Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Kanya Ashri Bukhairina
"ABSTRAK
Latifa Corp. adalah UKM yang bergerak di bidang jasa spa dengan salah satu lini bisnisnya adalah Latifa Home Spa. Problem utama yang dihadapi oleh Latifa Home Spa adalah sistem booking yang masih manual dan terdesentralisasi pada masing- masing business partnernya. Kurangnya kontrol dan sulitnya manajemen pusat dalam memverifikasi laporan pemesanan yang dibuat oleh business partner setiap bulannya berpotensi menciptakan risiko fraud. Untuk meminimalisir hal tersebut, Latifa Corp. membuat sistem IT agar sistem booking menjadi tersentralisasi. Tesis ini merupakan hasil dari proses business coaching yang bertujuan untuk menerapkan konsep System Development Life Cycle SDLC waterfall pada pembuatan aplikasi ponsel dan website untuk sistem booking Latifa Home Spa. SDLC akan dipaparkan mulai dari alur tahapan, analisis dan dokumen yang perlu dihasilkan untuk masing - masing tahapan. Tujuan dari penerapan metode SDLC adalah untuk menghindari terjadinya risiko lainnya seperti gangguan bisnis dan kegagalan sistem. Pengumpulan data untuk tesis ini dilakukan melalui teknik wawancara semi terstruktur, observasi dan dianalisis dengan menggunakan metode analisis Proses Operasional, Asesmen Risiko fraud, SWOT, Kanvas Bisnis Model, Pareto, dan GAP. Kata Kunci : Business Coaching, Fraud, Risiko, SDLC, Waterfall
ABSTRACT
Latifa Corp. is a SME in spa service field with one of its business line is Latifa Home Spa. The main problem faced by Latifa Home Spa is its booking system still manual and decentralized to each of its business partner. The lack of control and the headquarters difficult to verify the booking summary report that made by the business partner every end of the month, are potentially to create fraud risk. To minimize it, Latifa Corp. is eager to develop information technology IT system to centralize the booking system. This paper is the result of business coaching process in order to apply the concept of System Development Life Cycle SDLC waterfall on the development of mobile application and website for Latifa Home Spa booking system. The SDLC will be exposed starting from the stages flow, analysis to the documentation that need to be deliver for each of the stage. The purpose of applying the SDLC method is to avoid another risk such as business disruption and system failure. The data in this paper is collected by using semi structured interview technique, observation and analyzed by using Operational Process, Fraud Risk Assessment, SWOT, Business Canvas Model, Pareto and GAP analysis method. Key Word Business Coaching, Fraud, Risk, SDLC, Waterfall,"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
T50424
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rasyid Miftahul Ihsan
"Indikator evaluasi hasil belajar berupa tugas, kuis, ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi dalam bentuk presensi, dan komponen lainnya berperan penting pada kesuksesan akademis mahasiswa Fasilkom UI. Adanya penyesuaian perkuliahan menjadi tatap muka berimplikasi pada penyesuaian metode presensi yang diterapkan di Fasilkom UI. Terlepas dari pentingnya evaluasi hasil belajar didapatkan dua masalah utama yang saat ini dihadapi baik dari pihak mahasiswa atau Fasilkom UI. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti sebanyak 32,9 persen mahasiswa terlambat mengumpulkan tugas, 80 persen mahasiswa mengerjakan tugas dengan tidak maksimal, 64,3 persen mahasiswa tidak mengetahui adanya pembaharuan tugas, dan 45,7 persen mahasiswa lupa dengan deadline tugas dimana hal ini disebabkan tidak adanya reminder tugas. Selain itu didapatkan masalah berupa tidak adanya integrasi data presensi mahasiswa Fasilkom UI dengan SIAK-NG. Melalui permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan aplikasi SubscribeMe terhadap preferensi mahasiswa Fasilkom UI dalam mendapatkan reminder dan melakukan presensi sebagai salah satu solusi untuk membantu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Fasilkom UI. Penelitian ini menggunakan metode SDLC waterfall yang terdiri dari lima tahapan secara berurutan yaitu requirements gathering, design, development, testing, dan maintenance. Penelitian ini melakukan pengembangan melalui mobile application yang dapat digunakan pada smartphone mahasiswa Fasilkom UI dengan fokus pada push notification untuk fitur reminder dan one-click button yang didukung fitur geofence untuk fitur presensi. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SubscribeMe berhasil menyelesaikan 25 skenario user acceptance testing yang mendukung preferensi mahasiswa Fasilkom UI dan uji coba performa aplikasi melalui load testing menunjukkan dalam menampung 500 pengguna secara bersamaan diperlukan rata-rata waktu 15 sampai 20 detik.

Evaluation indicators of learning outcomes in the form of assignments, quizzes, mid-semester exams, final exams, participation in the form of attendance, and other components play an important role in the academic success of Fasilkom UI students. The adjustment of lectures to face-to-face implies an adjustment of the attendance method applied at Fasilkom UI. Regardless of the importance of evaluating learning outcomes, two main problems are currently faced by both students and Fasilkom UI. Based on a survey conducted by the research team, 32.9 percent of students were late in submitting assignments, 80 percent of students did not do their assignments to the best of their ability, 64.3 percent of students were unaware of assignment updates, and 45.7 percent of students forgot about assignment deadlines due to the lack of assignment reminders. In addition, there is a problem with the lack of integration of Fasilkom UI student attendance data with SIAK-NG. Through this issue, this research aims to identify and develop the SubscribeMe application according to the preferences of Fasilkom UI students in receiving reminders and conducting attendance as one of the solutions to assist the problems experienced by Fasilkom UI students. This study uses the SDLC waterfall method consisting of five sequential stages: requirements gathering, design, development, testing, and maintenance. This study develops through a mobile application that can be used on Fasilkom UI student smartphones with a focus on push notifications for reminder features and a one-click button supported by geofencing features for attendance features. The final results of the study show that the SubscribeMe application successfully completed 25 user acceptance testing scenarios that support the preferences of Fasilkom UI students and application performance testing through load testing showed that it takes an average time of 15 to 20 seconds to accommodate 500 users simultaneously."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sutan Raihan Maulaya
"Indikator evaluasi hasil belajar berupa tugas, kuis, ujian tengah semester, ujian akhir semester, partisipasi dalam bentuk presensi, dan komponen lainnya berperan penting pada kesuksesan akademis mahasiswa Fasilkom UI. Adanya penyesuaian perkuliahan menjadi tatap muka berimplikasi pada penyesuaian metode presensi yang diterapkan di Fasilkom UI. Terlepas dari pentingnya evaluasi hasil belajar didapatkan dua masalah utama yang saat ini dihadapi baik dari pihak mahasiswa atau Fasilkom UI. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti sebanyak 32,9 persen mahasiswa terlambat mengumpulkan tugas, 80 persen mahasiswa mengerjakan tugas dengan tidak maksimal, 64,3 persen mahasiswa tidak mengetahui adanya pembaharuan tugas, dan 45,7 persen mahasiswa lupa dengan deadline tugas dimana hal ini disebabkan tidak adanya reminder tugas. Selain itu didapatkan masalah berupa tidak adanya integrasi data presensi mahasiswa Fasilkom UI dengan SIAK-NG. Melalui permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan aplikasi SubscribeMe terhadap preferensi mahasiswa Fasilkom UI dalam mendapatkan reminder dan melakukan presensi sebagai salah satu solusi untuk membantu permasalahan yang dialami oleh mahasiswa Fasilkom UI. Penelitian ini menggunakan metode SDLC waterfall yang terdiri dari lima tahapan secara berurutan yaitu requirements gathering, design, development, testing, dan maintenance. Penelitian ini melakukan pengembangan melalui mobile application yang dapat digunakan pada smartphone mahasiswa Fasilkom UI dengan fokus pada push notification untuk fitur reminder dan one-click button yang didukung fitur geofence untuk fitur presensi. Hasil akhir penelitian menunjukkan bahwa aplikasi SubscribeMe berhasil menyelesaikan 25 skenario user acceptance testing yang mendukung preferensi mahasiswa Fasilkom UI dan uji coba performa aplikasi melalui load testing menunjukkan dalam menampung 500 pengguna secara bersamaan diperlukan rata-rata waktu 15 sampai 20 detik.

Evaluation indicators of learning outcomes in the form of assignments, quizzes, mid-semester exams, final exams, participation in the form of attendance, and other components play an important role in the academic success of Fasilkom UI students. The adjustment of lectures to face-to-face implies an adjustment of the attendance method applied at Fasilkom UI. Regardless of the importance of evaluating learning outcomes, two main problems are currently faced by both students and Fasilkom UI. Based on a survey conducted by the research team, 32.9 percent of students were late in submitting assignments, 80 percent of students did not do their assignments to the best of their ability, 64.3 percent of students were unaware of assignment updates, and 45.7 percent of students forgot about assignment deadlines due to the lack of assignment reminders. In addition, there is a problem with the lack of integration of Fasilkom UI student attendance data with SIAK-NG. Through this issue, this research aims to identify and develop the SubscribeMe application according to the preferences of Fasilkom UI students in receiving reminders and conducting attendance as one of the solutions to assist the problems experienced by Fasilkom UI students. This study uses the SDLC waterfall method consisting of five sequential stages: requirements gathering, design, development, testing, and maintenance. This study develops through a mobile application that can be used on Fasilkom UI student smartphones with a focus on push notifications for reminder features and a one-click button supported by geofencing features for attendance features. The final results of the study show that the SubscribeMe application successfully completed 25 user acceptance testing scenarios that support the preferences of Fasilkom UI students and application performance testing through load testing showed that it takes an average time of 15 to 20 seconds to accommodate 500 users simultaneously."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Richmond Aldien
"ABSTRAK
Pengembangan sebuah sistem informasi, menggunakan metode pengembangan dengan tujuan agar produk berupa perangkat lunak atau software dapat diterima dan sesuai dengan kebutuhan dari pemilik pekerjaan atau penggunanya. Metode pengembangan tersebut di kenal sebagai software development Life Cycle (SDLC) yang terdiri dari berbagai model diantaranya Waterfall Model dan Iteracy Model.
Guna memastikan tercapainya tujuan seperti tersebut diatas, dilakukan serangkaian pengujian atau testing yang diakhiri dengan uji penerimaan atau acceptance test. Terlepas dari pemilihan metode pengembangan yang diambil, didalam tiap tiap uji penerimaan terdapat tahapan yang menyangkut aspek teknis dan aspek hukum sebagai akibat dari hubungan kerja antara pemilik pekerjaan dengan pelaksana pekerjaan.
Berdasarkan aspek tersebut maka dibutuhkan suatu pemahaman mengenai konsep konsep pelaksanaan uji penerimaan atau acceptance test agar tujuan dari pengembangan sistem informasi dapat tercapai dan kepentingan para pihak dapat terlindungi. Untuk itulah kiranya perlu dilakukan kajian dan penyusunan suatu kerangka acuan yang didasari oleh teori dan praktek terbaik yang pemah dilakukan sebagai wacana tambahan dalam teknik pelaksanaan dari acceptance test.

ABSTRACT
Development of an information system based on methodology is aimed to achieve stakeholder's or user's requirement. Common methodology for developing software is software development Life Cycle (SDLC) which consist of Waterfall model, iteracy model and some other models.
To ensure completion of the software, developer has to executed a series of testing wich ended by acceptance testing before delivery phase. Each of acceptance test taken which is not dependent to the methodologies, consist of technical aspect and legal aspect. They are generated by relationship beetwen user(s) or stakeholder(s) as owner and developer(s) as executor of the work.
Based on these aspects, owner and executor should have a comprehensive understanding to implement an acceptance test in order to gain objective of the work and each party have their obligation secured. For those reasons, it is need to explore and to compose a template based on best practices as an additional reference to implementation technique of an acceptance test."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2002
T40424
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library