Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Verdeyen, Rene
Den Haaf : Bruxelles, 1927
839.35 Ver a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
s-Gravenhage : Martinus Nijhoff, 1943
839.35 Ver a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
s-Gravenhage Martinus Nijhoff 1943
839.35 Ver a
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Appel, René
's-Gravenhage: SDU Uitgeverij, 1990
BLD 439.318 APP v
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Shindunata, Gabriel Possenti
Jakarta: Gramedia, 2006
158.1 SHI k
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Nuria Widyasari
Abstrak :
Komik Asterix hasil karya Rene Goscinny dan Albert Uderzo merupakan komik yang sangat terkenal bukan saja di negeri asalnya, Perancis, melainkan juga di seluruh dunia. Kejenakaannya begitu mudah dicerna, bahkan oleh masyarakat di negeri-negeri yang tidak memiliki atau mengetahui budaya Perancis sekalipun. Mengapa? Itulah yang dibahas di skripsi ini. Setelah diperhatikan dengan teliti, ternyata komik Asterix mengandung budaya-budaya modern yang mendunia, Padahal latar cerita komik itu berada pada jaman Galia Romawi, yaitu tahun 50 sebelum Masehi. Di sini jelas terjadi suatu anakronisme atau kerancuan waktu. Komik terdiri dari gambar-gambar dan teks yang merupakan satu kesatuan. Dalam komik Asterix ini, gambar-gambar dan teks yang tersaji hampir selalu berupa ikon dari realita masa kini, yang disesuaikan dengan latar cerita, yaitu tahun 50 sebelum Masehi. Sangat terasa bahwa budaya modern itu ada dalarn konsep-konsep ide yang dikemukakan sementara budaya Galia Romawi muncul pada visualisasinya. Dalam sebuah karya sejarah, anakronisme memang merupakan suatu kesalahan besar. Namun komik Asterix justru sengaja menggunakannya untuk menciptakan humor-humor segar. Bahkan dengan _kesalahan_ itu, tanpa disadari, para pembacanya telah mempelajari budaya dan sejarah Romawi serta budaya modern yang dimiliki negara lain. Memang inilah kekuatan komik tersebut.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 1991
S14442
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Gregorius Nayaka
Abstrak :
Narasi populer terlepas dari berbagai tema yang berusaha dibawa cenderung menempatkan unsur-unsur kekerasan dalam proses penceritaannya. Fenomena ini lebih lagi terlihat dalam cerita yang menampilkan manusia sebagai karakter utamanya. Bagi Rene Girard, agaknya kejadian tersebut niscaya karena manusia pada dasarnya tidak memiliki desire atau keinginan bawaan. Girard melihat adanya suatu mimetic desire dimana manusia saling meniru keinginan satu dengan yang lain hingga menimbulkan konflik. Pemikiran Girard tersebut tercermin dalam video game The Last Of Us Part II yang mengemas cerita humanisnya melalui kacamata kekerasan. Game keluaran Naughty Dog pada tahun 2020 tersebut memantik berbagai macam diskusi atas pembuatan karakter dan cerita yang begitu nyata kendati berlatar begitu jauh dari keseharian kita. Maka dari itu, saya disini mengidentifikasi mimetic desire dari berbagai fitur yang disediakan oleh game tersebut, seperti pilihan bebas yang diberikan pada pemain untuk membunuh tawanan, dan lain sebagainya. Lebih lanjut lagi, saya melihat bagaimana sejatinya hadir sebuah paradoks dalam cerita humanis yang dibentuk melalui kacamata kekerasan. Paradoks tersebut memiliki peranan penting dalam kritik akan kekerasan yang berusaha disampaikan oleh video game dan Rene Girard. ......Popular narratives, regardless of the various themes they try to convey, tend to place elements of violence in the storytelling process. This phenomenon is even more visible in stories that feature humans as the main characters. For Rene Girard, it seems that this incident was inevitable because humans basically do not have innate desires or desires. Girard saw the existence of a mimetic desire where humans imitate each other's desires to cause conflict. Girard's thoughts are reflected in the video game The Last Of Us Part II which presents a humanist story through the lens of violence. This game released by Naughty Dog in 2020 sparked a lot of discussion regarding the creation of characters and stories that are so real even though the setting is so far from our daily lives. Therefore, here I identify mimetic desire from the various features provided by the game, such as the free choice given to the player to kill prisoners, and so on. Furthermore, I see how a paradox actually exists in humanist stories that are formed through the lens of violence. This paradox has an important role in the critique of violence that video games and Rene Girard try to convey.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja Universitas Indonesia Library
Margolis, Oren
Abstrak :
This book explores how Rene of Anjou, French prince and exiled king of Naples (1409-80) engaged his Italian network in a programme of cultural politics conducted with an eye towards a return to power in Italy. Built on a series of original interpretations of humanistic and artistic material (chiefly neo-Latin literature and illuminated manuscripts of classical texts), the book is also a case study for a diplomatic approach to culture. It recasts this source base as a form of high-level communication for a hyper-literate elite of those who could read the works created by humanist and artistic agents for their constituent parts: the potent words or phrases and relevant classical allusions; the channels through which a given work was commissioned or transmitted; and then the nature of the network gathered around a political agenda. Works produced by Janus Pannonius, Giovanni Bellini, and others were crucial to the development and aggrandizement of the network, which was the foundation of a power bloc intended to return René to power in Naples. After Renés ultimate military failure in the 1458-64 Neapolitan war of succession, his network evolved into a faction opposed to the Italian League and the state system it sustained. This book poses a challenge to conventional interpretations of the politics of humanism, and offers a new vision of the Quattrocento: a century in which the Italian Renaissance began its takeover of Europe, but in which Renaissance culture was itself shaped by its European political, social, and diplomatic context.
Oxford: Oxford University Press, 2016
e20470122
eBooks Universitas Indonesia Library