Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Syarif Fajri
"Tesis ini meneliti tentang penilaian efisiensi relatif 117 SMA Negeri di Provinsi DKI Jakarta pada Tahun Ajaran 2010/2011 sampai 2012/2013 dengan menggunakan Data Envelopment Analysis (DEA). Metode DEA dipilih karena kelebihannya mampu mengolah lebih dari satu input dan output. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan input, yang bertujuan mencari kombinasi penggunaan input minimal dalam menghasilkan satu tingkatan output tertentu. Variabel input terdiri dari 3, yaitu: Nilai Ujian Nasional SMP, Pembiayaan Pendidikan dan Rasio Tenaga Pendidik. Variabel output terdiri dari 2, yaitu: Tingkat Kelulusan Siswa dan Nilai Ujian Nasional IPA-IPS. Hasil perhitungan dengan DEA menghasilkan 19 SMA Negeri efisien secara teknis dan 98 SMA Negeri inefisien secara teknis. Bagi SMA Negeri yang inefisien secara teknis dapat diperbaiki nilai efisiensinya dengan cara melakukan penyesuaian variabel input berdasarkan hasil perhitungan DEA.

The focus of this study is measuring relative efficiency of 117 SMA Negeri in Jakarta in 2010-2012 using Data Envelopment Analysis (DEA). DEA method is chosen because its superior for processing more input and output variables. This study uses input oriented model, its find combination of using minimal input in producing a certain level of output. Input variables consist of score of National Examination for SMP, educational financing, and the ratio of teachers per students. Output variables consist of Graduation rates of students and scores of National Examination for IPA-IPS. The results are 19 SMA Negeri classified as technically efficient and the remaining classified as technically inefficient. For the SMA Negeri which are technically inefficient can improve the score of the efficiency by adjusting the input variables based on the results of the calculation of the DEA."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2014
T39020
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lina Yuliana
"Keberadaan perpustakaan SMA yang baik sangat penting, karena setelah menyelesaikan SMA, siswa-siswi akan memasuki perguruan tinggi. Ketika melanjutkan ke perguruan tinggi mereka dituntut untuk belajar mandiri. Apabila siswa-siswi SMA tidak dapat melanjutkan ke perguruan tinggi, ia akan bekerja pada suatu lembaga yang kemungkinan besar dituntut untuk mencari informasi secara mandiri dalam rangka menyelesaikan tugas sehari-hari dan harus menggunakan perpustakaan pada tempat mereka bekerja (Subagyo, 1995 : 4). Perpustakaan sekolah dapat menjadi bekal utama mereka dalam upaya belajar mandiri untuk mencari informasi yang dibutuhkan. Di SMA Negeri 8 Jakarta, perpustakaan sekolah yang pada awalnya didirikan hanya sebagai ruangan tempat penyimpanan buku dan belum memiliki tempat baca bagi pengunjungnya. Sarana yang ada hanya lemari dan tempat buku-buku paket, beberapa buah buku cerita beserta buku pengetahuan murni lainnya dengan jumlah yang masih terbatas. Walaupun dengan penampilan seperti ini, perpustakaan di SMA Negeri 8 tetap bisa menarik perhatian masyarakat SMA Negeri 8 Jakarta, yang menggunakan perpustakaan sekolah untuk melakukan penelitian sederhana dan juga sebagai tempat rekreasi yang efektif bagi para siswanya. Penelitian sederhana yang dimaksud disini adalah kegiatan karya ilmiah, praktek laboratorium, dan percobaan-percobaan ilmiah lainnya. Sedangkan sarana rekreasi yang dimaksud adalah seperti meluangkan waktu untuk membaca koleksi perpustakaan yang sifatnya menghibur seperti membaca novel, koran, atau majalah untuk menambah pengetahuan umum mereka. Di kebanyakan sekolah, termasuk sekolah-sekolah negeri, koleksi perpustakaan yang dikelolanya terbatas pada buku-buku paket kiriman pemerintah karena tidak memiliki koleksi yang lain, kalaupun ada koleksi lainnya jumlah judul dan eksemplarnya sedikit serta kondisi bukunya sudah lusuh karena sudah lama dan sering dipinjam oleh siswa dan guru. Bahkan, sebagian dari sekolah-_sekolah tersebut ada yang tidak memiliki ruang perpustakaan secara khusus karena keterbatasan ruang dan dianggap keberadaannya kurang begitu penting (Hermawam, 2004). Salah satu faktor utama menghambat suatu perpustakaan untuk berkembang adalah dana. Tapi dalam penelitian ini penulis tidak membahas tentang manajemen perpustakaan. Permasalahan yang akan diangkat dalam penelitian ini adalah tentang kebutuhan informasi siswa-siswi SMA Negeri 8 Jakarta dalam kegiatan belajarnya, dan informasi apa saja yang dibutuhkan oleh siswa-siswi SMA Negeri 8 Jakarta berkaitan dengan minat mereka? Selain perpustakaan sekolah sebagai sumber informasi dan belajar tentu masih banyak lagi sumber-sumber informasi lain yang dapat digunakan oleh siswa-siswi SMA Negeri 8 Jakarta dalam memenuhi kebutuhan mereka. Karena itu adakah sumber informasi lain yang mereka gunakan selain perpustakaan sekolah dalam memenuhi kebutuhan mereka? Siswa-siswi juga akan ditanyakan pendapat mereka terhadap perpustakaan SMA Negeri 8 Jakarta sebagai sumber informasi berkaitan dengan kebutuhan yang mereka inginkan."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2004
S15490
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
cover
Thohir Perdana Putra
"Salah satu hal mendasar yang mempengaruhi kerasionalan penggunaan antibakteri adalah pengetahuan. Guru SMA sebagai masyarakat berpendidikan tinggi dan bertugas mencerdaskan generasi muda diharapkan dapat ikut berperan dalam penggunaan antibakteri yang tepat.
Penelitian ini bertujuan untuk menilai faktorfaktor yang mempengaruhi pengetahuan dan pola penggunaan antibakteri oleh guru SMA Negeri di Kota Depok. Desain penelitian adalah potong lintang dan pengambilan data melalui kuesioner yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Kuesioner terdiri dari indikator untuk menilai pengetahuan, penggunaan dan data demografi pasien. Pengumpulan data dilakukan dari Maret-April 2013 secara consecutive sampling. Populasi adalah seluruh guru yang mengajar SMA Negeri di Kota Depok, sampel adalah guru yang menggunakan antibakteri dalam tiga bulan terakhir. Jumlah sampel adalah 106 orang.
Hasil analisis data memperlihatkan bahwa 42,45% guru memiliki pengetahuan yang cukup mengenai antibakteri. Selain itu diketahui sebanyak 60% guru memiliki pola penggunaan antibakteri yang sesuai. Hasil analisis memperlihatkan bahwa tempat mengajar (p=0,018), jenis kelamin (p=0,042) dan usia (p=0,049) memiliki hubungan bermakna dengan pengetahuan, tetapi tidak memiliki hubungan bermakna dengan pola penggunaan antibakteri oleh guru.

One of the fundamental things that affect the rational use of antibacterial is knowledge. Public high school teachers as a highly educated society and have duty to develop the young generation is expected to be able to play a role in the rational use of antibacterial.
The purposes of this research were to assess the factors that affect knowledge level and patterns of antibacterials use by public high school teachers in Depok City. The research design is cross sectional study and taking data by questionnaire which has been tested for validity and reliability. Questionnaire consists of indicators to assess knowledge, use and patient demographic data. Data collection was conducted on the samples from March- April 2013. Population is teachers who taught in public high school in Depok City, samples are teachers who use antibacterial in the last three months. The sampling technique used was consecutive sampling. The numbers of samples were 106 teachers.
The results showed that 42.45% of teachers had medium knowledge of antibacterial. On the other hand, 60% teachers had appropriate patterns of antibacterial use. The other results showed that places of teaching (p=0,018), gender (p=0,042) and age (p=0,049) had a significant relation with the knowledge level, but did not had a significant relation with the pattern of antibacterial use.
"
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2013
S46788
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Denti Vadalika Puteri
"Stres kerja merupakan keadaan dimana terjadi ketidakseimbangan antara tuntutan pekerjaan dengan kemampuan seseorang untuk mengelola tuntutan tersebut sehingga menimbulkan berbagai dampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor – faktor yang berhubungan dengan stres kerja pada guru SMA Negeri di Jakarta Pusat saat masa pandemi COVID-19. Adapun faktor – faktor yang diteliti meliputi faktor karakteristik individu (jenis kelamin, usia, status pernikahan, masa kerja, tingkat pendidikan, tipe kepribadian, jumlah anak) dan faktor psikososial (beban kerja, jadwal kerja, dukungan sosial, kontrol pekerjaan, ambiguitas peran, konflik peran, home-work interface). Penelitian ini menggunakan desain penelitian cross sectional dan pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online. Dari 113 orang guru yang berpartisipasi dalam penelitian ini, didapatkan 47,8% guru mengalami stres kerja. Selain itu, terdapat hubungan antara status pernikahan (P value = 0,037), jumlah anak (P value = 0,016), ambiguitas peran (P value = 0,015), dan home-work interface (P value = 0,048) dengan stres kerja.

Occupational stress is a situation where there is an imbalance between job demands and workers ability to manage those demands, then it can causing various negative impacts. The aim of this study is to explain factors related to work stress among public high school teachers in Jakarta Pusat during COVID-19 pandemic. Observed factors are individual characteristics (sex, age, marriage status, work period, education level, personality type, number of children) and psychosocial factors (workload, work schedule, social support, control over work, role ambiguity, role conflict, home-work interface). This study design is cross sectional and data collection was carried out by distributing online questionnaires. From 113 teachers participated in this study, it was found that 47,8% of teachers experience occupational stress. Moreover, the result also found a relationship between marriage status (P value = 0,037) and work stress, number of children (P value = 0,016) and work stress, role ambiguity (P value = 0,015) and work stres, home-work interface ( P value = 0,048) and work stress."
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Idianto M.
"Tesis ini membahas etnisitas guru yang hadir bersama-sama dengan kolegalitas dan kolaborasi guru sebagai bentuk interaksi sosial assosiatif di lingkungan sekolah. Fokus penelitian adalah bagaimana identitas etnik berperan dalam relasi¬relasi sosial antar guru sebagai komunitas profesional yang teramati pada aktifitas kolegalitas dan kolaborasi di lingkungan sekolah dan kontribusi identitas etnik dalam konstruksi budaya sekolah. Kolegalitas dan kolaborasi merupakan aspek penting dalam menumbuhkan profesionalisme guru dewasa ini sehingga dengan memperhatikan hal ini akan tercipta budaya kolaboratif pada guru-guru khususnya guru SMA.
Lokasi penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Bekasi, sebuah sekolah standar nasional yang gurunya berasal dari beberapa kelompok etnik yang ada di Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian deslariptif kuantitatif yang pengumpulan datanya menggunakan kuesioner observasi dan wawancara mendalam.
Kesimpulan studi adalah bahwa dalam komunitas guru sebagai profesional identitas etnik tetap saja merupakan identitas sosial yang penting dan seeara bergantian dengan identitas sebagai guru diaktifkan dalam relasi-relasi sosial di lingkungan sekolah. Sebagai konsekuensi dari tingginya derajad keterikatan guru dengan kelompok etniknya maka kolagelitas dan kolaborasi yang terbangun di antara guru juga didasarkan pada kesamaan identitas etnik tersebut. Begitupun klik yang muncul dalam kelompok formal guru juga didasarkan pada kesamaan etnisitas meskipun kemunculan awalnya lebih disebabkan oleh faktor kelas sosial.
Sebagai elite di lingkungannya kepala sekolah memiliki modal sosial untuk mempengaruhi pola-pola hubungan antar guru dengan membangun ruang fisik yang memberikan lebih banyak kesempatan para guru untuk berinteraksi tatap muka dan menyediakan waktu-waktu luang untuk memperkenalkan norma-norma kolegalitas dan kolaboratif serta mempraktekannya dalam aktifitas sehari-hari sebagai pimpinan sekolah.

This thesis is discussed teacher's ethnicity which come along with teacher collaboration and collegiality as a form of associative social interaction around school's neighborhood. Focus of this research is how ethnic identity taking part in social relation among teacher as professional community found in schools collaboration and collegiality and contribution ethnic identity in a schools cultures construction. Collaboration and collegiality are significant aspect in evolving teacher's professionalism nowadays therefore by notice this matter wick create collaborative culture to teachers particularly high school teacher.
The location of this research was at SMA Negeri 2 Bekasi, a national standard schools where the all their teacher are derived from various ethnic groups throughout Indonesia. This research is a quantitative descriptive research in which the data collection using an observation questionnaire and in-depth interview.
The conclusion of this study is that during teacher's community as professional ethnics identity yet still a significant social identity and shifted with identity as teacher would be activated in social relation around schools neighborhood. As consequent of highly degree teacher's bind with their ethnic groups thus collaboration and collegiality which is formed among teacher also based on ethnic identity equality. So as emerged in teachers formal groups that are based on ethnic equality despite of initiate emergence was more caused by social factor class.
As an elite in his neighborhood The principal has a social asset to influence in pattern of relationship among teachers by establishing physical space which provide more opportunity to them to be interacted face to face and spend more time to introduce a collaboration and collegiality norms and apply it in daily activity as master of school."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2008
T24399
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dahlan Hadyan Suhanda
"ABSTRACT
The fund of educations at schools, from elementary schools up to university, becomes a hot issue to be discussed from time to time. The main topic of the discussion is to talk about how far the government involvement and the society endorsement in implementing educations.
The Government, in the National Middle Term Development Plan 2004-2009 claimed that the quality of education was still low and could not full filled the need of competencies of the student. Especially it because (1) The lack of quantity and quality of the teachers (2) The low of the teachers welfare (3) The lack of learning
facilities (4) The lack of education operational funds
The fours causes above basically because of the lack of capitalization of
education implementation. It motivates the writer to ask about capitalization both
from the government involvement and society endorsement which were shown in the
implementation of education at schools.
This thesis focused on the problem of capitalization of education
implementation in the middle education (Pendidikan Menengah) by asking: How the
capitalization of education at state senior high school in Pandeglang Regency which
includes the governments involvement and society endorsement and how the relation
between capitalization and the GB?s welfare.
Pandeglang Regency was chosen as the object of the research because of
some reasons, among of them were: this regency was one of the two under developed
Regencies in Banten Province and one of the 190 under developed Regency in
Indonesia; and the location of the research was closed to the writer domicile so it
made easy the process of the research. And then, State Senior High Schools were
chosen as the target of the research because these schools had not been given funds
like the elementary education, so the implementation of education were still
supported by the government and the society. And from the interest of the society,
compared to the others middle education, State Senior High School had strategic position in this region. Based on this problem, the writer was interested to analyze
the problem from the sociology view, accordingly to the study being done by the
writer. More over, the writer had been active in education for a long time but he had
not found the answer of the problem jet.
This research or study used qualitative approach to find firm answer of the
research questions from the quantitative data from documentary study or qualitative
data from the result of depth interview with the people in charge to give information
on the government involvement and the society endorsement in the capitalization of
education at State Senior High School and the relationship with the teachers welfare
as an important component in the process of learning at Senior High School,
especially for the GB who were not nominated as government employers (PNS).
To help understand this study, the writer used frame of thinking which try to
see the problem of capitalism as social economic system which now penetrate to any
aspect of life, and also to education world at school.
The result of the research or the study was very amazing, because the
involvement of the government in the capitalization at State Senior High School had
not been enough jet. While society endorsement in capitalization of education had
been enough, although the society where the schools were located were poor and
under educated and most of the worked in the farming sector.
The insufficiency capitalization in the implementation of education relate to
teachers welfare as the important agent of education. In this case, also occurred
something amazing that in Pandeglang Regency, the amount of the teacher of State
Senior High School who were government employer were less than a half, and the
rest were GB-P, GB-D (TKK) and GTT. From the three kind of those teachers, the
salary of the GB-P were very minim although they had the same task as Government
Employer Teachers. But they still did their duty well and hoped that they would get a
better welfare improvement from the government policy or society endorsement"
2007
T 19303
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farhan Haykal
"ABSTRAK
<
Pelaksanaan kebijakan Penerimaan Peserta Didik baru pada tahun 2018 sudah menggunakan kebijakan zonasi, pelaksanaan kebijakan zonasi ditujukan agar mampu memeratakan kualitas dan mutu pendidikan, menghilangkan stigma sekolah favorit, dan mengurangi kepadatan lalu lintas. Akan tetapi dalam implementasinya kebijakan zonasi memunculkan pro dan kontra yang menilai bahwa pelaksanaannya justru menghilangkan hak warga Negara untuk mendapatkan pendidikan. Oleh sebab itu, penelitian ni bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan implementasi kebijakan zonasi PPDB SMA Negeri di Kota Depok menurut ambiguity-conflict matriks yang disampaikan oleh Richard Matland. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-positivis, teknik pengupulan data dengan wawancara mendalam sebagai data pimer dan studi literature sebagai data sekunder, serta analisis yang digunakan bersifat kualitatif. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa model implementasi kebijakan zonasi PPDB adalah experimental implementation dimana harus dikembangkan berbagai strategi untuk mencapai tujuan kebijakan yang sudah ditetapkan.


ABSTRACT

The Implementation of the new Student Admission policies in 2018 has used zoning policies, which aimed for being able to equalize the quality of education, eliminate the stigma of favorite schools, and reduce traffic congestion. However, the implementation of zoning policies have led to the pros and cons judgement which says that it would actually eliminate the right of citizens to obtain education. Therefore, this study aims to describe how the implementation of the PPDB zonation policy in Public High Schools in Depok according to the matrix ambiguity presented by Richard Matland. The method used in this study is post-positivist, data collection techniques with in-depth interviews as primary data also literature studies as secondary data, and the analysis used is qualitative. The results of this study found that the model of PPDB zoning policy implementation is an experimental implementation in which various strategies must be developed to achieve the stated policy objectives.

"
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
<<   1 2   >>