Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 105 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Maria Dian Nurani
"ABSTRAK
Tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility -
CSR) merupakan isu hangat beberapa tahun terakhir ini, baik di seluruh dunia
maupun di Indonesia. Beragamnya konsep, definisi dan pemahaman mengenai
CSR menimbulkan perbedaan dalam menilai keberhasilan, keefektivan dan
manfaat program CSR, baik bagi perusahaan pelaksananya, maupun bagi
penerima program (beneficiaries), dan bagi Iingkungan hidup. Peraturan yang
disusun oleh pemerintah untuk memberikan kepastian dalam pelaksanaan CSR,
justru ditolak oleh kalangan bisnis karena ketidakjelasan dan ketidakkonsistenan
pasal-pasalnya serta ketidakpastian yang ditimbulkannya bagi kalangan
pengusaha. Sementara itu secara internasional, sedang disusun panduan
standar, yaitu ISO 26000 Guidance on Sociai Responsibility yang diharapkan
mampu menjadi dasar bagi pelaksanaan CSR di setiap negara.
Sinar Mas Group adalah satu dari sedikit perusahaan di Indonesia yang
aktif dalam pengembangan draft ISO 26000 dan dalam tim kajian Ps. 74 UU No.
40/2007. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses
pemahaman dan penentuan sikap (organizationai information processing) terjadi
di Sinar Mas Group terhadap standar dan peraturan tersebut, serta bagaimana
peran boundary spanner. Hasilnya diharapkan dapat berkontribusi bagi
pengembangan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi organisasi, serta dapat
digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi perusahaan Iain dalam
meningkatkan kemampuannya memahami informasi Iingkungan sehingga
mampu bertindak dengan tepat demi mempertahankan hidup dan keunggulan
kompetitifnya sambil pada saat yang sama membenkan manfaat bagi
masyarakat dan Iingkungan hidup. Hasil penelitian juga dapat digunakan sebagai
bahan rekomendasi bagi pemerintah dalam upayanya mendorong perusahaan
melakukan Ianggung jawab sosialnya, tanpa bertentangan dengan instrumen
Internasional dan tanpa mengurangi, bahkan meningkatkan daya saing
Indonesia. Hasil penelitian juga bisa digunakan sebagai bahan rekomendasi bagi
NMC SR, LSM, dan asosiasi bisnis dalam upaya mereka melakukan sosialisasi
dan advokasi mengenai tanggung jawab sosial dengan Iebih efektif dan efisien.
Kerangka pemikiran dari penelitian ini adalah: organisasi sebagai suatu
institusi, dituntut tetap hidup dan bertumbuh di dalam situasi yang terus berubah
dengan kecepatan dan akselelasi yang semakin tinggi. Pemrosesan inforrnasi
mengenai Iingkungan eksternal merupakan aktivitas kunci manajerial organisasi
Hal ini penting bagi adaptasi dan periahanan hidup jangka panjang. Isu
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility - CSR)
dengan standarisasi dan peraturannya, merupakan salah satu isu Iingkungan
yang perlu diperhatikan perusahaan sebagai bagian dari upayanya untuk
bertahan hidup dan berkembang.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik
pengumpulan data dengan observasi partisipasi moderat, wawancara mendalam,
wawancara tidak terstruktur, dan studi dokumentasi. Sampel sumber ditentukan
secara purposive, yaitu GM CSR Enhancement, GM Comorate Govemance, GM
Public Relations, dan Komisaris lndependen. Analisis data dilakukan dengan
data reduction, data display dan verification.
Hasil penelitian menunjukkan proses pemahaman dan penentuan sikap
teljadi melalui tahapan yang nampak sederhana, namun sesungguhnya
kompleks dan merupakan proses iterasi terus-menerus. Penentu dari proses ini
adalah kesiapan dari boundary spanner secara individu dan kesiapan organisasi
tempat ia bekerja. Di Sinar Mas proses ini terjadl dengan menggunakan berbagai
media komunikasi, baik yang berfungsi untuk menginformasikan, mengatur,
membujuk, dan mengintegrasikan dengan menggunakan pesan task,
maintenance, human, dan pesan inovatif. Arah komunikasi ke atas, ke bawah,
dan ke samping, baik secara formal maupun informal. ISO 26000
diinterpretasikan merupakan peluang keunggulan kompetitif sekaligus tantangan,
dengan respons: perubahan internal dan mempengaruhi kondisi Iingkungan.
Sementara Pasal 74 UU No.40l2007 diintepretasikan merupakan tantangan
dengan respons: mempengaruhi kondisi Iingkungan. Dari hasil penelitian
didapatkan ternyata peran boundary spanner dan peran change agent
dibawakan oleh orang yang sama sehingga hasilnya tidak optimal.
Berdasarkan penelitian tersebut diberikan rekomendasi perbaikan dalam strategi
komunikasi internal dan eksternal, serta strategi komunikasi untuk memperbaiki
kesalahan persepsi yang terjadi. Rekomendasi lain yang diberikan adalah
perlunya dimasukkan aspek sustainability, yang rnerupakan jiwa ISO 26000, ke
dalam visi misi setiap unit bisnis Sinar Mas, serta dalam media komunikasi
internal dan eksternal. ETF sebagai wadah pelaksana tanggung jawab sosial di
Sinar Mas juga disarankan untuk memperjelas identitas dirinya. Rekomendasi
bagi perusahaan lain, pemerintah maupun bagi Iembaga-Iembaga yang berminat
melakukan kampanye kepada perusahaan-perusahaan agar mau melakukan
CSR, juga diberikan."
2007
T17364
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S7318
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Whika Ayu Nurrochmani
"Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis undang-undang dan peraturan-peraturan yang terkait dengan tanggung jawab sosial dalam rangka memberikan rekomendasi pengungkapan tanggung jawab sosial di Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan cara menganalisis isi undang-undang dan peraturan-peraturan yang terkait dengan pengungkapan tanggung jawab sosial untuk menentukan apakah isi dari undang-undang dan peraturan-peraturan tersebut sesuai dengan indikator Global Reporting Initiative (GRI) Sustainability Reporting Guidelines dalam hal yang terkait dengan pengungkapan tanggung jawab yang seharusnya dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 79 indikator pengungkapan GRI Sustainability Reporting Guidelines terdapat 34 indikator pengungkapan yang ditemukan dalam undang-undang dan peraturan-peraturan terkait di Indonesia dengan kewajiban pengungkapan yang berbeda untuk masing-masing jenis usaha.

The purpose of this research is to analyze the related regulations with social responsibility in order to provide recommendations disclosures of social responsibility in Indonesia. The analysis method of data in this research are used by analyzing the contents of the regulations relating to disclosure of social responsibility to determine whether the contents of the regulations in accordance with the indicators of the Global Reporting Initiative Sustainability in matters related with disclosure responsibilities that should be done by the company. The results of this research showed that of 79 indicators disclosure of the GRI Sustainability Reporting Guidelines are disclosures of 34 indicators that are found in the regulations in Indonesia with different disclosure for each type of company."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T28269
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Djulia Maryati
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S7260
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Martha
"Penelitian ini dilakukan untuk memahami dampak dari persepsi mahasiswa akan kegiatan CSR perusahaan, kepercayaan mahasiswa akan kegiatan CSR perusahaan, dan kesadaran mahasiswa akan kegiatan CSR perusahaan terhadap evaluasi perusahaan, asosiasi produk, dan niat untuk membeli dari mahasiswa.
Penelitian akan diuji menggunakan metode Structural Equation Model dengan program Simplis Lisrel 8.5. Penelitian akan menguji perbedaan variable-variabel tersebut dalam dua kategori produk dengan menggunakan multi group SEM. Hasil penelitian menemukan bahwa terdapat pengaruh antara kesadaran konsumen akan CSR dengan niat untuk membeli konsumen, namun tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kesadaran konsumen akan CSR dengan evaluasi perusahaan dan asosiasi produk.
Kemudian terdapat efek mediasi antara persepsi CSR oleh konsumen, melalui kepercayaan konsumen akan CSR, dengan evaluasi perusahaan namun tidak dengan asosiasi produk serta niat untuk membeli konsumen. Terdapat juga hubungan antara persepsi konsumen akan CSR perusahaan dengan evaluasi perusahaan, namun tidak ada hubungan yang positif dengan asosiasi produk serta niat untuk membeli konsumen. Diketahui terdapat efek moderasi oleh kategori produk, namun berbeda dengan hipotesis yang ada, efek moderasi tersebut hanya mendukung sebagian dari hipotesis.

This research was conducted to help understand the impact of students' perceptions of CSR activities of the company, students? trust of company's CSR activities, and students? awareness of CSR activities of the company on company evaluation, product association, and intention to buy from the students.
The research will be tested using Structural Equation Models with SIMPLIS Lisrel 8.5 program. The research will examine the differences in these variables in two product categories using the multiple groups SEM. The results found that there is significant relationship between consumer awareness of CSR with the intention to buy by the consumer, but there are no significant differences between consumer awareness of CSR with corporate evaluation and product association.
Then, there is a mediation effect between consumers? perceived CSR, through consumers? trusts of company?s CSR activities with company evaluation, but not with the product association as well as the consumers? intention to buy. There is also a relationship between consumers? perception of CSR with company evaluation, but there is no positive relationship with the product association and the intention to buy from consumer. There is a moderating effect by product category, but in contrast to the existing hypothesis, the moderating effect only support part of the hypothesis.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S47088
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Loebis, Tasfira Sakti
"ABSTRAK
Tanggung jawab sosial (CSR) merupakan fungsi penting untuk membantu
mempercepat proses pembangunan bangsa secara merata dan menyeluruh.
Indonesia, merupakan negara terpadat ke-4 di dunia, sekaligus merupakan rumah
dengan komposisi penduduk mayoritas yang masih membutuhkan fasilitasfasilitas
pokok, dimana diperlukan upaya-upaya yang lebih intensif untuk
menjangkau panjang dan luasnya negara, salah satunya dengan upaya dan
program CSR
Sebagai institusi BUMN, BNI merasa memiliki tanggung jawab sosial untuk
turut berperan secara nyata ditengah-tengah masyarakat, selain itu diharapkan
dapat turut memberikan contoh bagi dunia bisnis pada umumnya. Dalam
pelaksanaannya bersama dengan organisasi sosial kemanusiaan Mer-C, BNI
membangun dan mengoperasikan program bina lingkungan dalam bentuk klinik
kesehatan, berawal sejak 2005 sebanyak 60 (enampuluh) lokasi, yang saat ini total
beroperasi sebanyak 33 (tigapuluh tiga) lokasi yang memerlukan bantuan di
bidang kesehatan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Dari hasil penelitian yang
dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan antara program Bina
Lingkungan “Balai Pelayanan Kesehatan Masyarakat BNI Berbagi” terhadap
citra BNI. Dimana di saat yg sama program bina lingkungan di bidang kesehatan
yang telah dilakukan selain membantu masyarakat setempat juga telah
membentuk dengan baik citra BNI secara luas dan menjalin hubungan yang kuat
khususnya terhadap masyarakat setempat.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan implikasi praktis bagi
perusahaan untuk mendapatkan feedback dari program sosialnya, yang antara lain
telah membangkitkan kesadaran penulis atas timbal-balik perusahaan terhadap
masyarakat setempat yang tidak semata hanya melakukan bisnis, tetapi juga
memberikan manfaat dari keuntungan yang diperoleh dalam bentuk pelayanan
kesehatan terhadap masyarakat setempat yang membutuhkan. Selanjutnya dari sisi
akademis diharapkan dapat memberikan sumbangan perspektif dan gambaran
salah satu bentuk bina lingkungan dalam bidang kesehatan dilakukan untuk
masyarakat yang membutuhkan.

ABSTRACT
Social responsibility (CSR) is an important function to help speed up the
process of building the country evenly and thoroughly. Indonesia is the 4th most
populous country in the world, and is home to the majority of the population
composition who is still need the basic amenities, which required the efforts of
more intensive to reach the length and breadth of the country, one of them with
the efforts and CSR
As a state institution, BNI also has a social responsibility to be able to
contribute significantly in the society, but it is expected to also provide a model
for the world of business in general. In its implementation together with the social
organization of humanity Mer-C, BNI build and operate a community
development program in the form of a health clinic, started in 2005 by 60 (sixty)
locations, which currently operates a total of as many as 33 (thirty three) locations
that require health assistance across Indonesia. From the research conducted, it is
concluded that there is a relationship between the Community Development
program "Public Health Care Center of BNI " on the image of BNI. Where at the
same time environmental development programs in the areas of health that have
been conducted in addition to helping the local community has also established a
good image with BNI widely and in particular a strong relationship to the local
community.
Results of this study are expected to provide recommendations for the
company to get feedback from the social program, which has raised awareness
author for mutual relationship to local communities which are not solely doing
business, but also giving back the benefit of profits earned in the form of health
care on local communities in need. Furthermore, from the academic side is
expected to contribute perspective and overview of one form of community
development in the field of health assistance for people in need."
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2013
T36786
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Gunawan Alif
"Buku ini berisi mengenai kiat baik bertetangga, pemahaman dan peraturan mengenai CSR, merancang inisiatif CSR Strategis, Laporan dari Garis depan, dan pilar beragam pengabdian."
Jakarta: Jakarta Baru, 2016
658.408 GUN g
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Albrow, Martin
London: Routledge , 1997
658.408 ALB d
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Intan Yunita Ratna Sari
"Banyak perusahaan swasta kini mertgembangk:an apa yang disebut Corporate Social Responsibility (CSR). Dengan meningkatnya peran swasta antara lain melalui pasar bebas, privatisasi dan g!oba!isasi maka swasta semakin berinteraksi dan bertanggung jawab serta memilild tanggung jawab soslal dengan masyarakat dan pihak lain. Semakin hangatnya isu tentang Corporate Social Responsibility (CSR) mcnyebabkan Iama-kelamaan CSR tidak lagi dipandang sebagai keterpaksaan, melainkan sebagai kebutuhan. PeneHtian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan corporafe social responsibility dan kesiapan perusahaan dalarn menghadapi ISO 26000 sebagai 'Guidance Standard on Social responsibility'. PeneHtian dilakukan dengan melakukan riset langsung ke lapangan dengan menggunakan metode ana1isis deskriptif untuk menggambarkan pelaksanaan CSR pada PT Indah Kiat Pulp & PaperJ Serang Mill dan memberikan penilaian yang didasarkan pada draft ISO 26000 working draft 4.2 Hasil peneHtian menujukkan bahwa PT Indah Kiat PuJp & Paper Tbk. Serang Mm rnemperoleh nilai kese!uruhan sebesar 4,66 untuk issue-i.$sUe yang terdapat dalam draft ISO 26000 •;orking draft 4.2 yang berarti perusabaan telah menjalankan tanggung jawab sosialnya dengan baik. sehingga disimpulkan bahwa tahap persiapan l'f lndah Klat Pulp & Paper, Tbk. Sernng Mill sudah balk terhadap keseluruban issue yang terdapat dalam draft ISO 26000 working draft 4.2.

A lot of privat entriprise at this moment develop what referred as Corporate Social Respomibiliry (CSR). At the height of role in private sector for example passing through free market, privatisasi and globolization makes private sector progressively have interaction to and hold responsible and also .own the social responsibility with the society and other party, 1'his research a;m to to know the implementation of corporate social responsibility and company'.~ readiness in face of ISO 26000 as' Guidance of Standard of on Social responsibility', Research done by using descriptive analysis method to describe the implemenlalion of CSR at PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk. Serang Mill/ and give the assessment which is relied on draft ISO 26000 worl..ing draft 4.2 Research result indicate that PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, Serang Mill get the entirety value equal to 4,66 for the :Ssues in draft JSO 26000 working drqfi 4.2. Means that the ccmpany have run its social responsibility properly, so we can conclude that phase of preparation of PT lndah Kiat Pulp & Paper Tbk, Serang Mi/{ 'shave done well for the entirety issues in drcrfl ISO 26000 working drafl42"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2008
T25602
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sudarmono
"Indonesia has a great future in mining sector for the contribution of economics. This prospect caused by the rich of Indonesian?s natural resources, especially in mining sector. Mining companies are the engine of development of local community around the mining site. The exploration of natural resources also gives the negative externality on its environment. At present, the mining companies already concerned about the environment issue and society development in the local area. Moreover, since the legal basis of corporate social responsibility in the Indonesian Limited Liability Law No. 40 year 2007, the mining companies must create their own corporate social responsibility activities otherwise the punishment will be followed. On the other side, the Indonesian Taxation Law No. 17 year 2000 does not allow as a deductible expense for the corporate social responsibility activities.
The method used in this research is qualitative research method. Data gathering used is by interviewing people with competent knowledge to the corporate social responsibility and its treatment to the tax regulation in Indonesia. Also, the data is gathered from many sources like text book, regulations, newspaper article, and the internet.
From the research, we can learn the deductible expense as an ideal tax relief that should be given by the government to accommodate the corporate social responsibility activities in mining sector. XYZ ltd, as a coal mining company will receive the benefit for that tax relief. The decrease of taxable income and tax payable in the end of fiscal year is the benefit of tax relief given by the government.
Other alternative that can be done by XYZ ltd to overcome corporate social responsibility activities as an outcome is by choosing the program of corporate social responsibility which is tax-friendly, likes give the zero residual value of asset.
At the end, this research is hoped to give input to XYZ ltd. to be able to deal with corporate social responsibility activities and its tax treatments."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>