Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Muhammad Naufal Abdurrahman
Abstrak :
Meningkatnya permintaan untuk bepergian dan didukung oleh peningkatan teknologi, membantu industri seperti agen perjalanan online yang berkembang pesat dengan penjualan dan pengguna baru selama bertahun-tahun. Penelitian ini mencoba mengkaji faktor-faktor apa saja yang mendorong konsumen melakukan pembelian dari aplikasi online travel agent seperti Traveloka dengan menggunakan framework Stimulus - Organism - Response. Lima variabel yang dianggap sebagai stimulus (Appearance, Security, Online Promotion, Brand Reputation, Brand Familiarity), dua variabel sebagai organism (Trust & Attitude) dan satu variabel sebagai response (Purchase Intention). Terdapat total 274 responden yang dikumpulkan melalui kuesioner online untuk penelitian ini. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) menggunakan software AMOS 24 untuk menganalisis model penelitian. Berdasarkan total 13 hipotesis yang diajukan, 8 hipotesis diterima dan 5 hipotesis ditolak. Hasil penelitian memperkuat kerangka Stimulus - Organisme - Respon, dengan semua variabel stimulus setidaknya memiliki satu jalur signifikan ke organism baik terhadap trust atau attitude, sedangkan kedua variabel organism menunjukkan hubungan yang signifikan dan kuat terhadap Purchase Intention. Lebih lanjut, hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan bagi Traveloka dan para pesaingnya, untuk melihat stimulus seperti apa yang berpengaruh terhadap niat pembelian konsumen. ...... With the increasing demand to travel and supported by major technological improvement help industry such as online travel agent thriving with sales and new users over the years. This research tries to examines what factors that drives consumers to make a purchase from online travel agent application such as Traveloka using Stimulus - Organism - Response framework. Five variables considered as stimulus (Appearance, Security, Online Promotion, Brand Reputation, Brand Familiarity), two variables as organism (Trust & Attitude) and one variable as response (Purchase Intention). There are total of 274 respondents collected through online questionnaire for this research. This research uses Structural Equation Modelling (SEM) using AMOS 24 software to validate and analyze the research model. Based on the total of 13 hypotheses proposed, 8 hypotheses are accepted and 5 rejected. The results strengthen the Stimulus - Organism - Response framework, with all stimulus variable at least have one significant path to organism either to Trust or Attitude, while both organism variable shows significant and strong relationship towards Purchase Intention. Furthermore, the results of this study could provide insight for Traveloka and its competitors, to decide what kind of stimulus that helps them acquire consumers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhania Karlina
Abstrak :
E-service quality menjadi salah satu aspek yang penting untuk diperhatikan oleh agen jasa perjalanan wisata online pada persaingan industri pariwisata Indonesia yang semakin kompetitif. Dengan menerapkan e-service quality yang baik perusahaan dapat meningkatkan e-satisfaction dari para konsumennya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh e-service quality pada website Traveloka terhadap e-satisfaction dari para penggunanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif metode survei, menyebarkan kuesioner ke 100 sampel responden dari populasi pengguna website Traveloka yang tergolong mahasiswa aktif strata satu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, mengetahui website Traveloka dan pernah melakukan transaksi di website Traveloka. dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara e-service quality dengan e-satisfaction.
E service quality becomes one of the important aspects to be noticed by the online travel agent service on the increasingly competitive Indonesian tourism industry competition. By applying a good e service quality the company can improve e satisfaction from its customers. This study was conducted with the aim to explain the effect of e service quality on Traveloka 39 s website towards the e satisfaction of its users. This research used quantitative research approach with explanative research type, used survey as data collecting method, by distributing questionnaires to 100 sample respondents from Traveloka 39 s website user population which is classified as active bachelor student of Faculty of Social and Political Sciences Universitas Indonesia, had known about Traveloka website and had done at least one transaction on Traveloka rsquo s website. This research used non probability sampling technique. The results showed that there is influence between e service quality with e satisfaction.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sembiring, Sarah Deasyca
Abstrak :
Pembelian secara online merupakan sebuah terobosan dalam era digitalisasi dunia pemasaran. Berbeda dengan etalase fisik, belanja di internet merupakan cara baru untuk berbelanja. Internet telah menjadi sarana penting untuk melaksanakan transaksi komersial. Salah satu industri yang mengalami banyak perubahan akibat munculnya perdagangan secara online yaitu pariwisata. Dengan adanya digitalisasi tiket menjadi e-ticket, sebuah efisiensi menjadi sangat signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji secara empiris bagaimana hubungan kepribadian website web personality yang terdiri dari lima indikator yaitu solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness terhadap perilaku pembelian impulsif online secara langsung, dan dengan di mediasi oleh perilaku penelusuran web yang utilitarian dan hedonik terhadap perilaku pembelian impulsif secara online pada produk pariwisata oleh masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner disebarkan menggunakan teknik snowball sampling dengan menggunakan googleforms. Kuesioner dibuat secara online pada link berikut: www.bitly.com/risettraveloka. Kemudian tautan kuesioner ini disebarkan melalui berbagai aplikasi instant messaging seperti LINE, WhatsApp, dan Instagram Message. Total kuesioner yang tersebar dan terkumpul adalah sejumlah 272 dengan jumlah responden yang lolos dalam kualifikasi sejumlah 254 responden. Sampel penelitian yang telah terkumpul sebanyak 254 tersebut merupakan representatif dari pembeli produk pariwisata secara online khususnya melalui situs web www.traveloka.com yang berdomisili di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi sesuai dengan cakupan wilayah yang ingin diteliti dan terdiri dari jenis kelamin pria sebanyak 81 31,9 dan wanita sebanyak 183 68,1. Metode statistik menggunakan Structural Equation Model dengan software AMOS 20.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima dan berpengaruh signifikan, hal ini sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Rezai et al.
Online purchase transaction is a breakthrough in the era of digitalization of the marketing world. In contrast to the physical storefront, shopping on the internet is a new way to shop. The internet has become an important means to carry out commercial transactions. One of the industries that experienced many changes due to the emergence of online trading is tourism. With the digitization of tickets into e ticket, an efficiency becomes very significant. This study aims to know and test empirically how the relationship personality website web personality which consists of five indicators of solidity, enthusiasm, genuineness, sophistication, unpleasantness of online impulsive buying behavior directly, and by mediation by utilitarian web search behavior and hedonic to the impulsive buying behavior online in tourism products by the people of Jakarta and surrounding areas. The data were collected using questionnaires distributed using snowball sampling technique using googleforms. Questionnaires are made online at the following link www.bitly.com risettraveloka. Then the questionnaire link is disseminated through various instant messaging applications like LINE, WhatsApp, and Instagram Message. Total questionnaires that are scattered and collected are a number of 272 with the number of respondents who qualified in a number of 254 respondents. The sample of research that has been collected as many as 254 is representative of the buyers of tourism products online, especially through the website www.traveloka.com domiciled in Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang and Bekasi in accordance with the scope of the area to be studied and consists of male gender as many as 81 31.9 and women as many as 183 68.1. Statistical method using Structural Equation Model with AMOS 20.0 software. The results of this study indicate that all hypotheses are accepted and have a significant effect, this is in line with previous research conducted by Rezai et al.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Shafira
Abstrak :
Skripsi ini membahas mengenai salah satu bentuk inovasi teknologi finansial, yaitu fitur PayLater. Ketersediaan fitur PayLater sebagai metode pembayaran pada berbagai platform di Indonesia memungkinkan pengguna platform untuk melakukan transaksi pada platform dengan membayarnya di kemudian hari, baik di akhir bulan maupun secara angsuran. Pokok pembahasan dalam skripsi ini terfokus pada analisis perjanjian yang timbul atas penggunaan fitur PayLater yang tersedia pada platform Gojek dan Traveloka atas pembelian suatu produk. Penulis akan membahas perihal bentuk perjanjian yang timbul dari transaksi PayLater ditinjau dari karakteristik macam-macam perjanjian yang ada di dalam KUHPerdata, serta bagaimana hubungan hukum yang terjalin antara para pihak di dalamnya. Selain itu, dibahas pula mengenai terjadi atau tidaknya penggantian hak penyedia produk atau subrogasi oleh pihak pemberi pinjaman dalam transaksi PayLater. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah penelitian yuridis-normatif dengan menggunakan data sekunder berupa bahan hukum primer dan sekunder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk Perjanjian Gojek PayLater dan Perjanjian Traveloka PayLater merupakan perjanjian innominaat. Namun, perjanjian tersebut pada dasarnya memiliki kemiripan karakteristik perjanjian pinjam meminjam pada Pasal 1754 KUHPerdata. Hubungan hukum yang terjalin dalam transaksi Gojek PayLater dan Traveloka PayLater melibatkan berbagai pihak, termasuk hubungan jual beli produk antara penyedia produk dengan pengguna platform. Pembayaran atas pembelian produk yang dilakukan dengan pinjaman yang diberikan oleh pemberi pinjaman kepada pengguna platform memenuhi unsur subrogasi yang sebagaimana diatur pada Pasal 1400 KUHPerdata dan menunjukkan terjadinya penggantian hak penyedia produk oleh pihak pemberi pinjaman berupa hak atas pembayaran dan hak untuk menagih sejumlah nilai transaksi. Namun, bentuk penggantian hak dalam transaksi PayLater memiliki karakteristiknya tersendiri sebagaimana merupakan perkembangan baru yang mengakomodir kebutuhan masyarakat dan dipadu dengan kemajuan teknologi. ......This thesis discusses one form of financial technology innovation, namely the PayLater feature. The availability of the PayLater feature as a payment method on various platforms in Indonesia enables platform users to make transactions by paying them at a later date, be it at the end of the month or in installments. This is made possible because of the availability of third parties who are willing to provide loans to platform users through payment for transactions made through the platform. The subject matter of this thesis focuses on analyzing agreements arising from the use of the PayLater feature on Gojek and Traveloka platforms for product purchasing. The author will discuss the form of agreement arising from PayLater transactions in terms of the characteristics of the various agreements that exist in the Civil Code and the legal relationship that exists between the parties. Furthermore, this thesis also discusses whether or not a subrogation is present in a PayLater transaction. The research method used in the preparation of this thesis is juridical-normative research using secondary data in the form of primary and secondary legal materials. The results of this study indicate that the form of the Gojek PayLater Agreement and the Traveloka PayLater Agreement are innominate agreements. However, the agreement has similar characteristics to the loan agreement in Article 1754 of the Civil Code. The legal relationship that exists in the Gojek PayLater and Traveloka PayLater transactions involves various parties, including the purchase relationship between product providers and platform users. Payments for product purchases made with loans provided by lenders to platform users meet the elements of subrogation as regulated in Article 1400 of the Civil Code and indicate replacement of the rights of product providers by the lender in the form of payment rights and the right to collect a certain amount of the transaction value. However, the form of right replacement in PayLater transactions has its own characteristics as it is a new development that accommodates people's needs and combined with technological advances.
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sarah Kloer
Abstrak :
Perusahaan Traveloka ditantang untuk mempertahankan customer brand engagement dalam era transisi digital, salah satu caranya adalah melalui gamification dengan fitur Game Farm. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gamification terhadap customer brand engagement pada pengguna Traveloka Game Farm. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan kuesioner 177 responden yang memenuhi kriteria dengan teknik penarikan sampel secara purposive sampling yang merupakan bagian dari non-probability sampling. Pengolahan data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dalam bentuk regresi sederhana serta regresi berganda untuk menentukan dimensi yang paling kuat dalam pengujian variabel. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gamification terhadap customer brand engagement pada pengguna Traveloka yang memakai fitur Game Farm. Penelitian ini juga menunjukkan hasil bahwa dimensi game components memiliki pengaruh yang paling kuat daripada dimensi game mechanics dan game dynamics. ......Companies like Traveloka are challenged to retain customer brand engagement within the competitive digital transition era between other similar companies, one of which is through gamification in the form of Game Farm. The purpose of this research is to analyze how gamification affects customer brand engagement towards Traveloka Game Farm users. Within this research, the method used is a quantitative approach through a questionnaire spread towards 177 Traveloka respondents who have fulfilled the sampling criteria. The data collected from the survey is analyzed using descriptive statistical analysis as well as inferential statistical analysis through a simple regression analysis and multiple regression analysis to determine which dimension of the variable has the largest impact with the SPSS 20 software. The result of this research shows that gamification does affect customer brand engagement. Between gamification’s three dimensions, game components are the most significant compared to game mechanics and game dynamics dimensions.
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library