Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Aboeryzal Ahmed Koesyairy
"Bank sentral sebagai otoritas sistem pembayaran mengalami dilema di era industri 4.0 akibat ketidakmampuan beradaptasi secara cepat terhadap disrupsi yang terjadi di sektor keuangan. Dalam merespon disrupsi di sektor keuangan, Gubernur Bank Indonesia memberikan arahan untuk melakukan transformasi menuju Bank Sentral 4.0 agar Bank Indonesia mampu mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital menjadi peluang dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan & inklusif, memperkuat daya saing & kepentingan nasional, serta mempersempit kesenjangan masyarakat. Oleh sebab itu, Bank Indonesia perlu menentukan tahapan transformasi menuju Bank Sentral 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tahapan transformasi organisasi Bank Indonesia menuju Bank Sentral 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan dari tempat studi kasus yang merupakan hasil analisis tingkat kesiapan menuju Bank Sentral 4,0 di era industri 4.0 menggunakan model SIMMI 4.0 (System Integration Maturity Model Industry 4.0), Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dan dokumen pendukung lainnya. Data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dalam menuju industri 4.0 dan Bank Sentral di masa depan serta menampilkan otoritas global yang telah berhasil menerapkan teknologi industri 4.0 sebagai acuan. Dari hasil penelitian didapatkan tingkat kesiapan Bank Indonesia berada pada tingkaat horizontal and vertical integration sehingga membutuhkan peningkatan dengan tranformasi menuju Bank Indonesia 4.0. Tahapan transformasi yang diusulkan dimulai dari menilai tingkat kesiapan organisasi, menetapkan strategi transformasi Bank Indonesia menuju industri 4.0, menyusun panduan transformasi menuju industri 4.0, dan pelaksanan panduan transformasi menuju Bank Indonesia 4.0. Pelaksanaan panduan transformasi menuju Bank Indonesia 4.0 terdiri dari 4 (empat) fase yaitu fase 1 untuk integrasi proses dan data proses bisnis internal Bank Indonesia, fase 2 integrasi vertikal, fase 3 integrasi horizontal, dan fase 4 integrasi dari ujung ke ujung serta secara paralel perlu dilakukan peningkatan kompetensi dan wawasan pegawai mengenai industri 4.0.

The Central Bank as the payment system authority is experiencing a dilemma due to its inability to adapt to the rapid disruption of the financial sector in the industrial era 4.0. The Governor of Bank Indonesia provided directions for transforming towards a Central Bank 4.0 so that Bank Indonesia could encourage digital economic and financial innovation to become an opportunity to create sustainable & inclusive economic growth, strengthen competitiveness & national interests, and narrow the gap in society. Therefore, Bank Indonesia needs to determine the stages of transformation towards the Central Bank 4.0. The purpose of this study is to determine the stages of the transformation of the Bank Indonesia towards the Central Bank 4.0. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data is obtained from the result of an analysis of the level of readiness to go to the Central Bank 4.0 in the industrial era 4.0 using the SIMMI 4.0 model (System Integration Maturity Model Industry 4.0), Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 and other supporting documents. Secondary data is obtained from various relevant literature towards industry 4.0, the Central Bank in the future, and displays global authorities that have successfully applied industrial 4.0 technology as a reference. From the research results, it was found that the readiness level of Bank Indonesia was at the level of horizontal and vertical integration, thus requiring improvement with the transformation towards Bank Indonesia 4.0. The proposed transformation stages start from assessing the level of organizational readiness, determining Bank Indonesia's transformation strategy towards industry 4.0, compiling transformation guidelines towards industry 4.0, and implementing the transformation guidelines towards Bank Indonesia 4.0. The implementation of the transformation guide towards Bank Indonesia 4.0 consists of 4 (four) phases, namely phase 1 for integration of Bank Indonesia internal business processes and data, phase 2 of vertical integration, phase 3 of horizontal integration, and phase 4 of integration from end to end of the company's value chain. increase in employee competence and insight regarding industry 4.0. In parallel, it is necessary to increase the competence and insight of employees regarding industry 4.0 in Bank Indonesia."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hidayatul Zelfia
"BNI telah menyusun corporate strategy 2021-2025 sebagai langkah transformasi digital menuju industri 4.0. Salah satu strategi yang dibentuk adalah pengelolaan risiko dan proses kredit sebagai enabler manajemen risiko. Pada strategi tersebut terdapat salah satu inisiatif yaitu penerapan end-to-end credit process melalui implementasi Loan Management System (LMS). BNI memiliki permasalahan dalam proses pinjaman yang belum sepenuhnya terintegrasi sehingga data/informasi antar proses tidak berkesinambungan. Permasalahan ini memberikan dampak pada kualitas kredit BNI yang dilihat dari nilai Non-Performing Loan (NPL). Dalam transformasi digital menuju industri 4.0, BNI perlu mengukur tingkat kesiapan organisasi sebagai acuan untuk memetakan arah transformasi. Dalam implementasi LMS, BNI perlu mengukur kematangan digital bisnis pinjaman yang menjadi dasar adopsi Sistem Informasi (SI)/Teknologi Informasi (TI). Sebagai bagian dari dukungan SI/TI, BNI perlu mengukur manfaat ekonomi yang diperoleh atas implementasi SI/TI tersebut. Pada penelitian ini, kesiapan BNI menuju industri 4.0 diukur menggunakan model SIMMI 4.0 (System Integration Maturity Model Industry 4.0) yang dapat digunakan oleh berbagai industri. Kematangan digital bisnis pinjaman diukur menggunakan model Gartner Digital Maturity yang memiliki fokus pada produk dan jasa industri perbankan. Manfaat ekonomi implementasi SI/TI diukur menggunakan Kerangka Manfaat Bisnis Generik SI/TI. Hasil penelitian menunjukan BNI dalam tingkat kesiapan 3 yaitu horizontal and vertical digitization. BNI membutuhkan perbaikan untuk mencapai industri 4.0 melalui 4 tahapan yaitu integrasi proses dan data internal, integrasi vertikal, integrasi horizontal, dan integrasi ujung ke ujung. Kematangan digital bisnis pinjaman BNI berada pada tingkat dua yaitu digital beginner. BNI perlu meningkatkan platform strategy dan mengadopsi teknologi pada bisnis pinjaman. Manfaat ekonomi yang diperoleh dari implementasi LMS dari sisi peningkatan pendapatan bunga karena meningkatnya produktivitas Relationship Manager (RM) dan penurunan nilai Cadangan Kerugian Penurunan Nilai (CKPN) karena menurunnya nilai NPL.

BNI has prepared towards to industry 4.0. one of the strategies established is risk management and credit processes as enablers. One of the initiatives in this strategy is the implementation of and end-to-end credit process through the implementation of the Loan Management System (LMS). BNI has problems in the loan processes that have not been fully integrated, so that data/information between processes is not sustainable. This problem has an impact on BNI’s credit quality as seen from the value of Non-Performing Loan (NPL). In the digital transformation towards industry 4.0, BNI Needs to measure the level of organizational readiness as a reference to map the direction of transformation. In implementing LMS, BNI needs to measure the digital maturity of the loan business which the basis for the adoption of Information System (IS)/ Information Technology (IT). As part of IS/IT support, BNI needs to measure the economic benefit derived from the IS/IT implementation. In this study, BNI’s readiness towards industry 4.0 was measured using SIMMI 4.0 model (System Integration Maturity Model Industry 4.0) which can be used by various industries. The digital maturity of the loan business is measured using Gartner Digital Maturity model, which focuses on banking industry products and services. The economic benefits of IS/IT implementation are measured using the IS/IT Generic Business Benefit Framework. The results showed that BNI was in readiness level 3 which means horizontal and vertical digitization. The digital maturity of BNI’s loan business is at level two which means digital beginner. BNI needs to improve their strategy platform and adopt technology in the loan business. Economic benefits derived from the implementation of LMS in terms of increasing interest income due to increased productivity of Relationship Manager (RM) and decreased value of Expected Credit Loss (ECL) due to decreased NPL."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Aboeryzal Ahmed Koesyairy
"Bank sentral sebagai otoritas sistem pembayaran mengalami dilema di era industri 4.0 akibat ketidakmampuan beradaptasi secara cepat terhadap disrupsi yang terjadi di sektor keuangan. Dalam merespon disrupsi di sektor keuangan, Gubernur Bank Indonesia memberikan arahan untuk melakukan transformasi menuju Bank Sentral 4.0 agar Bank Indonesia mampu mendorong inovasi ekonomi dan keuangan digital menjadi peluang dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan & inklusif, memperkuat daya saing & kepentingan nasional, serta mempersempit kesenjangan masyarakat. Oleh sebab itu, Bank Indonesia perlu menentukan tahapan transformasi menuju Bank Sentral 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tahapan transformasi organisasi Bank Indonesia menuju Bank Sentral 4.0. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data didapatkan dari tempat studi kasus yang merupakan hasil analisis tingkat kesiapan menuju Bank Sentral 4,0 di era industri 4.0 menggunakan model SIMMI 4.0 (System Integration Maturity Model Industry 4.0), Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dan dokumen pendukung lainnya. Data sekunder didapatkan dari berbagai literatur yang relevan dalam menuju industri 4.0 dan Bank Sentral di masa depan serta menampilkan otoritas global yang telah berhasil menerapkan teknologi industri 4.0 sebagai acuan. Dari hasil penelitian didapatkan tingkat kesiapan Bank Indonesia berada pada tingkaat horizontal and vertical integration sehingga membutuhkan peningkatan dengan tranformasi menuju Bank Indonesia 4.0. Tahapan transformasi yang diusulkan dimulai dari menilai tingkat kesiapan organisasi, menetapkan strategi transformasi Bank Indonesia menuju industri 4.0, menyusun panduan transformasi menuju industri 4.0, dan pelaksanan panduan transformasi menuju Bank Indonesia 4.0. Pelaksanaan panduan transformasi menuju Bank Indonesia 4.0 terdiri dari 4 (empat) fase yaitu fase 1 untuk integrasi proses dan data proses bisnis internal Bank Indonesia, fase 2 integrasi vertikal, fase 3 integrasi horizontal, dan fase 4 integrasi dari ujung ke ujung serta secara paralel perlu dilakukan peningkatan kompetensi dan wawasan pegawai mengenai industri 4.0.

The Central Bank as the payment system authority is experiencing a dilemma due to its inability to adapt to the rapid disruption of the financial sector in the industrial era 4.0. The Governor of Bank Indonesia provided directions for transforming towards a Central Bank 4.0 so that Bank Indonesia could encourage digital economic and financial innovation to become an opportunity to create sustainable & inclusive economic growth, strengthen competitiveness & national interests, and narrow the gap in society. Therefore, Bank Indonesia needs to determine the stages of transformation towards the Central Bank 4.0. The purpose of this study is to determine the stages of the transformation of the Bank Indonesia towards the Central Bank 4.0. This study uses a qualitative method with a case study approach. The data is obtained from the result of an analysis of the level of readiness to go to the Central Bank 4.0 in the industrial era 4.0 using the SIMMI 4.0 model (System Integration Maturity Model Industry 4.0), Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 and other supporting documents. Secondary data is obtained from various relevant literature towards industry 4.0, the Central Bank in the future, and displays global authorities that have successfully applied industrial 4.0 technology as a reference. From the research results, it was found that the readiness level of Bank Indonesia was at the level of horizontal and vertical integration, thus requiring improvement with the transformation towards Bank Indonesia 4.0. The proposed transformation stages start from assessing the level of organizational readiness, determining Bank Indonesia's transformation strategy towards industry 4.0, compiling transformation guidelines towards industry 4.0, and implementing the transformation guidelines towards Bank Indonesia 4.0. The implementation of the transformation guide towards Bank Indonesia 4.0 consists of 4 (four) phases, namely phase 1 for integration of Bank Indonesia internal business processes and data, phase 2 of vertical integration, phase 3 of horizontal integration, and phase 4 of integration from end to end of the company's value chain. increase in employee competence and insight regarding industry 4.0. In parallel, it is necessary to increase the competence and insight of employees regarding industry 4.0 in Bank Indonesia."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library