Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Satya Azyumar
"Terlepas dari seluruh tantangan yang dirinya hadapi, Sadiq Khan berhasil memenangkan pemilihan walikota London. Sehingga, penelitian ini membahas tentang faktor strategi kampanye yang dilakukan oleh Khan. Selain karena belum pernah dibahas sebelumnya, strategi Khan berhasil mengantarkan kemenangan di beberapa wilayah London yang sebelumnya merupakan daerah pendukung Partai Konservatif. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini akan menggunakan model strategi Marketing Campaign yang dikemukakan oleh Bruce I. Newman untuk menjelaskan langkah apa saja yang perlu dilalui oleh seorang kandidat dalam memenangkan kontestasi politik. Melalui tiga indikator dari model tersebut, yaitu voter segmentation, candidate positioning, dan strategy implementation, penelitian ini menjelaskan mengapa strategi yang dilakukan oleh Khan dan timnya memiliki pengaruh penting pada kemenangannya. Penelitian ini menemukan bahwa berdasarkan serangkaian pemilihan walikota, London dapat dimenangkan oleh calon yang berasal dari kelompok siapa saja dengan strategi yang tepat. Khan berhasil memposisikan dirinya sebagai sosok yang dapat diterima dan diidentifikasi oleh masyarakat London secara umum. Khan juga melakukan kampanye ke seluruh wilayah di London, berbeda dengan doughnut strategy yang sebelumnya digunakan oleh Boris Johnson. Meskipun tidak menjadi satu-satunya faktor kemenangan, strategi kampanye Khan memainkan peranan penting dalam keberhasilannya.

Despite all the challenges he faced, Sadiq Khan managed to win the London mayoral election. Thus, this study discusses the factors of the campaign strategy carried out by Khan. Apart from having never been discussed before, Khan's strategy has succeeded in delivering victory in several areas of London which were previously the area of Conservative Party. In addition, Khan also managed to ward off a series of negative campaigns from his opponent, namely Zac Goldsmith. With a qualitative approach, this research will apply the Marketing Campaign strategy model proposed by Bruce I. Newman to explain what are needed by a candidate to win a political contest. By using three indicators from the model, namely voter segmentation, candidate positioning, and strategy implementation, this study explains why the strategy adopted by Khan and his team influenced their victory. This research found that based on a series of mayoral elections, London could be won by any candidate with the right strategy. Khan has succeeded in positioning himself as a person accepted and identified by London society. Khan also campaigned throughout London, in contrast to the doughnut strategy previously used by Boris Johnson. Although it was not the only factor in the victory, Khan's campaign strategy surely played an important role in its success."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Audhila Noveryni
"Tugas Karya Akhir ini membahas fenomena kemenangan Sadiq Khan yang terpilih sebagai Walikota London pada pemilu tahun 2016. Dengan menggunakan metode kualitatif, penelitian ini menganalisis faktor-faktor pendorong kemenangan Khan. Pertama adalah dukungan dan perolehan suara dari masyarakat kota London, khususnya kelompok Black and Minority Ethnic (BME) . Kedua adalah kampanye rasial yang dilakukan Zac Goldsmith (Dog Whistle Campaign) sebagai lawan Khan dalam pemilu. Penelitian ini menggunakan konsep Minority Voting Factors dan teori Voting Behavior dalam menganalisis kedua faktor pendorong tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa ketidaksetaraan ekonomi dan sosialbudaya yang dialami kelompok BME di London membuat mereka membutuhkan sosok wakil yang dapat mewakili kepentingan mereka. Sadiq Khan sebagai kandidat Walikota London dianggap mampu memenuhi tuntutan kelompok BME. Selain itu, kampanye ‘rasial’ Zac Goldsmith dalam pemilu menyebabkan Goldsmith mendapatkan kecaman dari masyarakat kota London. Kampanye bersifat rasial tentunya tidak dapat diterapkan di London sebagai kota yang sudah ‘terbuka’ dengan keberagaman.

This paper deliberated victorious phenomenon of Sadiq Khan, whom successfully elected to be the Mayor of London during the 2016 election. Using qualitative method, the discussion inside this paper mainly analyzed some factors which support Khan’s triumph in the election. The main factor is the encouragement and the high acquisition from Black and Minority Ethnic  (BME) in London. The second factor is the racial campaign that conducted by Zac Goldsmith (Dog Whistle Campaign) as Khan’s rival throughout the election. The concept that is used in this research is Minority Voting Factors and the theory of Voting Behavior in analyzing both supporting factors. The result of this research is the founding of economical and socio-cultural inequality that suffered by BME group in London make them aware about their need of the right leader to represent their aspirations. Sadiq Khan, as the Mayor of London candidate, considered to be capable to make their dreams come to life. Other than that, Zac Goldsmith’s ‘racial’ campaign in the election caused him to get a lot of criticism from the people of London. A campaign that contains racial issues absolutely denied in London, since it is to be a city that accepts diversity by this time.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2018
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library