Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Achmad Chodjim
Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2013
297.4 ACH s
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"ABSTRAK
Nabi Isa merupakan tokoh yang sangat penting bagi penganut agama-agama Ibrahim, khususnya Islam dan Kristen/Nasrani. Walaupun banyak persamaan hal pada tokoh fenomenal ini,namun tidak sedikit pula perbedaannya. Dari namanya, masing-masing agama Ibrahim mempunyai perbedaan sebutan, Isa, Yesus, dan Yeshua. Konsep masing-masing umat beeragama tentang Nabi Isa, putra Maryam, ini juga banyak perbedaannya, misalnya apakah Isa benar-benar mati disalib atau tidak, "
Yogyakarta: State Islamic University (UIN) Sunan Kalijaga, {s.a}
297 JAMI
Majalah, Jurnal, Buletin  Universitas Indonesia Library
cover
Achmad Chodjim
Jakarta: Serambi Ilmu Semesta, 2013
297.4 ACH s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
"Menurut catatan Pigeaud di h.i, naskah ini berisi berbagai macam teks, yaitu: 1. Kitab Johar Mungkin (h.1-6); 2. Suluk Acih atau Kitab Akya Ngulumudin (6-21); 3. Teks tanpa judul, menceritakan wejangan ngelmu yang diterima oleh Sunan Kalijaga (21-56); 4. Samsu Tabarit atau Wali Kutub (56-72); 5. Martabat Sanga (72-86); 6. Suluk Bayan Mani (86-89); 7. Mani Arki dab Pambekaning Para Guru (89-112); 8. Nukat Gaib (112-124); 9. Teks tanpa judul, menerangkan tentang roh (124-129); 10. Teks tanpa judul, menerangkan tentang rasa, wujud Tuhan dan isi kitab Bayan Mani, Johar Mungkin, Bayan Maot, dan Sirul Ustat. Teks diakhiri dengan Musyawarah para wali tentang ilmu makrifat (129-149); 11. Teks tanpa judul, menerangkan tentang sebutan Allah (149-154); 12. Rasa Sejati (154-161); 13. Suluk Sangkan Paran (161-164); 14. Teks tanpa judul, menerangkan tenatng konsep kawula gusti dan martabat pitu (164-169); 15. Suluk Peksi (169-176); 16. Serat Kidungan (176-204); 17. Piwulang Sae (204-230); 18. Buk Donga Basmah, berisi berbagai macam doa-doa seperti doa memandikan bayi, memendam ari-ari/placenta dan doa basmah.
Keterangan penyalinan hanya ditemukan dalam salah satu teks yang berjudul Akya Ngulumudin, yaitu disalin pada hari Jumat, tanggal 7 Rabingulawal, Je 1742, atau 18 Februari 1815.
Naskah ini dibeli Pigeaud dari Van der Gracht pada tanggal 1 Juli 1930, dan telah dibuatkan ringkasannya oleh Mandrasastra pada bulan November 1930 (terlampir)"
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
PW.130-NR 97
Naskah  Universitas Indonesia Library
cover
Masning Salamah
"Suluk merupakan karya sastra Jawa yang memuat informasi mengenai konsep-konsep serta berisikan ajaran mistik Islam atau tasawuf. Bagian terakhir dari Naskah Kitab Duryat, yang disebut Suluk Linglung Sunan Kalijaga, ditulis dalam huruf Arab pegon dan berbahasa Jawa. Bagian terakhir naskah ini berbentuk tembang macapat mengenai kehidupan Sunan Kalijaga. Bagian ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ditulis dalam bahasa Latin oleh tim Balai Pustaka pada tahun 1993. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan bahwa ajaran Islam di Jawa pada masa SLSK merupakan gabungan ajaran Jawa-Islam-Hindu-Buddha. Hal itu memberikan gambaran bahwa Islam yang dijalankan oleh masyarakat Jawa pada masa itu merupakan gabungan kejawaan, keislaman, kehindu-buddhaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi kepustakaan. Kemudian pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis hermeneutik untuk menganalisisnya. Hasil dari penelitian ini ditemukan gabungan mistisisme Jawa-Islam-Hindu-Buddha dalam teks SLSK yang ditunjukan dari beberapa bait yang berisi mengenai upaya menjauhi dan menahan segala nafsu duniawi untuk mencapai penyatuan dengan Tuhan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat gabungan mengenai mistisisme Jawa-Islam-Hindu-Buddha yang dibuktikan dengan cara mencapai keadaan mistis.

Suluk is a Javanese literary work that contains information about concepts and includes Islamic mystical teachings or Sufism. The final part of the Manuscript of the Duryat Book, called Suluk Linglung Sunan Kalijaga, is written in Arabic Pegon script and in the Javanese language. This last part of the manuscript takes the form of macapat poetry about the life of Sunan Kalijaga. It was later translated into Indonesian and written in Latin script by a team from Balai Pustaka in 1993. This study aims to provide knowledge that Islamic teachings in Java during the time of SLSK were a combination of Javanese-Islamic-Hindu-Buddhist teachings. This illustrates that the practice of Islam by the Javanese community at that time was a blend of Javanese, Islamic, Hindu, and Buddhist elements. The method used in this study is a qualitative descriptive method with literature study techniques. The approach used is a philosophical hermeneutic approach for analysis. The results of this study found a combination of Javanese-Islamic-Hindu-Buddhist mysticism in the SLSK text, as indicated by several verses that discuss the effort to avoid and restrain all worldly desires to achieve union with God. The conclusion of this study is that there is a combination of Javanese-Islamic-Hindu-Buddhist mysticism, as evidenced by the ways to achieve a mystical state."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Mandrasastra
"Naskah ini merupakan ringkasan dari suatu naskah yang diperoleh Dr. H. Kraemer dan J. van de Weg di Juntikulon Cirebon. RIngkasan teks ini dikerjakan oleh Mandrasastra pada bulan Agustus 1934 di Yogyakarta (h.i). Tidak ditemukan keterangan tentang keberadaan naskah induk tersebut.
Teks yang diberi judul Suluk Seh Sarip tuwin Darmagandhul ini, diawali dengan kisah Seh Jumb di Bagdad yang mengajarkan kepada para muridnya mengenai kesempurnaan hidup, dilanjutkan dengan pengembaraan Pangeran Santang bersama tujuh orang istrinya ke Pulau Jawa. Seh Sarip salah seorang putra raja Bagdad, mengembara dan berguru pada berbagai syeikh, bertanya tentang asal mula ruh, arwah, dan hancurnya jasad, hingga Seh Sarip berguru pada Sunan Ampel Gading. Teks ini diakhiri dengan suatu kisah yang mirip dengan teks Darmagandhul (lihat pupuh 15-19), menceritakan perjalanan Sunan Bonang yang menyebarkan agama Islam, dan Sultan Demak yang mengalahkan Majapahit. Diceritakan pula tentang raja Majapahit yang masuk Islam atas ajakan Sunan Kalijaga.
Keterangan mengenai nama Sarip, atau dikenal dengan Sarip Idayat dapat dijumpai di Pigeaud 1970:250 yang menerangkan bahwa beliau adalah anak dari Rara Santang. Dalam MSB/S.146 juga disinggung mengenai tokoh bernama Seh Sarip. Namun apakah teks ini ada hubungan dengan keterangan mengenai Sarip Idayat, perlu penelitian lebih lanjut.[11]"
[Place of publication not identified]: [publisher not identified], [date of publication not identified]
PW.120-L 21.18
Naskah  Universitas Indonesia Library