website quality memengaruhi secara signifikan terhadap repurchase intention. Penelitian ini mengambil objek penelitian yaitu para pengguna tokobagus.com yang pernah melakukan transaksi sekurang-kurangnya satu kali transaksi. ...... The objective of this study is to analyze effect of website customer orientation, website personality, website quality towards repurchase intention. This research shows that website customer orientation, website personality and website quality significantly affect towards repurchase intention. The object of this research is tokobagus.com users that have been transaction into this website at least once.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Miranti Setiasih Achari
Abstrak :
E-Commerce merupakan cara bisnis yang banyak digemari pengusaha belakangan ini karena cara ini memberikan banyak keuntungan, baik untuk perusahaan maupun konsumen. Zalora merupakan pelopor perusahaan e-Commerce B2C (Business-to-Customer) yang ada di Indonesia sejak awal tahun 2012. Penelitian ini mengambil objek konsumen website Zalora Indonesia yang berada di wilayah Jabodetabek, berusia antara 18-49 tahun, dengan latar belakang pendidikan minimal SMA, dan pernah berbelanja di website Zalora. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh kepercayaan konsumen dengan niat pembelian ulang mereka di website tersebut. Variabel-variabel terkait yang digunakan dalam penelitian ini adalah Trust, Reputation, Capability of Order Fulfilment, Website Quality dan Repurchase Intention. Responden dalam penelitian ini berjumlah 256 dan metode analisis yang digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM), diolah dengan program LISREL 8.70. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keseluruhan hipotesis penelitian diterima dan hal ini membuktikan bahwa peran mediasi kepercayaan memiliki hubungan yang signifikan dan positif dengan niat pembelian ulang. ......E-Commerce is another way to do business which commonly used by entrepreneurs nowadays because it gives a lot of benefits; not only for the company, but also for the customers. Zalora is the first e-Commerce company for Business-to-Customers (B2C) in Indonesia since early 2012. This study took an object of customers from Zalora Indonesia website who live around Jabodetabek, 18-49 years old, have minimal education background in high school, and have experience of buying in Zalora’s website. The purpose of this study is to see the influence of customers’ trust to their repurchase intention in Zalora’s website. Related variables that are used in this study are Trust, Reputation, Capability of Order Fulfillment, Website Quality and Repurchase Intention. The numbers of respondents who participate in this study are 256 and method of analysis that used in this study is Structural Equation Modeling (SEM), processed with LISREL 8.70 software. The results of this study indicate that all of the hypotheses are accepted and this proved that role of mediating trust have significant and positive relationship to repurchase intention.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
S54582
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ryan Ongdrus
Abstrak :
ABSTRACT
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan organizational attractiveness pada PT. Unilever Indonesia, Tbk yang dipengaruhi oleh corporate recruitment website quality dan informational social influences secara simultan. Penelitian ini menggunakan tiga variabel yang berasal dari penelitian terdahulu yaitu, variabel corporate recruitment website quality dari Lin, variabel informational social influences dari Van Hoye, dan variabel organizational attractiveness dari Gomes dan Neves. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode survei. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner online berupa Google Form. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Jumlah responden yang ada di dalam penelitian ini berjumlah 150 orang yang merupakan generasi Y atau generasi millennials (lahir antara tahun 1980-tahun 2000) yang berdomisili di DKI Jakarta dan pernah melihat website rekrutmen PT. Unilever Indonesia, Tbk. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa corporate recruitment website quality dan informational social influences mempengaruhi organizational attractivenss secara signifikan.
ABSTRACT
The purpose of this research is to explain the organizational attractiveness of PT. Unilever Indonesia, Tbk that influenced by corporate recruitment website quality and informational social influences simultaneously. This research used three variables that comes from previous researchs which are the variables of corporate recruitment website quality by Lin, the variables of informational social influences by Van Hoye, and the variables of organizational attractiveness by Gomes and Neves. This research used a quantitative approach. Data was gathered by applying survey method. The instrument for data collecting in this research was online questionnaire in form of Google Form. The sampling technique in this research was purposive sampling. Total respondents in this research were 150 people of Y generations or millennials generations (born between 1980-2000) that domiciled in DKI Jakarta and have seen corporate recruitment website of PT. Unilever Indonesia, Tbk. The result of this research shows that corporate recruitment website quality and informational social influences affect organizational attractiveness significantly.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Allysha Tifany Wiranata
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah website quality, sales promotion, dan fashion consciousness dapat mempengaruhi impulse buying behavior pelanggan saat membeli pakaian dari toko daring. Belanja daring menyediakan saluran impulsif alternatif untuk pelanggan, selain dari toko ritel. Karena kepercayaan konsumen Indonesia dalam membuat transaksi daring makin meningkat, diperlukan pemahaman mengenai apa yang memicu konsumen untuk bertindak secara impulsif selama belanja daring. Data studi ini dikumpulkan melalui metode random sampling. 211 tanggapan dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan dilanjutkan dengan Structural Equation Modeling. Promosi penjualan rupanya menjadi pemicu nomor satu bagi pembeli daring untuk membeli secara impulsif dan secara positif memoderasi hubungan antara kualiyas situs web dan pembelian impulsif. Pembelian impulsif dipengaruhi secara positif oleh kesadaran mode, tetapi kualitas situs web tidak terbukti mempengaruhi pebelian impulsif.
This study aims to see whether website quality, sales promotion, and fashion consciousness can influence customers impulse buying behavior on buying apparel online. As online shopping provides customers the convenience to shop anywhere at any time, nowadays it is common to choose it as an alternative impulsive channel aside from brick and mortar store. As Indonesian consumers confidence in making online transaction rises, understanding what triggers consumers to act impulsively during online shopping is necessary, as several study found that online and offline shoppes behaviors are different. Data is collected through random sampling method. 211 valid responses are analyzed using validity and reliability tests, continued by Structural Equation Modelling. Sales promotion is apparently the number one trigger for online shoppers to buy impulsively and positively moderates the relationship between website quality and impulse buying behavior. Online impulse purchases are positively influenced by fashion consciousness, but website quality is discovered to have no positive influence on online impulse buying.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prasena Giritungga Putra
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas website rekrutmen yang terdiri dari tiga dimensi (kualitas informasi, kualitas sistem, dan kualitas layanan) dengan model penerimaan teknologi yaitu (perceived usefulness dan perceived ease of use) dan faktor pengaruh sosial yang terdiri dari dua dimensi (faktor pengaruh sosial informasional dan faktor pengaruh sosial normatif) terhadap daya tarik organisasi. Penelitian ini melibatkan 161 sampel aktif mahasiswa sarjana Universitas Indonesia jurusan perpajakan, jurusan administrasi fiskal, dan jurusan akuntansi untuk dua jenjang terakhir menggunakan kuesioner. Pengujian data dilakukan secara simultan dengan metode Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan pengaruh kualitas situs rekrutmen berorientasi layanan (kualitas informasi & kualitas sistem) pada persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi daya tarik organisasi dalam hal pengaruh sosial. Ditemukan bahwa pengaruh sosial informasional mempengaruhi daya tarik organisasi. Namun tidak dengan pengaruh sosial normatif. Hasil ini memberikan masukan kepada perusahaan agar dapat memaksimalkan website dengan memberikan kualitas informasi dan layanan website yang terbaik. Karena kedua fitur berorientasi layanan ini sangat mempengaruhi persepsi kerja terhadap daya tarik organisasi. dan meningkatkan aktivitas eksternal yang mempengaruhi persepsi lingkungan sosial terhadap organisasi.
ABSTRACT
This study aims to determine the effect of the quality of the recruitment website which consists of three dimensions (information quality, system quality, and service quality) with a technology acceptance model, namely (perceived usefulness and perceived ease of use) and social influence factors consisting of two dimensions (factor informational social influence and normative social influence factors) on organizational attractiveness. This study involved 161 active samples of undergraduate students at the University of Indonesia majoring in taxation, majoring in fiscal administration, and majoring in accounting for the last two levels using a questionnaire. Data testing was carried out simultaneously with the Partial Least Square (PLS) method. The results show the effect of service-oriented recruitment site quality (information quality & system quality) on perceived ease of use, and perceived ease of use affects organizational attractiveness in terms of social influence. It was found that informational social influences affect organizational attractiveness. But not with normative social influences. These results provide input to the company in order to maximize the website by providing the best quality information and website services. Because these two service-oriented features greatly affect the perception of work towards the attractiveness of the organization. and increasing external activities that affect the perception of the social environment towards the organization.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Beatrix Lungidita Dewi Maharani
Abstrak :
Masifnya penetrasi internet telah mengubah perilaku konsumen dari berbelanja melalui store fisik menjadi belanja online. Sebagian besar konsumen menunjukkan perilaku online impulse buying atau pembelian secara spontan tanpa adanya perencanaan saat berbelanja online. Perilaku impulse buying dapat terjadi karena adanya stimulus, seperti website quality, sales promotion, dan online payment use. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh website quality terhadap online impulse buying yang dimoderasi dengan sales promotion dan online payment use pada konsumen produk kecantikan dan perawatan di Kanal LazMall Lazada pada wilayah Jakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui teknik purposive sampling pada 165 responden yang didapatkan melalui online questionnaire. Hasil penelitian menunjukkan bahwa website quality berpengaruh secara signifikan terhadap online impulse buying. Namun, tidak terdapat pengaruh signifikan pada sales promotion dan online payment use terhadap online impulse buying. Selanjutnya, sales promotion dan online payment use tidak memoderasi hubungan antara website quality dan online impulse buying. ......The massive penetration of the internet has changed consumer behavior from shopping through physical stores to online shopping. Most consumers show impulse buying online behavior or buy certain products spontaneously without careful consideration when shopping online. Impulse buying behavior can occur due to stimuli, such as website quality, sales promotion, and online payment use. Therefore, this study aims to analyze the effect of website quality on online impulse buying moderated by sales promotion and online payment use for consumers of beauty and personal care products in the LazMall Channel Lazada in the Jakarta area. The study used a quantitative approach through purposive sampling technique on 165 respondents, who were obtained through an online questionnaire. The results showed that website quality had a significant effect on online impulse buying. However, there is no significant effect on sales promotion and online payment use on online impulse buying. Furthermore, sales promotion and online payment use do not moderate the relationship between website quality and online impulse buying.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yuli Rianhar Adri Latief
Abstrak :
Perkembangan teknologi website telah berkembang pesat di setiap sektor manapun. Media website dalam setiap organisasi digunakan sebagai profiling sekaligus media informasi dari organisasi tersebut. Media website merupakan sarana penyebaran informasi efektif bagi pihak sektor publik/pemerintah dan swasta karena media website ini dapat diakses kapan dan dimanapun. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) adalah unit eselon 1 di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang memanfaatkan teknologi website untuk salah satu penerapan layanan e-government. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan kajian evaluasi kualitas website Ditjen SDA dengan mengintegrasikan dua model pengukuran kualitas website (WebQual 4.0 dan e-GovQual). Penelitian ini berhasil mensintesis dua model pengukuran kualitas website yang kemudian digunakan dalam instrumen survei pengukuran tingkat kualitas website Ditjen SDA. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan survei kepada para pengguna website Ditjen SDA melalui media survei cetak dan media survei on-line. Dari data isian kuesioner yang terkumpul didapatkan sebanyak 199 data valid. Setelah data survei terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) dengan menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.7. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa information quality, reliability, usability, citizen support, dan trust yang berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kualitas website Ditjen SDA. Dimensi yang memiliki pengaruh terbesar adalah information quality dan reliability. Selanjutnya disusun rekomendasi untuk tiap dimensi yang bertujuan meningkatkan kualitas website.
The development of website technology has developed rapidly in every sector anywhere. On-line media such as website in any organization has been used as well as profiling media from the organization. Website is an effective media for disseminating information to the public/government sector and the private sector and also this website media can be accessed anytime and anywhere. Directorate General of Water Resources (DG-WR) is one of echelon units in the Ministry of Public Works and Housing People which uses website technology as an implementation of e-government services. This study aimed to conduct a study evaluating the quality of the website DG-WR by integrating the two models of quality measurement for website (WebQual 4.0 and e-GovQual). This study succeeded in synthesizing two models measuring the quality of a website which is then used in the survey instrument for measuring the quality level DG-WR website. Collecting data in this study using surveys of the users of the website DG-WR through printed media and online surveys. From the data obtained questionnaires that were collected as many as 199 data is valid. Once the survey data collected then it is analyzed using SEM-CFA (Structural Equation Modeling-Confirmatory Factor Analysis) using software Lisrel 8.7. The result of this study indicates that information quality, reliability, usability, citizen support, and trust have both significant and positive effect on the quality of the website DG-WR. Two dimensions have the greatest influence are information quality and reliability. Next step is to arrange recommendations on each dimension aimed at improving the quality of the website.
Depok: Universitas Indonesia, 2016
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Aryani
Abstrak :
ABSTRAK
Meningkatnya minat masyarakat untuk berbelanja online serta ketatnya persaingan usaha pada industry e-commerce mendorong pelaku usaha untuk dapat bersaing dalam membangun hubungan jangka panjang serta loyalitas dengan pelanggan mereka. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari website quality terhadap online loyalty yang dimediasi oleh perceived velue of consumer/seller relationship dan dimoderasi oleh online shopping experience. Pengambilan sampel penelitian sebanyak 179 sampel dan melakukan analisis pengolahan data menggunakan Partial Least Square PLS . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa website quality pada situs Zalora Indonesia yang diukur melalui tiga dimensi, yaitu information quality, system quality dan e-service quality memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap perceived value of consumer/seler relationship; perceived value of consumer/seler relationship memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap online loyalty dan online shopping experience tidak memoderasi hubungan antara website quality pada situs Zalora Indonesia dengan perceived value of consumer/seller relationship.
ABSTRACT
The increased public interest in online shopping and higher competition in the e commerce industry has encouraged companies to compete in building long term relationships and loyalty with their customers. The purpose of this quantitative research is to investigate the effect of website quality on online loyalty mediated by perceived value of consumer seller relationship and moderated by online shopping experience. This study collected data from 179 samples and the data is analyzed using partial Least Square PLS method. The results of this study demonstrate that the quality of Zalora Indonesia Online Shopping Website, which is measured by three dimensions, namely information quality, system quality and e service quality, has a significant positive effect on the perceived value of consumer seller relationship perceived value of consumer seller relationship has a significant positive effect on online loyalty and online shopping experience does not exert a moderating effect on the relationship between Zalora Indonesia website quality and the perceived value of consumer seller relationship.
2017
S68935
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>