Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Humairoh Hanif
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan SAIBA di Kementerian Agama Tingkat Satuan Kerja Kota Jakarta Pusat Kemenag Satker Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis permasalahan dan pemecahan masalah dalam pelaksanaan SAIBA di Kemenag Satker Jakarta Pusat pada tahun 2016. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa terdapat permasalahan prosedur. Permasalahan prosedur berupa input data SPM dan SP2D yang tidak real-time, kesalahan input data SPM, keterlambatan mengumpulkan LPJ, dan kompetensi pegawai belum mendukung proses penyusunan laporan keuangan. Pemecahan masalah yang dilakukan adalah melakukan verifikasi dalam proses input data SP2D, memiliki aturan jelas dan tepat dalam pengumpulan LPJ mengadakan pelatihan bimbingan teknik yang berisi materi mengenai proses penyusunan laporan keuangan dan teknis pelaksanaan SAIBA. ...... This study aims to analyze the problems that occur in the implementation of SAIBA in the Ministry of Religious at the working unit level in Central Jakarta Kemenag Satker Jakarta Pusat. This study used qualitative methods with study case approach to analyze problem and problem solving in implementation SAIBA at Kemenag Satker Central Jakarta in 2016. Based on the results of interviews, it can be concluded that there are problems in procedure. The problem of procedure in the form of SPM data input and SP2D which is not real time, data input error of SPM, delay in collecting LPJ, and employee competence not supporting financial reporting process. The problem solving is verification in SP2D data input process, developing SPM application, conducting training of technical guidance which contains material about compilation process financial and technical report of implementation SAIBA.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Noviyanti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) pada Kementerian/Lembaga di tahun pertama penggunaanya pada pembuatan laporan keuangan pemerintah basis akrual. Model Kesuksesan Sistem Informasi yang diperbaharui (Updated D&M IS Success Model) digunakan untuk menilai kesuksesan SAIBA yang penggunaannya bersifat wajib pada Akuntansi Pemerintahan Indonesia yang berbasis Akrual. Responden adalah Operator Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di setiap Kementerian/Lembaga dengan pemilihan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling. Data primer yang diperoleh melalui kuesioner terkumpul sebanyak 204 responden, yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SAIBA dapat dikategorikan sebagai sistem informasi yang sukses untuk tiap-tiap dimensi kesuksesan dalam Updated D&M IS Success Model. Responden menilai kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan SAIBA cenderung baik. Namun demikian, penggunaan SAIBA tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, berbeda dengan pengaruh kualitas sistem, kualitas infomasi dan kualitas layanan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna serta pengaruh kepuasan pengguna dan penggunaan sistem terhadap manfaat bersih dan pengaruh timbal baliknya terbukti menunjukkan pengaruh yang signifikan.
ABSTRACT
The aim of this study is to determine the user's perception of Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) in the Ministry/Agency in the first year of implementation of accrual-based government's financial statements . Updated D & M IS Success Model is used to assess the success of SAIBA as a mandatory system in Indonesian Government Accounting. Respondents are operator of Institution Accounting System (Sistem Akuntansi Instansi/SAI) in Ministry/Agency, which are selected using purposive sampling method. The Primary data were obtained through questionnaires that were collected from 204 respondents, which were then analyzed using structural equation modeling. This study found that SAIBA can be categorized as a successful information for each dimension of success in the Updated D&M IS Success Model. Respondents assessed the system quality, the information quality and service quality of SAIBA tend to be good. However, respondents indicated the use of SAIBA has no significant effect on user satisfaction, in contrast to the others constructs relationships, the system quality, the information quality and service quality of SAIBA with Net Benefit and Its reciprocal proved to be significant impact.
2016
T45340
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library