Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 1079 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Schlecht, Phillip C., 1937-
San Francisco: Jossey-Bass, 1997
371.200 973 SCH i
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
The research investigated whetheror not school either had been influenced by s such factors as the school vision and mission and the two variables contributed to the school effectiviness partially....
2008
370 JPUNP 30:2 (2008)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Sartana
Abstrak :
Opini negatif masyarakat Indonesia terhadap keberadaan program rintisan sekolah bertaraf Internasional akhir-akhir ini menuntut adanya evaluasi yang mampu memperjelas perihal apa dan bagaimana dengan R-SMA-BI tersebut. Tesis ini bermaksud menganalisis pelaksanaan program rintisan sekolah menengah atas bertaraf internasional di Provinsi Lampung rintisan tahun 2006 dengan menggunakan model Context, Input, Process, Product (CIPP), melalui pendekatan positivisme dengan metode kualitatif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, Koordinator Program RSBMAI, guru/pengajar, siswa, kepala administrasi , unsur Dinas Pendidikan Provinsi, Unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Komite Sekolah di SMA RSBI di Provinsi Lampung rintisan 2006. Hasil penelitian menunjukkan pada aspek konteks, di ke-tiga RSMABI memulai program Rintisan sekolah bertaraf internasional setelah ditunjuk oleh pemerintah pusat melalui surat resmi. Pada aspek Input ke-tiga sekolah rintisan SBI melakukan sistem seleksi siswa baru secara bertahap. Aspek Proses di ke-tiga RSMA-BI telah menerapkan pembelajaran berbasis TIK, pembelajaran bilingual, adaptasi kurikulum Cambridge. Pada aspek Produk /Output menunjukkan lulusan di ke-tiga R-SMA-BI memiliki nilai Ujian Nasional rata-rata di atas 7,5 dan lulusan dapat diterima di perguruan tinggi favorit, dua R-SMA-BI mencapai diatas 80 % dan satu RSMA-BI baru mencapai 74,71 %. ......The negative public opinion in Indonesia to the existence of an international school pilot program in recent times calls for an evaluation that is able to clarify about what and how to RSBI is. This thesis intends to analyze the implementation of the pilot program of an international school in Lampung Province in 2006 with the pilot using the Context, Input, Process, Product (CIPP) model, through positivism approach with qualitative methods. Research subjects are the Principal, Coordinator RSBI Program, teachers/instructors, students, the head of administration, elements of the Provincial Education Office, District Education Office Elements, the School Committee at the high school in Lampung Province RSBI 2006 piloting. The results research showed context aspects, in the three pilot schools started the program international pilot school program after appointed by government through a formal letter. On Input aspect they do the new student selection using gradually system. From process aspects, these schools have applied learning process based on ICT, bilingual learning, Cambridge curriculum adaptation. From Product aspect the output shows graduates students these school have National Examination score more than 7.5 and can be accepted in favorites university above 80 % for two schools and 74.71% for the one.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2011
T29526
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sari Nurhayanti
Abstrak :
Penting bagi perpustakaan sekolah untuk mengetahui sikap guru terhadap koleksi dan layanannya karena sikap ini akan mempengaruhi perilaku guru terhadap perpustakaan. Perilaku guru terhadap perpustakaan mempunyai pengaruh besar terhadap penggunaan perpustakaan oleh para siswa. Bila guru merekomendasikan penggunaan perpustakaan sekolah secara baik maka banyak siswa akan menggukan perpustakaan, begitupun sebaliknya. Maka tidak salah bila kemudian prioritas pelayanan perpustakaan diberikan pada guru. Penelitian yang mengambil sampel di SMUN 70 Jakarta sebagai salah satu sekolah plus di DKI Jakarta ini bertujuan untuk memberikan gambaran deskriptif sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta. Menggunakan tipe penelitian deskriptif dan metodologi survei penulis menganalisis 52 lembar kuesioner yang dibagikan kepada para guru selaku responden. Hasil yang diperoleh secara umum sikap guru terhadap koleksi dan layanan perpustakaan SMUN 70 Jakarta adalah cenderung positif. Empat aspek dalam koleksi perpustakaan yang diteliti yaitu sikap guru terhadap relevansi koleksi dengan kurikulum sekolah, ketersediaan koleksi, pengorganisasian koleksi dan sarana temu kembali secara umum adalah cenderung positif. Sikap ini lebih dikarenakan masih kurang representatifnya koleksi perpustakaan yang ada, walaupun sebagian besar dari guru mengakui bahwa koleksi yang ada sudah cukup mendukung untuk sebagian besar mata pelajaran. Sikap guru terhadap layanan dilihat dari 7 aspek yaitu layanan sirkulasi, layanan rujukan, layanan bimbingan pemakai, layanan audio visual, layanan kesiagaan informasi dan promosi, layanan bahan pustaka pesan, dan unsur penting yang ada dalam sebuah layanan perpustakaan. Secara umum sikap mereka terhadap layanan ini juga cenderung positif. Hampir semua layanan disikapi secara positif oleh guru kecuali layanan audio visual yang memang masih sangat terbatas disediakan oleh perpustakaan sekolah. Dari penelitian ini diketahui bahwa memang sikap guru perpustakaan SMUN 70 Jakarta pada dasarnya adalah positif, tinggal bagaimana pihak perpustakaan sekolah mengelola dan memperbaiki hal-hal yang selama ini masih menjadikan perpustakaan kurang dihargai oleh para guru.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2002
S16220
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Suryana. author
Abstrak :
Penambahan fasilitas pendiclikan menunjukkan upaya peningkatan kualitas proses clan hasil pendidikan. Suatu sistem pendidikan disebut bermutu dad segi proses jika proses belajar-mengajar berlangsung secara efektif, clan peserta didik mengalami proses pembelajaran yang bermakna clan ditunjang oleh sumber daya (manusia, clana, sarana, clan prasarana) yang memadai. Sementara Ru peserta diclik tersebar di lokas! yang sangat beragam mulai dari daerah terpencil sampai kota metropolitan. Kondisi geografis yang sedemikian luas clan terpencar, clan tingkat perkembangan pembangunan yang beragam, mengakibatkan masih rendahnya efisiensi dalam pengelolaan pendidikan. Masalah dalarn penelitian in! adalah : Bagaimana hubungan faktor jarak dengan kelengkapan fasilitas Sekolah Dasar di Kabupaten Tasikmalaya ? Kelengkapan fasilitas Sekolah Dasar yang dimaksud dalarn penelitian ini adalah rata-rata banyaknya sekolah, guru, ruang kelas, clan mudd sekolah dasar di setiap desa, yang clihitung berclasarkan rasio guru terha6p ruang kelas (RGk), rasio guru terhadap sekolah (RGs), rasio kelas terhadap sekolah (RKs) clan rasio murid terhadap kelas (RIVIk). Wilayah penelitian adalah desa - desa yang terclapat di Kabupaten Tasikmalaya Propinsi Jawa Barat (ticlak termasuk Kota Administratif Tasikmalaya). Wilayah penelitian dibagi menjacli 3 wilayah jarak dengan ketentuan yaitu : Wilayah I dengan jarak < 20 Krn dad pusat kota, Wilayah 11 : dengan jarak antara 20-40 Km clad pusat kota, clan Wilayah III : dengan jarak > 40 Krn dad pusat kota. Hasilnya adalah peta wilayah penelitian berclasarkan jarak dad pusat kota. Dad hasil penelitian di ketahui : Semakin dekat ke pusat kota, persentase banyaknya desa yang memiliki variabel-variabel kelengkapan fasilitas SID tinggi semakin bertambah kecuali rasio murid terhadap kelas (RMk), sedangkan persentase banyaknya desa yang memiliki variabel-variabel kelengkapan fasilitas SD renclah semakin berkurang. Semakin dekat ke pusat kota, persentase banyaknya desa yang memiliki tingkat kelengkapan fasilitas SD baik semakin bertambah, clan yang buruk semakin berkurang.
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 1997
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Monika Frederika
Abstrak :
Masa kanak-kanak merupakan masa yang paling indah dan penuh dengan kegembiraan bagi banyak orang. Seringkali tanpa disadari kenangan-kenangan pada masa kecil masih berbekas hingga orang tersebut tumbuh dewasa. Pengalaman pada masa kanak-kanak seringkali menjadi hal yang menentukan seseorang tersebut menjadi orang yang berhasil atau tidak di masa depan. Ruang dimana anak bergerak, melakukan, dan mengalami segala sesuatu akan berpengaruh terhadap keberhasilannya berkembang baik secara Hsik maupun mental. Hal ini menunjukkan bahwa arsiteklur, sebagai ilmu merancang suatu ruang bagi manusia untuk melakukan kegiatannya, juga memiliki peran penting untuk mewujudkan keberhasilan anak melakukan proses belajarnya. Arsitek sebagai si perancang ruang, harus dapat mewujudkan suatu ruang yang arnan dan nyaman bagi anak agar mereka dapat melakukan proses belajarnya dengan benar dan tepat. Institusi prasekolah merupakan ruang yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari anak. Sehingga arsitek pun secara tidak langsung turut terlibat dalarn kehidupan seorang anak. Malalui pembahasan dalam skripsi ini diharapkan dapat membantu arsitek sebagai perancang ruang, untuk turut berperan serta memberikan sumbangan yang berarti bagi kehidupan anak khususnya pada usia prasekolah.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2003
S47913
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Inaya Rakhmani
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2004
S4411
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2000
S6897
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Anggun Astuti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai peran pustakawan dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK Negeri 27 Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta sudah menjalankan perannya sebagai guru teacher , mitra instruksional instruksional partner , penyedia informasi information specialist , administrasi program perpustakaan program administrator , dan pemimpin leader dalam memenuhi kebutuhan informasi siswa SMK Negeri 27 Jakarta. Pustakawan SMK Negeri 27 Jakarta menjalankan peran tersebut dengan cara menyesesuaikan antara kebutuhan informasi siswa dengan bidang kompetensinya. Adapun bidang kompetensi yang berada di SMK Negeri 27 Jakarta, antara lain: Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana, Tata Kecantikan Kulit, Tata Kecantikan Rambut, Patiseri, dan Usaha Perjalanan Wisata. Dalam menjalankan perannya, pustakawan melakukan kerjasama dengan guru dan bagian teknologi sekolah. Sarana dan program yang ada di perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta sudah membantu pustakawan SMK Negeri 27 dalam menjalankan perannya untuk memenuhi kebutuhan informasi siswa. Namun koleksi yang ada dalam perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta masih harus dikembangkan dan pustakawan harus lebih aktif dan perlu memaksimalkan serta mengevaluasi program yang ada agar dapat memaksimalkan layanan di Perpustakaan SMK Negeri 27 Jakarta.
ABSTRACT
This study discusses the role of librarians in serving the information needs of students in SMK Negeri 27 Jakarta. This study aims to identify the role of librarian of SMK Negeri 27 Jakarta in order to meet the needs of student information. This research is qualitative research with case study method. The results showed that the librarian of SMK Negeri 27 Jakarta has performed its role as teacher, instructional partner, information specialist, program administration, and leader in fulfilling the information needs of students of SMK Negeri 27 Jakarta. Facilities and programs in the library SMK Negeri 27 Jakarta has helped librarian of SMK Negeri 27 Jakarta in carrying out its role to serving the needs of student information, although there are some collections to be added and programs that need to be improved to maximize the role of librarian better.
2017
S69550
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aan Komariah
Jakarta: Bumi Aksara, 2005
658.409 2 AAN v
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>