Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Mariyah
Abstrak :
Penilaian kinerja karyawan perpustakaan merupakan fenomena baru dalam dunia perpustakaan khususnya manajemen perpustakaan. Perpustakaan UI mulai tahun 2003 sudah menerapkan penilaian kinerja dan belum pernah dievaluasi apakah hasilnya positif atau negatif. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi persepsi karyawan perpustakaan terhadap penilaian kinerja di Perpustakaan UI dan (2) mengidentifikasi persepsi karyawan perpustakaan terhadap pemberian kompensasi di Perpustakaan UI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan Perpustakaan UI yang berjumlah 35 orang. Penarikan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling, dan jumlah responden yang ditetapkan sebanyak 34 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survei dengan instrumen pengumpulan datanya berupa kuesioner dan wawancara. Skala pengukuran yang digunakan adalah Skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, sementara signifikansi perbedaan persepsi diuji dengan menggunakan uji Nest dan oneway ANOVA. Hasil analisis menunjukkan bahwa, persepsi karyawan perpustakaan terhadap penilaian kinerja, adalah negatif dengan angka rata-rata 2,00. Sementara itu, persepsi karyawan perpustakaan terhadap pemberian kompensasi juga negatif, dengan angka rata-rata 2,50. Hasil uji signifikansi perbedaan persepsi dalam hal persepsi karyawan perpustakaan terhadap penilaian kinerja, berdasarkan karakteristik responden tidak menunjukkan perbedaan yang nyata. Sementara itu, persepsi karyawan perpustakaan terhadap pemberian kompensasi, berdasarkan karakteristik responden juga tidak menunjukkan perbedaan nyata, dengan signifikansi di atas taraf nyata 0,05. Berdasarkan analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa (1) persepsi karyawan perpustakaan terhadap penilaian kinerja di Perpustakaan UI adalah negatif (2) persepsi karyawan perpustakaan terhadap pemberian kompensasi di Perpustakaan UI juga negatif (3) tidak ada perbedaan persepsi secara signifikan berdasarkan karakteristik responden terhadap penerapan penilaian kinerja di Perpustakaan UI (4) tidak ada perbedaan persepsi secara signifikan berdasarkan karakteristik responden terhadap pemberian kompensasi di Perpustakaan UI.
Research in the area of performance appraisal of the library staff members is relatively a new phenomenon. Since 2003 the Library of the University of Indonesia has applied performance appraisal system to evaluate the performance of its staff members. Nevertheless, it has never been evaluated to know whether the result of the new system was perceived negatively or positively by its staff members. This research aims (1) to identify the perception of library staff members toward performance appraisal system implemented by the Library of the University of Indonesia, (2) to identify the perception of the library staff members toward the provision of compensation system carried out by the Library of University of Indonesia. In this study, the population covers all of the 35 staff members of the Library of the University of Indonesia. Purposive sampling is carried out as sampling technique. The sampling size is 34 respondents. The research is basically a survey using questionnaire and interview for data collection. Likert Scale is employed in the questionnaire. Data is analyzed using descriptive statistical analysis. In addition differences on perception is tested using the t-test and one-way ANOVA for its significance. The results indicate that the staff members perception toward performance appraisal is negative with the average of 2,00. Whereas the staff members perception toward the provision of compensation is also negative with the average of 2,50. Thus far, there is no significant differences of respondents' perception on performance appraisal based on the respondents' characteristics. There is also no significant differences of respondents' perception toward the provision of compensation, based on the respondent's characteristics. This research concludes that (1) the perception of the library staff members toward the performance appraisal at the Library of the University of Indonesia is negative, (2) the perception of the library staff members toward the provision of compensation at the Library of the University of Indonesia is also negative, (3) there is no significant differences on perception, based on the respondents' characteristics, toward the implementation of performance appraisal system in the Library of the University of Indonesia, (4) there is no significant differences of perception, based on the respondents' characteristics, toward the provision of compensation in the Library of the University of Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2005
T15120
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Iswanda Fauzan Satibi
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang evaluasi layanan referensi e-mail perpustakaan Universitas Indonesia. Aspek evaluasi adalah luaran (output) yang mengukur efektivitas dan efisiensi penggunaan layanan, yang meliputi pengguna layanan, jenis pertanyaan, sumber yang digunakan untuk menjawab pertanyaan, format yang diinginkan pengguna, serta efektivitas dan efisiensi layanan. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara semiterstruktur. Analisis dilakukan terhadap 366 tranksrip referensi e-mail selama September 2011 hingga Oktober 2013 dan wawancara terhadap empat orang mahasiswa UI. Hasil penelitian menunjukkan; 1) pengguna layanan referensi email Universitas Indonesia berjumlah 347 selama periode September 2011 hingga Oktober 2013 dapat dikategorikan menjadi tiga, yaitu pengguna mahasiswa UI, Dosen UI, dan pengguna yang berasal dari luar sivitas akademik UI dengan; 2) pertanyaan referensi yang diterima melalui e-mail periode September 2011- Oktober 2013 berjumlah 366 dengan rata-rata 15 pertanyaan per bulan. 3) pertanyaan yang terjawab periode September 2011 sampai Oktober 2013 sebesar 40% dan pertanyaan tidak terjawab sebesar 60%; 4) sebanyak 95% pengguna layanan referensi e-mail perpustakaan UI melakukan transaksi satu kali selama periode September 2011 sampai Oktober 2013; dan 5) Rata-rata jawaban terhadap pertanyaan referensi e-mail diberikan 83 jam setelah pertanyaan tersebut diterima.
ABSTRACT
This study discusses the evaluation of e-mail reference service in University of Indonesia librarys’. The evaluations criteria are depend on the transactions outputs to measures the effectiveness and efficiency of the use of the service by users. Such as, users of e-mail reference service, types of questions received, sources used to answer the questions, the format of resources that requesterd by users, and the effectiveness and efficiency of the service. This is quantitative research using survey method. Data colected by documents analysis and in-dept-interview. Analysis conducted on 366 e-mail reference transcripts during September 2011 – October 2013 and interviews with four UI’s students. The results showed: 1) the e-mail reference services users are amounted to 347 during the period September 2011 to October 2013 can be categorized into three categorize: UI’s students, UI’s Lecturer, and users from outside the UI’s academic community members; 2) reference questions received via e-mail period September 2011 - October 2013 totaled 366 with an average of 15 questions per month. 3) questions unanswered period September 2011 to October 2013 amounted to 40 % and the questions are not answered by 60 %; 4) 95% of users using once transactions time during the period September 2011 until October 2013 , and 5) the average response to the question of e - mail reference given 83 hours after the question is received.
2014
S54374
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Irene Fitrianti
Abstrak :
Skripsi ini berfokus pada transformasi yang terjadi di perpustakaan perguruan tinggi, khususnya Perpustakaan UI untuk mewujudkan cita-cita Universitas Indonesia menjadi World Class University. Masalah yang dikaji oleh peneliti yaitu perubahan dan kendala yang terjadi dalam transformasi tersebut. Penelitian ini adalah peneltitian kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah pustakawan di Perpustakaan UI. Metode pengumpulan data yang dilakukan, yaitu observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya transformasi fisik dan non-fisik di Perpustakaan UI. Tranformasi yang menonjol adalah transformasi pada fungsi dan fasilitas Perpustakaan UI untuk mendukung Universitas Indonesia menjadi World Class University. ......The focus of this study is transformation which happens in the academic library, especially UI Library to support the vision of Universitas Indonesia become World Class University. Problem studied by the researchers as well as the change and the constraints of transformation. The research approach is qualitative research with case study method. Subject in this study is the librarian at UI Library. Methods of data collection are observation, interviews, and document analysis. The result of this study is occur physical transformation and non-physical transformation. Transformation that stands out is in function and facilities UI Library related to support Universitas Indonesia become World Class University.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
S42038
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dwi Yan Arisma
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data dalam jaringan Perpustakaan UI, khususnya pangkalan data dalam jaringan jurnal elektronik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang menggunakan kuesioner sebagai instrument penelitiannya. Indikator dalam penelitian ini adalah kesadaran pengguna, pemanfaatan koleksi, kemampuan penggunaan komputer, kualitas informasi, kemudahan akses, kemudahan penggunaan, dan kesadaran penggunaan. Analisis data yang digunakan dibantu oleh software SPSS for Windows release 16 untuk menghitung persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan oleh 110 responden sudah cukup baik, namun masih disayangkan adanya responden yang tidak mengetahui keberadaan koleksi tersebut. Hasil penelitian juga menyebutkan kurangnya sosialisasi baik keberadaan koleksi tersebut maupun cara penggunaannya. ......This thesis describes about the usage of online database Universitas Indonesia Library by the undergraduate program student, especially about online database electronic journal. The research uses quantitative approach with case study method which questionnaire as the research instrument. The questionnaire indicators are user awareness, collection usage, computer self-efficacy, quality information, ease of access, ease of usage, usage awareness. Data analysis that is used in this research is helped by SPSS for Windows release 16 software to tabulate the percentage. The result of this research showed that 110 respondents rate the usage of online database is good enough. But, unfortunately there are respondents that did not know the existence of online database. This research also show the lack of socialization of the online database’s existence and the searching strategy.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2013
S47059
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library