Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 14 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tomy Yudho Prantomo
Abstrak :
Semakin berkembangnya suatu perusahaan perlu juga diimbangi dengan sistem yang lebih baik. Sistem informasi dalam suatu organisasi digunakan untuk melihat, mengolah data untuk menghasilkan informasi yang mendukung perusahaan baik untuk pegawai, pelanggan, supplier, dan juga rekan bisnis. Tesis ini membahas dan pengembangan dari siklus pengeluaran pada PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Penelitian ini merupakan studi kasus yang terjadi pada saat penulis melakukan penelitian. Fokus pembahasan dalam karya akhir ini adalah siklus pengeluaran yang menjadi pendukung operasi PT NICI secara keseluruhan. Banyaknya keluhan atas proses yang lama, terutama yang berkaitan dengan siklus pengeluaran menyebabkan terganggunya kegiatan usaha perusahaan. Hasil dari penelitian ini adalah suatu gambaran proses pengeluaran yang secara terintegrasi, sehingga pihak yang terlibat secara langsung dalam siklus pengeluaran dapat memahami peran dan tanggung jawab, juga pentingnya dalam kegiatan usaha perusahaan secara keseluruhan, sehingga bisa didapatkan pemahaman yang cukup untuk membuat suatu prosedur yang jelas berkaitan dengan proses pengeluaran pada perusahaan.
Growing company needs to be balanced with a better system. Information systems within an organization is used to view, process the data to produce information that supports companies, employees, customers, suppliers and business associates as well. This thesis discusses and development of the expenditure cycle at PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia. This research is a case study that occurred at the time the author conducted the research. The focus of discussion in this thesis is an expenditure cycle that support PT NICI?s overall operation. Number of complaints to the late process, particularly relating to the expenditure cycle effecting company operations. The results of this study is a description of expenditure process that is integrated, so parties who participate directly in the expenditure cycle can understand the roles and responsibilities, and also the importance in the total operating business, so it can get sufficient understanding to establish a clear procedure associated with the process of expenditure on the company.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27772
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmatika Indah Hardiyani
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini membahas secara terperinci mengenai aktivitas pemrosesan faktur di CVX IBU. Analisis dimulai dari penjelasan mengenai jenis-jenis faktur yang ada beserta sistem yang digunakan di perusahan. Lalu dijelaskan pula mengenai siklus pengeluaran yang dilakukan perusahaan secara umum dan secara khusus pembahasan berada pada tahap aktivitas pemrosesan faktur. Lalu akan dilakukan analisis risiko dan pengendalian atas siklus pengeluaran perusahaan, khususnya tahap pemrosesan faktur. Hasil dari laporan magang ini menyimpulkan bahwa pengendalian internal pada siklus pengeluaran, khususnya aktivitas pemrosesan faktur yang diterapkan di CVX IBU sudah baik. Namun masih terdapat beberapa kekurangan terkait kebijakan dan juga prosedur terkait siklus pengeluaran perusahaan yang harus diperbaiki oleh perusahaan agar pengendalian internal terhadap siklus pengeluaran, khususnya aktivitas pemrosesan faktur di perusahaan menjadi lebih baik.
ABSTRACT
This internship report discusses in detail about the invoice processing activities in CVX IBU. The analysis starts from the description of the kinds of invoices are there along with the system used. Then also explained the expenditure cycle of the company in general and invoice processing activities in specific. And then discusses about a risk analysis and its control over expenditure cycle, especially in invoice processing stage. The result of this internship report concluded that the internal controls on expenditure cycle, especially invoice processing activities are implemented in CVX IBU is good. However, there are some lack of policies and procedures related to the internal control in expenditure cycle which need to be fixed by the company to improve the internal control in expenditure cycle, especially when processing invoices.
2013
S43956
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogie Pratama
Abstrak :
Laporan magang ini membahas evaluasi sistem informasi pada siklus pendapatan dan pengeluaran yang ada di PT HS. Pembahasan laporan magang ini difokuskan pada proses dan alur dokumen pada kedua siklus tersebut. Evaluasi ini menggunakan flowchart sebagai media pengambaran alur proses. Pembahasan meliputi deskripsi proses yang ada, deskripsi masalah dan pemberian saran untuk PT HS. Hasil dari evaluasi sistem informasi ini, PT HS memiliki banyak kekurangan sehingga harus melakukan perbaikan dalam sistem informasi pada siklus pendapatan dan pengeluaran. ......This internship report discusses about the evaluation of information systems on revenue and expenditure cycle in PT HS. Discussion of the report is focused on the flow of process and document in both cycles. The discussion includes a description of existing processes, description of the problem and provision of advice to PT HS. The evaluation uses flowcharts as medium to describe flow of process and document. The results of the evaluation of information systems, PT HS has significant weaknesses and has to make improvements in information system for revenue and expenditure cycles.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Jibril Guntoro
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang di bagian operasional terkait kecukupan aktivitas pengendalian di PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi dilakukan pada bagian operasional PT PKN Kantor Wilayah Jakarta. Evaluasi aktivitas pemesanan dan penerimaan barang berdasarkan kerangka siklus pengeluaran pada bagian pemesanan dan penerimaan barang serta kerangka Control Activities. Berdasarkan evaluasi pada siklus pengeluaran pada aktivitas pemesanan dan penerimaan, belum sepenuhnya sesuai dengan kerangka dikarenakan tidak terdapat Standard Operating Procedure (SOP) pada pemesanan dan penerimaan barang. Sehingga, hal tersebut berdampak pada kurang sesuainya kecukupan dalam Control Activities pada aktivitas pemesanan dan penerimaan barang. ......This internship report aims to evaluate the activities of ordering and receiving goods in the operational section related to the adequacy of control activities at PT PKN Jakarta Regional Office. The evaluation was carried out at the operational section of PT PKN Jakarta Regional Office. Evaluation of the activity of ordering and receiving goods based on the expenditure cycle framework in the ordering and receiving section of goods and the framework of Control Activities. Based on the evaluation of the expenditure cycle on ordering and receiving activities, it is not fully in accordance with the framework because there is no Standard Operating Procedure (SOP) on ordering and receiving goods. Thus, this has an impact on the lack of appropriate adequacy in Control Activities on ordering and receiving goods.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Royhan Faqihuddin
Abstrak :
Laporan magang ini menganalisis pengendalian internal pada siklus pengeluaran perusahaan PT ZXC yang bergerak di bidang penjualan susu formula bayi. Penjualan susu formula bayi tidak dapat diperjualbelikan secara bebas karena terdapat peraturan-peraturan dari para pemangku kepentingan. Aktivitas bisnis yang tidak taat peraturan akan membebani pengeluaran perusahaan. Cakupan analisis berfokus pada siklus pembayaran jasa medis dan reimbursement pegawai menggunakan COSO Framework 2013, berikut solusi perbaikan kekurangan yang ada sesuai dengan cakupan kerja penulis saat melakukan program magang. Hasil analisis menunjukkan hampir semua komponen COSO Framework 2013 terpenuhi kecuali beberapa prinsip dari komponen COSO Framework 2013 yang kurang teraplikasikan.
This internship report analyzes internal controls in company namely PT ZXC rsquo s payment cycle company engaged in the sale of infant formula product. The sales can not be traded freely as there are regulations of the stakeholders. Non compliance business activities will burden corporate spending. Analysis focus on the payment cycle of medical services and reimbursement of employees using the COSO Framework 2013, following solutions of existing deficiencies in accordance with the author 39 s scope of work while doing the internship program. The analysis results show that almost all COSO Framework 2013 components are met except for some of principles that are less implemented.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Myla Galuh Saumi
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai siklus pengeluaran kas dan pengendalian internal di perusahaan industri manufaktur petrokimia. Siklus pengeluaran kas memiliki empat aktivitas, yaitu identifikasi tanggal jatuh tempo hutang dagang, mempersiapkan pengeluaran kas, memperbarui catatan hutang dagang, dan melakukan posting ke buku besar umum. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analsis yang dilakukan menggunakan komponen COSO Internal Control Integrated Framework tahun 2013, yaitu lingkungan pengendalian serta informasi dan komunikasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan pengendalian internal oleh PT DEF sudah cukup baik pada komponen lingkungan pengendalian, aktivitas pengendalian dan aktivitas pengawasan sedangkan penerapan komponen penilaian risiko serta informasi dan komunikasi belum cukup efektif. ......This study discusses the cash disbursement cycle and internal control in the petrochemical manufacturing industry. The cash disbursement cycle has four activities, namely identifying the due date for accounts payable, preparing cash disbursements, updating accounts payable records, and posting to the general ledger. The research method used was observation, interview, and documentation study. The analysis was carried out using the 2013 COSO Internal Control Integrated Framework components, namely the control environment as well as information and communication. The results of this study explain that the implementation of internal control by PT DEF is good enough for the components of the control environment, control activities and monitoring activities, while the implementation of the components of risk assessment and information and communication is not effective enough.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rika Ramadiyansari
Abstrak :
Situasi aktual perusahaan pengelola kawasan industri PT XYZ berdasarkan laporan audit internal menunjukkan aktivitas yang tidak biasa pada proses bisnis pengeluaran kas. Perbaikan diperlukan agar proses bisnis dapat berjalan lebih baik, menghindari penipuan, dan menyajikan laporan keuangan secara adil. Penelitian ini mengevaluasi efektivitas proses bisnis pengeluaran kas yang berjalan di PT XYZ dan pengendalian internalnya menggunakan kerangka kerja COSO 2013. Penelitian ini adalah metode studi kasus kualitatif yang menekankan pada pendalaman analisis sistem, keadaan, peristiwa dan interaksi untuk menjawab masalah penelitian. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari wawancara, observasi dan ulasan dokumen ilmiah dan perusahaan. Hasilnya menunjukkan adanya kelemahan perusahaan dalam menjalankan proses bisnis pengeluaran kas dan pengendalian internalnya. Penelitian ini menyajikan evaluasi penyebab, faktor kelemahan, identifikasi risiko, dan diagram alur proses bisnis pengeluaran kas yang berkorelasi dengan pengendalian internal untuk menentukan. ......An industrial estate management company PT XYZs actual situation based on internal audit report shows unusual activities in the cash disbursement business process. The improvement is needed in order to be able to run business process properly, avoid fraud, and present financial statements fairly. This research evaluates the effectiveness of current cash disbursement business process and its internal control using COSO 2013 framework. This research is a qualitative case study method that emphasizes the deepening of the analysis of a system, circumstances, events and interactions to answer the research problems. This study uses primary and secondary data obtained from interviews, observations and reviews of scientific and company documents. The result show companys weakness in running cash disbursement business process and its internal control. This research presents the evaluation of causes, weakness, risk identification and cash disbursement business process flowchart, which are correlated with internal controls to determine appropriate and effectiveness activity in cash disbursement business process.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Joshua Dipatama P.
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan ini ditulis untuk menganalisis proses pengujian ICoFR yang dilakukan PT. Pertamina di dalam siklus Pengeluaran, khususnya di sub proses pengakuan hutang. Penemuan didalam laporan magang ini menunjukkan bahwa proses pengujian yang dilakukan sudah sesuai dengan pedoman internal dan hasil pengujian ICoFR menunjukkan bahwa hampir semua proses bisnis di dalam sub proses Pengakuan Hutang sudah efisien, namun tetap ada proses bisnis yang mendapat kesimpulan control deficiency.
ABSTRACT
This report was written to analyze the ICoFR testing process conducted by PT. Pertamina in the Expenditure cycle, especially in the subprocess of debt recognition. The findings in this apprenticeship report indicate that the testing process performed in accordance with internal guidelines and ICoFR test results indicates that almost all business processes in the Debt Recognition sub process are efficient, but there are business processes that are inferred from the control deficiency.
2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
M. Afi Adani Syihab
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan mengevaluasi prosedur verifikasi pada bagian utang dagang di PT ST. Prosedur verifikasi dilakukan oleh bagian utang dagang sebagai bentuk pelaksanaan siklus pengeluaran. Prosedur verifikasi yang dilakukan yaitu verifikasi terhadap tagihan serta verifikasi terhadap lembar verifikasi. Verifikasi terhadap tagihan dievaluasi berdasarkan teori Three way’s match dan teori prinsip desain. Verifikasi terhadap lembar verifikasi dievaluasi hanya berdasarkan teori prinsip desain. Berdasarkan evaluasi prosedur verifikasi terhadap tagihan, dijelaskan bahwa prosedur tersebut belum menerapkan Three Way’s Match secara penuh dengan tidak dilakukannya pencocokan terhadap jumlah unit barang yang ditransaksikan. Sementara itu, prosedur verifikasi terhadap tagihan telah menerapkan teori prinsip desain secara penuh. Berdasarkan hasil evaluasi prosedur verifikasi terhadap lembar verifikasi, dijelaskan bahwa prosedur tersebut belum menerapkan teori prinsip desain secara penuh karena tidak tersedianya kolom tanggal persetujuan dari tiga approver.
This internship report aims to evaluate the verification procedures on the accounts payable department of PT ST. The verification procedures are carried out by the accounts payable department as an implementation form of the expenditure cycle. Verification procedures which implemented are invoice documents verification and verification of verification form. Invoice documents verification are evaluated by Three way’s match theory and design principles theory. Meanwhile, verification of verification form is evaluated by design principles theory. Based on the invoice documents verification evaluation, the procedure not fully implement three way’s match theory by not verifying unit quantity. Meanwhile, the procedure fully implements design principles theory. Based on the verification of verification form evaluation, the procedure not fully implement design principles as there is no space for approval date of three approvers.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia , 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dinar Astrifa
Abstrak :
Laporan magang bertujuan untuk melaporkan kegiatan magang yang dilakukan pada PT JKL dengan mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pengeluaran biaya overhead yang dilaksanakan PT JKL. Biaya overhead PT JKL mencakup laporan biaya overhead PT JKL yang terbentuk dari 3 biaya, yaitu biaya marketing, personalia, dan biaya other overhead. Pembahasan berkonsentrasi pada pengeluaran dengan mekanisme pembelian barang dan jasa untuk biaya marketing dan other overhead. Siklus pengeluaran biaya overhead tersebut terdiri dari empat aktivitas, yaitu aktivitas pemesanan barang dan jasa yang akan dibeli, aktivitas penerimaan barang dan jasa yang telah dibeli, aktivitas pemrosesan atau persetujuan invoice dari vendor, dan aktivitas pembayaran atas pembelian barang dan jasa. Proses evaluasi didasarkan pada pengamatan langsung dari pekerjaan dan melalui wawancara pegawai PT JKL yang bertugas menangani pengendalian internal siklus pengeluaran PT JKL. Evaluasi dilakukan dengan mengacu kepada teori siklus pengeluaran Romney & Steinbart (2016:400- 401). Hasil dari laporan magang ini menunjukan bahwa pengendalian internal yang dilakukan PT JKL pada siklus pengeluaran biaya overhead dengan mekanisme pembelian barang dan jasa sudah cukup baik. Adapun rekomendasi yang diberikan untuk meningkatkan pengendalian internal PT JKL, yaitu melakukan tracking dan monitoring pada vendor baru PT JKL. ......This internship report aims to report on internship activities which are held at PT JKL by evaluating internal controls on the overhead expenditure cycle implemented by PT JKL. PT JKL’s overhead costs include PT JKL overhead cost report are consist of 3 costs, namely marketing cost, personnel cost, and other overhead cost. The study concentrates on expenditure with the mechanism for purchasing goods and service for marketing cost and other overhead cost. The overhead expenditure cycle consists of four activities of the overhead expenditure cycle starting with ordering for goods and service activities, receiving goods and service activities, processing or approval invoice activities, and cash disbursements activities. The evaluation is based on direct observation from the tasks given during the internship program at PT JKL and through interviews with PT JKL employees who are in charge of the internal control of PT JKL’s expenditure cycle . The evaluation is conducted with respect to Romney and Steinbart’s expenditure cycle theory (2016:400-401). The result of this report shows that the internal control conducted by PT JKL in its Expenditure Cycle with the mechanism for purchasing goods and service has been good enough. The recommendations given to increase PT JKL’s internal control are tracking and monitoring the new PT JKL’s vendor.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisinis Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>