Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 19 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sijabat, Rosdiana
Abstrak :
ABSTRACT
This research is intended to explore sharing economy, particularly ride sharing. The study aims to identify the impact of four factors -economic, social, environmental, and technological- on individuals' motivation and decision to use three ride sharing platforms: UBER, GRAB and Go-JEK in Indonesia. Based on available literature, four research hypotheses are tested, namely that (1) economic factors; (2) social factors;(3) environmental factors; and (4) technological factors have positive influence on individuals' motivation and decision to use ride sharing services. Primary and secondary data are used to answer the research questions. Primary data were obtained through an online survey of 355 respondents, while secondary data were obtained from various related literatures. The research is both descriptive and quantitative in nature, the empirical analysis suggest that economic, social, environmental, and technological factors are positively associated with users' decision to use ride sharing.
Tangerang: Business School Universitas Pelita Harapan, 2019
338 DEREMA 14:1 (2019)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Oktaviani Charra Analita Utami
Abstrak :
Dengan semakin banyaknya orang yang tinggal di daerah perkotaan, ada kebutuhan yang meningkat untuk memiliki kota yang berkelanjutan. Sharing economy muncul dalam satu dekade terakhir, membawa dampak di perkotaan dan dipromosikan sebagai cara untuk mencapai kota yang berkelanjutan. Dengan berbagi sumber daya yang tidak digunakan di kota, model ekonomi baru ini dianggap dapat menopang ekonomi, masyarakat, dan lingkungan kota. Studi sebelumnya secara normatif telah membahas hubungan antara keberlanjutan dan sharing economy secara keseluruhan. Namun, studi empiris tentang keberlanjutan yang berasal dari bentuk-bentuk tertentu dari sharing economy, khususnya space sharing, masih terbatas. Selain itu, meski studi kuantitatif yang menghubungkan beberapa bentuk ekonomi berbagi dengan keberlanjutan ada, seperti di bidang space sharing jarang ditemukan. Mengisi kekosongan dalam penelitian, penelitian ini ingin mempelajari dampak sharing economy pada keberlanjutan melalui studi kasus coliving yang memanfaatkan apartemen kosong di Jakarta. Studi ini akan mengidentifikasi secara nilai-nilai berkelanjutan yang timbul dari coliving melalui wawancara mendalam dengan penyewa dan operator. Studi ini juga akan mencoba memahami sejauh mana keberlanjutan dari coliving dianggap bernilai.
With a growing number of people living in urban areas, there's an increasing need to have sustainable cities. The sharing economy has emerged in the past decade, making impacts in cities while being promoted as a way to achieve sustainable cities. By sharing a city's idle resources, the new economic model is deemed to sustain a city's economy, community, and environment. Past studies have normatively discussed the linkage between sustainability and the sharing economy as a whole. However, empirical studies on sustainability coming from certain forms of the sharing economy, particularly space sharing, are still limited. Moreover, while quantitative studies linking some forms of sharing economy with sustainability exist, such in the field of space sharing is also scarce. Filling the gaps in research, this study would like to study the impact of sharing economy on sustainability through the case of coliving that utilizes vacant apartments in Jakarta. This study will identify the sustainable values arising from coliving through in-depth interviews with tenants and operators. This study will also try to understand the extent to which the sustainability of coliving is valued.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mariska Fitriani
Abstrak :
Skripsi ini membahas tentang dampak penginapan sharing economy terhadap Tingkat Penghunian Kamar TPK hotel berbintang di Bali dan Yogyakarta. Penelitian ini mengukur efek dari sharing economy pada jenis hotel dan lokasi hotel yang berbeda, serta faktor yang mempengaruhi perubahan TPK. Penelitian ini menggunakan regresi dengan model random effect untuk mengetimasikan hasilnya. Hasil yang dihasilkan adalah sharing economy berdampak signifikan dan negatif terhadap TPK secara keselurhan. Akan tetapi, besaran dampak akan berbeda-beda sesuai dengan lokasi hotel dan juga kualitas hotel. Kemudian, faktor-faktor lainnya yang menggambarkan situasi ekonomi dan pariwisata berdampak signifikan terhadap perubahan pada TPK.
This thesis discusses the impact of sharing economy on star hotel rsquo s occupancy rate in Bali and Yogyakarta. This research measure the effect of sharing economy in various hotel types and different location, and also factors that determine changes in occupancy rate. This research uses regression with random effect model to determine the result. The obtained result are significant and shows negative effect to occupancy rate in general. However, the magnitude of theimpact will vary according to the location of the hotel and also the quality of the hotel. Then, other factors that illustrate current economic condition and tourism situation have a significant impact on changes in occupancy rate.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67753
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hendro Wicaksono
Abstrak :
Sharing economy, yaitu sebuah fenomena mengubah aset individu yang penggunaannya belum optimal menjadi sebuah aset produktif, merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi yang diyakini dapat memengaruhi tingkat pekerjaan. Salah satu bentuk sharing economy, yaitu ridesourcing, seperti Go-Jek dan Grab, telah hadir di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Kehadiran ridesourcing dapat memunculkan lapangan pekerjaan baru bagi orang yang sebelumnya menganggur, bekerja di sektor lain, atau bekerja di sektor transportasi. Di sisi lain, hal ini juga dianggap dapat mengurangi pendapatan bagi penyedia jasa transportasi lainnya, sehingga mengurangi orang yang bekerja di sektor transportasi. Dengan menggunakan metode fixed effect dan instrumental variable, studi ini ingin melihat bagaimana dampak dari kehadiran Go-Jek terhadap tingkat pekerjaan dan upah di 41 kota di Indonesia dari tahun 2012-2017. Hasil studi menunjukkan bahwa kehadiran Go-Jek di sebuah kota dapat diasosiasikan dengan adanya peningkatan jumlah orang yang bekerja serta adanya penurunan rata-rata tingkat upah.
Sharing economy, a phenomenon which transforms under used individual assets into productive assets, is one of the technological changes which is believed can impact the employment. One form of the sharing economy, ridesourcing like Go Jek and Grab, has arrived in Indonesia in the past few years. The arrival of ridesourcing can bring new jobs for the unemployed, workers from the other sectors,or worker from the transportation sector. On the other side, it is also believed that it will lower the income of other jobs in the transportation sector, thus decreasing the number of people who are employed in the transportation sector. By using the fixed effect and instrumental variable method, this study wants to determine the impact of Go Jek entry on employment and wage in 41 cities in Indonesia from 2012 2017. This study shows that Go Jek entry in a city can be associated with an increase in employment and also decrease in the average wage rate.
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Endang Yuniastuti
Abstrak :
Disertasi ini bertujuan untuk meninjau kondisi perlindungan sosial pekerja pada industri digital yang menerapkan pola kerja kemitraan dengan sistem sharing economy, khususnya transportasi online roda dua. Penelitian ini mengkaji batasan-batasan perlindungan sosial menurut International Labour Organization (ILO) (2017) yang menjelaskan bahwa perlindungan sosial merupakan serangkaian kebijakan dan program yang dibuat dalam upaya mengurangi dan mencegah kemiskinan di berbagai kehidupan. Lebih jauh lagi, perlindungan sosial menurut ILO (2017) berlaku untuk seluruh masyarakat dan pekerja baik yang berada pada sektor informal maupun pada sektor formal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi masalah dalam perlindungan sosial bagi pekerja sektor informal, khususnya transportasi online roda dua yang diakibatkan karena adanya kekosongan hukum dalam status pola kerja kemitraan sehingga berdampak pada tingkat kesejahteraan pengendara transpotasi online. Oleh karena itu, penelitian ini mengajukan adanya model kebijakan pola kerja kemitraan dengan sistem sharing economy yang didalamnya ada skema jaminan sosial untuk pekerja informal model baru, sehingga pengaturan hak-hak dan perlindungan sosial pengendara transportasi online roda dua dapat terpenuhi, walaupun secara minimal. Hal ini mengingat bahwa di masa depan, kondisi sektor informal akan lebih mendominasi dunia kerja dengan sistem gig economy. ......This dissertation aims to review the condition of social protection of workers in the digital industry which apply a partnership working pattern with the sharing economy system, especially for two-wheeled online transportation. This study examines the limits of social protection according to the International Labor Organization (2017) which explain that social protection is a set of policies and programs made in an effort to reduce and prevent poverty in various lives. Furthermore, according to the ILO (2017), social protection applies to all people and workers both in the informal sector and in the formal sector. The results show that there are problems in social protection for informal sector workers, especially for two-wheeled online transportation drivers caused by the legal vacuum in the status of partnership working pattern so that it affects the welfare level of two-wheeled online transportation drivers. Therefore, this research proposes the existence of a partnership working pattern policy model with a sharing economy system in which there is a new model of social security schemes for informal workers, so that the arrangement of rights and social protection of two-wheeled online transportation drivers can be fulfilled, even though those are only minimal. This is considering that in the future, the condition of the informal sector will dominate the world of work with a gig economy system.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2019
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Regina Deka Sofia
Abstrak :
Atribusi kegagalan merupakan salah satu bentuk evaluasi penting yang dilakukan pelanggan pasca kegagalan layanan serta memainkan peran yang signifikan dalam pembentukan emosi dan perilaku pelanggan. Independensi Mitra dan platform pada layanan SE menjadikan atribusi sumber penyebab kegagalan, menjadi signifikan perannya dalam pembentukan emosi dan perilaku keluhan pelanggan pasca kegagalan layanan berbasis sharing economy, selain atribusi keterkendalian dan severity of failure. Dimana ditemukan toleransi dan emosi positif yang berperan dalam bias positif evaluasi kegagalan layanan. Hingga kini belum banyak ditemukan penelitian yang mengulas kegagalan layanan pada layanan berbasis sharing economy, terutama terkait pembentukan emosi dan intensi perilaku pengajuan keluhan berbentuk negative word of mouth. Maka dengan menggunakan kerangka service dominant logic, teori cognitive appraisal dan teori atribusi, penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh interaksi atribusi sumber penyebab dan keterkendalian serta severity of failure terhadap pembentukan empati sebagai emosi positif dan intensi pelanggan untuk memberikan rating buruk serta membentuk negative word of mouth. Penelitian ini juga akan menguji efektifitas empat alternatif upaya pemulihan layanan dalam menekan intensi pembentukan NWOM privat melalui mediasi persepsi keadilan dan kepuasan pasca co-recovery. Penelitian ini akan menggunakan metode eksperimen dengan mahasiswa sebagai partisipan. ......The independence of Partners and Platforms within sharing economy escalates the significance of attribution of failure in shaping emotions and complain behaviors of customers post failure in sharing economy-based services, apart severity of failure. Furthermore, tolerance and positive emotions have been identified as influential in creating a positive bias in evaluations of service failures. To date, there has not been much research discussing service failure in sharing economy-based services, especially concerning the formation of emotions and the intention of engaging in negative word-of-mouth. Therefore, using the service dominant logic framework, cognitive appraisal theory, and attribution theory, this research aims to examine the influence of the interaction between attribution of the source of failure and controllability as well as severity of failure on the formation of empathy as a positive emotion and customers' intention to provide poor ratings and engage in negative word-of-mouth. This research will also elaborate the effectiveness of four alternative service recovery efforts in suppressing the intention to form NWOM privately through the mediation of perceptions of justice and post co-recovery satisfaction. The study will use an experimental method with students as participants.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
D-pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ulfah Hasanah
Abstrak :
Saat ini, konsep sharing economy telah semakin berkembang di masyarakat karena kemampuannya untuk menghasilkan efisiensi biaya dan partisipasi komunitas yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor motivasional yang membentuk intensi konsumsi terhadap layanan Airy Rooms sebagai salah satu produk sharing economy yang bergerak dalam industri pariwisata di Indonesia. Adapun faktor-faktor yang dimaksud adalah attitude, subjective norms, perceived behavior control, perceived value, perceived risk, unique experience expectation, dan electronic word-of-mouth eWOM . Penelitian ini meneliti sebanyak 371 pengguna internet di atas 18 tahun yang mengetahui Airy Rooms, tetapi belum pernah menggunakan jasa penginapan Airy Rooms sebelumnya. Hasil dari penelitian ini membuktikan pengaruh yang signifikan dari variabel attitude, subjective norms, perceived value, dan unique experience expectation terhadap purchase intention serta pengaruh dari subjective norms, perceived value, dan unique experience expectation terhadap attitude. Penelitian ini tidak menemukan adanya pengaruh signifikan dari perceived risk terhadap attitude maupun purchase intention. Namun, penelitian ini menemukan adanya peran variabel attitude dan subjective norms sebagai variabel mediasi.
The rise of sharing economy in Indonesia has demonstrated its power of cost efficiency and community participation. This study would like to shed light on the insight between motivational factors of purchase intention on Airy Rooms as sharing economy product in the tourism industry in Indonesia. These shaping factors are attitude, subjective norms, perceived behavior control, perceived value, perceived risk, unique experience expectation, and electronic word of mouth eWOM . Respondents of this study are 371 internet users above 18 years old knowing Airy Rooms without ever purchasing it. The result of this study indicates the significant influence of attitude, subjective norms, perceived value, and unique experience expectation towards purchase intention. Moreover, this study also proves the significant impact of subjective norms, perceived value, and unique experience expectation towards attitude. This study does not find the significant effect of perceived risk to attitude and purchase intention, but obtain the mediation role of attitude and subjective norms.
Depok: Fakultas Eknonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shinta Suhartono
Abstrak :
ABSTRACT
Millennials generation touted as the generation tech and is believed to have a role in social movements. They are tech-savvy in which it forces the market to comply with the demand digitally, therefore, they embrace sharing economy activities. Sharing economy gains its popularity in Indonesia in 2013 by the arrival of online-ride-sharing businesses. However, the idea of sharing possession with strangers leaves a trust issue for the service. With the theory of reasoned action and the issue of trust in the digital world, this quantitative research. aims to identify millennials value perception, behavioral intent, and trust in online-ride-sharing purchase intention in Indonesia. Using structural equation modeling (SEM), this study found that utilitarian and hedonic value affect positively millennials attitude to online-ride-sharing services which then affect their intention to purchase the service whereas empathy does not. An intention to purchase online-ride-sharing services also will be escalated when there is trust.
ABSTRACT
Generasi milenial dikenal sebagai generasi teknologi dan diyakini memiliki peran dalam gerakan sosial. Mereka adalah generasi yang paham teknologi dan membuat pasar memenuhi permintaan mereka secara digital. Hal inilah yang membuat terlahirnya sharing economy dan menjadi popular sejak tahun 2013 di Indonesia, ditandai dengan kedatangannya online-ride-sharing. Namun, adanya gagasan untuk berbagi kepemilikan dengan orang asing meninggalkan masalah kepercayaan untuk industry ini. Dengan theory of reasoned action dan adanya masalah kepercayaan digital, penelitian kuantitatif ini mengidentifikasi persepsi nilai (value perception), niat perilaku (behavioral intent), dan kepercayaan(trust) terhadap niat beli (purchase intention) online-ride-sharing di Indonesia. Dengan menggunakan structural equation model (SEM), penelitian ini menemukan bahwa nilai utilitas (utilitarian value) dan hedonis (hedonic value) mempengaruhi sikap milenial secara positif terhadap niat mereka untuk menggunakan (purchase intention) layanan online-ride-sharing sedangkan empati tidak mempunyai pengaruh. Niat untuk menggunakan layanan online-ride-sharing juga akan meningkat ketika adanya kepercayaan.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tampubolon, Erwin Parulian
Abstrak :
Pasar yang relevan atau pasar yang relevan adalah indikator penting untuk mengidentifikasi seberapa besar kendali pasar oleh pelaku bisnis dan mengidentifikasi pesaing nyata dari pelaku bisnis dominan yang dapat membatasi perilakunya serta dampak anti-kompetitif dari setiap pelanggaran yang dituduhkan. Sepanjang pesatnya perkembangan revolusi industri 4.0, teknologi bergerak jauh lebih cepat daripada hukum itu sendiri. Salah satu indikasi revolusi adalah menjamurnya bisnis dalam bentuk platform atau aplikasi perantara di berbagai negara termasuk Indonesia. Salah satunya adalah platform dengan konsep berbagi ekonomi atau berbagi ekonomi yang terjadi di salah satu bisnis naik wahana atau layanan transportasi online seperti apa yang PT. Go-Jek Indonesia. Akan tetapi menjadi sulit untuk menentukan pasar yang relevan di PT.Go-Jek Indonesia karena ada ketidakpastian untuk mendasarkan penentuan pada PT. Go-jek Indonesia sebagai perusahaan aplikasi atau disamakan dengan transportasi perusahaan. Adapun bentuk penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah yuridis normatif dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif-analitik untuk memperoleh gambaran umum tentang hukum pasar yang relevan PT.Go-Jek Indonesia. Penentuan pasar yang relevan dalam bisnis ride-hailing seperti PT. Go-Jek Indonesia didasarkan pada kedua perusahaan berbasis aplikasi yang memiliki bisnis naik wahana atau transportasi online dan konvensional di pasar yang sama, hanya saja lebih spesifik dalam bentuk moda transportasi yang sama, apakah itu sama dua roda atau empat roda bersamaan di area yang sama. Pemerintah harus merespons lebih cepat terhadap penentuan pasar menyangkut bisnis naik kendaraan dengan memperbarui aturan yang ada, serta dengan tegas menanggapi keberadaan sepeda motor sebagai penentuan transportasi umum terkait dari pasar terkait.
Relevant market or relevant market is an important indicator for identify how much market control by business actors and identify the real competitors of the dominant business actor that can limit its behavior as well as the anti-competitive impact of each alleged violation. Along the rapid development of the industrial revolution 4.0, technology moved far faster than the law itself. One indication of the revolution is seen the mushrooming of business in the form of platforms or intermediary applications in various countries including Indonesia. One of them is a platform with the concept of sharing economy or sharing economy that occurs in one of the ride-hailing business or online transportation services like what PT. Go-Jek Indonesia. Will but it becomes difficult to determine the relevant market at PT.Go-Jek Indonesia because there was uncertainty to base the determination on PT. Go-jek Indonesia as an application company or likened to a company transportation. As for the form of research used in writing this is a normative juridical with a qualitative approach and type of research descriptive-analytical to obtain an overview of the relevant market law PT.Go- Jek Indonesia. Determination of the relevant market in the ride-hailing business such as PT. Go-Jek Indonesia is based on both application-based companies that have ride-hailing business or online and conventional transportation in a market the same, its just that it is more specific in the form of the mode of transportation the same, whether its the same two wheels or four wheels together on a same area. The government must respond more quickly to market determination concerned the ride-hailing business by updating the existing rules, as well as firmly responding to the existence of motorbikes as related public transportation determination of the relevant market
2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>