Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Rivanol Chadry
Abstrak :
Sepeda lipat merupakan sarana transportasi alternatife yang mudah dibawa-bawa dan disimpan dengan volume ruang yang kecil. Dengan kondisi tersebut diperlukan penelitian dalam pengembangan sepeda lipat guna mendapatkan sepeda lipat yang handal, kuat, ringan dan efisien. Pengembangan dan penelitian yang dilakukan meliputi analisa perhitungan kekuatan sepeda lipat dengan mempertimbangkan kondisi dinamis yang ekstrem pada saat bersepeda.
Perhitungan kekuatan terhadap sepeda lipat dengan melakukan pemodelan matematis pada jalan berlubang akan menghasilkan efek gaya maksimum terhadap konstruksi sepeda lipat.
Pengujian pada awal desain menggunakan software MSC. Visual Nastran dengan pemodelan sepeda lipat yang bergerak pada kondisi jalan jumping dan bergelombang. Pengujian menghasilkan grafik perubahan tegangan, regangan dan defleksi selama pergerakan sepeda lipat pada kedua kondisi pemodelan tersebut.
Berdasarkan grafik yang dihasilkan dengan menggunakan bahan AISI 1020 pada bahan konstruksi rangka sepeda, tegangan maksimum ( s) yang terjadi adalah 18.6 N/mm² dan faktor redaman ( x ) adalah 0.15915.
Dengan pertimbangan analisa kekuatan dan pengujian dinamis pada konsep awal desain, diharapkan ketika mengimplementasikan pada sepeda lipat yang sebenarnya akan disesuaikan dengan tujuan yang diharapkan yaitu kuat dan ringan.
Folding Bike is represent the alternative transportation in easy to portable and easy to kept with the small room volume. With the condition needed by new research design in folding bike development to utilize to get the folding bike reliable, strong, efficient and light. Development and research conducted cover the analysis calculation strength of folding bike by considering dynamic condition which exstrem at the time of cycling.
The strength calculation to folding bike by modelling mathematical at holey road street will yield the maximum style effect to construction folding bike.
Examination in the early design to use the software MSC. Visual Nastran by modelling is folding bike which is the move at condition of street are jumping and surging. Examination yield the graph of tension change, strain and deflection of during folding bike movement fold at both the condition modelling. Pursuant to result are graph yield by using materials AISI 1020 at construction materials the folding bike, maximum tension (s) that happened is 18.6 N / mm² and damping factor ( x ) is 0.15915.
With the consideration analyses strength and the dynamic examination at concept of early design, expected when implementation at folding bike which in fact will be adapted by a target expected that is strength and light.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T23360
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Aidil Zamri
Abstrak :
Disain sepeda lipat adalah merupakan suatu rancangan sistim pelipatan yang diterapkan pada rangka sepeda sehingga rangka sepeda tersebut dapat dilipat menjadi dua atau tiga lipatan. Prosespengembangan disain didasarkan atas konsep lipatan sepeda lipat yang sudah ada dipasaran dan dari sini dikembangkan untuk menghasilkan suatu sistim lipatan yang baru.
Didalam penelitian ini dikembangkan tiga jenis disain lipatan dengan keunggulan masing-masingnya. Agar diperoleh disain yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan konsumen dilakukan suatu proses pemilihan dengan menggunakan metoda Analytic Hierarchy Process (AHP). Pada penelitian ini ditetapkan empat faktor utama dalam proses pemilihan yakni dimensi lipatan akhir,kepraktisan melipat, berat sepeda dan harga sepeda. Data diperoleh dengan melibatkan konsumen dalam pemilihan dengan mengisi kuisioner yang telah disediakan. Dari hasil pengolahan data, konsumen memprioritaskan bahwa dimensi lipatan merupakan factor utama dalam memilih sepeda lipat. Dari proses pemilihan dengan analisis AHP, disain yang diprioritaskan untuk dikembangkan adalah disain nomor tiga, dimana pada disain ini sepeda dapat dilipat tiga sehingga menghasilkan dimensi lipatan akhir yang lebih kecil dibandingkan dengan dua disain yang lain.
Design of folding bike is an the pleating systems applied at bicycle frame so that the frame of the bicycle can be folded become two or three fold. The process design development based from folding concept of folding bike are in the market and that system developed to a new folding systems.
This research developed three type of design an excellence each other that. So that obtained the effective design and as according to requirement of consumer, the process selected by using the Analytic Hierarchy Process (AHP). This research specified four main factor the are; dimension of final fold, practical of fold, weigh and price of bicycle. Data obtained by entangling the consumer in selection by filling Quissioner which have been provided. From result of dataprocessing, we know that consumer priority is folding dimension as a main factor in choosing the folding bike. From AHP analysis the priority design to be developed is designing number three, in this design the bicycle can be fold in three folding that final fold dimension is smaller than two other design.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2007
T23273
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Ricky Prabowo
Abstrak :
Penelitian ini mengkaji aspek ergonomis dari sepeda lipat Departemen Teknik Mesin FT-UI dalam virtual environment modeling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah PEI yang mengintegrasikan hasil analisis dari tiga buah metode: LBA, OWAS, dan RULA. Tujuannya adalah menentukan desain sepeda lipat yang paling ergonomis berdasarkan PEI tersebut serta menganalisis kelayakan sepeda lipat menjadi pengganti sepeda UI. Pembuatan konfigurasi desain berdasarkan tinggi stang dan tinggi sadel sepeda lipat sehingga dihasilkan sembilan konfigurasi desain.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain sepeda lipat yang paling baik dari apek ergonomi adalah dengan kondisi stang yang dinaikkan menjadi 32 cm serta kondisi sadel yang tetap. PEI desain sepeda lipat yang terbaik adalah 1,65 yang berarti lebih rendah dibandingkan PEI sepeda UI sehingga sepeda lipat berpotensi untuk menggantikan sepeda UI.
......This research tried to study ergonomic aspect from folding bicycle from Mechanical Engineering University of Indonesia in virtual environment modeling. PEI used as approach that integrated the results of three methods: LBA, OWAS, and RULA. The objective is to determine the most ergonomic design of folding bicycle based on PEI and analyze feasibility of folding bicycle to replace UI bicycle. Configuration of design made based on handle bar and sadle height so that produce nine configurations of design.
The result show that most ergonomic design of folding bicycle from ergonomic aspect is handlebar that added until 32 cn and sadle condition is same. PEI from best design of folding bicycle is 1,65 that means lower than PEI of UI bicycle so that folding bicycle potential to replace UI bicycle.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2009
S52018
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library