Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 29 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Sri Pujiharjawasana
Abstrak :
Kabupaten Kudus merupakan salah satu dari 35 kabupaten/kota di Jawa tengah yang cukup potensial. Hampir 90 % basis perekonomian masyarakatnya bertumpu pada sektor industri / perdagangan, sehingga menempatkan kabupaten Kudus sebagai kabupaten dengan product domestic bruto (PDRB) tertinggi kedua di Jawa Tengah setelah Semarang. Bahkan kalau dilihat PDRB secara perkapita justru tertinggi di Jawa tengah melampaui Semarang lebih dari 25 % di tahun 2000. Akibat kegiatan industri/perdagangan tersebut di tahun 2001 memberi kontribusi ke kas negara rata-rata per hari kerja hampir Rp. 15,5 milyar dalam bentuk cukai rokok dan cukai lainnya, PPN dan PPH pasal 22, namun tidak sedikitpun yang dapat dibagi langsung ke pemkab Kudus sebagai bagian Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagaimana dimungkinkan bagi daerah yang memiliki sumber daya alam seperti hutan, pertambangan umum dan lain-lain yang tidak dimiliki oleh pemkab Kudus. Minimnya sumber daya alam di Kabupaten Kudus tidak bias mendongkrak APBD yang saat ini hanya tercatat 11 % dari APBD atau sekitar Rp. 24,5 milyar. Tesis ini membahas salah satu upaya yang bisa ditempuh oleh pemkab Kudus untuk meningkatkan PAD melalui langkah revitalisasi aset daerah yang selama ini pemanfaatannya tidak optimal dan cenderung membebani APBD agar bisa memberi kontribusi terhadap peningkatan PAD. Upaya tersebut adalah pengoptimalan VSAT SISKOMDAGRI yang saat ini pemanfaatannya hanya 10 % untuk difungsikan sebagai node backbone Internet melalui pendirian usaha ISP bekerja sama dengan mitra swasta dalam bentuk kerja sama operasi. Tinjauan analisis yang digunakan adalah analisa kelayakan bisnis. Dari analisa kelayakan bisnis dengan menyalurkan bandwidth Internet 256 kbps di tahun pertama, kemudian diupgrade menjadi 384 kbps ditahun ketiga serta 512 kbps ditahun ketujuh melalui wireless 2,4 GHZ sebagai jaringan akses memberikan hasil yang layak. Pemkab sebagai pemilik aset VSAT berhak atas revenue sharing yang berkontribusi langsung pada peningkatan PAD. ......Kabupaten Kudus is one of 35 districts/cities in Central Java, which is quite potential. Almost 90% of the society's economy is based on industrial/trading sector; hence Kabupaten Kudus becomes a district with the second highest product Domestic Bruto (PDRB) in Central Java, after Semarang. Moreover, if we see the ratio of PDRB for people per area, it has the highest PDRB in Central Java, surpassing Semarang by 25% in 2000. The result of the industries/trades in 2001 contributes to the country cash at almost Rp. 15, 5 billion per work-day, in the form of cigarette/tobacco customs and other customs, value-added taxes (PPN) and income taxes (PPH) sub-chapter 22, Never the less, none of these can be shared directly to kudus municipality as district original income, as it is possible for other areas which have natural resources like forests, general mining, etc, that are not owned by kudus municipality. The minimum natural resources in kudus district cannot support the district's budget which is now only 11% of the budget or about Rp 24, 5 billion. This thesis discusses about one of the efforts which can be carried-out by kudus municipality in order to increase its income, i.e., through revitalization of regional assets which have not been utilized optimally and tend to burden the budget so that they can give contribution towards the increase of the income. The effort is the utilization of VSAT SISKOMDAGRI that's only 10% exploited as node of internet backbone, in the form of joint operation body. The analytical review applied is business feasibility analysis. From the business feasibility analysis by distributing internet band with 256 kbps in the first year, then upgraded to 384 kbps in the third year, and 512 kbps in the eighth year via wireless 2, 4 GHZ as access network result in a feasible outcome. The municipality as VSAT asset owner has a right on the revenue sharing that gives direct contribution towards income increase.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2002
T5432
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S10366
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dadan Sumantri
Abstrak :
Fokus penelitian ini adalah menganalisis loyalitas konsumen internet service provider dengan menggunakan mobile access dengan mengambil studi kasus pada pelanggan internet broadband di Jabodetabek. Variabel yang digunakan untuk mengukur loyalitas adalah variabel kepuasan pelanggan, service quality, switching cost, persepsi harga dan corporate image. Metode analisis data pada penelitian ini adalah metode survey dengan menganalisis data utama yang bersumber dari kuesioner yang disebarkan kepada 200 pelanggan internet broadband dari pelanggan konsumen internet service provider yang menggunakan mobile wireless access. Teknik sampel yang digunakan adalah judgment sampling dengan sampling error sebesar 5% dan tingkat kepercayaan sebesar 10%. Hasil Penelitian ini adalah variabel kepuasan pelanggan dan variabel switching cost yang mempengaruhi secara signifikan variabel loyalitas. Sedangkan variabel service quality secara signifikan mempengaruhi variabel kepuasan pelanggan dan variabel corporate image. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang telah dilakukan, untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, maka perusahaan disarankan menciptakan switching cost dengan cara menumbukan rasa enggan untuk berpidah ke ISP lain dan menciptakan kepuasan pelanggan dengan mengoptimalkan service quality. Selain itu, pengoptimalan service quality oleh perusahaan diharapkan dapat meningkatkan corporate image. ......This research is focus to analyze the internet service provider of consumer loyalty on mobile wireless access by taking a case study in broadband internet at Jabodetabek. Customer satisfaction, service quality, switching cost, price perceptions and corporate image are used to measure customer loyalty. The survey method using quesioner as main data which questionnaires distributed to 200 customers of broadband internet service provider internet consumer customers using mobile wireless access by judgment sampling technique. s used Sampling error is 5% and confidence level is 10%. The results of this study are the variables of customer satisfaction and switching cost variables are significantly affect the loyalty variable. While service quality variables significantly affect customer satisfaction variables and the variable corporate image. The results of research and analysis is to increase customer loyalty, the company suggested creating barrier using switching costs and create customer satisfaction by optimizing service quality. In addition, the optimization of service quality by the company is expected to improve the corporate image.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S45168
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
A.J. Ibnu Wibowo
Abstrak :
Persaingan yang terjadi dalam industri jasa telekomunikasi, khususnya telepon seluler GSM, semakin ketat. Manajer operator seluler GSM perlu lebih memahami dan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggannya dengan baik( agar tidak berpindah ke operator lain. Oleh karena itu, pemahaman secara mendalam atas perilaku berpindah pelanggan sangat panting untuk menjaga pelanggan yang dimiliki agar tidak berpindah, selain tetap berusaha untuk mencari pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dari efek pendorong dan efek penarik terhadap intensi berpindah, serta pengaruh negatif dari efek penambat terhadap intensi berpindah. SeIain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh negatif dari efek penambat terhadap hubungan antara efek pendorong dan intensi berpindah, serta pengaruh negatif dari efek penambat terhadap hubungan antara efek penarik dan intensi berpindah. Tujuan selanjutnya yaitu untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dari intensi berpindah terhadap perilaku berpindah. Sampel penelitian ini yaitu mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia yang menjadi pelanggan layanan operator telepon seluler GSM minimal enam bulan. Sampel berjumlah 230 orang, yang diperoleh dengan menggunakan metode convenience sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar data empiris dalam penelitian ini memberi dukungan adanya pengaruh negatif dari efek penambat terhadap intensi berpindah, serta pengaruh positif dari intensi berpindah terhadap perilaku berpindah. Sebaliknya, data penelitian ini tidak mendukung adanya pengaruh positif dari efek pendorong dan efek penarik terhadap intensi berpindah. Selain itu, data penelitian ini juga tidak mendukung adanya pengaruh negatif dari efek penambat terhadap hubungan antara efek pendorong dan intensi berpindah. Hasil selanjutnya menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh negatif yang signifikan dari efek penambat terhadap hubungan antara efek penarik dan intensi berpindah.
A reasonably strong competitive atmosphere can now be felt among service provider of telecommunication industry, especially GSM mobile phones. The GSM operator management of cell phone needs to really understand its clients' needs and struggle very hard to cater to them in order to win the battle. Therefore, it is no doubt crucial for service provider of cell phone to possess profound understanding on why one client stay with one provider or leave them to move to another The purposes of this research are to know whether there are any positive effects of push and pull factors to the clients' intention to migrate,- and the negative effects of mooring factors to people's attitude to do so. Furthermore, this research also discusses whether there are any negative effects of mooring factors to the relationship between push effects and clients' intention to migrate. Likewise the drawbacks of mooring effects related to the pull effects and clients' intention to migrate. Another case is whether there are any positive effects of clients' intention to migrate to the people's attitude to do so. This research is conducted among 230 economic students of Economic Faculty of University of Indonesia who have used GSM cell phone providers for at least six months and the method used is the convenience sampling method. Most of the result obtained from this research supported the idea that there is a negative effect of mooring factors to the intentions to migrate, and that there is as well a positive effect of clients' intention to migrate to his attitude. On the other hand, the data does not approve that there is a positive effect of push and pull factors to client's intention to migrate. Neither, in addition, do they support the notion that there is a negative effect of mooring effects towards relationship between pull effects and people's intention to migrate. Later it is discovered and proved that no significant negative effect of mooring effects towards relationship between pull effects and intention to migrate is found.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T20267
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Firdaus I. Santoso
Abstrak :
Hubungan antara business users dan Departemen TI dalam rangka penyediaan dan penyelenggaraan layanan umumnya tidak mengandal kan kesepakatan tingkat layanan (SLA). Padahal keberadaan SLA dapat menjadi dasar pengukuran dan standar tingkat layanan yang dibutuhkan oleh business users sperti ketersediaan layanan (availability) dan respon times. Utamanya hal ini diperlukan untuk aplikasi-aplikasi kritikal dan core seperti Global Purchase Order (GPO) yang di implmentasikan pada Perusahaan XYZ. Oleh karenanya perlu ditelaah mekanisme dan prosedur yang terkait pengembangan SLA. Dalam pengembangan SLA ini misalnya memperhatikan penerjemahan kebutuhan pengguna, survey dan wawancara untuk menangkap kebutuhan spesifik dari pengguna, analisa arsitektur layanan untuk mengidentifikasi komponen-komponen untuk tercapainya SLA, serta analisa proses bisnis untuk mendapatkan gambaran secara keseluruhan terhadap proses-proses yang berjalan di perusahaan dalam menjalankan bisnisnya. Proyek Akhir ini mengembangkan kerangka pengelolaan SLA agar dapat membantu penerapan penyelenggaraan layanan TI di lapangan. Namun proyek ini tidak mencakup implementasi kerangka pengembangan SLA yang disempurnakan. Untuk implementasi lebih lanjut, kerangka ini perlu diuji dan di evaluasi bersama dengan kedua belah pihak penyedia dan pengguna layanan agar dapat mencapai hasil yang maksimal dan disepakati.
This relatioship between business users and IT Department in term of providing services is generally not base on SLA. In fact, can be used as measurement and standard of service level that needed by the business users such as availability and response time. Most important that SLA is needed for core and mission-critical application like Global Purchase Order (GPO) which is implemented by XYZ Corporation. Therefore, the mechanism and procedure need to be created to develop related SLA. This SLA development is concern to translate user requirement, survey and interview to capture specific user requirement, service architecture analyzing to identify whether SLA can be achieved, and business process analyzing to capture a big picture of the whole process running in the organization for doing business. The Final Project discussed the development of SLA to help implementation of IT service in the field. However, this project is not cover the implementation of the SLA itself. For further mplementation, this SLA framework must be tested and evaluated with both party the service recipient and service provider to get maximum result and best suite with the organization.
Depok: Universitas Indonesia, 2004
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farid Imam Wahyudin
Abstrak :
Pemerintah Indonesia membentuk Single Air Navigation Service Provider (ANSP) bernama LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) berdasar pada UU. Penerbangan No 1 Tahun 2009 pasal 271. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa proses pembentukan organisasi penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan dari segi keselamatan dengan pemodelan sistem manajemen keselamatan (SMK) dan eskalasi prioritas 8 kriteria ANSP dengan Analitic Hierarchy Process yang belum tercakup dalam rencana peralihan, sehingga organisasi yang dibentuk memiliki tingkat keselamatan yang lebih tinggi. Penelitian menunjukkan bahwa dengan pemodelan SMK pada proses perubahan organisasi ANSP terjadi penurunan indeks resiko keselamatan dan diketahui urutan prioritas kriteria ANSP. Hasil tersebut dijadikan sebagai dasar penyusunan roadmap dan ceklist kesiapan untuk memandu langkah-langkah Management of Change. ......Government of Indonesia established a single Air Navigation Service Providers (ANSP) named LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) based on the Aviation Law No. 1 Year 2009 Article 271. This study aims to analyze the process of formation of the organization of air navigation service providers in terms of safety with Safety Management System (SMS) modeling and the priority escalation of 8 ANSP criteria with AHP thats not included in the transition plan, so that the organization will be formed have good safety level. This study indicates the priority of ANSP criteria and show that by SMS modeling the of ANSP organizational change safety risk index.This results serve as the basis for arranging the Roadmap and Readiness Checklist to guide the step of Management of Change.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T36788
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Husni Mubarak
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kategori service yang dibagi ke dalam tiga kategori berdasarkan level interaksi (high contact and customized service, moderate contact non personal, dan moderate contact standardize) mempengaruhi nilai personal involvement dan perceived relational benefits konsumen, hingga akhirnya berpengaruh pada relational response behavior. Untuk menguji hipotesis pada penelitian ini, penulis membaginya menjadi empat analisa, (1) analisa perbedaan nilai personal involvement pada ketiga jenis kategori service, (2) analisa perbedaan nilai perceived relational benefits pada tiga kategori service, (3) analisa hubungan antara personal involvement dengan perceived relational benefits, (4) analisa hubungan antara perceived relational benefits dengan relational response behavior. Keempat analisa tersebut menggunakan analisis perbedaan (ANOVA dan MANOVA) serta analisa Structural Equation Modeling (SEM). Analisa ANOVA dan MANOVA diolah menggunakan SPSS 16.00, sedangkan analisa Structural Equation Modeling (SEM) diolah menggunakan smart PLS 2.0. Hipotesis pada penelitian ini seluruhnya terbukti dan memperkuat hasil temuan penelitian sebelumnya yang telah dilakukan oleh Gwinner (1998) dan Kinard & Capella (2006), bahwa service provider dengan tingkat interaksi yang tinggi antara konsumen dengan penyedia jasa layanan, akan memiliki nilai personal involvement dan perceived relational benefits yang tinggi, dan akhirnya berpengaruh pada perilaku konsumen atau relational response behavior yang semakin loyal terhadap perusahaan. Sehingga untuk service provider yang termasuk ke dalam kategori moderate contact non personal dan moderate contact standardize sebaiknya mengetahui lebih dalam tentang kebutuhan, harapan, serta nilai yang diinginkan oleh konsumen, karena hal ini nantinya dapat memunculkan personal involvement pada diri konsumen terhadap perusahaan, hingga konsumen menginginkan terciptanya hubungan antara dirinya dengan service provider, hal ini tentunya menguntungkan perusahaan karena setelah konsumen tersebut menginginkan adanya hubungan yang baik, konsumen akan menjadi loyal terhadap jasa layanan perusahaan.
ABSTRACT
This study aims to determine whether the type of service providers that are divided into three categories of service (high contact and customized service, moderate non-personal contact, standardize and moderate contact) affect the value of personal involvement and perceived service benefits the consumer, finally the relational response behavior. The hypothesis in this study is divided into four analysis, (1) analysis of differences in the value of personal involvement in all three categories of service providers, (2) analysis of differences in the perceived value of relational benefits on three categories of service providers, (3) analysis of the relationship between personal involvement with the perceived relational benefits, (4) analysis of the relationship between perceived relational benefits with relational response behavior. The fourth analysis using difference analysis (ANOVA and MANOVA) and structural equation modeling (SEM). ANOVA and MANOVA running data using SPSS 16.0, and for the SEM analysis using Smart PLS 2.0. The hypothesis in this study proves and reinforces the findings of previous studies that the service provider with a high level of interaction between the consumer and the service provider will have the value of personal involvement and high perceived relational benefits , and ultimately affect the behavior of consumers or relational behaviors are more loyal response against the company . So as to service providers that fall into the category of moderate and moderate non-personal contact standardize contact should learn more about the needs, expectations, and values that consumers want from a service provider services, as this will be able to bring a personal involvement in the self-consumer of the company, consumers want to create a relationship between himself and the service provider, it is certainly beneficial for the company once the consumer wants a good relationship, consumers will tend to feel loyal.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T38650
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Ikrar Pramadi
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini bertujuan untuk membuat model dan menguji faktor-faktor penting dalam implementasi Knowledge Management KM di perusahaan-perusahaan Logistics Service Provider LSP di Indonesia dan pengaruhnya terhadap kinerja LSP itu sendiri. Faktor-faktor penting yang menunjang implementasi KM untuk mencapai kinerja LSP yang diharapkan adalah budaya, struktur organisasi, strategi dan kepemimpinan, sumber daya manusia dan teknologi informasi. Kinerja LSP diukur berdasarkan pendekatan SCOR Supply Chain Operation Reference . Validasi model penelitian dilakukan melalui wawancara semi terstruktur dengan ahli, sedangkan pelaksanaan survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner terhadap 63 perusahaan LSP di Indonesia yang menerapkan KM. Structural Equation Model SEM menggunakan Partial Least Square PLS digunakan dalam melakukan pengolahan dan analisis data. Hasil penelitian dihipotesiskan dapat menunjukkan bahwa faktor-faktor penting implementasi KM berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi KM serta memberikan pengaruh terhadap kinerja LSP. Hasil penelitian ini ini memberikan bukti empiris untuk pentingnya implementasi KM di LSP di Indonesia. Temuan penelitian ini memberikan dasar bagi perusahaan LSP di Indonesia untuk fokus pada faktor-faktor penting implementasi KM dalam menentukan strategi yang tepat untuk menunjang kinerja LSP yang lebih baik.
ABSTRACT
This thesis aims to model and test important factors in the implementation of Knowledge Management KM in Logistic Service Provider LSP companies in Indonesia and their impact on LSP performance itself. Important factors that support KM implementation to achieve the expected LSP performance are culture, organizational structure, strategy and leadership, human resources and information technology. LSP performance is measured based on SCOR Supply Chain Operation Reference approach. The validation of the research model was conducted through semi structured interviews with experts, whereas the survey was done by distributing questionnaires to 63 LSP firms in Indonesia applying KM. Structural Equation Model SEM using Partial Least Square PLS is used in processing and analyzing data. The results show that the important factors of KM implementation affect the success of KM implementation and give influence to LSP performance. These results provide empirical evidence for the importance of KM implementation in LSP in Indonesia. The findings of this study provide the basis for LSP companies in Indonesia to focus on the key factors of KM implementation in determining appropriate strategies to support better LSP performance.
2018
T50758
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sidabutar, Roland
Abstrak :
ISP (Internet Service Provider) diharapkan untuk mampu menawarkan layanan paket data melalui beberapa teknologi nirkabel (seperti: 3G, 802.11g, WiMAX). Seiring dengan perkembangan teknologi perangkat komunikasi sekarang ini, maka kebutuhan akan penggunaan jaringan teknologi 3G mengakibatkan penambahan jumlah traffic. Offloading jaringan seluler merupakan solusi yang cukup menjanjikan untuk digunakan sebagai alternatif layanan telekomunikasi karena tidak membutuhkan biaya yang relatif banyak untuk mengaplikasikannya, proses pembangunan infrastrukturnya cepat, dan dapat digunakan dalam semua sistem operasi perangkat mobile. Proses offloading memerlukan suatu skema pengambilan keputusan perpindahan jaringan agar jumlah handover dapat dilakukan seminimal mungkin, mengingat bahwa pemancar setiap teknologi mempunyai paramter-parameter seperti mobilitas, bandwidth, daya yang dipancarkan, kekuatan sinyal, dan jumlah kapasitas pengguna. Dengan demikian, diperlukan suatu model pengambilan keputusan sebagai mekanisme dalam pemilihan teknologi guna untuk meningkatkan efektivitas proses offloading dan performance jaringan. Algoritma pengambilan keputusan yang berbasiskan bandwidth dapat melihat bagaimana proses perpindahan jaringan secara vertikal dan ada beberapa parameter yang menjadi pertimbangan, yaitu: nilai RSS, gangguan, daya pada sisi pemancar, bandwidth yang dibutuhkan aplikasi, dan bandwidth teknologi.
ISP (Internet Service Provider) is expected to be able to offer a packet data service through multiple wireless technologies (such as 3G, 802.11g, WiMAX). Along with the recent development of communication technology devices, the need for the use of 3G technology network resulted in increase in the number of traffic. Offloading mobile networks is a solution that is promising to be used as an alternative for telecommunications services, for cheaper resolution, rapid infrastructure development process, and able be applied in all mobile device operating system. Offloading process requires as minimum as possible handover decision, since the transmitter has the a lot of parameters such as mobility, bandwidth, the radiated power, signal strength, and the number of user capacity. So, there should be a handover decision model as a mechanism in an election technology to improve the effectiveness of offloading process and network performance. Handover decision for vertical handover algorithm is based on bandwidth so it can show the process of handover. Parameters used as consideration of the algorithm is the value of RSS, interference, power of the transmitter, the required bandwidth, and bandwidth the wireless technologies.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
S63304
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>