Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 79 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Benny Kresno Sunarko
Abstrak :
Tesis akan menganalisa getaran yang terjadi pada mesin sepeda motor akibat kondisi karburator, klep dan oli tidak standar, perangkat keras atau unit kendali menggunakan Data Acqusition (DAQ) card dan perangkat lunak untuk analisa getaran menggunakan software labVIEW 8.5. Objek yang diteliti adalah mesin sepeda motor jenis 125 CC, berbahan bakar bensin mempunyai satu jenis silinder dan satu piston, satu camshaft dinamakan SOHC (Single Overhead Camshaft) menggunakan rantai penggerak tunggal dan crankshaft. Analisa menggunakan teknik analisa spektrum dengan teori analisa FFT. dengan batasan karakteristik penelitian pada kondisi klep, oli, dan karburator tidak standar. ......The thesis will analyze vibration that occured on motorcycle engine due to carburettor conditions, valve and non-standard oil, hardware or control using Data Acqusition (DAQ) card and software for vibration analysis using software labVIEW 8.5. Object that researched is motorcycle engine type of 125 CC, gasoline fueled that have a kind of cylinder and a piston, a camshaft called SOHC (Single Overhead Camshaft) using single wheel chain and crankshaft. The analysis using spectrum analysis techniques by theory analysis of FFT. With research characteristic restriction on valve conditions, oil, and non-standard carburettor.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2010
T28830
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ricky Bagus Andriawan
Abstrak :
Dalam menghadapi dunia industri yang semakin ketat, diperlukan pemilihan supplier yang tepat guna menghasilkan produk berkualitas dengan harga kompetitif. Hal ini menuntut para produsen untuk melakukan efisiensi. Pemilihan pemasok merupakan salah satu cara untuk melakukan efisiensi. Pada penelitian ini dilakukan pemilihan pemasok yang ideal dengan menggunakan metode TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) dengan 20 kriteria. Dengan melihat hasil TOPSIS, dapat diketahui peringkat pemasok yang ideal. Hasil dari penelitian ini yaitu framework pemilihan supplier yang lebih baik. ......In face of increasing industrial world’s stringent, supplier selection is required to produce good quality products with competitive prices. It makes the manufacturers have to improve the efficiency. Supplier selection is one way to improve efficiency. In this research, the ideal supplier selection uses TOPSIS (Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) method with 20 criteria. As the results of TOPSIS, can be known the ideal supplier’s ranking. Results from this research is a better supplier selection framework.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
S44162
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fardian Syafarrudin Maajid
Abstrak :
ABSTRACT
Kecelakaan lalu lintas adalah kejadian yang diakibatkan oleh satu kendaraan atau lebih yang menyebabkan cedera, kerusakan atau kerugian pada pemiliknya atau orang lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan keparahan korban kecelakaan lalu lintas pada pengendara sepeda motor. Metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan ordered logit model dengan bantuan R programing, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat keparahan kecelakaan. Variabel bebas yang digunakan pada penelitian ini adalah peran korban, intensitas cahaya, jam dan hari terjadinya kecelakaan, ketersediaan median, type kecelakaan, usia korban, kondisi perkerasan jalan, kondisi LOS, persentasi jumlah kendaraan, dan cuaca. Pada penelitian ini menggunakan data kecelakaan di Jawa Barat dan Jawa Tengah tahun 2014-2016. Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang paling mempengaruhi tingkat keparahan korban kecelakaan sepeda motor yaitu kecelakaan tunggal, di Jawa Barat faktor yang paling signifikan adalah kecelakaan tunggal yang melibatkan 1 kendaraan dengan kemungkinan terjadinya korban meninggal dunia sebesar 53,2, dan di Jawa Tengah faktor yang paling signifikan adalah kecelakaan tunggal antara kendaraan dengan objek diam yaitu kemungkinan terjadinya korban meninggal dunia sebesar 7,6.
ABSTRACT
A traffic accident is an event caused by one or more vehicles causing injury, damage or loss to the owner or another person. The purpose of this study to determine the factors associated with the severity of traffic accident victims on motorcycle riders. The method of research is using an approach logit model with the help of R programming, to know the factors that affect the severity of the accident. The independent variables used in this study are the role of the victim, the intensity of light, the time and day of the accident, the availability of median, the type of accident, the age of the victim, the condition of the road pavement, the LOS condition, the percentage of the vehicle, and the weather. In this research use accident data in West Java and Central Java year 2014 2016. The results of this study are the factors that most influence to the severity of the casualty of motorcycle accident victims is a single accident, in West Java the most significant factor is a single accident involving 1 vehicle with the possibility of deaths by 53.2, and in the Central Java factor the most significant is a single accident between vehicles with an obstacle that is the possibility of the death is 7.6.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abraham Setiyono
Abstrak :
Nowadays, in a very competitive market, a brand would be very important because product attributes are relatively easy to be imitated. Therefore, a company must control their intangible assets, such as brand equity. Brand Equity is the assets and liabilities, linked to a brand's name and symbol that adds to the value provided by a product or service to a firm and that firm's costumer. The major asset categories are: brand awareness, brand perceived quality, brand association, and brand loyalty. Brand Equity is not built easily. Building, maintaining, and protecting must be controlled professionally. Prestigious brand which has strong brand equity so it has strong association in consumer's mind. With strong brand equity, marketer's goal for developing and getting market share will be obtained. This Research has been conducted to find the analysis of brand equity of Shell Super automotive fuel. The target respondents were the members of HTML (Honda Tiger Mailing List) community. The theory of Brand Equity by David Aaker was used. The goal of this research was to know the Brand Equity analysis of Shell Super automotive fuel upon the members of HTML community. This research used survey research and descriptive research type. Purposive sampling was used in technique sampling research. 100 respondents were analyzed using Distribution Frequencies Method with application on SPSS for Windows Release 15.0. This analysis showed that brand awareness of Shell automotive fuel had a good result because generally the HTML community members were aware with Shell Super. Brand Perceived Quality and Brand Associations also showed a good result. In spite of Brand Loyalty result showed that the respondents weren't loyal but generally respondents like Shell Super.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Waluyo
Abstrak :
Semakin tingginya jumlah sepeda motor khususnya di banyak perkotaan di Indonesia kini menjadi fenomena yang sangat menarik. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah kendaraan pribadi sebesar 98% dari total jumlah kendaraan dan sebagian besar diantaranya adalah sepeda motor. Pada tahun 2008, pertumbuhan volume produksi sepeda motor meningkat cukup tinggi yakni 33,3% dengan volume sebesar 6,27 juta unit. Dengan kelebihannya dalam bermanuver tentunya akan berpengaruh terhadap arus lalu-lintas di jalan raya. Tujuan dari studi ini adalah melakukan studi mikroskopis kecepatan, kepadatan dan arus lalu-lintas pada jalan raya yang persentase sepeda motornya lebih besar atau sama dengan 70%. Metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah melalui proses perekaman gambar video kondisi lalu-lintas yang berlokasi di sebagian ruas Jalan TB Simatupang (depan Gedung Ratu Prabu II). Sedangkan untuk pengolahan data digunakan metode regresi linear untuk menentukan hubungan antarvariabel lalulintas melalui model Greenshields, Underwood, dan data lapangan. Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa kurva prediksi perubahan akibat bertambahnya jumlah sepeda motor tidak sepenuhnya terjadi pada model Greenshields padahal perubahannya terlihat jelas pada sebaran data lapangannya. Nilai koefisien determinasi dari persamaan yang didapatkan dari model Underwood lebih baik dari model Greenshields. Greenshields kemungkinan tidak melakukan permodelan untuk proporsi sepeda motor yang tinggi sehingga nilai koefisien determinasi dari persamaan matematis yang didapatkan kecil.
The high number of motorcycles utilisation, especially in many urban areas in Indonesia, which is indicated by the number of utilisation about 98% of total number of vehicle, has become a very interesting phenomenon. In 2008, the production rate of motorcycle quitely excessive about 33,33% (from last year) or 6,27 million units. Despite this rate of utilisation, motorcycles profit some benefits especially maneuvering that affect considerably the traffic flow. The purpose of this study is to study microscopic velocity, density and traffic flow on the road that the percentage of motorcycle is greater or equal to 70%. The method used in this study through the recording of video images especially the traffic conditions, located in the joint of TB. Simatupang Street (in front of Ratu Prabu II Building). Moreover the data processing method uses linear regression to determine the relationship between variables traffic through Greenshields model, Underwood model, and the data field. Results from this study indicate that predicted curve changes due to increase in the number of motorcycle does not fully occur in the Greenshields?s model, which is the contrary of its distribution of field data that clearly indicate visible changes. The coefficient of determination value from the equation obtained from Underwood model is better than Greenshields model. Greenshields can not possibly do the modeling for the high proportion, which in the case is motorcycle proportion, showing from the small coefficient of determination from the mathematical equation obtained.
2009
S50508
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Novan Hendra Hariyanto
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26426
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ratih Puspita Ningrum
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
S26696
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Zulkifli Djunaidi
Abstrak :
Transportasi merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menunjang pembangunan nasional. Belum baiknya sistem transportasi massal di Indonesia, membuat masyarakat lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor yang praktis dan ekonomis untuk digunakan. Namun, dalam menggunakan sepeda motor, aspek ergonomi dan kenyamanan bagi pengendara perlu untuk diperhatikan. Desain dan ukuran tempat duduk sepeda motor yang tidak sesuai dengan antropometri duduk statis pengendara dapat menimbulkan kelelahan pada pengendara dan mengakibatkan terjadinya kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui risiko ergonomi dari ketidaksesuaian antara desain dan ukuran tempat duduk sepeda motor dengan antropometri duduk statis. Untuk menganalisis risiko ergonomi, dilakukan penelitian dengan desain deskriptif analitik pada mahasiswa di sekitar lingkungan kampus Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2009. Jumlah sampel sebanyak 100 orang responden, dibagi menjadi 50 orang laki-laki dan 50 orang perempuan. Sampel responden dipilih dengan metode cluster random sampling, sedangkan tipe sepeda motor dipilih berdasarkan yang paling banyak digunakan dengan metode simple stratified random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat ketidaksesuaian antara ukuran tempat duduk sepeda motor dengan antropometri duduk statis pada mahasiswa. Adanya ketidaksesuaian tersebut dapat mengakibatkan risiko ergonomi pada pengendara dan terjadinya kecelakaan lalu lintas.
Transportation is something needed most to support national development. Bad mass transportation system in Indonesia, makes people prefer to use private vehicles, such as motorcycle which is practical and economical to use. However, riders need to consider ergonomic and comfortability aspects in using motorcycle. The design and size of motorcycle seat in compatible with the rider?s static seat anthropometry may cause fatigue among riders and lead to accidents. The study aimed to find out ergonomic risks of incompatibility between the design and size of the motorcycle seat with static sitting anthropometry. To analyze the ergonomic risks, this study was conducted using analitical descriptive design among college students at Public Health Faculty Universitas Indonesia on October to December 2009. The total sample was 100 respondents, divided into 50 men and 50 women. The sample of respondents was selected using random cluster sampling method, meanwhile the type of motorcycle was selected based on the most widely used with simple stratified random sampling method. The results showed any incompatibility between the size of motorcycle seat with static sitting anthropometry among collage students. Such incompatibility may cause ergonomic risks among rider and lead to traffic accidents.
Depok: Universitas Indonesia, 2015
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Firdha Shafira
Abstrak :
ABSTRACT
In this research project is consist of a comprehensive review of motorcycle safety and policies in Indonesia and similar countries. The scope of this project would be to examine and review on road safety and policies that applied in Indonesia and similar countries, for the project purpose, Malaysia and Thailand as comparisons. In conducting a review, it comes from previous findings, studies, data that has been available. In the end, hopefully, the research can provide in contributing the improvement of road safety and policies in Indonesia. In the review, there are some limitation and assumption due to lack of accurate information and data. The research will conduct by a systematic literature that consists of four phases scope, affecting factors, policies, and effectiveness. Firstly, in the scope would mainly discuss study area and background that collected from available data and published journals. Affecting factors also will be collected to find out the leading cause of the problem. Besides, the research will follow based on the scheme of questions and strategy that mentioned in methodology where mainly about how effective the road safety programs and policies for the motorcyclist. Moreover, analysis and conclusion will conduct as a final of the research.
ABSTRAK
Dalam proyek riset ini terdiri dari tinjauan komprehensif mengenai keselamatan dan kebijakan sepeda motor di Indonesia dan negara sejenis. Jangkauan dari proyek riset ini akan membahas dan mengkasi keselamatan berjalan beserta kebijakan-kebijakan yang terdapat di Indonesia dan negara sejenis dimana dalam tujuan riset ini, Malaysia dan Thailand akan dijadikan sebagai objek pembandingannya. Pengkajian dilakukan berdasarkan dari penemuan sebelumnya seperti data-data dan studi yang telah ada. Dengan ini diharapkan bahwa riset ini akan menyajikan pandangan dalam meningkatkan keselamatan jalan beserta kebijakan di Indonesia. Dalam pengkajian terdapat beberapa keterbatasan dan asumsi yang telah dibuat dikarenakan kurangnya data dan informasi. Riset ini dilakukan dengan membuat literatur yang sistematis dimana terdapat empat fase yaitu; jangkauan topik, faktor-faktor yang mempengaruhi, kebijakan yang terdapat di negara masing-masing, dan efektivitas. Pertama, di jangkauan topik akan mendiskusikan tentang area pembahasan dan latar belakang yang didapatkan dari beberapa data yang ada dan juga dari jurnal. Faktor-faktor yang mempengaruhi juga didapatkan dari penyebab utama dari masalah tersebut. Selain itu, riset dilakukan berdasarkan skema metodologi dimana akan membahas seberapa efektif program keselamatan berjalan dan kebijakannya untuk para pengendara sepeda motor. Analisa dan kesimpulan akan didiskusikan di akhir riset.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rachmat Sadili
Abstrak :
Pada lalu lintas campuran terjadi interaksi antar jenis kendaraan yang berbeda. Komposisi kendaraan mempengaruhi karakteristik lalu lintas. Peningkatan penjualan sepeda motor yang tinggi menyebabkan perubahan pada komposisi lalu lintas yang berdampak pada perubahan karakteristik lalu lintas. Pengumpulan data pada lokasi yang sesuai kriteria dengan panjang segmen 50 meter melalui rekaman video di peroleh data volume lalu lintas dengan rekapitulasi dalam interval 1 menit dan rata-rata kecepatan lalu lintasnya. Dengan menggunakan model Greenshield, Underwood dan Greenberg dianalisis hubungan Arus - Kecepatan - Kepadatan pada 4 kelas persentase Sepeda Motor, berdasarkan sebaran frekuensi persentase sepeda motor. Hasil analisis dengan ketiga model menunjukan bahwa nilai kecepatan arus bebas (Uf), kepadatan macet (Kj), Kecepatan Optimum (Uo), Kepadatan Optimum (Ko) dan Arus maksimum (Qmaks) tiap kelas persentase sepeda motor terdapat perbedaan, yang menunjukan adanya pengaruh persentase sepeda motor terhadap karakteristik lalu lintas campuran. Dengan menggunakan analisis regresi nilai arus maksimum dan derajat kejenuhan dianalisis hubungannya dengan persentase sepeda motor. Diperoleh hubungan yang sangat erat yang ditunjukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) dari hubungan tersebut mendekati 1. ......Vehicle composition on mixed traffic affect the characteristic of traffic flow. In Indonesia typically traffic composition consist of 60%, 8% and 32% for light vehicle, heavy vehicle and motorcycle respectively. A high increasing of the motorcycle sale cause a change of traffic flow composition. The Location research are some of urban road which is passed through by a high composition of motorcycle. By performing data collection on a road with 50 meters segmen length using video recorder have been obtained traffic flow data, average speed and density of traffic flow in a minute interval survey. And then, by using traffic flow relationship model, i.e. Greenshiled, Underwood and Greenberg, the relationship of Traffic Flow -Speed - Density could be analyzed for 4 (four) classes of motorcycle percentage on flow of traffic based on the distribution of percentage frequency of motorcycle. The results of analysis with the three models indicate that the free flow speed (Uf), stuck density (Kj), optimum speed (Uo), optimum density (Ko) and maximum flow (Qmax) for each class percentage of motorcycles are different. The results show that there are a significant influence of composition (percentage) of motorcycles on a traffic flow toward the characteristics of mixed traffic. By Using a regression technique, the relationship between the percentage of motorcycles and the maximum flow value and degree of density can be analyzed. There are a significant relationship showed by the coefficient of determination (R2) of the relationship are closed to the value of 1.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29707
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>