Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adryan Hernando
Abstrak :
Untuk menyediakan produk atau jasa di tempat dan waktu yang tepat dengan harga yang tepat dibutuhkan sebuah siklus pendapatan dan pengendalian internal yang efisien dan efektif. Dengan adanya efisiensi dan efektivitas dalam siklus pendapatan dan pengendalian internal, perusahaan diharapkan dapat menghasilkan informasi yang akurat dan handal sehingga bisa menghasilkan keputusan yang tepat bagi perusahaan. Laporan magang ini akan membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA sebagai perusahaan jasa penyedia media luar ruang berupa papan reklame. Hasil analisis penulis terhadap siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA yaitu siklus pendapatan dan pengendalian internal PT. AVA telah berjalan dengan efisien dan efektif namun masih ada beberapa hal yang masih perlu diperbaiki.
Efficiency and effectiveness a revenue cycle and internal control is needed to provide products or services at the right place, time, and price. With the efficiency and effectiveness of the revenue cycle and internal control, the company is expected to generate accurate and reliable information to produce the rights decision. This internship report will discuss the revenue cycle and internal control in PT AVA as a service provider of outdoor media such as billboards. The result of the study is PT AVA has been run revenue cycle and internal control efficiently and effectively, but there are still some things that need to be improved.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44048
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Maryam Shahnaz Diena
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan yang dilakukan oleh PT SSM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan PT SSM, mencari kelemahan yang ada dalam sistem tersebut dan memberikan alternatif solusi pada siklus pendapatan PT SSM. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan pengamatan langsung terhadap kegiatan usaha yang dilakukan oleh perusahaan dalam mengikuti proses pelelangan elektronik (eprocurement) yang diadakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Hasil pengamatan menunjukkan bahwa PT SSM tidak memiliki sistem pengendalian internal yang baik, dan belum melakukan pencatatan akuntansi sesuai dengan standar yang berlaku. Penulis mengajukan Standard Operating Procedure (SOP) atas prosedur pengadaan barang/jasa untuk memperbaiki sistem pengendalian internal perusahaan.
ABSTRACT
This study examines the revenue cycle on goods/services procurement entities which is PT SSM. This study aims to evaluate the internal control on PT SSM's revenue cycle, point the existing shortcomings and provide the alternative solution to eliminate the shortcomings in the revenue cycle. This study was conducted by making direct observation of the business activities done by the enterprise in participating on the electronic tender process (e-procurement) held by the Ministry of Maritime Affairs and Fisheries.

The results showed that PT SSM does not have a good internal control system and the accounting records are not done in accordance with the applicable standards. The author propose a Standard Operating Procedure (SOP) for the goods/services procurement procedures to improve the company’s internal control system.
2014
S53180
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Arsya Shafira Firstri
Abstrak :
Tugas karya akhir ini membahas tentang pengendalian internal terhadap siklus pendapatan pada StartUp PQR. Tujuan dari penelitian tugas akhir ini adalah mengevaluasi pengendalian internal pada siklus pendapatan yang diterapkan dan melakukan analisis berdasarkan kerangka pengendalian internal COSO. Penelitian dilakukan dengan cara mengobervasi aktifitas perusahaan dan melakukan wawancara. Penelitian ini akan difokuskan kepada siklus pendapatan StartUp PQR. Hasil observasi menunjukkan bahwa pengendalian internal StartUp PQR berdasarkan kerangka COSO sudah berjalan dengan cukup baik. Peran inkubator bisnis dalam aktvitas pengendalian sangat besar, sehingga menghasilkan kontrol yang efektif. Hasil penelitian menyarankan untuk mulai menggunakan jurnal voucher sebagai dasar pencatatan pendapatan dan menyarankan agar CEO melakukan pengawasan secara berkala kepada tim keuangan. ...... This final project discusses the internal control of the revenue cycle at StartUp PQR. The purpose of this final project is to evaluate the internal control in the revenue cycle that is applied and perform an analysis based on the COSO internal control framework. The research was conducted by observing the company's activities and conducting interviews. This research will focus on the PQR StartUp revenue cycle. The observation results show that the internal control of StartUp PQR based on the COSO framework has been running quite well. The role of business incubators in control activities is very large, resulting in effective control. The results of the study suggest starting to use journal voucher as a basis for record revenue and suggest that the CEO conducts periodic supervision of the finance team.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yogie Pratama
Abstrak :
Laporan magang ini membahas evaluasi sistem informasi pada siklus pendapatan dan pengeluaran yang ada di PT HS. Pembahasan laporan magang ini difokuskan pada proses dan alur dokumen pada kedua siklus tersebut. Evaluasi ini menggunakan flowchart sebagai media pengambaran alur proses. Pembahasan meliputi deskripsi proses yang ada, deskripsi masalah dan pemberian saran untuk PT HS. Hasil dari evaluasi sistem informasi ini, PT HS memiliki banyak kekurangan sehingga harus melakukan perbaikan dalam sistem informasi pada siklus pendapatan dan pengeluaran. ......This internship report discusses about the evaluation of information systems on revenue and expenditure cycle in PT HS. Discussion of the report is focused on the flow of process and document in both cycles. The discussion includes a description of existing processes, description of the problem and provision of advice to PT HS. The evaluation uses flowcharts as medium to describe flow of process and document. The results of the evaluation of information systems, PT HS has significant weaknesses and has to make improvements in information system for revenue and expenditure cycles.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44563
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Wicaksono
Abstrak :
Laporan magang ini bertujuan untuk menjelaskan siklus pendapatan pada salah satu perusahaan penyedia jasa layanan telekomunikasi di Indonesia. Pembahasan diawali dengan penjelasan dari masing-masing aktivitas siklus pendapatan, dilanjutkan dengan menganalisis penerapan siklus pendapatan dan pengendalian internal yang ada apakah telah mencukupi untuk meminimalisir ancaman ndash; ancaman pada siklus pendapatan. Pada bagian pembahasan juga dijelaskan reviu atas sistem informasi pada siklus pendapatan beserta hasil temuan yang di dapatkan dari pelaksanaan reviu. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pengendalian internal pada tahap penyediaan layanan, penagihan dan penerimaan kas sudah efektif. Kelemahan pengendalian internal masih ditemukan pada tahap penerimaan permintaan layanan. ......This internship report aims to explain the revenue cycle process on one of the telecommunication service provider in Indonesia. This report explains each activity within the revenue cycle. Next, this report analyze the implementation as well as the adequacy of existing to minimize threats in the cycle. The information system used in the revenue cycle is also reviewed. Analysis shows that internal controls on activity of service providing, billing and cash collection are effectively put in place. However, there are several minor deficiencies found in the internal control on receiving service order.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Oktivia Andarani
Abstrak :
ABSTRAK Laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi siklus pendapatan di FZ Indonesia dan pengendalian internal untuk siklus pendapatan tersebut. FZ Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa profesional akuntan. Secara keseluruhan, FZ Indonesia telah melaksanakan siklus pendapatannya dan pengendalian dalam siklus tersebut sesuai dengan teori sistem informasi akuntansi. Meskipun sudah memiliki pengendalian yang cukup memadai, namun masih terdapat kelalaian yang dapat menghambat jalannya operasional tim yang terlibat di siklus pendapatan FZ Indonesia.
ABSTRACT This report aims to evaluate the revenue cycle performed in FZ Indonesia and the internal control of the cycle. FZ Indonesia is a service company which provides audit and consulting service. Overall, FZ Indonesia has performed its revenue cycle and internal control for the cycle in accordance with the accounting information system theory. Even though FZ Indonesia already have sufficient internal control, there is negligence which can hinder the operation of the teams involved in the FZ Indonesia revenue cycle.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ceicilia Astri Hartanti
Abstrak :
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, merancang dan mengimplementasikan sistem pengendalian internal pada siklus pendapatan suatu entitas nirlaba yang bergerak di bidang jasa pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus pada Yayasan ABC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi pada salah satu cabang sekolah yang berada di bawah kepengurusan Yayasan ABC, melakukan serangkaian wawancara dengan tim di divisi penjualan, divisi keuangan serta pihak pengurus Yayasan, dan melakukan analisis pada dokumen internal perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beberapa kelemahan pada rancangan pengendalian internal Yayasan dalam mengoptimalkan proses penagihan kepada orang tua murid. Kelemahan ini disebabkan karena belum adanya penyesuaian prosedur terhadap proses bisnis yang baru dan penerapan pengendalian internal yang belum dilakukan secara seragam dan terstruktur. Hal ini berdampak terhadap saldo akun piutang usaha dan nilai pendapatan yang dicatatkan menjadi tidak akurat; dan banyaknya keluhan dari orang tua murid akibat nilai penagihan yang tidak sesuai. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan rekomendasi perbaikan pada prosedur administrasi keuangan perusahaan beserta aktivitas pengendalian internal yang diperlukan guna menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga kinerja dan reputasi Yayasan di mata para pelanggannya dapat meningkat.
ABSTRACT This research aims to analyze, design and implement internal control systems in the revenue cycle of a nonprofit entity engaged in education services. This research was conducted with descriptive qualitative approach of case study method at ABC Foundation. The research was conducted by observing on one of the school branch under the ABC Foundation management, conducting a series of interviews with the team in the sales division, the financial division as well as the management of the Foundation, and analyzing the internal documents of the company. The results show that there were some weaknesses on the Foundation internal control design in optimizing billing process to parents. It was caused by the absence of procedures rsquo adjustment to new business processes and the implementation of internal control that has been done unevenly and unstructured. This has an impact on the account balances of accounts receivable and the value of the recorded income to be inaccurate and the number of complaints from the parents due to inappropriate billing amount. Therefore, this study provides recommendations for improvements in company rsquo s financial administration procedures and internal control activities that can be applied to solve existing problems. So that, in the near future, company rsquo s performance and reputation will be increase.
Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Agus Suhendra
Abstrak :
Penelitian ini membahas pengendalian internal terhadap siklus pendapatan yang dilakukan oleh PT. ABC.Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keefektifan pengendalian internal pada siklus pendapatan atasproyek pekerjaan properti yang telah diterapkan, dan melakukan penilaian berdasarkan kerangka COSO.Penelitian dilakukan dengan cara melakukan observasi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan, danwawancara terhadap fungsi-fungsi terkait dengan siklus pendapatan perusahaan. Hasil observasi menunjukanbahwa PT.ABC masih terdapat kelemahan dalam sistem informasi akuntansi dan pengendalian internal yangtelah dilakukan perusahaan. Hasil penelitian menyarankan agar perusahaan mematuhi standar akuntansi yangberlaku, dan setiap karyawan harus menjalankan tugasnya sesuai dengan prosedur operasional yang berlaku. ......This study discusses the internal control on revenue cycle conducted by PT. ABC. The purpose of this research isto analyze the effectiveness of internal control to revenue cycle on the property project that has been applied,and evaluated internal control based on COSO Framework. The research was conducted by observing theactivities undertaken by the company, and interviewing the functions related to the revenue cycle of thecompany. The result of observation shows that PT.ABC still have weakness in accounting information systemand internal control which have been done by company. The results suggest that companies comply withapplicable accounting standards, and each employee must perform their duties in accordance with standardoperational procedure.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Raka Devan Ilham M.
Abstrak :
Penelitian ini membahas mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal atas siklus tersebut di perusahaan subkontraktor konstruksi yaitu PT ABC. Masih sedikit studi yang mempelajari mengenai siklus pendapatan dan pengendalian internal pada perusahaan konstruksi khususnya perusahaan subkontraktor. Padahal, kontraktor utama memiliki pengaruh di dalam siklus pendapatan subkontraktor yang membuat terdapat proses yang berbeda dengan perusahaan non konstruksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan wawancara kepada empat responden, observasi aktivitas PT ABC dan analisis dokumen perusahaan. Siklus pendapatan PT ABC terdiri dari aktivitas penerimaan proyek konstruksi, aktivitas pengerjaan proyek konstruksi, penagihan dan penerimaan kas. Dalam siklus pendapatan PT ABC, setiap aktivitas memiliki kelemahan-kelemahan seperti pencatatan yang tidak tepat, tidak ada rekonsiliasi transaksi dan permasalahan terkit piutang usaha. Analisis menggunakan COSO Internal Control Integrated Framework tahun 2013 menunjukkan bahwa penerapan lima komponen pengendalian internal di PT ABC yang terdiri dari lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi serta pengawasan belum memadai. ......This study discusses the revenue cycle and internal control over the cycle in the construction subcontractor company, PT ABC. There are still few studies that study the revenue cycle and internal control in construction companies, especially subcontractor companies. In fact, the main contractor has influence in the subcontractor's revenue cycle, which makes the process different from that of non-construction companies. This research was conducted by conducting interviews with four respondents, observing PT ABC activities and analysing company documents. PT ABC's revenue cycle consists of activities of receiving construction projects, activities of working on construction projects, billing and cash collection. In PT ABC's revenue cycle, every activity has weaknesses such as incorrect recording, no transaction reconciliation and problems related to account receivables. Analysis using the COSO Internal Control Integrated Framework 2013 shows that the implementation of the five components of internal control at PT ABC which consists of the control environment, risk assessment, control activities, information and communication and monitoring is inadequate.
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rosyid Faad Rokhman
Abstrak :
Laporan Magang ini membahas siklus pendapatan yang ada pada myCampus UI. myCampus UI merupakan authorized campus reseller yang menjual produk-produk Apple dan berbagai macam accessories dan software yang berhubungan dengan Apple, serta menyediakan jasa perbaikan dan klaim garansi produk Apple. Pembahasan akan ditekankan pada dua prosedur, yakni prosedur penjualan dan prosedur penerimaan kas pada myCampus UI serta analisis pengendalian internal sesuai dengan komponen yang terdapat dalam COSO?s Internal Control Framework. Hasil dari evaluasi prosedur penjualan dan penerimaan kas menunjukkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian antara Standard Operating Procedure myCampus UI dan fakta di lapangan yang ada. Hal ini disebabkan oleh tidak adanya pembaruan Standard Operating Procedure. Penulis tidak menemukan adanya risiko yang signifikan baik pada prosedur penjualan maupun prosedur penerimaan kas sehingga secara umum dapat disimpulkan bahwa tujuan pengendalian atas siklus pendapatan myCampus UI telah tercapai. ......This internship report analyze the revenue cycle of myCampus UI. myCampus UI is an authorized campus reseller that sells Apple products and several accessories and software associated with Apple, as well as providing repair services and warranty claims Apple products. The analysis focuses on two procedures, namely sales procedure and cash receipt procedures at myCampus UI and analysis of internal control applied by myCampus UI in accordance with COSO's Internal Control Framework. The results of evaluation sales and cash receipt procedure indicate that there is a mismatch between Standard Operating Procedure of myCampus UI and the facts on the work field. This is caused by the lack of Standard Operating Procedure updates. There is no significant risk both on sales procedure and cash receipt procedure so that in general, it can be concluded that the control objectives of myCampus UI revenue cycle was achieved.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>