Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Humairoh Hanif
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan SAIBA di Kementerian Agama Tingkat Satuan Kerja Kota Jakarta Pusat Kemenag Satker Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis permasalahan dan pemecahan masalah dalam pelaksanaan SAIBA di Kemenag Satker Jakarta Pusat pada tahun 2016. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa terdapat permasalahan prosedur. Permasalahan prosedur berupa input data SPM dan SP2D yang tidak real-time, kesalahan input data SPM, keterlambatan mengumpulkan LPJ, dan kompetensi pegawai belum mendukung proses penyusunan laporan keuangan. Pemecahan masalah yang dilakukan adalah melakukan verifikasi dalam proses input data SP2D, memiliki aturan jelas dan tepat dalam pengumpulan LPJ mengadakan pelatihan bimbingan teknik yang berisi materi mengenai proses penyusunan laporan keuangan dan teknis pelaksanaan SAIBA.
......
This study aims to analyze the problems that occur in the implementation of SAIBA in the Ministry of Religious at the working unit level in Central Jakarta Kemenag Satker Jakarta Pusat. This study used qualitative methods with study case approach to analyze problem and problem solving in implementation SAIBA at Kemenag Satker Central Jakarta in 2016. Based on the results of interviews, it can be concluded that there are problems in procedure. The problem of procedure in the form of SPM data input and SP2D which is not real time, data input error of SPM, delay in collecting LPJ, and employee competence not supporting financial reporting process. The problem solving is verification in SP2D data input process, developing SPM application, conducting training of technical guidance which contains material about compilation process financial and technical report of implementation SAIBA.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Noviyanti
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap
Sistem Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) pada Kementerian/Lembaga di
tahun pertama penggunaanya pada pembuatan laporan keuangan pemerintah basis
akrual. Model Kesuksesan Sistem Informasi yang diperbaharui (Updated D&M IS
Success Model) digunakan untuk menilai kesuksesan SAIBA yang
penggunaannya bersifat wajib pada Akuntansi Pemerintahan Indonesia yang
berbasis Akrual. Responden adalah Operator Sistem Akuntansi Instansi (SAI) di
setiap Kementerian/Lembaga dengan pemilihan sampel penelitian menggunakan
metode purposive sampling. Data primer yang diperoleh melalui kuesioner
terkumpul sebanyak 204 responden, yang selanjutnya dianalisis dengan
menggunakan structural equation modeling. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa SAIBA dapat dikategorikan sebagai sistem informasi yang sukses untuk
tiap-tiap dimensi kesuksesan dalam Updated D&M IS Success Model. Responden
menilai kualitas sistem, kualitas informasi dan kualitas layanan SAIBA cenderung
baik. Namun demikian, penggunaan SAIBA tidak berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pengguna, berbeda dengan pengaruh kualitas sistem, kualitas
infomasi dan kualitas layanan terhadap penggunaan dan kepuasan pengguna serta
pengaruh kepuasan pengguna dan penggunaan sistem terhadap manfaat bersih dan
pengaruh timbal baliknya terbukti menunjukkan pengaruh yang signifikan.
ABSTRACT
The aim of this study is to determine the user's perception of Sistem
Akuntansi Instansi Basis Akrual (SAIBA) in the Ministry/Agency in the first year
of implementation of accrual-based government's financial statements . Updated
D & M IS Success Model is used to assess the success of SAIBA as a mandatory
system in Indonesian Government Accounting. Respondents are operator of
Institution Accounting System (Sistem Akuntansi Instansi/SAI) in
Ministry/Agency, which are selected using purposive sampling method. The
Primary data were obtained through questionnaires that were collected from 204
respondents, which were then analyzed using structural equation modeling. This
study found that SAIBA can be categorized as a successful information for each
dimension of success in the Updated D&M IS Success Model. Respondents
assessed the system quality, the information quality and service quality of SAIBA
tend to be good. However, respondents indicated the use of SAIBA has no
significant effect on user satisfaction, in contrast to the others constructs
relationships, the system quality, the information quality and service quality of
SAIBA with Net Benefit and Its reciprocal proved to be significant impact.
2016
T45340
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library