Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Raihan Winanda Dekri
Abstrak :
Hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan utama di seluruh dunia karena tingginya angka prevalensi dan hubunganya dengan komplikasi penyakit lanjutan yang erat kaitanya dengan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung atau stroke, kebisingan merupakan salah satu bentuk resiko terjadinya kejadian hipertensi dikarenakan peningkatan level zat kimia seperti kortisol, adrenalin dan noradrenalin merupakkan bentuk respons tubuh terhadap stres yang disebabkan oleh kebisingan yang memberikkan dampak pada,peningkatan denyut jantung, dan peningkatan tekanan darah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebisingan dan variabel faktor resiko lainya (usia, aktivitas fisik, riwayat hipertensi keluarga, indeks massa tubuh, kebiasaan merokok, penggunaan APT, lama kerja, durasi kerja, jenis pekerjaan, tempat kerja, jarak dari sumber kebisingan, dan gangguan pendengaran) dengan tekanan darah tinggi pada pekerja depo lokomotif. Penelitian ini menggunakan metode cross sectional dengan jumlah sampel 86 orang pekerja depo lokomotif Cipinang dan Tanah Abang. Hasil analisis penelitian menggunakan uji chi square menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat kebisingan (P value 0,136 ; OR 2,638 ; 95% CI 0,779 – 7,021) dengan kejadian hipertensi. Namun, didapatkan hubungan yang signifikan antara faktor indeks massa tubuh pekerja (P value 0,003 ; OR 4,583 ; 95% CI 1,732 – 12,132) dengan kejadian hipertensi. Sehingga dibutuhkan pelaksanaan promosi kesehatan secara rutin pada pekerja depo lokomotif, melakukkan pengukuran kebisingan secara berkala dan membentuk unit khusus EHS (environment, Health, and Safety) yang bertugas khusus dalam bentuk pencegahan dan pengendalian bahaya akibat kerja seperti pajanan kebisingan. ......Hypertension is one of the major health problems around the world because of the high prevalence rate and its association with complications of advanced disease which are closely related to cardiovascular disease such as heart disease or stroke, noise is a form of risk of occurrence of hypertension due to increased levels of chemicals such as cortisol, adrenaline and noradrenaline is a form of the body's response to stress caused by noise which has an impact on, increased heart rate, and increased blood pressure. This study aims to determine the relationship between noise level and other risk factor variables (age, physical activity, family history of hypertension, body mass index, smoking habits, use of ear protection equipment, length of work, duration of work, type of work, workplace, distance from noise sources. and hearing loss) with high blood pressure in locomotive depot workers. This study used a cross sectional method with a total sample of 86 workers of the Cipinang and Tanah Abang locomotive depot. The results of the research analysis using the chi square test showed that there was no significant relationship between noise levels (P value 0.136; OR 2.638; 95% CI 0.779 - 7.021) and the incidence of hypertension. However, there was a significant relationship between the worker's body mass index (P value 0.003; OR 4.583; 95% CI 1.732 - 12.132) with the incidence of hypertension. So that it is necessary to carry out routine health promotion for locomotive depot workers, conduct regular noise measurements and form a special EHS (environment, Health, and Safety) unit which has a special task in the form of prevention and control of occupational hazards such as noise exposure.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sapta Viva Wibowo
Abstrak :
Gangguan pendengaran pada pekerja minyak dan gas bumi merupakan penyakit akibat kerja utama sampai saat ini. Gangguan pendengaran antara lain disebabkan oleh pajanan bahaya fisik berupa bising. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pajanan bising dan fungsi pendengaran pada pekerja di Platform KE-5 Kodeco Energy. Jenis penelitian adalah penelitian observasional dengan rancangan cross sectional yaitu meneliti sekaligus variabel independen, variabel dependen, dan vaiabel perancu pada waktu yang bersamaan. Analisis data adalah tabel dengan menggunakan analisis data univariat. Didapatkan gambaran tingkat bising di platform KE-5 yang melebihi NAB yaitu pada rentang 81 dBA sampai dengan 103 dBA, dan tingkat pajanan bising di platform KE-5 melebihi NAB dengan dosis pajanan bising yang diterima pekerja terdapat di bawah NAB yaitu pada rentang 70,4 dBA sampai dengan 77,5 dBA, serta didapatkan tujuh pekerja dengan gangguan fungsi pendengaran. ...... Hearing impairment in oil and gas workers is the main occupational diseases. Hearing impairment, among others caused by exposure to physical hazards of noise. This study aims to know the description of noise exposure and hearing impairment in workers at KE-5 Kodeco Energy Platform. The type of research is observational with cross sectional design which examined as well as the independent variable, dependent variable, and confounding variable at the same time. Obtained noise level at KE-5 Platform which exceeds the TLV is in the range of 81 dBA to 103 dBA, noise dose of exposure that received by workers are still under the TLV is still in range of 70.4 dBA to 77.5 dBA, the level of noise exposure in KE-5 Platform exceeds the TLV by noise dose exposure that received by workers less than the TLV and obtained seven workers with impaired hearing function.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2012
T29467
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Emi Kuntari
Abstrak :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ruang terbuka hijau terhadap tingkat kebisingan dan dampaknya bagi kesehatan masyarakat pada kawasan perumahan di Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi. Alat yang digunakan untuk pengukuran tingkat kebisingan adalah Sound Level Meter, luasan ruang terbuka hijau diperoleh dari site plan perumahan tersebut dan dianalisis menggunakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang kuat antara ruang terbuka hijau dan tingkat kebisingan R -0,649 (2) Ada pengaruh yang berbanding terbalik luas ruang terbuka hijau terhadap tingkat kebisingan, persentase sumbangan pengaruh luasan ruang terbuka hijau terhadap variable kebisingan adalah sebesar 42,1%, (3) Pengaruh luas ruang terbuka hijau terhadap kebisingan dapat terlihat pada persamaan sebagai berikut Y= 71.670 - 0.013 Apabila tidak ada ruang terbuka hijau maka tingkat kebisingan mencapai 71.670. Selain itu setiap kenaikan 1 m2 luasan ruang terbuka hijau maka akan menurunkan kebisingan sebesar 0.013 dB (4) Kebisingan menimbulkan ketergangguan pada masyarakat.
The purpose of this study was to determine the influence of green open area towards the noise level and its impact on public health in a residential area of Sumber Jaya Dorp, South Tambun Bekasi. The instrument used to measure the noise level is a Sound Level Meter; an area of green open area is obtained from the residential site plan and is analyzed by using correlation and regression analysis. The results of the study showed that (1) There is a strong relationship between green open area and noise level R -0.649 (2) There is an influence that is inversely proportional to the wide open area of noise level, the percentage contribution of the influence of green open area on the variable extent of the noise is equal to 42.1% , (3) The influence of green open area of the noise can be seen in the following equation Y = 71.670-0.013 If there is no green open area, the noise level reaches 71,670. Besides, any increase in each 1 m2 of the wide of green open area it will reduce the noise of 0.013 m2. (4) Noise produces the dependence on society.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2014
S56879
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Tambunan, Nurdini Rospitha
Abstrak :
Merealisasikan Bandar udara masa depan sebagai aerotropolis dan memenuhi kriteria sebagai bandara berkelanjutan atau sustainable tidak hanya demi meningkatkan kebutuhan akan transportasi yang baik dan aman, akan tetapi juga untuk mengurangi dampak lingkungan yang terjadi akibat aktifitas di bandara. Polusi suara sebagai salah satu dampak lingkungan, selalu menjadi salah satu isu yang penting untuk diselesaikan di kawasan sekitar bandara. Menentukan area yang terpapar oleh polusi suara yang diakibatkan oleh pesawat udara membutuhkan aircraft?s noise modelling yang akan memetakan area polusi suara di sekitar bandara dengan menggunakan program computer seperti misalnya Integrated Noise Modelling. Dimana program ini membutuhkan masukan data berupa infrastruktur bandara, trayek lalu lintas di udara, kondisi cuaca, dan bentuk permukaan tanah atau topography di sekitar bandara. Peta yang diproduksi akan bermanfaat dalam penerapan system untuk pengukuran dan pengawasan terhadap kebisingan sebagai salah satu solusi dalam melindungi masyarakat dari dampak yang berlebihan dari kebisingan pesawat udara. Implementasi dari system yang terintegrasi seperti Sentinelle dan VITRAIL (VIsualisation des Trajectoires et des Informations en Ligne) di Perancis telah dipelajari dalam tesis ini dalam hal metode dan bagaimana cara untuk dapat diterapkan di bandar udara di masa mendatang. ...... Actualize the future airport as an aerotropolis and meet sustainable criteria not only for improving the needs of a good quality and safety transportation, but also minimize the environmental impact of airport activities. Noise pollution as one of this impact always becomes the most important issue to solve around the urban area in the vicinity of aerodrome. Defining the exposed area by nuisance needs aircraft?s noise modelling which will produce the noise map zone with software such as Integrated Noise Modelling required input of airport?s infrastructure, traffics, trajectories, weather report, and topography surround the aerodrome. The map produced will be an effort for implementing Smart noise solution as one best solution to protect the community from the impact of aircraft?s noise. The implementation of one integrated system of smart noise measurement and monitoring such as Sentinelle and VITRAIL (VIsualisation des Trajectoires et des Informations en Ligne) in France has been studied in this report in order to learn about how its work and implement them in the future airport.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
T42287
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library