Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gunadi Siswo Pamungkas
"Tesis ini membahas resiko resiko yang mungkin timbul dalam pembangunan jalan tol, dampak yang mungkin terjadi serta kendala yang mungkin dihadapi dengan mengambil studi kasus Jalan Tol Lingkar Luar Kota Surabaya. Dalam studi ini juga dipaparkan jenis PPP yang mungkin digunakan untuk jalan tol tersebut.
Hasil penelitian menyarankan bahwa perlu untuk diberikan suatu bentuk dukungan pemerintah terhadap risiko permintaan yang mungkin terjadi terhadap proses penyediaan jalan tol disamping itu pula untuk percepatan proses pengadaan tanah, penguatan kelembagaan peningkatan SDM serta penyederhanaan birokrasi dengan pemberian dukungan pemerintah serta hal hal tersebut diharapkan pengoperasian jalan tol tidak akan terganggu akibat berkurangnya revenue atau pendapatan sebagai dampak dari turunnya volume lalu lintas.

This thesis discusses the risks that may arise in the construction of highways, the impact that may occur and the constraints that may be faced with a case study of Surabaya Tol Ring Road Construction Project. In this study, also presented the type of PPP may be used for toll roads.
The results suggest that need to be given a form of government support for demand risks that might occur on the supply process beside the highway in order to accelerate the process of land procurement, institutional strengthening and improvement of human resources by providing support for the simplification of bureaucratic government and that it expected the toll road will not be disrupted by the loss of revenue or income as a result of low traffic volume."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
T27821
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Denny Firmansyah
"ABSTRAK
Ruang di bawah permukaan tanah (underground) kini telah dieksploitasi untuk pengembangan sarana transportasi, utilitas dan kepentingan publik lainnya. Underground telah menjadi rumah bagi banyak jaringan, pipa bahkan terowongan hingga membuat sarang laba - laba yang sukar dipetakan. Padahal, atas nama proyek pengembangan, wilayah di atas dan di bawah permukaan tanah ini sangat dibutuhkan baik untuk dibangun atau sebagai penopang bagi bangunan di atasnya seperti jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor - faktor risiko apa saja yang mungkin muncul dalam penanganan utilitas bawah tanah pada pembangunan jalan sehingga risiko tersebut dapat dikelola dengan baik dan potensi keterlambatan akibat utilitas bawah tanah dapat dihindari.

ABSTRACT
The underground space are now being exploited for transportation development, utility and the other public use. Underground become homeland for many instalation, pipe even tunnel and make spider web that very difficult to mapped. Eventhough, in the name of development project, the space above and underground are needed to be built or become a supporting/foundation for the construction above, for example highway. The goal of this research is to find the risk factors of underground utility handling on highway project, so the risks can be well managed and the potensial of delay caused by underground utility can be avoided.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2016
T44908
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Nuh Firdaus
"Indonesia memiliki target rasio elektrifikasi untuk semua provinsi sebesar 100% dalam RUPTL 2018-2027. Namun sampai saat ini masih banyak daerah di Indonesia  yang belum mendapatkan aliran listrik. Khususnya di Distrik Hingk, Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Sulitnya medan menjadi tantangan pembangunan jaringan listrik di sana. Pembangkit Listrik Hibrid Mikrohidro dan PV merupakan solusi yang tepat untuk menghadirkan listrik di sana. Sebelum dilakukan pembangunan diperlukan analisis keekonomian dan risiko dengan melakukan variasi terhadap skenario kebijakan dan investasi. Dalam penilitian ini dilakukan analisis ekonomi dan risiko terhadap kelayakan pembangunan pembangkit. Analisis ekonomi dilakukan dengan menghitung NPV,IRR dan payback period. Analisis risiko dilakukan dengan metode monte carlo. Analisis dilakukan terhadap sistem hybrid seri, sistem hybrid switched, dan sistem hybrid paralel. Berdasarkan hasil perhitungan didapatkan untuk sistem hybrid seri nilai NPV $232.444 dan IRR 15% dengan payback period selama 6,9 tahun. Sistem hybrid switched memiliki nilai NPV $252.747 dan IRR 17% dengan payback period selama 6,13 tahun. Sistem hybrid paralel memiliki nilai NPV $286.340 dan IRR 20% dengan payback period 4,94 tahun. Dari hasil simulasi didapatkan bahwa semua sistem hybrid layak untuk digunakan dan sistem hybrid paralel akan memberikan keuntungan terbesar jika diaplikasikan.

According to RUPTL 2018-2027, Indonesia targets a 100% electrification ratio for all provinces. However, there are a lot of areas in Indonesia that are still lack of proper electricity access, for example at the Hingk District, Arfak Mountains Regency, West Papua. One of the main challenges of building a proper electricity infrastructure in that area is the difficulty of the terrain. A hybrid power plant of hydroelectric power and photovoltaic is the right solution to this problem. Prior to the development of the power plant, a feasibility study that consists of economic and risk analysis is done by simulating different policies and various investment schemes. All of these simulations are compared to each other to obtain the most feasible option that will attract investors to invest in this project. Economic analysis and risk were carried out on the feasibility of building a power plant. Economic analysis is done by calculating the NPV, IRR and payback period. Risk analysis is done by the Monte Carlo method. The analysis was carried out on series hybrid, switched hybrid, and parallel hybrid. Based on the calculation results obtained for the hybrid series system the NPV value is $ 232,444 and the IRR is 15% with a payback period of 6.9 years. The switched hybrid system has s NPV  $ 252,747 and an IRR of 17% with a payback period of 6.13 years. The parallel hybrid system has NPV values of $ 286,340 and IRR of 20% with a payback period of 4.94 years. From the simulation results, it was found that all hybrid systems are feasible to be built and the parallel hybrid system is the best choice to be applied."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library