Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Ariq Naufal Rabbani
"Penggunaan teknologi mobile robot pada alat kesehatan sangat diperlukan, terutama dalam pemindahan pasien dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Petugas kesehatan sering mengalami risiko cidera ketika mendorong ranjang, seperti sakit pada bagian punggung bawah, bahu, dan gangguan musculoskeletal lainnya. Telah dikembangkan teknologi mobile robot yang dapat diaplikasikan pada ranjang rumah sakit yang sudah tersedia, yaitu mengganti roda kastor menjadi modul swerve drive. Modul ini memiliki kemampuan bergerak secara omnidirectional sehingga memudahkan bermanuver di ruangan yang sempit dan dinamis. Untuk mengurangi biaya dan kompoleksitas, pengembangan dilakukan dengan mengurangi jumlah modul menjadi dua dengan menggunakan dua buah roda kastor bawaan ranjang tanpa mengorbankan kemampuan pergerakan holonomik. Selain itu juga diterapkan perubahan motor steering menggunakan motor servo untuk dapat mempertahankan sudut putar roda. Untuk menguji kemampuan dari prototipe ranjang rumah sakit ini, dilakukan dua pengujian yaitu uji gerak lurus dan uji gerak rotasi dengan menggunakan bantuan ArUco marker untuk melakukan pengukuran simpangan gerak. Berdasarkan hasil pengujian diperoleh hasil bahwa prototipe ranjang rumah sakit lebih bisa bergerak lurus dibanding prototipe sebelumnya dengan peningkatan kemampuan sebesar 83.53%, namun hasil uji gerak rotasi menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan di antara kedua prototipe karena hanya terjadi peningkatan sebesar 25.02%.
The use of mobile robot technology in medical equipment is highly necessary, particularly for transferring patients from one room to another. Healthcare workers often face the risk of injury when pushing beds, such as lower back pain, shoulder pain, and other musculoskeletal disorders. A mobile robot technology has been developed that can be applied to existing hospital beds by replacing the caster wheels with swerve drive modules. These modules have omnidirectional movement capabilities, making it easier to maneuver in tight and dynamic spaces. To reduce costs and complexity, the development has been done by reducing the number of modules to two, using two of the bed’s original caster wheels without sacrificing holonomic movement capabilities. Additionally, steering motor adjustments have been made using servo motors to maintain the wheel’s turning angle. To test the capabilities of this hospital bed prototype, two tests were conducted: a straight movement test and a circular movement test, using ArUco markers to measure motion deviations. The test results showed that the hospital bed prototype could move straighter compared to the previous prototype with an improvement of 83.53%, but the circular movement test showed no significant difference between the two prototypes, with only a 25.02% improvement."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ali Fajar Hadi
"Pada penelitian ini, pada proyek skripsi ini mengembangkan prototype awal Sietem Mobilisasi Tempat tidur rumah sakit semiotomatis dengan mengadaptasi sistem swerve drive. Pada pengembangan awal ini, pada proyek skripsi ini mengembangkan metode pengendalian menggunakan joystick playstation2, dan masih membutuhkan input dari manusia. Dengan sistem ini, tempat tidur rumah sakit dapat membantu proses pemindahan pasien yang terbaring di tempat tidur rumah sakit dari suatu tempat ketempat lain dengan jumlah tenaga manusia lebih sedikit dibanding kebutuhan normal yang membutuhkan 2 orang minimal untuk brankar, atau 4 orang untuk tempat tidur besar, melainkan dengan hanya membutuhkan 1 orang untuk mengendalikan tempat tidur menggunakan joystick. Prototype awal ini dibangun dengan menggunakan brankar yang dimodifikasi dimana keempat rodanya masing-masing dengan diganti dengan modul roda Swerve drive yang memiliki 2 motor DC, yaitu untuk propulsi dan steering. Motor DC propulsi dilengkapi dengan sensor incremental rotary encoder sehingga pengendalian kecepatan putar roda dapat diatur, sedangkan motor dc untuk steering dilengkapi dengan non-contact potensiometer, untuk mengetahui dan juga mengendalikan sudut arah steer modul swerve tersebut. Selain kontrol kecepatan pada propulsi dan control sudut pada steering menggunakan PID dan juga algoritma Quintic trajectory genetaror yang dapat mengatur akselerasi dan deselerasi secata otomatis sehingga baik pada steering maupun propulsi memiliki kemampuan untuk berganti kecepatan dengan baik, tidak hanya berguna untuk menghindari hentakan pada roda gigi, namun juga diharapkan menjaga kenyamanan pasien pada saat proses pergantian kecepatan. Performa alat diuji dengan mengkarakterisasi hasil modul buatan dan hasil settingan tuning PID pada steering maupun propulsi, ditampilkan pula hasil uji awal berupa pengujian kecepatan berjalan dipermukaan lantai mengunakan Quaitic trajectory control.
In this study, we developed an initial prototype of a semi-automatic hospital bed mobilization system by adapting the swerve drive system. In this initial development, we developed a control method using the Playstation2 joystick, and still requires input from humans. With this system, hospital beds can help the process of transferring patients who are lying in a hospital bed from one place to another with less amount of human labor than the normal need to move patients, namely 2 people for minimum gurney, and 4 people for beds big, with only need 1 person to control the bed using a joystick. This initial prototype was built using a modified gurney in which all four wheels were each replaced with a Swerve drive module wheel which had 2 DC motors, namely for propulsion and steering. The DC propulsion motor is equipped with an incremental rotary encoder sensor so that control of the wheel rotational speed can be adjusted, while the dc motor for steering is equipped with a non-contact potentiometer, to find out and also control the direction angle of the swerve module steer. In addition to the speed control on the propulsion and angle control on the steering using PID and also the Quintic trajectory control algorithm that can adjust the acceleration and deceleration automatically so that both the steering and propulsion have the ability to change speeds well, not only useful for avoiding pounding on gears, but also expected to maintain patient comfort during the process of speed change. The performance of the tool was tested by characterizing the results of the artificial module and the results of the PID tuning settings on the steering and propulsion, also displayed preliminary test results in the form of a test of walking speed on the floor surface using Quaitic trajectory control."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library